Contoh Kegiatan Ekonomi Bidang Jasa dan Perdagangan

Diposting pada

Kegiatan Ekonomi Bidang Jasa dan Perdagangan

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas hidup manusia yang selalu berkaitan dengan sistem perekonomian. Sehingga tidak heran apabila kegiatan ekonomi inilah yang membuat seseorang dapat memenuhi segala arti kebutuhan yang ada dalam hidupnya.

Sebagai informasi bahwa kegiatan ekonomi yang ada dimasyarakat terdapat banyak macamya. Beberapa diantaranya yaitu mulai dari bidang jasa, perdagangan, pertanian, perkebunan, dan lains sebagainya. Semua jenis kegiatan ekonomi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya campur tangan dari seluruh masyarakat maupun pemerintahan setempat yang mendukung.

Kegiatan Ekonomi Jasa dan Perdagangan

Memahami desfinisi ekonomi menjadi sangat penting bagi setiap manusia. Hal tersebut dikarenakan selain sebagai makhluk sosial manusia juga dikenal makhluk ekonomi yang senantinya bertindak untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang ada.

Kebutuhan perekonomia dalam sehari-hari pas ditemukan kegiatan yang bergerak pada sektor jasa dan perdagangan.

Contoh Kegiatan Ekonomi Bidang Jasa dan Perdagangan

Berikut dibawah ini merupakan beberapa contoh kegiatan ekonomi pada bidang jasa dan perdagangan yang mudah untuk ditemukan.

Contoh Jasa

Yaitu;

  1. Penginapan

Jasa penginapan merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi di bidang jasa. Karena pada jasa yang satu ini akan menawarkan berbagai macam kenyamanan bagi konsumennya dalm hal tempat tinggal atau penginapan. Biasanya jasa penginapan ini dapat berupa hotel, losmen, dan lain sebagainya.

  1. Pemandu wisata

Jasa pemandu wisata termasuk pekerjaan yang harus memiliki keahlian keahlian khusus, salah satu diantaranya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mengetahui jalan, dan bersikap ramah.

Karena pada jasa pemandu wisata ini akan diberikan kemudahan bagi para wisatan untuk mengetahui tempat atau objek-objek wisata yang bagus dan baik untuk dikunjungi. Ditambah pula dengan pemahaman atau informasi yang dapat diperoleh dari masing-masing tempat yang sudah didatangi.

  1. Transportasi

Kegiatan ekonomi dalam bidang jasa merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa jasa transportasi dapat memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin melakukan perjalanan jauh secara berombongan, karena pada jasa tersebut akan menyediakan fasilitas kendaraan sesuai dengan permintaan konsumen beserta dengan sopirnya yang akan mengantarkan sampai ke tujuan.

  1. Pengiriman online

Pada masa sekarang ini yang namanya jasa pengiriman online pastinya bukan menjadi hal asing lagi untuk kebanyakan orang. Terlebih lagi jasa pengiriman online ini seringkali terhubung dengan bisnis online yang saling berkerja sama untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Dengan adanya jasa pengiriman online maka pembeli dan penjual dimudahkan untuk tidak perlu bertatapan muka namun barang akan sampai pada tangan konsumen yang sudah memesan.

  1. Ojek online

Jasa ojek online termasuk salah satu kegiatan ekonomi yang memberikan banyak manfaat untuk orang lain yang menggunakannnya. Bukan hanya persoalan transportasi, melainkan pada jasa ojek online biasanya juga menawarkan fitur-fitur lain seperti jasa pengantaran makanan dan lain sebaginya.

  1. Laundry

Apabila anda merasa kesulitan mencuci baju yang jumlahnya sudah menumpuk tinggi, maka tidak perlu khawatir karena dalam kegiatan ekonomi ada yang namanya jasa laundry.

Jasa ini kerpkali akan menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk pelanggannya agar dapat merileks kan tubuh karena tidak perlu mencucui pakaian yang kotor lagi dan semua itu sudah ditangani oleh jasa laundry tersebut.

  1. Perbankan

Lembaga bank dalam kehidupan ini merupakan sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan banyak orang. Jasa perbankan ini akan memudahkan manusia dalam menyimpan uang, meminam uang, dan melakukan transaksi dengan lebih cepat serta mudah.

Maka dari itu tidak heran apabila jasa perbankan ini selalu ramai dikunjungi masyarakat karena setiap orang memiliki keperluan yang berbeda-beda pada lembaga bank ini.

  1. Cukur

Jasa cukur rambut yang juga dikenal oleh masyarakat sebagai usaha pangkas rambut termasuk salah satu bidang yang penting pula untuk orang-orang. Karena melalui jasa tersebut seseorang akan memiliki penampilan yang lebih rapid an bagus untuk dilihat.

  1. Otomotif

Jasa otomotif ini berkaitan dengan jasa service sepada motor maupun mobil yang umumnya dipakai untuk alat transportasi setiap orang. Apabila dalam hidup tidak terdapat jasa otomotif ini maka manusia cenderung akan mengalami kesulitan dalam melakukan perjalanan jauh karena tidak adanya alat transportasi yang bisa dikendarainya.

  1. Catering

Dalam suatu hajatan atau acara-acara pesta, jasa penyedia makanan atau catering sangat diperlukan. Terlebih lagi pada jasa ini tidak hanya memberikan makanan saja, melainkan juga dapat sepaket dengan orang-orang yang akan melayani menghidangkan makanan maupun minuman kepada para tamu undangan.

Contoh Dagang

Adapun untuk jenis usaha dalam bidang perdagangan. Antara lain;

  1. Ritel

Selanjutnya contoh kegiatan ekonomi dalam bidang perdagangan adalah ritel. Sebetulnya ritel atau penjualan barang-barang secara ecer maupun grosir ini dapat dianggap juga dalam bidang jasa karena memberikan pelayanan kepada konsumen.

Namun ritel juga memperdagangankan segala macam kebutuhan rumah tangga yang umumnya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak heran jika bisnis inis semakin hari semakin berkembang lebar dan meluas.

  1. Hasil perikanan

Perdagangan hasil perikanan bisa diartikan penjualan ikan yang diperoleh dari hasil tangkapan para nelayan yang telah berlaut. Biasanya ikan-ikan akan dijaul di pasar dan diminati oleh banyak konsumen, karena kandungan setiap ikan yang bermanfaat baik untuk tubuh.

  1. Hasil perkebunan

Hasil perkebunan yang berupa buah, sayur dan lain sebagainya ini juga dapat diperdagangan dan menjadi kegiatan ekonomi dalam hidup masyarakat. Melalui perdagangan ini maka akan diperoleh manfaat kegiatan ekonomi masyarakat salah satu diantaranya yaitu memenuhi kebutuhan makanan dan melengkapi sumber gizi dari setiap orang.

  1. Bahan-bahan baku

Bahan-bahan baku disini merupakan produksi barang yang dibuat setengah jadi, agar nantinya barang tersebut dapat dibeli lagi oleh konsumen yang akan melanjutkannya menjadi barang jadi. Misalkan saja produk benang wol merupakan salah satu bahan baku yang bisa di jadikan kain utuh ataupun baju.

Melalui perdagangan semacam ini maka pihak penjual dan pembeli yang sama-sama akan memperoleh keuntungan, dimana penujual keuntungan, sedangkan pembeli mendapatkan bahan yang diperlukan.

  1. Fashion

Penjualan produk fashion termasuk salah satu jenis kegiatan bisnis yang cukup menarik untuk diikuti setiap saat. Karena masalah fashion itu sendiri setiap tahunnya aka nada perubahan, sehingga segala hal yang menjadi kebutuhan untuk mempercantik penampilan harus selalu ada produk-produknya. Salah satu contohnya yaitu mulai dari baju, aksesosoris, tas, sepatu dan lain sebagainya.

  1. Buku

Buku termasuk jenis barang yang dapat diperdagangangkan karena sifatnya yang memberikan ilmu. Terlebih lagi bagi mereka yang dianggap kutu buku, maka produk buku termasuk salah satu jenis barang yang akan dicari dan dibelinya kapanpun di saat mereka mau.

  1. Alat-alat kecantikan

Produk kecantikan mulai dari make up maupun alat-alat yang berfungsi untuk mempermudah dalam behias diri termasuk salah satu jenis barang yang diperlukan setiap saat dan disedikan oleh badan usaha. Terlebih lagi bagi kaum wanita yang sangat suka berdandan.

Maka tidak heran apabila banyak bisnis yang mengembangkan usahanya dibidang kecantikan karena peluangnya yang sangat besar.

  1. Alat kesehatan

Alat kesehatan juga begitu penting dalam kehidupan ini. Mulai dari alat pemeriksaan, maupun perlengkapan lain yang diperlukan dalam bidang kedokteran adalah suatu hal yang waib untuk dimiliki setiap rumah sakit. Sehingga bisnis ini tidak sembarangan orang dapat memilikinya, melainkan orang – orang tertentu yangs udah memiliki ijin lengkap.

  1. Ekspor

Perdagangan dalam makna ekspor pada dasarnya adalah bentuk pengiriman barang ke luar negeri. Tujuan perdagangan ekspor ini tentunya dapat menambah sumber devisa atau pendapatan untuk suatu negara karena mampu menjual produk-produknya keluar negeri. Biasanya jenis perdagangan ini termasuk dalam perdagangan internasional karena sifatnay yang sudah global.

  1. Impor

Sama halnya dengan perdagangan ekspor, dalam perdagangan arti impor ini disebut pula sebagai perdagangan internasional. Bedanya dalam perdangan impor justru negara dari dalam negeri membeli barang-barang yang asalnya dari luar negeri.

Pada intinya hubungan pedagangan internasional ini sama-sama akan memberikan keuntungan bagi dua belah pihak negara, karena keduanya mampu menjual dan menerima barang yang di perlukan namu  tidak bisa memproduksinya sendiri.

Bagian yang terpenting dan wajib digarisbawahi sini yaitu, agar masing-masing negara dalam melakukan perdagangan internasional memiliki batas yang harus dikendalikan.

Artinya sebisa mungin setiap negara jauh harus lebih banyak melakukan ekspor dibandingkan impor, karena dengan kegiatan ekspor negara akan memperoleh keuntungan dari hasil barang yang dijualnya. Akan tetapi ketika impor lebih banyak, maka pengeluaran negara juga semakin banyak.

Nah, itulah saja artikel lengkap yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai contoh kegiatan usaha ekonomi yang bergerak pada bidang jasa dan perdagangan. Semoga memberikan edukasi serta referensi untuk semua kalangan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *