Jenis Suspense dan Contohnya

Diposting pada

Macam Suspense

Sehingga tidak heran jika manusia memiliki perasaan semacam itu tadi dikarenakan sifat bawaan lahirnya yang berbeda-beda dan ditambah pula dengan pengalaman seseorang dalam menghadapi suatu kejadian. Sayangnya arti kata suspense itu sendiri cenderung belum dikenal banyak orang.

Suspense

Suspense adalah kondisi yang membuat suatu mental tidak dapat berjalan dengan baik maupun sebaliknya yaitu terjadinya kegembiraan pada seseorang yang dirasakan karena sesuatu hal yang terjadi. Suspense ini salah satu bentuknya yaitu dapat berupa ketegangan, ketakutan, kecemasan dan lain sebagainya yang kemudian menyangkut perasaan dalam diri seseorang.

Jenis Suspense

Berikut dibawah ini merupakan jenis dan contoh suspence yang dapat dilihat dari sebuah genre film yaitu sebagai berikut :

  1. Drama

Seseorang yang melihat genre film drama kemungkinan dapat merasakan suspense yang terjadi dalam dirinya. Pada dasarnya film drama merupakan genre yang paling umum sebagai bentuk pertunjukkan. Tema-temanya juga banyak mulai dari percintaan, konflik, kehidupan dalam keseharian, persahabatan, sosial, kekeluargaan, dan politik.

Melalui genre film ini seseorang dapat memiliki rasa yang terbawa alur karena hal yang dilihatnya. Misalkan saja sedang melihat suatu konflik keluarga yang menengangkan, maka penonton juga akan merasa ketegangan yang sama.

Ketika rasa bisa sampai kepada orang yang melihat film tersebut maka dapat dikatakan bahwa pertunjukkan berhasil ditayangkan. Salah satu contoh drama yang membuat seseorang dapat merasakan adanya suspense yaitu Room, The Shawshank Redemption, The Social Network, Forrest Gump, Pulp Fiction, Slumdog Millionaire, City of God, dan lain-lain.

  1. Action

Action juga termasuk genre film yang mampu menimbulkan suspense dalam diri seseorang. Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa action disebut pula sebagai film laga yang didalamnya menghadirkan aksi sebuah pertarungan.

Selain itu tokoh yang terlibat dalam film akan berperan dengan aksinya yang menengangkan karena terjadi perkelahian, kekuatan fisik dan lain sebagainya.

Melalui genre film ini seseorang dapat merasakan hal yang sama dengan yang ditonton. Mereka cenderung akan memiliki rasa takut, tegang, dan cemas karena film yang dilihatnya. Maka dari itulah suspense terjadi dalam diri seseorang. Contoh film genre action yang dapat memicu timbul suspence antara lain Ong-Bak, The Raid, Karate Kid, dan Police Story.

  1. Horror

Horor adalah jenis genre film yang mungkin banyak pengemarnya, namun jangan salah karena sebagian orang juga tidak menyukai jenis film yang satu ini. Pada dasarnya horror dianggap tontonan yang akan membuat seseorang melihatnya merasa ketakutan karena adanya adegan-adegan yang mengejutkan.

Sehingga tidak heran dengan tontonan film horror inilah, suspence atau kondisi menegangkan dalam diri seseorang dapat timbul.

Terlebih lagi bagi mereka yang sama sekali tidak menyukai film horror dan mencoba untuk melihatnya maka rasa ketakutan yang timbul jauh akan lebih besar. Beberapa contoh film genre horror yang dapat memicu timbulkan suspence yaitu Silent Hill, Sinister, The Shining dan Rosemary’s Baby.

  1. Romance

Genre film romance ternyata bukan hanya menunjukkan kisah percintaan yang berjalan dengan mulus – mulus saja. Justru jika jalan cerita yang ditunjukkan terkesan baik terus menerus tidak akan mendapat perhatian dari penonton. Maka dari itu dalam film romance terdapat pula rasa yang menegangkan karena terjadinya suatu konflik, salah persepsi, dan lain sebagainya.

Dengan adanya tontonan yang menyajikan kisah percintaan namun dilengkapi dengan konflik yang menegangkan maka seseorang akan terbawa dalam suasana film tersebut.

Sehingga hal yang terjadi yaitu suspence dapat timbul dalam diri seseorang mulai dari rasa tegang, kecewa, marah dan lain-lain. Contoh film romance yang menguras timbulnya berbagai perasaan  yaitu About Time, Love Actually, The Notebook, The Fault in Our Stars, Titanic dan lain sebagainya.

  1. Fantasy

Film fantasy merupakan genre yang menunjukkan adanya hal – hal imajinatif serta diluar nalar. Sehingga seseorang yang melihat film dengan genre fantasy akan merasa keanehan, rasa ragu yang timbul, serta rasa ketidakpastian.

Maka dari itu dengan pertunjukkan tersebut dapat memancing munculnya suspence dalam diri seseorang. Beberapa contoh film genre fantasy yang menimbulkan suspence yaitu The Lord of the Rings series, The Hobbit series, Harry Potter series, dan Fantastic Beasts series.

  1. Adventure

Jenis film selanjutnya yang mampu menunjukkan rasa suspence pada diri seseorang adalah adventure. Tentunya film adventure merupakan jenis tontonan yang bersemangat karena aksinya yang berkisah tentang petualangan, penjelajahan dan lain sebagainya.

Perjalanan kisah adventure ini seseorang akan merasakan berbagai perasaan yang bercampur mulai dari perjuangan, kegembiraan, rasa takut, tegang, dan lainnya. Sehingga genre adventure termasuk salah satu film yang dapat memicu timbulnya suspence.

Contoh dari film adventure sendiri antara lain adalah Indiana Jones series, Pirates of the Caribbean series, The Revenant, First Blood, dan lain-lain.

  1. Thriller

Apakah anda sudah tau apa itu film thriller? Genre triller dalam sebuah film merupakan tontonan yang menunjukkan adanya ketegangan karena memacu adrenalin dari awal film sampai akhir. Maka dari itu suspence pada diri seseorang akan lebih terasa setelah melihat genre film thriller ini.

Salah satu contoh film thriller yaitu Shutter Island, Casino Royale, The Sixth Sense, The Fugitive, Taken, dan lain-lain.

  1. Perang

Perang merupakan suatu kejadian yang pastinya akan menguras banyak tenaga kerja dan memicu timbulnya rasa takut, tegang, dan cemas. Film genre perang ini juga bukan hal asing lagi, terlebih lagi bagi para penggemarnya. Biasanya dalam film perang terdapat kisah pelarian diri, perlindungan untuk keluarga dan lain sebagainya sehingga tambah memicu rasa was-was, cemas, dan penasaran dalam diri penonton yang melihat film tersebut.

Sehingga tidak heran jika melalui film genre perang ini, suspence pada diri manusia dapat muncul seketika. Karena kondisi yang dilihatnya menarik rasa dalam diri mereka untuk ikut serta merasakannya. Salah satu contoh film genre perang yaitu The Hurt Locker, Black Hawk Down, Schindler’s List, Dunkirk, Platoon, The Pianist, dan lain-lain.

  1. Misteri

Film dengan genre misteri pastinya akan menunjukkan kisah yang sebelumnya diawali dengan sebuah rahasia – rahasia dan membuat orang yang melihatnya penasaran dengan sebuah misteri tersebut. Biasanya dalam film ini juga dibubuhi dengan sebuah penyelidikan sehingga mampu memancing rasa cemas, tegang dalam diri seseorang yang melihat film tersebut

Maka dari itu tidak heran jika suspence atau kondisi tidak menentu dalam diri seseorang bisa timbul seketika. Hal ini dikarenakan rasa dari pertunjukkan film tersebut tersampaikan kepada penonton. Contoh film misteri yang menunjukkan suspence pada diri manusia diantaranya yaitu Dial M for Murder, The Usual Suspect, Memento, Vertigo, Sherlock Holmes, Zodiac, The Third Man, dan lain-lain.

  1. Documenter

Terakhir, genre film documenter juga mampu menimbulkan kondisi tidak menentu atau suspence dalam diri seseorang.

Hal ini dikarenakan film documenter berisi fakta – fakta dari sebuah kejadian yang mungkin akan menimbulkan rasa cemas dan tegang. Salah satu contoh film documenter yang dapat membawa penonton merasakan kondisi menegangkan atau cemas antara lain yaitu Sexy Killer, Citizenfour, The Art of Killing, Blackfish, Leaving Neverland, dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan bentuk suspense yang telah disebutkan dapatlah dikatakan bahwa pada umumnya kata tersebut dalam bahasa asing memiliki arti perasaan tegang. Arti tersebut memang berkaitan erat dengan konsep pemahaman dari kata suspense itu sendiri. Suspense merupakan kondisi yang belum tentu atau belum pasti.

Sifat suspense ini pada dasarnya dapat dirasakan ketika seseorang sedang menghadapi kejadian baik yang dialami oleh dirinya sendiri maupun sebagai bentuk penonton. Maka dari itu suspense pada umumnya memiliki banyak jenis dan contoh yang dapat kita temukan dalam keseharian.

Nah, demikianlah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai macam suspense dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *