Jenis Kajian Ilmu Ekonomi dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Kajian Ekonomi

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah ilmu ekonomi? Sudah pasti pernah, terlebih lagi bagi para pelajar maupun mahasiswa. Pada dasarnya ilmu ekonomi ini sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia sebagai makhluk ekonomi.

Seringkali dalam hidup kita membutuhkan hal-hal yang berkaitan dengan alat pemuas kebutuhan. Tanpa kita sadari kadang manusia tidak bisa mengatur arti kebutuhan dan keinginannya, sehingga manusia sering disebut sebagai makhluk hidup yang memiliki kebutuhan tidak terbatas.

Ekonomi

Berkaitan dengan istilah ilmu ekonomi, pada dasasrya dalam ilmu ini akan diatur bagaimana manusia harus menyeimbangkan antara kebutuhannya yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Sehingga ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari sikap maupun pola tingkah laku manusia dalam menentukan dan menciptakan kesejahteraan yang mereka inginkan. Terkadang dalam pencapaian tujuan yang hendak diwujudkan ini akan ada berbagai kendala yang menganggunya, maka dari itu setiap manusia harus memiliki manajemen diri agar dapat mengatur segala kebutuhan maupun keinginannya dengan baik.

Kadang kala dalam pemenuhan kebutuhan hidup akan ada yang namanya suatu kelangkaan. Dimana kelangkaan ekonomi ini adalah kondisi barang yang semakin menipis karena kebutuhan yang terus menerus meningkat. Melalui situasi tersebut maka seseorang senantiasa harus mampu mengendalikan setiap kebutuhan atau keinginannya sesuai prioritasnya terlebih dahulu, agar kegiatan perekonomian dapat berajalan dengan lebih baik.

Kajian Ilmu Ekonomi

Beberapa jenis kajian yang dilakukan dalam ilmu ekonomi berdaarkan pada ciri dan contohnya di masarakat. Antara lain sebaga berikut:

  1. Deskripstif

Ilmu ekonomi deskripstif adalah ilmu ekonomi yang menggambarkan atau mendeskripsikan data dengan berbagai fenomena yang sedang terjadi. Biasanya pada ilmu ekonomi deskriptif akan dijelaskan terkait kondisi ekonomi dalam kehidupan secara nyata dan apa adanya.

Maka dari itu melalui ilmu ekonomi deskripstif ini akan diperoleh ragam informasi yang jelas, lengkap, dan rasional sebagai bentuk pengetahuan yang harus diketahui oleh masyarakat luas agar mengerti kondisi perekonomiannya yang sedang terjadi.

Ciri-ciri pada ilmu ekonomi deskripstif antara lain yaitu;

  1. Bukan hal rekayasa atau karangan akan tetapi bersifat nyata
  2. Faktual dan mempunyai penggambaran yang dibentuk dalam konsep kurva serta grafik

Contoh dari ilmu ekonomi deskriptif yaitu kasus terjadinya inflasi pada suatu negara yang menyebabkan pemerintah harus ikut serta menanggulangi kegagalan arti pasar agar tidak banyak kerugian yang dirasakan dari berbagai pihak.

  1. Mikro

Pengertian ilmu ekonomi mikro adalah teori ekonomi yang menjelaskan mengenai sikap individu dan rumah tangga produksi atau sebuah perusahaan dalam menentukan keputusan yang diambil untuk pengalokasian sumber daya terbatas.

Memang pada dasarnya dalam ilmu ekonomi mikro ini dibahas ranah ekonomi yang lingkupnya jauh lebih kecil yaitu hanya sebatas perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar untuk produk tertentu.

Ciri dari ilmu ekonomi mikro yaitu;

  1. Menjelaskan tentang keputusan dan perilaku yang dapat mempengaruhi penawaran
  2. Permintaan terhadap barang maupun asa

Sedangkan untuk contohnya sendiri adalah analisis pembahasan masalah yang terjadi dalam pasar, perusahaan, persoalan harga dan lain-lain.

  1. Makro

Ilmu ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang menjelaskan tentang semua kegiatan ekonomi dengan ranah lingkup yang lebih luas. maka dari itu tidak heran jika ilmu ekonomi makro ini konsepnya jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan ilmu ekonomi mikro.

Selain itu pada ekonomi makro juga akan diperoleh target-target kebijaksanaan yang dapat diambil agar sesuai dengan kebutuhan ekonomi yang sedang terjadi. Baik mulai dari kebijakan stabilitas harga, keseimbangan neraca , tenaga kerja, dan pertumbuhan ekonomi.

Adapun untuk ciri-ciri dari dari ilmu ekonomi makro yaitu;

  • Jauh lebih kompleks atau global sehingga berpengaruh terhadap perubahan ekonomi dalam sektor perusahaan, pasar, maupun aktivitas ekonomi rumah tangga

Contoh dari ilmu ekonomi makro antara lain yaitu adanya kasus kemiskinan, krisis nilai tukar, pengangguran, inflasi, hutang luar negeri dan lain sebagainya.

  1. Terapan

Ilmu ekonomi terapan adalah ilmu yang mempelajari masalah kebijakan yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan ekonomi. Kebijakan yang dibuat dalam ilmu ekonomi terapan pada umumnya berfungsi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi secara lebih cepat, mengatasi pengangguran, menciptakan kestabilan harga pasar dan lain sebagainya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa llmu ekonomi terapan ini sangat penting untuk dipelajari agar mengetahui tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi dan berdampak pada keputusan pengambilan kebijakan yang lebih tepat.

Ciri-ciri dari ilmu ekonomi terapan antara lain yaitu;

  1. Menggunakan pengukuran
  2. Metode analisis
  3. Mempergunakan angka statistik

Kemudian untuk contohnya sendiri adalah segala permasalahan ekonomi yang dapat diselesaikan dengan suatu kebijakan mulai dari pengangguran, inflasi, krisis moneter dan lain sebagainya.

  1. Moneter

Ilmu ekonomi moneter adalah ilmu yang membahas mengenai kegiatan ekonomi yang ada hubungannya dengan keuangan, perbankan, dan lembaga uang lainnya. Sudah pasti ilmu ekonomi moneter menjadi bagian yang tidak asing lagi bagi sebagain orang.

Hal ini dikarenakan masalah moneter seringkali bisa dirasakan oleh masing-masing orang karena hubungannya dengan uang yang biasa digunakan untuk hidup sehari-hari.

Ciri-ciri dari ilmu ekonomi moneter antara lain yaitu;

  1. Sering membahas mengenai investasi asing
  2. Berkaitan dengan pertumbuhan pasokan uang dalam perekonomian negara

Sedangkan contohnya sendiri yaitu seperti inflasi, tingkat suku bunga, dan paak investasi

  1. Publik

Ilmu ekonomi publik adalah ilmu yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi dan dilakukan oleh pemerintah. Biasaya dalam ilmu ekonomi publik ini akan ada hubungannya dengan pemenuhan kebutuahan rakyat agar lebih mudah dan ringan dalam menangani masalah ekonomi.

Ciri-ciri dari ilmu ekonomi publik yaitu;

  • Intervensi pemerintah secara penuh dalam pengambilan kebijakan untuk perekonomian

Contoh dari ilmu ekonomi yang satu ini antara lain adalah APBD, APBN, hutang negara, dan retribusi.

  1. Industri

Ilmu ekonomi industri adalah ilmu ekonomi yang berkaitan dengan interaksi perusahaan dan suatu bisnis atau industri.

Biasanya dalam ilmu ekonomi ini akan ditemukan beberapa ciri. Antara lain;

  1. Adanya persaingan badan usaha
  2. Kinera dalam perusahaan yang terlihat baik atau buruk dan teradinya pembahasan ekonomi makro dalam sebuah industri tersebut.

Contoh dari ilmu ekonomi industri yaitu kecurangan dalam sebuah industri, fluktuasi nilai batu bara, persaingan ketat antar perusahaan dan lain sebagainya.

  1. Internasional

Melihat kata internasional, sudah pasti anda paham bahwa ranah ilmu ekonomi ini cakupannya sangat luas yaitu sampai ke skala dunia atau antar negara. Memang pada dasarnya ilmu ekponomi internasional membahas seputar kegiatan ekonomi yang ada kaitannya dengan kebijakan luar negeri.

Ciri-cirinya yaitu;

  • Adanya hubungan kegiatan perekonomian antar bangsa atau antar negara

Sedangkan contohnya yaitu teradinya ekspor, impor, dan perdangangan internasional.

  1. Regional

Ilmu ekonomi regional adalah ilmu yang mempelajari interaksi ekonomi antar daerah atau wilayah demi terciptanya kemauan dan pengembangan suatu wilayah tersebut. Melalui hubungan antar daerah tersebut maka perekonomian dalam tingkat regional akan lebih maju dan baik, sehingga perekonomian dalam sistem ini sangat penting untuk dilakukan.

Ciri dari ilmu ekonomi yang satu ini yaitu;

  • Berada dalam satu negara, namun terdiri dari beberapa kota atau wilayah untuk pengembangan atau kemajuan bersama

Contohnya yaitu teradinya hubungan bisnis antar setiap daerah untuk pemenuhan kebutuhan satu sama lain.

  1. Sumber Daya Alam

Ilmu ekonomi sumber daya alam adalah suatu ilmu yang membahas masalah pengalokasian sumber daya alam agar digunakan secara optimal sesuai dengan kebutuhan masing-masing kegiatan produksi. Ciri-ciri dari ilmu ekonomi sumber daya alam yaitu;

  1. Penggunaan alam yang dipakai untuk kegiatan ekonomi, dengan ketentuan dan syarat agar penggunaan tersebut tidak dilakukan secara eksploitasi maupun besar-besaran.

Contoh dari ekonomi sumber daya alam ini antara lain adalah segala hal yang ada kaitannya dengan alam mulai dari sawit, nikel dan lain sebagainya yang memang dapat digunakan untuk pengembangan perekonomian.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam kajian yang ada dalam ilmu ekonomi berdasarkan pada ciri dan contohnya. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *