Jenis Kemandirian dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Sikap Kemandirian

Manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi sehari-hari memang pada dasarnya selalu membutuhkan bantuan orang lain, hal ini karena manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu sangat wajar jika dalam hidup banyak orang-orang yang selalu berkerja sama dan membantu satu sama lain.

Akan tetapi walalupun seseorang dianggap tidak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, namun sebetulnya setiap individu memiliki karakter atau sikap yang membuat dirinya tidak terlalu bergantung pada orang lain dalam banyak hal. Karakter tersebut yaitu kemandirian dalam diri seseorang.

Kemandirian

Definisi sikap mandiri memang sangat baik untuk membantu mengembangkan pola pemikiran maupun tingkah laku seseorang, baik anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia. Karena pengertian kemandirian akan menghadirkan rasa percaya atau keyakinan dalam diri seseorang untuk mencoba segala hal terlebih dahulu dengan kemampuan yang mereka punya.

Sehingga hal tersebut tidak membuat pribadi seseorang terlihat lemah dan ingin enaknya saja karena apapun ingin dibantu dari pihak lain. Oleh karena itulah kemandirian ini akan senantiasa ditunjukkan seseorang melalui kondisi hidupnya yang tidak tergantung dengan orang lain dalam menentukan segala keputusan dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Jenis Kemandirian

Macam-macam kemandirian dibedakan menjadi beberapa bentuk. Antara lain sebagai berikut;

  1. Emosional

Kemandirian emosional berarti bahwa seseorang dapat bersikap dengan baik dalam menangani permasalahan yang ada pada dirinya sendiri.

Sehingga perlu anda ketahui bahwa bekal pokok dari kemandirian emosional adalah pengenalan diri sendiri dengan pemahaman yang lebih mendalam terkait pribadinya masing-masing dan nantinya dapat melakukan pengendalian diri secara baik.

  1. Belajar

Kemandirian belajar sudah seharusnya dimiliki oleh setiap pelajar maupun banyak orang lainnya. Alasannya karena belajar adalah proses seumur hidup dimana seseorang tidak dapat berhenti belajar dalam segala hal sampai batas akhir waktu di dunia ini. Perlu anda tahu bahwa belajar bukan berarti harus ada di dalam kelas dengan banyaknya buku atau tulisan.

Akan tetapi belajar adalah proses pencarian ilmu dari berbagai hal yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Maka dari itu kemandirian belajar sangat baik dan harus dimiliki setiap orang. Agar masing – masing individu memiliki pengetahuan yang lebih banyak untuk menambah wawasan mereka.

  1. Psikososial

Kemandirian psikososial pada dasarnya berkaitan dengan sikap atau karakter seseorang dalam menahan hal-hal buruk karena menyakut mental seseorang.

Umumnya kemandirian psikososial yaitu sikap seseorang dalam menghadapi kondisi yang ada di hadapannya secara langsung dengan melakukan pengendalian pada dirinya sendiri agar tidak terjadi pertengkaran maupun permasalahan yang lebih lanjut.

Sikap kemandirian ini bisa ditunjukkan melalui contoh perilaku seseorang sebagai mediator atau pemisah antara orang yangs sedang berseteru. Membuka jalan keluar dari setiap permasalahan yang muncul dan bersikap dengan lebih rileks, tenang, santai dan lain sebagainya.

  1. Keterampilan Hidup

Kemandirian ketrampilan hidup yaitu berhubungan dengan kemampuan seorang individu untuk menggali potensi atau bakat yang mereka punya. Biasanya kemandirian semacam ini bisa muncul dengan lebih natural apabila kemandiriannya memang telah dimiliki sebelumnya.

Pada umumnya hal utama untuk menumbuhkan kemandirian dalam diri seseorang yaitu memberinya kesempatan untuk mengeksplore dirinya dalam berbagai bidang. Secara tidak langsung hal tersebut akan membuat anak merasakan kira-kira ketrampilan mana yang mereka paling suka dan menjadi kemampuan dalam dirinya masing-masing.

Contoh Sikap Kemandirian

Sebagai penjelasan yang lebih lengkap. Untuk contoh kemandirian penting untuk diketahui. Misalnya saja;

Kuliah di Luar Daerah

Seorang anak yang baru lulus SMA/SMK/MA/Sederajat memilih untuk melanjutkan studi perkulihannya di luar daerah dimana ia tinggal. Secara otomatis ia akan bertangung jawab atas sikapnya sendiri tanpa adanya campur tangan kedua orang tua.

Disini lain, jikalau seorang anak tersebut berusaha untuk memenuhi arti kebutuhan hidupnya dengan berwirausaha atau memulai bisnis kecil-kecilan agar tidak membenani kedua orangtunya merupakan pengamalan atas sikap kemandirian dalam arti ekonomi.

Nah, demikinalah tadi artikel yang bisa kai uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam kemandirian dan contohnya yang ada di bidang sikap serta ekonomi. Semoga memberikan referensi bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *