Jenis Lembaga Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Lembaga Sosial di Masyarakat

Manusia merupakan makhluk sosial dalam perannya di kehidupan sehari-hari, sudah dapat dipastikan bahwa mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain di sekitarnya. Selain itu, manusia juga memiliki pandangan yang berbeda-beda terhadap suatu hal. Alasan inilah yang mendasari perlunya institusi dalam pranata sosial di lingkungan masyarakat.

Lembaga sosial dalam proses sosial tersebut terbagi menjadi beberapa bidang yang tergantung pada konsentrasi dari operasional lembaga tersebut. Meskipun demikian, fungsinya ialah memudahkan kebutuhan masyarakat dengan melaksanakan suatu kerja tertentu. Sangat penting bagi kita untuk mempelajari jenis lembaga sosial ini.

Lembaga Sosial

Lembaga sosial adalah serangkaian bentuk anggota yang terdiri dari masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan dengan adanya satu kesamaan tujuan. Selain kesamaan tujuan, dalam lembaga sosial juga terdapat nilai-nilai, norma, adat serta unsur kemasyarakatan yang sama dan dianut oleh masyarakat. Nilai, norma, dan aturan tersebut disepakati bersama sehingga dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama

Pada umumnya, lembaga sosial tersebut diciptakan dan diterapkan masyarakat untuk mengatur sesama agar hidup damai melalui norma yang telah disepakati. Meskipun tidak semua norma dapat dikatakan lembaga sosial. Dalam lembaga sosial terdapat sistem tata kelakuan, tata cara, sistem hubungan sosial, atau cita-cita yang mengatur. Aturan ini ditetapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan sosial masyarakat dan agar tercipta hidup yang damai.

Setiap anggota masyarakat yang masuk ke lembaga sosial tertentu akan terikat dengan peraturan yang dibuat dan aturan tersebut harus dipatuhi.  Selain adanya aturan, umumnya juga terdapat satu tradisi yang hanya diketahui oleh anggota dan dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan dalam lembaga sosial.

Jenis Lembaga Sosial

Berikut merupakan jenis lembaga sosial yang ada di lingkungan masyarakat beserta contohnya. Antara lain;

  1. Lembaga Keluarga

Keluarga merupakan contoh lembaga sosial yang hubungan dan aturan di dalamnya dibentuk melalui proses perkawinan atau karena adanya hubungan darah di antara anggota keluarga. Lembaga keluarga dibagi ke dalam dua jenis, yaitu keluarga inti dan keluarga besar.

Dalam kedua jenis lembaga keluarga tersebut tetap terdapat nilai dan norma. Sebagai contoh, orang tua yang melarang anaknya main di luar lewat jam sepuluh malam karena alasan keamanan. Oleh karena itu, anaknya akan pulang ke rumah sebelum jam sepuluh malam, jika tidak ia akan ditegur.

Fungsi lembaga keluarga ialah sebagai lembaga reproduksi, yaitu karena menghasilkan keturunan sedarah. Selain itu, keluarga memiliki fungsi afeksi sebagai tempat mencurahkan kasih sayang. Keluarga juga memiliki fungsi dalam hal sosialisasi, yaitu tempat menanamkan nilai-nilai dan norma.

  1. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi bekerja atas dasar dua aspek yang saling berkaitan yaitu permintaan dan penawaran. Proses tindakan dalam kegiatan ekonomi dalam lembaga ini berputar pada produksi, distribusi dan konsumsi. Sebagai makhluk ekonomi, kita akan melakukan ketiga kegiatan tersebut.

Misalnya, untuk bertahan hidup kita butuh makan. Makanan diperoleh dengan salah satu cara yaitu membeli. Makanan dibeli dengan menggunakan uang yang diperoleh dari hasil bekerja, hingga kemudian dapat mengkonsumsi makanan tersebut.

Contoh fungsi lembaga ekonomi adalah dapat menyediakan sumber daya untuk bertahan hidup. Selain itu, juga untuk meningkatkan profit, menaikkan status sosial dan lain sebagainya.

Ketersediaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan sangat terbatas, sedangkan semua orang harus bertahan hidup. Lembaga ekonomi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui proses produksi, distribusi, dan konsumsi.

  1. Lembaga Agama

Setiap negara pasti memiliki instansi yang khusus menangani urusan terkait dengan agama, mulai dari level kementerian, sampai level di lingkungan desa. Hal ini dirancang karena agama menjadi pedoman hidup yang kekal bagi orang-orang beriman karena mengatur hubungan antarmanusia juga antara manusia dengan Tuhan.

Di Indonesia sendiri, peran lembaga agama dirasa sangat signifikan. Lembaga agama memiliki otoritas dalam menentukan standar makanan yang halal dan haram bahkan ditandai dengan sebuah label. Lembaga agama juga memiliki otoritas dalam melegitimasi sepasang calon mempelai membangun rumah tangga. Selain itu, lembaga agama memiliki otoritas terkait resolusi konflik di beberapa daerah.

  1. Lembaga Politik

Lembaga politik mengurusi perebutan kekuasaan dan juga urusan terkait proses pembuatan kebijakan. Bahkan, dengan atau tanpa kita sadari, hampir seluruh elemen kehidupan kita bersentuhan dengan politik. Mulai dari konstitusi sampai peraturan RT merupakan keputusan politik.

Politik dibentuk atas dasar adanya hukum formal. Di Indonesia, sistem politik yang digunakan dan dikembangkan ialah demokrasi yang berasaskan pada arti Pancasila. Pondasi utama sistem politik Indonesia ialah Trias politika yang terdiri dari lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Lembaga politik di masyarakat ini sejatinya memiliki kekuasaan atas regulasi aturan, yaitu mengendalikan perilaku masyarakat yang dalam kategori penyimpangan sosial. Sebagai contoh, dalam hal ini adanya aturan tidak boleh mencuri barang orang lain. Ketika seseorang mencuri dan ketahuan oleh pihak berwenang, maka akan dihukum sesuai aturan yang telah dibuat.

Terdapat instansi pemerintahan yang melakukan fungsi kontrol terhadap pelanggaran aturan dibentuk oleh negara, seperti pengadilan, kepolisian, lembaga kemasyarakatan, sampai petugas piket jaga ronda di setiap desa.

  1. Lembaga Pendidikan

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap individu. Pendidikan yang pertama ialah dari keluarga. Namun secara formal, lembaga pendidikan ada untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia akan pendidikan tersebut. Sekolah dasar, menengah hingga perguruan tinggi atau universitas merupakan contoh lembaga pendidikan formal yang dibentuk untuk memberi pendidikan pada anak didik.

Fungsi lembaga pendidikan yaitu sebagai wadah dalam arti sosialisasi nilai. Sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat akan dipertahankan dan bahkan akan dikembangkan melalui lembaga pendidikan.

Sebagai contoh, suatu kelompok masyarakat yang menganut sistem nilai tentang pentingnya kemanusiaan. Sekolah dan universitas mengajarkan anak didiknya tentang nilai penting kemanusiaan. Ketika anak didik tersebut lulus, diharapkan nilai tentang kemanusiaan menjadi pegangan teguh dalam kesehariannya. Masyarakat pada umumnya diharapkan berprinsip pada nilai kemanusiaan.

  1. Lembaga Kesehatan

Lembaga kesehatan ialah lembaga yang berorientasi pada pelayanan kesehatan dan bertujuan untuk menjadikan seluruh masyarakat selalu sehat, baik secara mental maupun fisik. Seringkali terdapat banyak program kesehatan yang dilaksanakan oleh lembaga kesehatan secara cuma-cuma untuk masyarakat.

  1. Lembaga Budaya

Lembaga budaya juga merupakan lembaga yang termasuk penting karena membantu masyarakat untuk mengembangkan serta melestarikan budaya yang ada.

Lembaga budaya adalah lembaga yang membantu masyarakat untuk mengenal berbagai macam adat yang ada serta membantu dalam upaya melestarikanya. Di Indonesia, ragam budayanya sangat banyak sehingga lembaga budaya yang ada juga sangat banyak untuk dapat menjaga semua keutuhan budaya yang ada, khususnya menjaga kelestarian ragam budaya tersebut.

  1. Lembaga Hukum

Lembaga hukum merupakan lembaga yang mengatur mengenai tata tertib dalam kehidupan bermasyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. Lembaga ini ada karena tidak semua lapisan masyarakat memahami prosedur hukum, sehingga lembaga ini dibentuk untuk mengatasi kesulitan tersebut.

  1. Lembaga Keuangan

Terdapat banyak sekali lembaga keuangan yang ada di sekitar kita seperti bank. Lembaga keuangan bank, baik di Indonesia atau di seluruh dunia tentu memiliki peran dalam memperoleh modal bagi masyarakat supaya mereka dapat menjalankan tujuan kegiatan ekonomi sebagai tindakan perputaran ekonomi di masyarakat

  1. Lembaga Kepentingan Umum

Lembaga kepentingan umum merupakan lembaga yang mengedepankan solidaritas dalam keragaman untuk menjalin hubungan.

Dengan kata lain, lembaga ini tidak berorientasi pada memperoleh profit. Misalnya, adanya lembaga bantuan hukum yang menyediakan layanan pembela pengadilan secara cuma-cuma bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan lengkap yang bisa kami sebutkan pada segenap pembaca. Berkaitan dengan jenis lembaga sosial, fungsi, dan contohnya yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Semoga memberi edukasi serta referensi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *