Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi, Penyebab, dan Contohnya

Diposting pada

 

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi Adalah

Sumber daya ekonomi erat kaitannya dengan pelaku ekonomi di masyarakat. Ketidakseimbangan antara jumlah sumber daya ekonomi dengan segala arti kebutuhan masyarakat yang besar menyebabkan adanya kelangkaan sumber daya ekonomi.

Kelangkaan ini merupakan permasalahan ekonomi klasik maupun di era modern ini. Oleh karena itu, perlu diketahui makna, faktor penyebab serta contoh dari kelangkaan sumber daya ekonomi agar dapat diambil tindakan yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai topik tersebut.

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Sumber daya ekonomi merupakan segala sesuatu yang berguna bagi pemenuhan kebutuhan dalam kehidupan manusia, baik yang berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Tidak hanya itu, sumber daya ekonomi juga dapat berupa sumber daya modal dan kewirausahaan (entrepreneurship).

Sifat manusia yang tidak pernah puas menjadikan sumber daya ekonomi yang melimpah menjadi terbatas bagi manusia. Sehingga, diperlukan adanya usaha-usaha ekonomi untuk dapat memanfaatkan sumber daya ekonomi demi kehidupan manusia.

Secara garis besar, sumber daya ekonomi terbagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari lingkungan alam dan tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam, seperti sinar matahari, tanah, air, udara, dan tumbuhan.

Sedangkan sumber daya manusia merupakan sumber daya ekonomi yang berperan sebagai subjek dan objek pembangunan suatu wilayah. Perekonomian suatu wilayah tergantung kepada kualitas manusia yang ada di daerah tersebut. kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui bidang pendidikan dan pelatihan.

Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Definisi kelangkaan atau scarcity merupakan kesenjangan atau gap antara ketersediaan alat pemuas kebutuhan dengan kebutuhan masyarakat. Tentu saja alat pemuas kebutuhan lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Hal ini sesuai dengan teori Malthus.

Kelangkaan menjadi permasalahan yang kompleks dikarenakan manusia menjadi tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya dan diperlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Dengan demikian, terdapat dua poin utama dalam pengertian kelangkaan tersebut, yaitu:

  1. Adanya kesenjangan antara ketersediaan alat pemuas kebutuhan dengan kebutuhan manusia, dan
  2. Diperlukan usaha untuk memperoleh sumber daya ekonomi dan memenuhi kebutuhan hidup.

Kelangkaan sumber daya ekonomi memiliki sisi positif maupun sisi negatif tersendiri. Sisi positifnya, manusia akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan pengorbanan yang mampu dilakukannya. Hal ini dilakukan karena adanya kesadaran bahwa pertumbuhan penduduk pergerakannya lebih cepat dibandingkan dengan pergerakan ketersediaan sumber daya ekonomi.

Sedangkan sisi negatifnya, akan muncul permasalahan-permasalahan seperti meningkatnya harga, sulitnya mencari produk yang langka, dan lain-lain. Misalnya, seorang penjual akan menjual produk yang langka tersebut dengan harga tinggi karena jumlahnya yang terbatas.

Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Kita telah mempelajari mengenai apa itu kelangkaan  (scarcity) dan pandangan mengenai kelangkaan sumber daya ekonomi. Keadaan ini muncul karena beberapa faktor yang mempengaruhi.

Faktor utama yang mendorong munculnya kelangkaan adalah kesenjangan antara ketersediaan alat pemuas kebutuhan dengan jumlah kebutuhan masyarakat. Tidak hanya itu, masih terdapat beberapa faktor lain yang ikut serta menyebabkan kondisi kelangkaan ini terjadi. Berikut faktor – faktor penyebab kelangkaan sumber daya ekonomi:

  1. Kesenjangan antara ketersediaan alat pemuas kebutuhan dengan kebutuhan penduduk

Alat pemuas kebutuhan sebagian besar berasal dari sumber daya alam. Alam dapat memberikan kebutuhan manusia dengan langsung maupun diolah terlebih dahulu. Tingkat pertumbuhan menyebabkan dinamika penduduk yang lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan sumber daya ekonomi, mengakibatkan munculnya kesenjangan ketersediaan, dan hal ini menyebabkan munculnya kelangkaan sumber daya ekonomi.

  1. Keterbatasan sumber daya alam

Sumber daya alam terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti air, tanah, dan sinar matahari senantiasa memberikan kebermanfaatannya bagi kebutuhan manusia.

Namun, disisi lain terdapat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tetapi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari seperti minyak bumi. Sumber daya alam tersebut membutuhkan waktu berjuta-juta tahun untuk dapat diperbaharui. Keterbatasan inilah yang menyebabkan munculnya kelangkaan sumber daya ekonomi.

  1. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah SDA

Sumber daya alam yang melimpah tidak selalu menjanjikan akan kemampuannya memenuhi kebutuhan manusia. Hal ini dikarenakan terbatasnya kemampuan manusia dalam mengolah sumber daya alam tersebut.

Kemampuan manusia mengolah sumber daya alam erat kaitannya dengan proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan. Apabila kemampuan manusia dalam proses produksi terbatas, maka kapasitas produksi akan menurun. Hal ini berakibat kepada tidak terpenuhinya kebutuhan manusia dan memunculkan adanya kelangkaan.

  1. Perbedaan letak geografis

Letak dan kondisi geografis di setiap daerah berbada-beda. Akibat perbedaan letak dan kondisi geografis ini adalah persebaran sumber daya yang berbeda pula di setiap daerah. Ada daerah yang memiliki tanah sangat subur, namun ada pula daerah yang kondisi tanahnya sangat gersang.

Persebaran sumber daya yang berbeda-beda di setiap daerah inilah yang kemudian menyebabkan kelangkaan suatu sumber daya di daerah tertentu. Oleh karena itu, untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan yang lebih besar.

  1. Perbedaan kemampuan teknologi

Perbedaan kemampuan teknologi sangat mudah untuk dilihat antara negara maju dengan negara berkembang. Di negara maju, perkembangan teknologi sangat pesat dirasakan, sehingga kemampuan produksinya juga lebih baik. Sedangkan di negara berkembang, perkembangan teknologi masih lambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan kebutuhannya.

Oleh karena itu, perbedaan kemampuan teknologi tampak mencolok. Negara yang memiliki teknologi canggih, mampu meningkatkan kapasitas produksi dan mampu pula memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Hal sebaliknya terjadi, apabila negara memiliki kemampuan teknologi yang lambat maka kemampuan produksi juga akan lambat dan menghambat terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

  1. Bencana alam

Pada dasarnya, bencana alam adalah faktor penyebab kelangkaan yang disebabkan oleh alam. Namun, tidak jarang ulah manusialah yang menyebabkan terjadinya bencana alam. Keserakahan manusia dalam mengeksploitasi alam tentu akan merusak alam.

Bencana alam menyebabkan rusaknya kondisi lingkungan sumber daya alam, rusaknya mesin-mesin produksi, munculnya korban jiwa, dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan kelangkaan suatu sumber daya ekonomi.

Contoh Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Adapun untuk contoh kelangkaan sumber daya ekonomi yang bisa disebutkan, antara lain sebagai berikut;

  • Kesenjangan antara ketersediaan alat pemuas kebutuhan dengan kebutuhan penduduk

Ketersediaan tanah untuk pembangunan perumahan lebih lambat bahkan semakin terbatas dari waktu ke waktu. Namun, pertambahan jumlah penduduk justru semakin bertambah dari waktu ke waktu. Sehingga, muncul kesenjangan antara ketersediaan lahan perumahan dengan jumlah penduduk yang berakibat pada kelangkaan.

  • Keterbatasan sumber daya alam

Sumber daya alam seperti minyak bumi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Namun, minyak bumi termasuk pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui atau prosesnya memakan waktu berjuta-juta tahun lamanya. Sehingga, menyebabkan minyak bumi menjadi sumber daya alam yang mengalami kelangkaan.

  • Terbatasnya kemampuan mengolah sumber daya alam

Keterbatasan kemampuan tenaga kerja dalam mengolah minyak bumi sehingga masih bergantung kepada negara pemasok. Selain itu, keterbatasan pula pada mesin-mesin produksi yang memiliki kapasitas tersendiri dalam mengolah sumber daya alam.

  • Perbedaan letak geografis

Wilayah gunung kidul dengan kondisi geografisnya yang pegunungan berkapur, sangat sulit untuk memperoleh air bersih. Bahkan ketika musim kemarau masyarakat sekitar harus membelin air bersih. Hal ini bertolak belakang dengan wilayah-wilayah di dataran rendah yang mudah dalam memperoleh air bersih.

  • Perbedaan kemampuan teknologi

Di negara maju dengan tingkat teknologi yang juga maju, kapasitas produksi dapat ditingkatkan. Berbeda dengan di negara berkembang yang tingkat teknologinya masih rendah, kapasitas produksi masih jauh jika dibandingkan dengan negara maju. Perbedaan ini sangat tampak pada perusahaan-perusahaan industri.

  • Bencana alam

Bencana alam banjir di Jakarta salah satunya juga karena ulah manusia yang membuang sampah di sungai. Bencana ini menyebabkan langkanya air bersih karena sudah tercemar oleh banjir.

Demikian artikel yang telah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait materi pengertian kelangkaan sumber daya ekonomi, penyebab, dan contohnya. Semoga dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan manfaat lainnya.

Sumber Tulisan
  • Genwisaku. 2018. Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi. www.genwisaku.blogspot.com/2018/02/penyebab-terjadinya-kelangkaan-sumber.html (diakses pada 1 Maret 2020).
  • Nuri. 2011. Pengertian Kelangkaan Ekonomi dan Faktor Penyebabnya. www.ips-web-id.blogspot.com/2011/10/pengertian-kelangkaan-ekonomi-dan.html (diakses pada 1 Maret 2020).
  • Vixy, R. 2018. Pengertian Kelangkaan, Penyebab Kelangkaan, dan Jenis Kelangkaan. www.rizky-vixy.blogspot.com/2018/08/pengertian-kelangkaan-faktor-penyebab.html (diakses pada 1 Maret 2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *