Jenis Kegiatan Ekonomi dan Contohnya

Diposting pada

Macam Kegiatan Ekonomi

Manusia sebagai makhluk ekonomi tentunya tidak akan pernah lepas dari yang namanya kegiatan ekonomi itu sendiri. Pada dasarnya kegiatan ekonomi dilakukan para pelaku ekonomi secara individu maupun kelompok dalam menjalankan bisnisnya sebagai badan usaha atau badan hukum.

Selain itu yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi pada hakekatnya merupakan suatu aktivitas yang menunjukkan kegiatan didalam perusahaan. Kegiatan ekonomi memiliki arti pula sebagai kegiatan yang dapat dilaksanakan secara terus menerus tanpa terputus-putus, secara terang-terangan atau bersifat legal. Dalam kegiatan ekonomi akan diperoleh keuntungan yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang bersangkutan dengan aktivitas ekonomi tersebut.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi bisa dikatakan sebagai bentuk kegiatan yang umumnya dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok dalam bidang ekonomi dengan tujuan untuk memperoleh suatu pendapatan atau keuntungan dalam rangka memenuhi arti kebutuhan hidup manusia.

Selain itu dalam kegiatan ekonomi ini juga diharapkan seseorang bisa memperoleh kemakmuran secara bersama. Sedangkan kegiatan ekonomi juga terbagi dalam beberapa bentuk mulai dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Adapun untuk penjelasan terkait dengan kegiatan ekonomi, terbagi dalam 3 hal. Penjelasannya;

  1. Kegiatan Produksi

Contoh Kegiatan Ekonomi Produksi
Kegiatan Ekonomi Produksi

Pengertian produksi adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah suatu manfaat atau kegunaan dengan proses menciptakan suatu benda agar dapat digunakan oleh banyak orang dan memenui kebutuhan hidupnya.

Pada dasarnya proses produksi dalam kegiatan ekonomi ini terbagi menjadi ua macam yaitu produksi barang dan produksi jasa. Setiap proses produksi barang maupun jasa tersebut berpedoman untuk menghasilkan atau menambah daya guna pada barang dan jasa agar bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup banyak orang.

Contoh Kegiatan Ekonomi Produksi

Misalnya suat perusahaan yang melakukan proses pembuatan bahan-bahan makanan mulai dari tepung, minyak goreng, gula pasir dan lain sebagainya. Tentu saja dari kegiatan proses produksi ini akan terjadi penambahan kegunaan dengan cara mengubah bentuk maupun sifat dari barang-barang tersebut. Seperti minyak goreng, tepung, dan lain-lain.

Produksi Barang yaitu proses pembuatan barang yang didalamnya berpedoman untuk menambah kegunaan barang yang telah dibuat dengan cara mengubah beberapa hal dari wujud asli barang tersebut mulai sifat maupun bentuknya.

Selain itu proses produksi ini akan lebih baik jika melihat kebutuhan pasar, artinya pembuatan barang maupun jasa perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang sedang diperlukan banyak orang. Alasannya agar usaha pembuatan barang atau jasa tersebut tidak sia-sia dan memenuhi pangsa harga pasar yang sesuai. Sehingga produk yang telah jadi nantinya dapat diperdagangkan dan menjadi barang yang dikonsumsi masyarakat luas.

  1. Kegiatan Distribusi

Contoh Kegiatan Ekonomi Distribusi
Kegiatan Ekonomi Distribusi

Pengertian distribusi adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu barang atau jasa dari produsen (pencipta barang) kepada konsumen (seseorang yang membutuhkan barang atau jasa). Proses distribusi ini pada dasarnya mampu menciptakan kegunaan atau manfaat bagi banyak orang diantara manfaatnya tersebut yaitu mulai dari waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.

Contoh Kegiatan Ekonomi Distribusi

Misalnya saja proses terjadinya kegiatan perdagangan yang ada di pasar, toko, minimarket, dan pelabuhan. Kegiatan distribusi biasanya dilakukan dengan cara menyalurkan atau menyebarkan barang dari tangan produsen kepada pembeli.

Dari kegiatan ini peran seorang pedagang amat sangat penting, karena mereka dianggap sebagai penghubung antara produsen dengan konsumen, maupun antara produsen satu dengan produsen yang lainnya. Selain itu dalam kegiatan distribusi ini pada umumnya juga banyak dipengaruhi oleh faktor permintaan maupun penawaran barang dan jasa.

  1. Kegiatan Konsumsi

Contoh Kegiatan Ekonomi Konsumsi
Contoh Kegiatan Ekonomi Konsumsi

Pengertian konsumsi adalah proses terjadinya perilaku atau tindakan menghabiskan dan mengurangi manfaat dari sebuah barang atau jasa secara bertahap untuk memenuhi dan memelihara kelangsungan hidup manusia. Konsumsi memiliki tujuan yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup seseornag dengan cara mengonsumsi setiap barang atau jasa yang memang diperlukannya.

Selain itu kegiatan konsumsi ini juga berfungsi untuk melangsungkan proses hidup manusia agar selalu dan tetap terjaga. Pada dasarnya kegiatan konsumsi akan dilakukan oleh konsumen yaitu seseorang yang telah menggunakan hasil produksi dan melakukan pemakaian bahkan hingga menghabiskan olahan dari berbagai hasil produksi demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Contoh Kegiatan Ekonomi Konsumsi

Bentuk penjelasan ini seperti konsumen yang telah melakukan pembelian suatu barang atau jasa dan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Misalkan mengkonsumsi contoh kebutuhan primer seperti bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya yang wajib dipenuhi untuk menunjang keberlangsungan hidup seseorang.

Pada saat kegiatan konsumsi berlangsung dengan baik maka ada keuntungan dari kedua belah pihak baik dari produsen maupun konsumen itu sendiri.

Produsen merasa bahwa barang yang diproduksi telah laku dipasaran, sedangkan konsumen mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan diperolehnya barang dari pasar. Bukan hanya dua belah pihak itu saja, melainkan seorang distributor juga merasa beruntung karena mereka mampu melakukan pendistribusian dengan semakin luas dan merata, yang artinya kegiatan ekonomi semakin membaik.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Adapun untuk beberapa contoh kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Perdagangan

Salah satu contoh kegiatan ekonomi yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat luas adalah kegiatan perdagangan. Tentu saja kegiatan perdagangan ini sudah tidak asing lagi didengar bagi banyak orang. Perdagangan adalah kegiatan berdagang atau melakukan proses transaksi jual beli antar seseorang. Dalam kegiatan perdagangan ini pula ada tujuan yang hendak dicapai yaitu memperoleh keuntungan secara maksimal dengan pengorbanan yang minimum.

Pada masa sekarang ini, kegiatang perdagangan lebih sering disebut sebagai salah satu kegiatan bisnis yang sangat berpotensi dan menguntungkan masyarakat secara luas.

Hal ini karena kegiatan perdagangan memiliki banyak jenis, mulai dari menjual berbagai kebutuhan pokok hingga kebutuhan tambahan. Banyaknya jenis perdagangan yang ada saat ini juga menambah daya kreativitas seorang pengusaha semakin meningkat, tujuannya agar bisa mengimbangi kebutuhan dan keinginan yang diminati konsumen.

  1. Jasa

Jasa adalah salah satu contoh kegiatan ekonomi yang wujudnya tidak terlihat secara kasat mata akan tetapi mampu memberikan pelayanan kepada setiap orang yang memerlukannya. Jenis jasa juga begitu banyak mulai dari jasa bidang transportasi, jasa laundry, jasa pengiriman barang, jasa ojek online dan lain sebagainya.

  1. Perindustrian

Contoh kegiatan ekonomi yang berikutnya yaitu perindustrian. Perlu anda ketahui bahwa ruang lingkup perindustrian yang ada di negara Indonesia cukup luas dan seringkali contoh kegiatan ekonomi yang satu ini melakukan pengolahan produk mentah menjadi produk jadi. Sehingga dalam kegiata perindustrian akan ditemukan beberapa macam teknologi-teknologi baru yang canggih dan berguna untuk mengolah hasil produksi.

  1. Pertambangan

Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki sumber daya yang begitu beragam dan salah satunya yaitu hasil pertambangan yang sangat luar biasa. Sehingga tidak heran jika pertambangan dijadikan sebagai salah satu kegiatan ekonomi yang banyak dilakukan oleh masyarakat karena bisnis ini juga memberikan banyak manfaat untuk kehidupan banyak orang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa kegiatan ekonomi adalah proses terjadinya segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan kegiatan ekonomi ini guna memperoleh produk barang maupun jasa sesuai dengan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang.

Sehingga istilah lain juga menjelaskan bahwa kegiatan ekonomi dianggap pula sebagai kegiatan yang bisa digunakan dalam rangka mencapai kesejahteraan hidup manusia. Hal ini dikarenakan dalam setiap kegiatan ekonomi ada tujuan yang sudah dirancang dengan baik, sehingga setiap pelaksanaan kegiatan ekonomi tersebut diharapkan mampu memberikan hasil terbaik bagi kehidupan manusia. Umumnya kegiatan ekonomi akan menjual produk berupa barang dan jasa yang bisa digunakan manusia untuk kemakmuran hidupnya.

Oleh karena itulah segala kegiatan atau aktivitas pembuatan produk, menjual produk, hingga proses pembelian barang maupun jasa. Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa kegiatan ekonomi adalah rangkaian tindakan yang bisa menciptakan, memperdagangkan, dan menyebar luaskan atau mendistribusikan suatu produk barang maupun jasa dengan proses transaksi moneter.

Demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan macam-macam kegiatan ekonomi produksi, distribusi, dan konsumsi serta contohnya yang ada mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *