Jenis Potensi Diri dan Contohnya

Diposting pada

Macam Potensi Diri

Manusia pada umumnya memiliki kemampuan masing-masing dalam dirinya. Kemampuan yang ada dalam diri individu seringkali bisa membawa mereka pada keberhasilan yang hendak dicapai.

Sebagai informasi bahwa kemapuan tersebut dinamakan pula dengan istilah potensi diri. Terkadang manusia sudah memiliki potensi dalam dirinya, namun tidak mau mengasahnya dengan baik, sehingga menyebabkan kemampuan tersebut hilang atau bahkan tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Potensi Diri

Berbicara mengenai potensi diri merujuk pada pengertian kemampuan dalam diri seseorang yang belum teraktualisasi, belum dipraktikkan, dan belum digunakan dengan baik atau maksimal.

Artinya, potensi diri adalah kelebihan dalam diri seseorang namun tidak di nampakan dengan begitu jelas dan tidak menangkap peluang yang ada dalam kehidupan mereka untuk menggunakan potensi dirinya sendiri. Sehingga potensi tersebut menjadi suatu hal yang tidak berguna dan sia-sia.

Jenis Potensi Diri dan Contohnya

Setelah mempelajari pengertian potensi diri dari uraikan diatas, maka selanjutnya di bawah ini merupakan beberapa jenis dan contoh potensi diri yaitu sebagai berikut;

  1. Kemampuan sosiologis

Potensi diri sosiologis pada umumnya adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam hal rasa kepekaan pada permasalahan sosial yang sedang dihadapi atau dilihatnya secara langsung di lingkungan sekitarnya. Rasa atau arti sikap peka tersebut mendorong individu untuk bisa berpikir kritis terhadap apa yang telah dilihat dan dirasakannya dengan kondisi yang terjadi disekitarnya saat itu juga.

Contoh Kemampuan Sosiologis

Contohnya saja kemampuan seseorang melihat kawannya yang sedang menyimpan kesedihan karena dapat merasakan kepekaan yang amat dalam dari sikap temannya yang tidak seperti biasanya. Biasanya sikap peka ini dapat muncul karena adanya rasa empati dalam diri seseorang yang menyebabkan merka menggali atau megidentifikasi setiap hal yang dirasa atau dilihatnya.

  1. Kemampuan naturalis

Kata natural pasti sudah sering anda dengar berkali-kali. Ternyata potensi diri memiki jenis yaitu kemampuan naturalis yang mana pada kemampuan yang satu ini seseorang memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan alam sekitar.

Seseorang yang mempunyai kemampuan naturalis biasanya sangat menyukai tumbuhan maupun hal-hal yang berbau alam, bahkan mereka bisa merasa sakit apabila alam itu disakiti. Karena kemampuannya tersebut seseorang kadang juga lebih mudah dalam memahami kehidupan ekologi di bumi.

Contoh Kemampuan Naturalis

Contohnya saja seorang remaja sangat menyukai alam bahkan dia sangat suka untuk berpetualang di alam bebas. Karena kesukaannya tersebut ternyata remaja tersebut juga memiliki kemampuan naturalis yang dibuktikan dengan kemampuannya dalam mempelajari berbagai hal yang ada di alam dengan lebih mudah. Misalkan taksonomi tumbuhan, ciri-ciri setiap tanaman dan lain sebagainya.

  1. Kemampuan musikal

Potensi diri terkait dengan kemampuan musikal pada dasarnya sudah dapat ditebak dengan mudah. Kemampuan yang satu ini adalah kecerdasan seseorang dalam menciptakan harmoni lewat suatu suara. Biasanya suara akan dikeluarkan melalui permainan dari alat musik.

Contoh Kemampuan Musikal

Contohnya saja adanya kemampuan orang dalam memainkan alat musik serta kecerdasannya dalam menghayati alunan nada. Bisa juga pada kemampuan musikal ini seseorang dapat bernyanyi dengan memainkan music secara langsung.

  1. Kemampuan spasial

Kemampuan spasial adalah kecerdasan seseorang yang berkaitan dengan adanya pemahaman akan ruang spasial. Apakah anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan ruang spasial? Jadi ruang spasial bisanya berhubungan dengan suatu pemetaan.

Contoh Kemampuan Spasial

Contohnya saja seorang sopir yang sudah terlatih dengan begitu baik dan profesional biasanya memiliki kemampaun spasial ini. Alsannya kaena pada saat sopir melintasi jalan yang belum pernah ditempuhnya maka hal tersebut akan mmberikan pengalaman terkait medan baru bagi sopir.

Namun karena kemampuannya yang sudah baik maka mereka bisa dengan mudah masuk ke dalam gang-gang yang sempit dan menemukan jalan keluar menujju arah yang akan dituju tanpa kesasar sama sekali. Kemampuan semacam ini adalah kemampuan spasial.

  1. Kemampuan visual

Jenis potensi yang satu ini memiliki arti bahwa kemampuan dalam diri seseorang karena kecerdasan individu dalam menciptakan kreasi visual.

Kreasi tersebut diantaranya dapat berupa lukisan, gambar, atau juga film. Bahkan kemampuannya bukan hanya sekedar itu melainkan mereka bisa juga memahami atau memecahkan suatu teka-teki yang tampak dengan secara kasat mata, misalnya seperti menerjemahkan makna dari sebuah lukisan.

Contoh Kemampuan Visual

Contohnya saja adanya kemampuan seseorang untuk menciptakan karya lukis atau karya lain yang dapat dilihat dengan jelas dan dibuat berdasarkan imajinasi mereka sendiri maupun contoh dari apa yang telah ditemukan atau ditatapnya.

  1. Kemampuan logika

Kemampuan logika merupakan suatu kemampuan seseorang yang hubungannya dengan pemikiran untuk selalu bersifat logis serta matematis. Pada potensi ini umumnya digunakan untuk memahami sesuatu hal secara numeric (angka), mulai dari menghitung sampai dengan menghapal rumus -rumus matematis.

Umumnya kemampuan logika ini memang sudah bisa diperoleh karena adanya bakat atau bawaan dari lahir maupun karena belajar dan berlatih secara rutin.

Contoh Kemampuan Logika

Contoh : seseorang yang dengan mudah untuk menjawab atau menghitung angka dalam jangka waktu yang cepat walaupun angka tersebut dalam jumlah yang banyak dan seharusnya diperlukan coret-coretan untuk menghitungnya.

  1. Kemampuan linguistik

Kemamuan ini pada dasarnya merupakan suatu kemampuan individu di dalam berbahasa. Umumnya pada potensi ini akan diperoleh wawasan atau cakupan pengetahuan yang luas, dan tidak hanya memahami teks deskriptif saja. Melainkan ada banyak hal yang dimengerti mulai dari berceramah, berbicara, serta diskusi.

Proses aktualisasi diri pada kesempatan ini biasanya akan lebih sering muncul. Karena seseorang memiliki kecerdasan dan kepercayaan diri untuk mengembangkan skillnya dengan baik.

Contoh Kemampuan Linguistik

Contohnya saja adanya individu yang berani menyampaikan pendapat didepan umum dan berani tampil untuk melakukan sambutan maupun lain sebagainya tanpa rasa grogi.

  1. Kemampuan kinestetik

Kemampuan kinestetik adalah potensi yang dimiliki seseorang dalam melakukan gerakan pada tubuhnya dengan lebih mudah dan cekatan. Bahkan pada kemampuan yang satu ini bukan hanya persoalan gerakan saja melainkan tubuh mereka dapat di kembangkan secara lebih elastisitas (lentur).

Contoh Kemampuan Kinestetik

Contohnya saja adanya penari yang dengan hebat dapat menggerakan tubuhnya dengan begitu energik, gemulai dan mampu menciptakan keharmonian dari gerakan fisik yang mempesona.

  1. Kemampuan interpersonal

Potensi atau kemampuan interpersonal adalah kemampuan seseorang di dalam menjalin hubungan sosial. Sudah pasti manusia sebagai makhluk sosial sangat perlu melakukan hubungan sosial itu sendiri. Terlebih lagi jika kemampuan interpersonal dimiliki oleh seseorang, maka tidak ada kecanggungan maupun rasa malu atau tidak percaya diri dalam diri seseorang dalam melakukan interkasi sosial dengan orang lain.

Contoh Kemampuan Interpersonal

Contohnya saja seseorang yang sangat pandai dalam melakukan persuasive, kemampuannya melobi, mewawancarai, berkomunikasi dengan orang lain atau semacamnya. Biasanya kemampuan ini akan membuat mereka lebih banyak relasi atau teman karena kemudahan mereka untuk mengawali pembicaraan dan sikap humblenya pada banyak orang.

  1. Kemampuan intrapersonal

Kemampuan intrapersonal pada umumnya berkebalikan dengan kemampuan interpersonal. Secara sekilas memang istilahnya hampir mirip. Namun pada kemampuan intrapersonal, anda dapat menggarisbawahi kata “intra” yang artinya yaitu dalam. Sehingga kemampuan intrapersonal ini adalah suatu kemampuan seseorang untuk melakukan manajemen mulai dari mengatur, memahami, dan mengevaluasi dirinya sendiri.

Biasanya orang yang memiliki kemampuan ini dapat dengan mudah dalam merancang visi, mengambil keputusan, serta menetapkan tujuan hidup. Kemampuan intrapersonal juga dapat diatur dan dilatih dengan lebih baik melalui upaya di dalam pengendalian emosi diri.

Contoh Kemampuan Intrapersonal

Contohnya saja seorang wirausahawan akan memanajemen dirinya sendiri agar dapat bertanggung jawab, disiplin, dan berani mengambil keputusan dalam dunia kerja atau bisnis yang sedang dijalaninya. Manajemen ini juga harus nampak dari kemampuan wirausahawan yaitu pengaturan pengeluaran kebutuhan mereka agar selalu tidak lebih tinggi dari pendapatnya, karena hal tersebut justru akan membuat kerugian bagi individu yang bersangkutan.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa potensi adalah kemampuan yang memiliki kemungkinan untuk dikembangkan, kesanggupan, kekuatan, dan daya. Pada intinya, secara singkat potensi diri ini adalah perwujuatanyang bisa kita kembangkan

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa potensi diri adalah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang baik sudah berwujud maupun yang belum terwujud secara nyata, namun pada umumnya dapat dipergunakan secara maksimal oleh seseorang.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai macam potensi diri pada seseorang dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan pemahaman untuk semua pembaca yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *