Contoh Kegiatan di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kegiatan di Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

Masyarakat adalah sekelompok orang yang selalu melakukan interaksi sosial dengan individu lain agar tercipta sebuah hubungan dan ikatan yang lebih kuat. Umumnya interaksi sosial akan berdampak pada terjadinya berbagai contoh hubungan masyarakat pada suatu lingkungan.

Sebagai informasi bahwa interaksi sosial dapat dilakukan dimana pun dan kapanpun. Asalkan syaratnya dipenuhi yaitu terjadi antara dua orang atau lebih dan saling berkomunikasi diantara dua pihak tersebut menjadi penyebab terjadi hubungan komunikasi di berbagai lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat sekitar.

Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

Lingkungan dalam kerangka manusia sebagai makhluk sosial ataupun makhluk ekonomi terdari dari tiga macam bentuk. Dimana untuk yang paling dasar adalah lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiganya saling berkaitan, untuk lingkungan keluarga sebagai pendoasi awal bagi seseorang.

Sedangkan lingkungan sekolah sebagai media pembalajaran, dan lingkungan masyarakat adalah sikap pengalaman yang didapatkan dari kegiatan keluarga dan pembelajaran. Oleh karena itulah ketiganya ini tidak terlepas dari perkembangan dalam menunjang potensi diri seseorang.

Contoh Kegiatan di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

Sebagai penjelasan lebih lanjut maka berikut inilah contoh kegiatan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat. Antara lain;

Lingkungan Keluarga
Kegiatan di Lingkungan Keluarga
Kegiatan di Lingkungan Keluarga

Berbicara mengenai lingkungan keluarga, sebetulnya keluarga adalah unit terkecil dan merupakan kunci utama dari sebuah pendidikan yang akan diberikan pada masing-masing anggotanya. Melalui keluarga pula akan diperoleh sebuah kasih sayang dan cinta yang tulus.

Berikut dibawah ini beberapa contoh kegiatan di lingkungan keluarga adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan rumah

Salah satu contoh kegiatan yang ada di lingkungan keluarga adalah menjaga kebersihan rumah yang dilakukan secara bersama-sama oleh anggota keluarga lainnya.

Biasanya pada kegiatan ini masing-masing keluarga sudah menetapkan aturan sendiri, sebagai contoh yaitu adanya pembagian tugas dari setiap pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Mulai dari menyapu, mengepel, mencuci, memasak, menyetrika dan lain sebagainya.

  1. Membantu orang tua

Membantu orang tua adalah contoh perbuatan terpuji dan termasuk kegiatan yang terjadi di lingkungan keluarga. Biasanya anak akan diminta untuk membantu orang tuanya dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh orang tuanya.

Terkadang pula ada orang tua yang memintya bantuan anaknya untuk membelikan barang yang sedang dibutuhkan. Contohnya membeli kecap diwarung, diminta untuk membantu menjemur pakaian dan lain sebagainya.

  1. Melakukan penghematan energi listrik

Kegiatan yang terjadi di lingkungan keluarga yang berikutnya yaitu melakukan penghematan energi listrik. Dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu contoh yang perlu untuk ditiru, agar masing-masing keluarga dapat mengehemat biaya listrik yang dikeluarkan.

Misalkan saja yaitu mematikan lampu di waktu siang hari, mematikan televisi yang tidak di tonton, mengisi bak air jangan sampai tumpah-tumpah dan lain-lain.

  1. Belajar

Belaar adalah proses membaca, menulis, menghafal segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan umum yang bertujuan untuk menambah wawasan atau ilmu baru yang sebelumnya belum dimiliki peserta didik. Belajar termasuk contoh kegiatan di lingkungan keluarga. Apalagi jika pada keluarga tersebut masih ada anggota yang dianggap sebagai pelajar, maka kegiatan belajar di rumah merupakan suatu hal yang umum terjadi.

Kegiatan belajar dirumah juga dapat mendekatkan hubungan anak dengan orang tua atau anggota keluarga yang lain, karena mereka saling berinteraksi dan membantu satu sama lain terkait hal – hal yang belum diketahuinya. Mulai dari anak bertanya kepada orang tua, adik bertanya kepada kakak dan lain sebagainya.

  1. Makan bersama keluarga

Makan bersama keluarga termasuk kegiatan yang ada di lingkungan keluarga. Makan atau quality time bersama keluarga adalah waktu yang biasanya paling di tunggu-tunggu. Karena pada waktu tersebut masing-masing dari anggota keluarga dapat bercengkrama lebih lama dan bisa menyampaikan hal – hal yang ingin disampaikan setelah melewati beberapa kesibukan pada dirinya sendiri.

Lingkungan Sekolah
Contoh Kegiatan di Lingkungan Sekolah
Kegiatan di Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah adalah kondisi dimana terjadinya pertemuan antara orang satu dengan lainnya dari berbagai latar belakang keluarga yang berbeda. Pada lingkungan sekolah seseorang akan mendapatkan ilmu pengetahuan dari para guru dan melatih sosialisasi mereka dengan orang lain.

Lebih lengkapnya, maka pada pembahasan ini akan diuraikan beberapa contoh kegiatan di lingkungan sekolah yaitu sebagai berikut ini:

  1. Tugas kelompok

Tugas kelompok biasanya terjadi setelah guru memberikan penjelasan mengenai materi yang sudah disampaikan. Tujuan dari tugas kelompok ini salah satunya yaitu agar peserta didik mampu memahami lebih mendalam tentang mata pelajaran yang sudah diterimanya, sekaligus melatih sikap kolaborasi/kerjasama dengan teman yang lain.

Tugas kelompok terkadang dapat pula diselesaikan dirumah, sehingga peserta didik akan bertemu dengan teman sekelompoknya untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberi gurunya.

  1. Proses belajar mengajar

Kegiatan proses belajar mengajar sudah pasti akan terjadi dalam lingkungan sekolah setiap hari-harinya. Umumnya kegiatan semacam ini akan selalu diberikan guru kepada peserta didik dengan tujuan agar mereka memperoleh ilmu baru yang mereka perlukan. Sekaligus untuk mengajarkan peserta didik arti dari sebuah sosialisasi dengan teman sekitarnya.

  1. Jadwal piket

Jadwal piket dibentuk dalam lingkungan sekolah agar masing-masing peserta didik memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin atas hal yang seharusnya mereka lakukan.

Baik mulai dari membersihkan kelas dengan harus datang lebih pagi dan lain sebagainya. umumnya jadwal piket ini akan terbentuk di setiap kelas agar tugas-tugas yang dilakukan peserta didik dapat lebih mudah untuk dikordinasikan satu sama lain dengan anggota kelasnya.

  1. Extrakurikuler

Extrakurikuler adalah kegiatan diluar dari jam pelajaran yang berfungsi untuk mengasah ketrampilan lain yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran. Salah satu contoh extrakurikuler yaitu bola basket, karate, bulu tangkis, menari, dan lain sebagainya.

  1. Kerja bakti sekolah

Kerja bakti sekolah adalah kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh semua warga sekolah yang bertujuan agar lingkungan sekolah menjadi lebih bersih, indah, dan nyaman untuk ditempati. Melalui kegiatan kerja bakti ini pula maka seluruh warga sekolah dapat saling membaur satu sama lain dan terjadi interaksi diantara mereka yang mana hal ini merupakan proses sosial yang penting pula untuk dilakukan.  

Lingkungan Masyarakat
Contoh Kegiatan di Lingkungan Masyarakat
Kegiatan di Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat adalah suatu tempat yang berisi beragam manusia dengan karakter yang berbeda – beda namun bisa saling berinteraksi dan saling membantu satu sama lain.

Pada lingkungan masyarakat, individu akan menemukan cara hidup yang sesuai dengan adat, nilai, dan norma – norma yang ada disekitarnya. Sehingga mereka akan berperilaku lebih baik agar tidak menyimpang dari setiap aturan yang sudah tercipta.

Selanjutnya, berikut dibawah ini adalah beberapa contoh kegiatan sosialisisasi di lingkungan masyarakat yaitu sebagai berikut:

  1. Kerja bakti

Kerja bakti adalah bentuk kerja sama atau gotong royong yang dilakukan oleh warga sekitar dengan tujuan agar kampung yang ditempatinya menjadi wilayah yang bersih, nyaman, dan sedap untuk dipandang. Kerja bakti ini identik dengan slogan bahwa pekerjaan akan lebih ringan untuk dilakukan dan cepat diselesaikan karena adanya rasa kebersamaan dan tolong menolong satu sama lain.

  1. Siskamling

Siskamling singkatan dari sistem keamanan lingkungan yang artinya yaitu adanya kegiatan ronda pada lingkungan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketenangan kampung. Umumnya kegiatan ronda akan dilakukan oleh warga setempat dan berkeliling kampung untuk melakukan pengecekan apakah rumah-rumah warga aman dari berbagai gangguan seperti maling, rampok dan lain sebagainya.

  1. Membantu warga yang berduka

Kegiatan yang ada dilingkungan masyarakat salah satu contoh yang berikutnya yaitu terjadinya rasa saling menolong terhadap tetangga yang sedang mengalami musibah, seperti ada orang yang meninggal.

Biasanya warga setempat akan langsung bertakziyah ke rumah keluarga yang sedang di tinggalkan tersebut dan memberikan bantuan yang memang dapat dilakukan, mulai dari memandikan jenazah, mensholati secara bersama-sama, sampai pada proses penguburan.

  1. Acara rutin

Acara rutin dalam lingkungan masyarakat umumnya bisa berupa arisan yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga maupun acara rutin perkumpulan yang dilakukan bapak-bapak. Bahkan ada sebagain lingkungan masyarakat yang keadaannya masih ada di sekitar pedesaan maka aka nada kebiasaan untuk melakukan acara rutin ngaji bersama dan lain sebagainya.

  1. Membantu warga yang sedang ada hajat

Setiap orang yang hidup di lingkungan sekitar masyarakat sudah pasti harus bisa menempatkan dirinya dengan baik dan wajib untuk melakukan sosialisai. Karena ciri manusia sebagai mahkluk sosial diantaranya yaitu harus saling tolong menolong dengan manusia yang lain.

Bahkan manusia juga termasuk individu yang harusnya memiliki rasa untuk peduli dengan warga sekitarnya.  Rasa kepedulian tersebut diwujudkan dalam hal membantu warga yang sedang memiliki hajat dengan cara meringankan pekerjaan  dari setiap persiapan yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada kalian tentang adanya berbagai contoh bentuk kegiatan yang ada di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi pemahaman bagi yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *