Jenis Kelangkaan Ekonomi dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Kelangkaan Ekonomi

Manusia sebagai makhluk ekonomi dan makhluk sosial pasti sering menemukan permasalahan ekonomi dalam kehidupannya. Pastinya permasalahan yang ditemukan dari setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi dalam kegiatan ekonomi sendiri, salah satu permasalahan yang akan mengancam keberlangsungan hidup manusia yaitu kelangkaan.

Mendengar kata kelangkaan, pasti bukan menjadi sesuatu yang asing. Mengingat istlah tersebut pada dasarnya sudah menjadi pembahasan yang kerap kali disampaikan dalam dunia pendidikan, maupun oleh masyarakat yang ada di lingkungan sekitar.

Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan sumber daya ekonomi pada dasarnya merajuk pada kata keterbatasan untuk memneuhi arti kebutuhan. Hal lainnya yang berkaitan dengan istilah kelangkaan adalah kesenjangan antara keinginan yang tidak dapat terpenuhi dengan baik karena sumber daya yang terbatas.

Oleh sebab itulah terdapat berbagai bentuk fenomena sosial yang terjadi karena kurangnya pemenuhan kebutuhan diakibatkan oleh sumber daya yang terbatas. Hal ini terjadi umumnya karena jumlah permintaan barang namun tidak sebanding dengan jumlah yang ditawarkan produsen, sehingga keterbatasan suatu produk muncul dan menyebabkan naiknya harga pasar.

Jenis Kelangkaan Ekonomi

Macam-macam bentuk kelangkaan dalam motif ekonomi. Antara lain;

  1. Kelangkaan sumber daya alam

Sumber daya alam adalah semua hal yang berada dalam muka bumi ini dan terdiri dari sumber daya biotik serta sumber daya abiotik. Sumber daya alam pada umumya diberikan secara gratis oleh Sang Pencipta penguasa alam ini. Sehingga pemanfaatannya dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan.

Akan tetapi, pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan secara terus menerus dan berlebihan maka hal tersebut akan terjadi yang namanya eksploitasi. Akibatnya sumber daya alam akan semakin berkurang dan mengalami keterbatasan jumlahnya. Secara otomatis keadaan tersebut akan membuat kelangkaan terjadi.

Contoh Kelangkaan SDA

Pemanfaatan bata bara yang dilakukan secara terus menerus tanpa adanya penghematan pada sumber daya tersebut, maka hal ini akan mempercepat penghabisan jumlah batu bara dalam muka bumi ini.

  1. Kelangkaan sumber daya manusia yang terbatas

Sumber daya manusia adalah kemampuan yang dimiliki seseorang karena suatu kelebihan yang dimilikinya dan memberikan banyak manfaat apabila diasah sekaligus dilatih dengan sebaik-baiknya. Sebagai informasi bahwa penyebab kelangkaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualiats, maka akibatnya kegiatan ekonomi tidak bisa dijalankan dengan penuh kreatifitas maupun inovasi.

Sedangkan masalah sumber daya manusia yang berkualitas, di negara Indonesia sendiri termasyk suatu hal yang cukup langka. Karena tidak semua orang mempunyai kelebihan lebih yang dapat menjalankan kehidupannya dengan berbagai tantangan serta solusi-solusi cerdik yang harus diciptakannya.

Contoh Kelangkaan SDM

Contohnya sebuah perusahaan akan merekrut karyawan yang bukan main-main baik secara intelegensi maupun pola tingkah lakunya. Biasanya orang-orang pilihan tersebut adalah individu yang dianggap sebagai SDM berkualitas dan patut untuk dipertahankan agar bisa bergabung dalam perusahaan dan memberikan banyak manfaat untuk bisnis tersebut.

  1. Kelangkaan sumber daya modal

Sumber daya modal adalah sumber dana yang diperoleh dari keuangan pribadi maupun pinjaman dari luar, namun berfungsi untuk pendirian sebuah badan usaha/bisnis.

Sumber daya modal termasuk salah satu jenis kelangkaan karena masing-masing orang belum tentu memiliki kemampuan untuk menciptakan sumber daya modalnya sendiri dalam pendirian sebuah bisnis. Maka dari itu sumber daya modal merupakan seseuatu yang masuk dalam kelangkaan.

Contoh Kelangkaan Modal

Contohnya dari 10 orang yang menggeluti dunia kerja, hanya ada sekitar 2 sampai dengan 3 orang saja yang berhasil menciptakan lapangan kera baru untuk dirinya sendiri maupun orang lain. melihat kondisi semacam ini pada dasarnya orang-orang tersebut memiliki sumber daya modal baik mulai dari keuangan, kemampuan, kera keras, dan sikap pantang menyerah yang sudah dikantonginya terlebih dahulu dibandingkan manusia lain yang belum memilikinya.

  1. Kelangkaan sumber daya kewirausahaan

Sumber daya dalam objek studi kewirausahaan atau entrepreneurship merupakan salah satu jenis kewirausahaan, karena tidak semua orang memiliki jiwa kewirausahaan dalam dirinya. Terlebih lagi kewirausahaan itu sebetulnya diperlukan mental baja yang sanggup menghadapi segala kenyataan baik manis maupun pahit, dan tidak semua orang akan sanggup menerima hal tersebut.

Contoh Kelangkaan Wirausaha

Contohnya seorang yang berkecimpung dalam dunia kewirausahaan memiliki sikap yang jauh lebih kuat dalam menghapi segala cobaan, karena mereka harus memikirkan usaha yang dibangun agar tidak bangkrut. Apalagi mereka memiliki karyawan yang sama-sama harus dipikirkan.

Oleh karena itu sumber daya kewirausahaan ini disebut pula sebagai kelangkaan, karena tidak semua sanggup melakukannya.

  1. Kelangkaan ekonomi relatif

Kelangkaan ekonomi relatif adalah kondisi penyebaran sumber daya yang ada pada kehidupan namun tidak dapat tersebar secara merata.

Tentunya keadaan semacam ini akan mengakibatkan sebagian daerah-daerah yang tidak terkena sumber daya yang dibutuhkan akan merasa bahwa kebutuhannya belum dapat tercukupi dengan baik. Sehingga sebuah kelangkaan dapat menghampiri mereka.

Contoh Kelangkaan Relatif

Contohnya kelangkaan air minum bersih. Kelangkaan ini masih terjadi di beberaoa wilayah Indonesia, salah satunya adalah daerah-daerah pedalaman yang memang belum mendapatkan saluran atau akses air minum bersih, sehingga hal tersebut membuat mereka mau tidak mau harus menerima air yang tersedia di sekitar tempatnya.

  1. Kelangkaan yang diinduksi oleh permintaan

Kelangkaan dalam arti permintaan diakibatkan karena suatu wilayah mengalami kenaikan jumlah populasi penduduk, sehingga dengan demikian akan meningkatkan pula kuantitas konsumsi masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut maka produsen cenderung akan kebingungan untuk melakukan pemenuhan kebutuhan setiap orang, karena produk yang disiapkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah permintaan produknya.

Contoh Kelangkaan Permintaan

Contohnya yaitu permintaan gas elpiji yang semakin meningkat, karena banyaknya konsumen yang memerlukan gas tersebut baik untuk keperluan dapur rumah maupun dapur bisnis. Sedangkan persediaan gas elpijji tidak sebanyak dengan permintaan yang jauh dibutuhkan oleh masyarakat luas.

  1. Kelangkaan yang disebabkan oleh pasokan

Kelangkaan pasokan adalah kelangkaan yang diakibatkan karena adanya faktor alam maupun lingkungan. Sebetulnya kelangkaan ini terjadinya karena kurangnya bahan baku untuk pembuatan suatu produk, sehingga dengan terpaksa produk yang biasanya dapat dijual terhenti produksinya.

Bahan-bahan pada kegiatan produksi ini biasanya menjadi langka karena adanya kerusakan lingkungan maupun benacana yang menerjang.

Contoh Kelangkaan Pasokan

Contohnya kelangkaan kayu, yang diakibatkan adanya kebaran hutan dan membuat pasokan bahan-bahan kayu yang biasa digunakan untuk pembuatan mebel menjadi berkurang.

  1. Kelangkaan struktural

Kelangkaan struktural adalah kondisi keterbatasan yang dialami setiap masyarakat antar daerah karena faktor ketidak merataan yang disebabkan dari segi ekonomi, pembanguan wilayah dan lain sebagainya.

Contoh Kelangkaan Struktural

Contohnya yaitu kelangkaan adanya padi gandum atau jagung karena lahan penanaman yang digunakan untuk pembangunan jalan raya atau jembatan sehingga harus diperbarui terlebih dahulu.

  1. Kelangkaan produk

Kelangkaan produk adalah kondisi menurunkan suatu barang atau produk dari perusahaan karena suatu kendala atau faktor-faktor tertentu. Kelangkaan ini umumnya dapat terjadi karena faktor sumber daya atau bahan – bahan yang diperlukan, faktor mesin atau faktor produksi, faktor modal, dan lain sebagainya yang membuat proses produksi tidak dapat berjalan dengan lancar.

Contoh Kelangkaan Produk

Contohnya adalah kelangkaan produk parfum dengan merk-merk tertentu. Hal ini dikarenakan parfum yang diingin tersebut tidak sembarang atau asal dalam pembuatannya. Sehingga kelangkaan ini dapat terjadi apabila faktor-faktor seperti ketersediaan bahan dari parfum belum lengkap.

Sebagai informasi saja bahwa kelangkaan parfum tentunya akan berdampak pada harga parfum yang melonjak naik, karena jumlahnya yang semakin sedikit dan diperlukan perjuangan keras untuk menciptakan produk tersebut.

  1. Kelangkaan alat atau mesin

Kelangkaan alat atau mesin adalah suatu kondisi dimana kurangnya peralatan yang mampu digunakan untuk keberhasilan produksi. Sebagai informasi saja bahwa di kehidupan ini akan ada yang namanya mesin – mesin baim digunakan untuk alat produksi maupun kegiatan lainnya.

Karena bentuknya yang canggih dan unggul tersebut, tidak semua orang / perusahaan mampu untuk membelinya. Bahkan tak jarang alat-alat yang fungsinya bergitu banyak hanya diciptakan dalam jumlah yang terbatas, agar hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu dan perjuangan belinya benar-benar dapat dirasakan .

Contoh Kelangkaan Alat dan Mesin

Contohnya yaitu munculnya beragam mesin atau alat transportasi baik mulai dari sepeda hingga mobil yang jumlahnya sangat limited edition karena harganya yang mahal dan tidak sembarang perlengkapan dapat disusun dengan mudah untuk mencipatakan alat transportasi tersebut.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam kelangkaan bidang ekonomi dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan referensi.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *