Contoh Kebutuhan Sosial dan Kebutuhan Budaya

Diposting pada

Contoh Kebutuhan Sosial dan Budaya

Manusia sebagai makhluk sosial  sangat wajar jika dalam kegiatan sehari-hari sangat memerlukan berbagai kebutuhan untuk dirinya sendiri maupun anggota masyarakat sekitar. Pada umumnya kebutuhan itu sendiri memang penting untuk melengkapi hidup individu.

Sebagaimana arti kebutuhan yaitu sebagai bentuk hal yang harus di penuhi karena adanya kepentingan dari kebutuhan tersebut. Sedangkan kebutuhan sendiri bentuknya terbagi menjadi beberapa macam salah satu diantaranya adalah kebutuhan sosial dan kebutuhan budaya.

Kebutuhan Sosial dan Budaya

Kebutuhan sosial dan kebutuhan budaya merupakan dua jenis yang berbeda. Akan tetapi pada hakekatnya sama-sama penting untuk dicapai. Karena kebutuhan tersebut berhubungan erat dengan kehidupan masyarakat sebagai makhluk sosial dan individu yang memiliki kebudayaan di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena adanya kepentingan dalam suatu masyarakat. Sehingga kebutuhan sosial ini wajib untuk dipenuhi secara bersama-sama demi kenyamanan sekaligus kebahagian bersama.

Kebutuhan sosial pada umumnya disebut pula sebagai kebutuhan sekunder. Walaupun secara pengertian apabila kebutuhan ini tidak dipenuhi dengan baik maka tidak akan menimbulkana gangguan untuk banyak orang. Akan tetapi tetap tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan sosial ini sangat perlu untuk diwujudkan dalam hidup, karena sifatnya yang melengkap dan memperbaiki kelangsungan hidup manusia.

Kebutuhan Budaya

Sedangkan kebutuhan budaya adalah serangkaian bentuk kebutuhan yang harus dipenuhi karena budaya merupakan seperangkat pedoman untuk manusia dalam bertindak, bersikap, maupun berperilaku. Sehingga kebutuhan semacam ini sangat penting dimiliki oleh setiap individu, agar pola perilakunya memiliki pandangan yang jelas serta sesuai dengan aturan yang ada.

Contoh Kebutuhan Sosial dan Kebutuhan Budaya

Agar pembaca lebih memahami apa itu kebutuhan sosial dan budaya. Maka berikut dibawah ini merupakan contohnya yang mudah ditemukan. Antara lain;

Kebutuhan Sosial

Contohnya saja;

  1. Kegiatan bersama

Makhluk sosial adalah label atau prdikat yang ditujukan untuk manusia karena dianggap tidak dapat hidup secara sendiri, melainkan harus ada orang lain yang membantunya, walaupun dalam kegiatan sekecil apapun itu. Maka dari itu kelangsungan hidup manusia sangat bergantung dengan individu lain dan tidak dapat dipungkiri dengan pengertian semacam ini proses sosial memang harus dilakukan secara bersama-sama.

Kegiatan bersama merupakan salah satu bentuk kebutuhan sosial yang harus dipenuhi oleh masing-masing individu. Dengan terwujudnya kegiatan tersebut maka antara orang satu dengan yang lain akan saling bertemu dan menjalin hubungan yang lebih intens. Sehingga pola hubungan sosial tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan berlangusng dalam jangka waktu yang lama.

  1. Berkomunikasi dengan sesama

Komunikasi merupakan salah satu contoh kebutuhan bersama yang penting pula untuk dipenuhi masing – masing individu. Berkomunikasi dengan masyarakat sekitar adalah bentuk atau cara seseorang untuk melakukan proses sosial. Dengan komunikasi tersebut orang-orang akan mendapat banyak keuntungan diantaranya hiburan, pengalaman, relasi baru, tali persaudaraan yang lebih kuat dan lain sebagainya.

Bahkan cara komunikasi di masa sekarang ini jauh lebih dimudahkan lagi. Mengingat teknologi sudah sangat berkembang pesat dan kemunculkan android yang semakin banyak. Sehingga orang-orang dapat dengan mudah mengirim pesan, telepon, video call, voice note, dan lain sebagainya kepada seseorang yang ingin dihubungi. Maka dari itu pelaksanaan komunikasi ini membuat masing-masing individu akan mendapatkan kebutuhan sosialnya dengan lebih mudah.

  1. Keteraturan sosial dan kontrol sosial

Manusia sebagai warga atau masyarakat yang tinggal pada lingkungan dan wilayah tertentu sudah pasti akan ada hal-hal yang mengingatnya baik berupa aturan, norma, maupun nilai-nilai tradisi dari lingkungan setempat. Melalui aturan-aturan tersebut justru manusia dimudahkan dalam bertindak atau berperilaku karena adanya pegangan hidup atau keteraturan sosial yang mereka harus jalani dengan baik dan benar.

  1. Pendidikan

Pendidikan sudah pasti menjadi kebutuhan sosial yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Pasalnya melalui pendidikan maka akan diperoleh generasi-generasi baru yang berkualitas dan memiliki semangat baru untuk melakukan permbaharuan negera yang lebih baik. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan adalah kebutuhan yang umumnya menjadi pokok utama untuk kesejahteraan rakyat atau suatu bangsa.

Sebagai informasi bahwa pendidikan di jaman sekarang jauh lebih unggul dan berkualitas, karena memasuki dunia pembelajaran abad 21. Tentunya dengan berkembangnya dunia pendidikan ini, maka kebutuhan sosial akan pendidikan harus lebih dikejar dengan semangat.

Tujuannya agar peserta didik menjadi sumber daya manusia yang memiliki kualitas baik sekaligus diajarkan banyak hal. Mulai dari sikap kolaborasi, disiplin, berwirausaha, keratif, inovatif dan lain sebagainya.

  1. Aktualisasi diri

Aktualisasi diri merupakan proses pengembangan diri pada seseorang dan ingin menunjukkan kelebihannya tersebut pada dunia luar. Umumnya kebutuhan sosial semacam ini harus dipenuhi agar masing-masing orang berani menampilkan bakat atau kemampuan yang mereka punya.

Dengan demikian orang-orang tersebut nantinya dapat memberikan pengaruh baik untuk kehidupan orang lain agar bisa mencontoh kepercayaan diri dan kebranian dari dalam diri seseorang yang berhasil menunjukkan aktualisasi dirinya.

Bahkan dengan aktualisasi diri setiap orang akan lebih mudah untuk melakukan proses sosial. Karena pada dasarnya tujuan dan manfaat adanya proses sosial yaitu melakukan interaksi dan menjalin hubungan dalam jangka panjang di lingkungan masyarakat.

  1. Kesehatan

Kebutuhan akan kesehatan merupakan salah satu jenis kebutuhan yang penting pula. Kesehatan ini sangat baik untuk mendukung keberlangsungan hidup banyak orang, karena dengan badan yang sehat seseorang dapat melakukan aktivitas secara normal.

Sehingga kebutuhan kesehatan ini amat sangat penting dipenuhi agar segala sesuatunya berjalan dengan baik dan lancar.

Kebutuhan Budaya

Contohnya adalah sebagai berikut ini;

  1. Informasi

Kebutuhan informasi pada umumnya merupakan pemenuhan kebutuhan akan berita-berita yang diperlukan manusia. Umumnya informasi bersifat sangat kompleks sehingga bisa ditemukan dari berbagai macam kondisi, situasi, keadaan dan lain sebagainya. Melalui informasi seseorang juga akan mengenal lebih dalam dari sesuatu hal yang hendak mereka ketahui.

Bahkan dengan adanya informasi, individu akan merasa bahwa dirinya memiliki pengalaman yang lebih banyak. Sehingga bisa disebarluaskan lagi kepada orang lain. sebagai catatan bahwa informasi tersebut merupakan info yang benar, jelas, dan tidak ada tipu daya atau kebohongannya.

  1. Gagasan

Kebutuhan akan gagasan atau ide merupakan salah satu contoh kebutuhan budaya. Karena dengan gagasan, ide , pemikiran seseorang dapat mengembangkan daya kreatifitasnya menjadi lebih baik. Bahkan dengan gagasan individu akan menemukan sudut pandang baru yang dapat diambil sisi positifnya dan dijadikan sebagai bentuk intropeksi diri agar lebih baik lagi.

Walaupun bentuk dari gagasan adalah abstrak atau tidak terlihat secara nyata namun pada saat gagasan ini diungkapnya maka nilai-nilainya dapat memberikan manfaat dengan baik apabila memang gagasan atau ide tersebut bersifat baik pula.

  1. Aktivitas (tindakan)

Kebutuhan budaya yang selanjuynya adalah aktivitas atau tindakan. Umumnya suatu aktivitas adalah kegiatan yang sehari-hari dapat dilakukan oleh manusia. Melalui aktivitas pula orang lain akan memiliki kehidupan produktif sehingga dapat memberikan banyak ilmu maupun pengalaman pada masing-masing kepribadian seseorang.

Aktivitas atau tindakan manusia secara umum dapat dilakukan dengan cara berulang. Sehingga pengulangan kegiatan tersebut menjadi suatu hal yang biasa dan dianggap sebagai perbuatan yang sah atau baik ketika tidak melanggar nilai maupun norma yang ada disekitar masyarakat.

  1. Afertak (karya)

Kebudayaan memang sangat erat dengan suatu karya. Karena budaya merupakan unsur penting yang harus dimiliki pada lingkungan masyarakat dan menjadi sumber kearifian lokal untuk masing-masing darah. Dengan pernyataan tersebut kebutuhan budaya ini dapat dipenuhi melalui penciptaan suatu karya yang bisa di tunjukan dan menjadi ciri khas dari setiap wilayah serta bermanfaat bagi banyak orang.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh kebutuhan sosial dan kebutuhan budaya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *