Jenis Pranata Sosial dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Pranata Sosial

Pranata sosial memiliki peranan yang begitu penting dalam kehidupan manusia sebagai makhluk ekonomi ataupun makhluk sosial. Hal ini disebabkan dengan adanya pranata sosial inilah berbagai bentuk penyimpangan yang ada di masyarakat dapat diatasi.

Misalnya saja salah satu fungsi keberadaan pranata sosial dalam bidang hukum, yaitu lembaga hukum seperti pengadilan akan senantiasa memberikan aturan serta pedoman hidup masyarakat agar sesuai dengan norma-norma bersama.

Pranata Sosial

Pranata sosial adalah serangkaian sistem kesatuan yang menjadi sarana demi terwujudnya suatu bentuk interaksi sosial dan hubungan sosial antar individu satu dengan yang lain. Oleh karena demikian sebuah pranata sosial ini seringkali di hubung-hubungkan dengan yang namanya norma, nilai, adat, maupun tingkah laku manusia yang ada dalam kehidupan.

Jenis Pranata Sosial

Pranata sosial pada umumnya juga memiliki beberapa macam. Antara lain;

  1. Crescive institutions

Crescive institutions merupakan salah satu jenis pranata sosial yang memiliki makna bahwa jenis pranata sosial yang satu ini terjadi secara tidak sengaja dan tumbuh dari adat istiadat masyarakat yang sebelumnya sudah menjadi kebiasaan maupun hal wajar.

Misalkan saja saja dalam hal ini seperti hak milik atas nama seseorang maupun kelompok, adanya perkawinan, dan lain-lain.

  1. Enacted institutions

Enacted institutions adalah pranata sosial yang sengaja dibentuk karena adanya suatu tujuan yang hendak dicapai dengan cara atau konsep bersama-sama gara kegiatan terasa lebih ringan dan mudah. Salah pranata sosial enacted institutions yaitu tersediannya lembaga sosial seperti  lembaga perdagangan, dan lembaga kependidikan yang sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat.

  1. Basic Institutions

Jenis pranata sosial basic institustions adalah pranata sosial yang keberadaannya sangat diperlukan dan begitu penting untuk memelihara serta mempertahankan tata tertib dalam kehidupan masyarakat.

Contoh pranata sosial yaitu adanya keluarga, sekolah, dan negara. Berdasarkan contoh tersebut bisa dipahami bahwa jenis pranata sosial basic institutions merupakan dasar terjadinya suatu kehidupan agar lebih maju, baik, dan berkembang.

  1. Subsidiary institutions

Subsidiary institutions merupakan jenis pranata sosial yang dianggap bisa dinomorkan kesekian karena dinilai kurang penting, namun tetap diperlukan. Contohnya yaitu kegiatan untuk rekreasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa hiburan, rekreasi mungkin bukan menjadi prioritas utama seseorang dalam hidup, ustru masyarakat akan cenderung lebih memilih bekerja dan mengumpulkan pundi-pundi uang terlebih dahulu.

Akan tetapi kegiatan rekreasi ini tetap diperlukan, sebagai sarana untuk merileks kan pikiran maupun badan dari rasa penat. Bahkan seseorang yang jarang melakukan rekreasi mungkin saja akan lebih cepat merasakan stress karena kurangnya hiburan maupun sosialiasi dengan lebih santai.

  1. Approved institutions

Approved institutions termasuk jenis pranata sosial yang mudah diterima  masyarakat dan masuk dalam kategori kegiatan yang diperlukan dalam hidup. Contoh dari jenis pranata sosial yang satu ini diantaranya yaitu perusahaan, industri, dan lain-lain.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut seseorang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan lebih baik, karena adanya penjual maupun pembuka lapangan kerja yang bisa membantu dalam pencarian financial.

  1. Unsactioned institutions

Terdapat pula jenis pranata sosial yang ditolak masyarakat yaitu unsactioned institutions. Penolakan masyarakat ini sudah pasti ada alasan tersendiri, salah satunya yaitu kegiatan yang ada justru tidak membantu masyarakat dalam menangani berbagai hal melainkan mendatangkan berbagai konflik yang bisa menganggu kenyamanan dari setiap individu. Contoh jenis pranata sosial unsactioned institutions yaitu pemeras, penjahat, lintah darat, dan lain-lain.

  1. General institutions

General institutions adalah pranata sosial yang dikenal secara umum oleh masyarakat di dunia. Jenis pranata sosial yang satu ini termasuk hal yang penting dan seringkali dibutuhkan manusia sebagai peyeimbang dan penguat dalam hidup.

Contohnya yaitu masalah keagamaan, baik mulai dari tempat ibadah sampai hal-hal lain yang menyangkut dengan hubungan Tuhan YME.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua kalangan tentang adanya macam-macam pranata sosial yang ada di masyarakat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *