Jenis Minat dan Contohnya

Diposting pada

Macam Minat dan Contohnya

Keinginan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik merupakan dorongan alamiah dalam diri manusia sebagai salah satu makhluk sosial. Secara tidak langsung, keinginan yang muncul dalam diri manusia menuntutnya untuk mempelajari sesuatu yang baru. Keingin ini sering disebut juga dengan minat yang terbagi dalam berbagai jenis-jenisnya. Untuk lebih lengkap artikel ini akan mengulasnya.

Minat

Minat adalah sebagai suatu keinginan yang ingin dicapai. Ketika seseorang memiliki minat yang tinggi terhadap sesuatu, maka ia akan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Namun ketika seseorang tidak memiliki minat tinggi terhadap sesuatu ynag sedang dikerjakan bisa jadi ia melakukannya dengan tidak sungguh-sungguh.

Jenis Minat

Berikut ini akan dipaparkan mengeani jenis minat beserta contohnya.

Minat profesi dalam Bidang seni

Banyak sekali bidang seni yang diminati tidak hanya oleh orang dewasa. Anak muda bahkan anak kecil tertarik pada bidang seni. Banyak peluang yang yang dapat diambil dari dunia seni. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, prestasi dan lain sebagainya. Sebagai contoh antara lain:

Pak amir sangat suka melukis. Sejak kecil ia sudah diajarkan melukis oleh ayahnya. Bakat melukis yang ada pada diri pak amir kemudian diasah terus menerus. Hingga akhirnya pak Amir berkeinginan untuk menjadi seorang pelukis yang professional

Ilustrasi diatas menggambarkan minat pak amir dalam hal profesi sebagai pelukis.

Minat prestasi

Minat berpretasi adalah salah satu jenis minat dalam arti psikologi yang lazimnya muncul pada seseorang yang sedang menempuh pendidikan. Baik di tingkat Sekolah Dasar, Pertama, Atas, ataupun Mahasiswa. Minat prestasi ini bentuk kemampuan untuk menjadi yang terbaik.

Aini pernah menjuarai lomba menari tingkat kabupaten ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Saat iya melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama, ia berkeinginan untuk mengikuti lomba menari tingkat provinsi

Ilustrasi diatas menggambarkan minat Aini dalam bidang prestasi dimana ia ingin melakukan hal yang lebih baik dariapada sebelumnya. Minat dalam bidang prestasi umumnya dimiliki oleh seorang pelajar. Prestasi tidak selalu tentang pendidikan formal, banyak prestasi diluar pendidikan formal. Misalnya prestasi dalam lingkungan masyarakat seperti juara adzan tingkat kecamatan dan lain sebagainya.

Minat Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan dalam proses sosial bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai warga Negara Indonesia. Banyak orang yang ingin berperan dan berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan sosial. Contoh minat dalam bidang kesejahteraan sosial antara lain:

Pak Restu tinggal di salah satu daerah tertinggal di Indonesia. Kurangnya fasilitas seperti listrik membuat pak Restu ingin mengubah daerah tersebut menjadi daerah yang lebih sejahterah baik dalam hal sarana dan prasarana maupun dalam hal ekonomi. Salah satu usaha pak Restu adalah menciptakan sumber energi listrik tenaga air mengingat bahwa di daerah tersebut memiliki banyak sungai yang bisa dimanfaatkan 

Ilustrasi diatas menggamarkan bahwa pak Restu memiliki minat untuk menciptakan kesejahteraan sosial di daerahnya.

Minat dalam Bidang Usaha

Di zaman modern ini, masyarakat dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan usaha. Salah satu dampak positifnya adalah menciptakan lapangan kerja baru bagi tenaga kerja. Contoh minat dalam bidang usaha adalah sebagai berikut:

Bu Andin memiliki usaha sebagai tukang jahit. Ia berkeinginan untuk mengembangkan usaha jahitnya menjadi sebuah butik 

Ilustrasi diatas menggambarkan bahwa Bu Andin memiliki minat dalam mengembangkan usahanya supaya menjad lebih besar dan lebih maju. Ada dorongan emosional dalam diri Ibu Andin untuk berkembang.

Minat Jual Beli

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, masyarakat melakukan transaksi barang maupun jasa yang disebut jual beli. Contoh minat dalam bidang jual beli adalah sebagai berikut:

Anis suka bercocok tanam. Ia memiliki kebun bunga krisan yang di belakang rumahnya. Ia ingin menjual bunga tersebut kepada teman-temannya. Uang yang terkumpul, akan ia gunakan untuk membeli sepeda 

Ilustrasi diatas menggambarkan bahwa Anis memiliki keinginan untuk menjual hasil kebunnya dan membeli sepeda baru. Faktor minat  ini didorong oleh rasa emosional yang muncul dalam dirinya.

Minat Periklanan

Periklanan menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan penjualan suatu produk. Hal ini dijadikan peluang oleh sebagian orang menjadi peluang usaha sebagai penyedia jasa periklanan. Periklanan tidak hanya dilakukan melalui konvensional, tetapi juga melalui media online.ilustrasi minat dalam bidang periklanan dapat dilihat pada contoh berikut:

Ana dan Rani memiliki kemampuan dalam bidang desain. Mereka memiliki minat untuk melakukan kerjasama dalam usaha penyedia jasa pembuatan iklan 

Minat dalam Bidang Kegiatan Luar

Minat dalam bidang kegiatan luar sering kali dikaitkan dengan dunia pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan. Salah satu contohnya adalah nelayan, petani. Contoh minat profesi bidang keegiatan luar adalah sebagai berikut:

Niko adalah anak seorang nelayan. Ia bercita-cita untuk meneruskan profesi ayahnya karena ia memiliki minta tinggi untuk menjadi seorang nelayan yang sukses 

Minat petualangan

Bagi sebagian orang, berpetualang menjadi hal yang sangat menarik karena banyak hal yang dapat dipelajari dari alam. Berpetualang dan menjelajah alam menjadi minat untuk sebagian orang. Contoh minat petualangan adalah sebagai berikut:

Sejak kecil Riko selalu diajak ayahnya untuk wisata alam. Kebiasaan itu membuat Riko menjadi suka berpetualang khusunya mendaki gunung. Hobinya mendaki, mendorong Riko memiliki keinginan bisa mendaki gununng di seluruh pulau Jawa

Berdasrakan ilustrasi diatas, bahwa minat petualangan dilakukan karena hobi atau memenuhi rasa kepuasan dalam diri seseorang.

Minat Keolahragaan

Minat dalam bidang olahraga dapat berupa keinginan terhadap suatu profesi ataupun hanya sekedar hobi. Contoh minat dalam bidang keolahragaan dalah sebagai berikut:

Dio memiliki berat badan yang sedikit gemuk. Ia sering diledek oleh teman-temannya. Oleh karena itu, Dio berkeinginan untuk melakukan fitness secara rutin setiap minggu demi menurunkan berat badannya 

Ilustrasi diatas menunjukan minat Dio dalam berolahraga karena faktor motif sosial. Ia ingin mengubah pandangan orang lain tentang dirinya.

Minat Literasi

Membaca dianggap sebagai jendela dunia. Dengan membaca, banyak hal baru mengenai pengetahuan di seluruh dunia yang bisa kita ketahui. Tidak sedikit orang yang memiliki hobi membaca. Contoh minat literasi adalah sebagai berikut:

Ani sangat gemar membaca, ia berkeinginan untuk mendirikan ruang baca di desanya 

Ilustrasi diatas menunjukan bahwa Ani memiliki minat dalam dunia literasi. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk membantu orang lain yang memiliki hobi sama sepertinya. Minat Ani didorong oleh motif sosial yaitu kepeduliannya terhadap masyarakat di desanya khusunya remaja.

Itulah tadi uraian jelas terkait dengan berbagai jenis-jenis minat dan contohnya yang ada di masyarakat. Semoga bisa memberikan referensi serta literasi bagi kalian yang sedang membutuhkan materi tentang kajian-kajian psikologi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *