Jenis Pelaku Ekonomi dan Contohnya

Diposting pada

Macam Pelaku Ekonomi

Usaha memenuhi arti kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk ekonomi merupakan usaha bersama yang dilakukan oleh tiap-tiap individu. Hal ini berarti bahwa semua pihak memberikan kontribusi dan perannya agar dapat saling membantu dalam pemenuhan kebutuhan. Usaha tersebut dilakukan dengan jalan kegiatan ekonomi, baik produksi, distribusi, maupun konsumsi.

Melalui kegiatan ekonomi tersebutlah kita dapat memenuhi kebutuhan hidup. Dengan demikian, kita adalah pelaku ekonomi. Namun apa peran kita, apakah kita sebagai produsen, distributor atau sekedar konsumen? Yang pasti kita berperan dalam menggerakkan roda perekonomian meskipun hanya melakukan pembelian barang maupun  jasa yang diproduksi oleh orang lain. Betapa pentingnya peran pelaku ekonomi dalam suatu negara. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai jenis pelaku ekonomi beserta dengan contohnya agar lebih mudah dipahami.

Pelaku Ekonomi

Ekonomi suatu negara digerakkan oleh pelaku ekonomi yang berkat perannya perekonomian dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Pelaku ekonomi merupakan pihak-pihak yang terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi baik secara individual maupun sebagai organisasi ekonomi (pemerintah maupun swasta).

Kegiatan yang dilakukan dalam tujuan pelaku ekonomi dapat berupa kegiatan produksi, distribusi, maupun konsumsi. Pelaku ekonomi tidak hanya mereka yang menghasilkan barang atau jasa, melainkan juga mereka yang membantu pendistribusian barang serta pengguna barang atau jasa hasil produksi.

Jenis Pelaku Ekonomi dan Contohnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pelaku ekonomi dibagi ke dalam beberapa jenis tergantung kepada kegiatan ekonomi yang menjadi perannya. Berikut jenis pelaku ekonomi beserta dengan contohnya.

  1. Rumah tangga keluarga sebagai konsumen

Rumah tangga keluarga sebagai masyarakat ekonomi juga memberikan peran serta kontribusinya dalam upaya menggerakkan roda perekonomian. Hal ini dilakukan dengan memberikan dua peran yaitu sebagai konsumen dan sebagai penyedia faktor produksi.

Pembahasan yang pertama ialah rumah tangga keluarga sebagai konsumen. Pelaku ekonomi jenis ini melakukan perannya dengan membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang atau jasa tersebut diperoleh dari penghasilnannya karena bekerja dan kemudian dikonsumsi secara utuh ataupun hanya mengurangi nilai dari barang tersebut.

Contohnya;

Seorang ibu rumah tangga yang membeli sayuran di pasar dengan uang bulanan yang diberikan ayah. Kemudian, ibu mengolah sayur tersebut menjadi jamuan makan keluarganya.

  1. Rumah tangga keluarga sebagai penyedia faktor produksi

Rumah tangga keluarga selain membeli dan mengkonsumsi hasil produksi produsen juga berperan dalam menyediakan tenaga kerja, kewirausahaan, tanah ataupun modal untuk kegiatan produksi. Melalui faktor-faktor produksi tersebut rumah tangga keluarga akan memperoleh penghasilan untuk dapat digunakan membeli barang atau jasa sebagai pemuas kebutuhan.

Contohnya:

Seorang ayah yang bekerja di pabrik roti memberikan tenaganya untuk berperan menghasilkan roti. Kemudian, ayah akan memperoleh gaji sebagai timbal balik atas tenaganya. Gaji tersebut digunakannya untuk membeli kebutuhan makan keluarganya.

  1. Rumah tangga produsen atau perusahaan

Perusahaan ialah kesatuan yuridis erta ekonomis berdasarkan faktor-faktor produksi yang tujuannya adalah mencari laba atau memberi layanan kepada masyarakat. Rumah tangga produsen ini memanfaatkan faktor-faktor produksi yang diberikan oleh rumah tangga keluarga untuk menghasilkan barang atau jasa. Selain itu, rumah tangga produsen atau perusahaan ini juga memberikan gaji sebagai timbal balik atas tenaga yang diberikan rumah tangga keluarga.

Berdasarkan pada dari kepemilikannya perusahaan umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu badan usaha milik negara (BUMN) dan perusahaan milik swasta (BUMS). Keduanya dibedakan dari sumber modalnya saja, namun kegiatannya adalah menghasilkan.

Contohnya;

Produsen kerajinan tangan mengemasi karyanya untuk kemudian dijual kepada pelanggannya, produsen juga memberikan gaji yang layak kepada pengrajin yang bekerja di tempatnya.

  1. Rumah tangga pemerintah sebagai produsen

Pemerintah juga sebagai pelaku ekonomi yang berperan sebagai produsen. Peran yang dilakukan berupa penyedia layanan bagi masyarakat umum. Terdapat berbagai macam hasil produksinya yaitu listrik yang sering kita gunakan saat ini merupakan hasil dari PT.

Contohnya;

PLN Persero miliki pemerintah, kemudian pos surat dari PT. POS Indonesia yang juga milik pemerintah. Selain itu, pemerintah membangun fasilitas umum bagi warga masyarakatnya. Melalui fasilitas umum itulah, kemudian pemerintah dapat menarik pajak sebagai timbal balik yang diperolehnya.

  1. Rumah tangga pemerintah sebagai konsumen

Pemerintah dalam memberikan layanan publik tentu akan memerlukan berbagai barang maupun jasa yang dihasilkan pelaku ekonomi yang lain. Peranan rumah tangga pemerintah sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan perekonomian masyarakat suatu negara.

Hal ini dikarenakan perannya sebagai salah satu pelaku kegiatan ekonomi tidak dapat digantikan oleh pihak manapun. Tanpa adanya campur tangan dari pemerintah, maka semua pelaku ekonomi yang tamak akan menggerus semua keuntungan secara berlebih.

Contohnya;

Dalam sebuah ruang adanya tenaga kerja, pemerintah pasti membutuhkan lemari untuk menyimpan berkas-berkas, meja, serta komputer. Pemerintah juga memerlukan tenaga kerja sebagai faktor produksinya yang menjalankan kegiatan pemerintahan.

  1. Rumah tangga pemerintah sebagai pengatur kegiatan perekonomian

Tak hanya memiliki peran sebagai produsen dan juga konsumen, pemerintah jumemiliki peran khusus sebagai pengatur kegiatan perekonomian. Mengapa kegiatan perekonomian perlu diatur? Pemerintah perlu ikut campur dalam mengatur kiegiatan perekonomian agar stabil.

Dalam hal ini, pemerintah berhak untuk mengeluarkan peraturan serta kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Peraturan yang dikeluarkan pemerintah tetap mengacu pada pancasila dan UUD 1945 serta Garis Besar Haluan Negara yang berlaku.

Contohnya;

Pemerintah mengeluarkan UU No. 13 Tahun 2003 yang berisi terkait dengan Ketenagakerjaan sebagai perannya mengatur hal-hal terkait dengan tenaga kerja.

  1. Rumah tangga masyarakat luar negeri

Masyarakat luar negeri juga menjadi pelaku ekonomi manakala perekonomian yang terjadi ialah dengan perekonomian terbuka. Kalian pasti pernah kan membeli barang dari luar negeri? Itulah contoh terdekat dari kita yang menunjukkan bahwa masyarakat luar negeri memiliki andil sebagai pelaku ekonomi.

Kegiatan yang dilakukan rumah tangga masyarakat luar negeri yang lainnya sebagai pelaku ekonomi antara lain, sebagai penyedia atau penjual barang-barang impor ke dalam negeri, pembeli barang-barang hasil produksi dalam negeri yang ada dalam kegiatan ekspor, dan penyedia modal atau tenaga ahli.

Contohnya;

Masyarakat luar negeri sebagai pelaku distribusi produk impor dari luar negeri.

  1. Lembaga keuangan

Selain rumah tangga keluarga, produsen, pemerintah, dan masyarakat luar negeri terdapat lembaga keuangan sebagai pelaku ekonomi. Lembaga keuangan yaitu pihak yang melakukan kegiatan pengelolaan keuangan, baik itu sebagai pihak bank maupun non bank.

Tujuan dari lembaga keuangan yaitu untuk membantu meningkatkan perekonomian suatu negara. Tanpa adanya peran lembaga keuangan, dimugkinkan pelaku-pelaku ekonomi yang lain akan kesulitan melakukan perputaran uang dalam perekonomian.

Contohnya;

Bank sebagai pihak yang membantu dalam pengelolaan uang serta mengatur perputaran uang. Sehingga, perusahaan dapat terus memproduksi karena dapat mengajukan pinjaman modal ke bank dan rumah tangga konsumen serta pemerintah dapat melakukan kegiatan konsumsi dengan menggunakan layanan jasa bank yang telah disediakan.

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca, berkaitan dengan jenis-jenis pelaku ekonomi dan contohnya yang mudah disetemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *