Jenis Hubungan Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Macam Hubungan Sosial

Masyarakat adalah sekelompok orang yang seringkali menjalin jejaring hubungan sosial antar individu dalam sistem sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Perlu anda ketahui bahwa hubungan sosial yang dibangun oleh masyarakat sudah pasti melibatkan yang namanya interaksi sosial yang saling mempengaruhi satu sama lain. Maka dari itu hubungan sosial yang dilakukan antar individu dapat memberikan pengaruh timbal balik antar manusia satu dengan lainnya.

Proses hubungan sosial itu sendiri pada umumnya dapat terjadi secara langsung dengan tatap muka maupun secara tidak langsung yaitu menggunakan alat perantara seperti teknologi yang semakin canggih di masa sekarang. Proses hubungan sosial akan terjadi bilamana ada dua individu atau lebih yang saling mengadakan kontak sosial maupun komunikasi secara timbale secara timbal.

Hubungan Sosial

Hubungan sosial, pada dasarnya istilah ini berkaitan dengan hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan individu yang lain. Dimana diantara mereka saling memengaruhi satu sama lain dan terdapat kesadaran untuk saling menolong maupun membantu ketika ada anggota masyarakat lain membutuhkan pertolongan.

Berdasarkan hal tersebut muncullah istilah bahwa manusia pada dasarnya tidak dapat hidup sendiri, karena disebut sebagai makhluk sosial yang akan selalu butuh bantuan dari tangan orang lain.

Jenis Hubungan Sosial

Adapun untuk beberapa macam dan contoh hubungan sosial yaitu sebagai berikut ini;

  1. Hubungan Antar Pribadi

Dalam melakukan pergaulan sehari-hari tentunya seseorang akan memiliki hubungan pertemenan dengan orang lain. hubungan tersebut tidak mungkin dapat terjalin apabila diantara kedua invidu tidak saling mengenal maupun membukan diri untuk melakukan interkasi atau komunikasi.

Maka dari itu pada dasarnya setiap manusia akan memiliki hubungan antar pribadi yang mana proses tersebut akan mengantar mereka menuju hubungan yang lebih kompleks dan tidak hanya berada dalam circle yang sempit.

Contoh Hubungan Antar Pribadi

Pergaulan seperti pertemanan, persahabatan, dan sejenisnya merupakan wujud dari hubungan antar pribadi. Dari hubungan ini diharapkan seseorang akan saling memahami satu sama lain dan bisa bersatu untuk mewujudkan setiap keinginan maupun tujuan hidup yang hendak dicapai.

  1. Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan maupun pemikiran yang sama sehingga membentuk kesadaran bersama untuk melakukan interaksi sosial demi terwujudnya hubungan yang lebih intens dan cita-cita yang diinginkan.

Pada dasarnya syarat kelompok sosial tidak terlalu sulit dan dapat diciptakan oleh anggota masyarakat yang ada di lingkungan sekitar tempat kita tinggal, yang paling terpenting yaitu adanya kesamaan visi dan misi agar memiliki arah pemikiran yang sama dan membantu satu sama lain.

Contoh Hubungan Antar Kelompok Sosial

Contohnya : kelompok sosial dalam lingkungan rumah yaitu adanya karangtaruna untuk selalu bekerjasama dengan tim agar bisa menciptakan program kerja yang baik untuk lingkungannya sendiri ditambah pula untuk menguatkan hubungan antara teman yang satu dengan lainnya.

  1. Paguyuban dan Patembayan

Paguyuban pada dasarnya adalah sistem sosial yang terjadi karena adanya jalinan hubungan yang sifatnya lebih ke arah personal. Pada dasarnya hubungan semacam ini memang perlu dilakukan untuk menguatkan hubungan antara individu satu dengan yang lainnya.

Contoh Hubungan Paguyuban dan Patembayan

Contohnya : hubungan sosial antar tetangga yang sifatnya lebih intens, karena tetangga bisa disebut pula sebagai saudara terdekat dari setiap individu yang tinggal disekitar lingkungan rumahnya. Maka dari itu hubungan ini dijalin secara personal karena memahami satu sama lain dan mengerti keadaan maupun kondisi nyata dari orang yang ada disekitarnya tersebut.

  1. Hubungan Kelembagaan/Lembaga Sosial

Lembaga sosial adalah suatu sistem hubungan sosial yang sudah terorganisasi dengan baik melalui nilai – nilai serta prosedur umum tertentu yang bisa memenuhi setiap kebutuhan – kebutuhan dasar masyarakat. Umumnya jenis lembaga sosial juga ada beberapa macam dan hubungan kelembagaan ini sifatnya lebih menyeluruh atau mengikat banyak orang.

Contoh Hubungan Kelembagaan

Contohnya : hubungan yang terjadi dalam dunia pendidikan yaitu antara guru, murid, orang tua, maupun masyarakat setempat yang berpengaruh satu sama lain untuk selalu mendukung program pendidikan agar nantinya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Hubungan ini jelas memenuhi kebutuhan manusia dalam hal memperoleh pengetahuan, apabila sekolah atau lembaga pendidikan yang lainnya tidak ada dalam kehidupan masyarakat maka hal ini bisa membuat keterpurukan bagi bangsa.

  1. Hubungan Kelas Sosial

Kelas sosial biasanya dapat timbul karena adanya perbedaan dalam penghormatan maupun status sosial yang dimiliki seseorang. Memang pada dasarnya hubungan kelas ini tidak dapat merata bisa dirasakan semua orang, karena setiap manusia memiliki tingkat kehidupannya masing-masing dan hubungan ini tetap diperlukan oleh mereka.

Contoh Antar Kelas Sosial

Contohnya : Adanya pandangan masyarakat terhadap orang tertentu yang membuat mereka lebih menghormati atau menghargainya karena memiliki memiliki status sosial yang tinggi, sehingga ada beberapa bagian orang yang membentuk hubungan dengan orang-orang tersebut untuk mencapai tujuan bersama dan diharapkan dapat membantu individu lain yang membutuhkan.

  1. Hubungan Gender

Hubungan Gender adalah hubungan sosial yang terjalin antara laki-laki dan perempuan yang bersifat saling membantu atau menolong. Hubungan ini bisa terbentuk dengan baik apabila antara laki – laki dan perempuan memiliki pandangan hidup yang sama, karena umumnya antara kedua jenis kelamin tersebut selalu memiliki keunikan masing-masing.

Contoh Antar Gender

Contohnya : hubungan pertemanan atau rekan kerja yang terjalin antara laki-laki dan perempuan, namun tetap bisa bertahan secara awet atau langgeng karena adanya kesamaan dalam visi maupun misi.

  1. Adanya kontak sosial dan komunikasi

Hubungan kontak sosial dan komunikasi merupakan hubungan yang terjalin antar masyarakat dan bisa menimbulkan keuntungan satu sama lain karena adanya interaksi tersebut.

Contoh Hubungan Kontak dan Komunikasi

Contohnya : kontak sosial dan komunikasi efektif yang terjalin antara para pebisnis dengan rekan bisnis lainnya untuk selalu maju kedepan dalam pengembangan usaha. Melalui komunikasi ini maka antar individu dapat memperoleh manfaat diantaranya ilmu baru, relasi baru, maupun hubungan kerjasama yang baru.

  1. Hubungan yang dilakukan oleh dua orang/lebih

Hubungan sosial semacam ini bisa saja terjadi dengan saudara sekandung maupun dengan orang lain yang dirasa memiliki kesamaan dalam banyak hal. Karena dengan pemikiran atau kesamaan-kesamaan tersebut membuat antara dua orang atau lebih bisa merasakan kenyamanan satu sama lain.

Contoh Hubungan Dua Orang/Lebih

Contohnya : hubungan antara kakak dan adik yang selalu kompak dalam berbagai hal, baik dari pakaian, hobi dan lain sebagainya.

  1. Hubungan yang bersifat timbal balik

Hubungan timbal balik artinya yaitu hubungan yang terjadi karena adanya keuntungan atau manfaat yang dirasakan satu sama lain antara dua orang atau lebih. Umumnya hubungan semacam ini akan menambah kekompakan antara orang yang melakukan hubungan tersebut.

Contoh Hubungan Timbal Balik

Contohnya : hubungan antara warga dengan perangkat desa yang sama – sama melakukan hubungan mutualisme satu sama lain dalam hal keamanan maupun kemudahan dalam berbagai persoalan hidup.

  1. Hubungan penyesuaian norma

Hubungan yang terjalin karena ingin menyamakan norma maupun nilai – nilai dalam hidup bermasyarakat agar tercipta hubungan yang lebih erat dan menunjukkan keharmonisan.

Contoh Hubungan Penyesuaian Norma

Contohnya : hubungan antara orang baru dengan warga lama yang sama – sama saling mengingatkan atau memberi tahu mengenai norma, nilai, ataupun adat istiadat yang terjadi dalam lingkungan sekitar. Tujuannya agar orang – orang tersebut selalu bisa bergotong royong untuk menciptakan kerukunan, kedamaian, maupun kenyamanan satu sama lain.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa dalam proses hubungan sosial ini akan terjadi secara dinamis yang berkaitan secara langsung dengan individu, antar kelompok, maupun setiap individu dengan kelompok. Tak khayal seringkali pada tahapannya faktor terjadi hubungan sosial ini akan memberikan efek berupa timbal balik diantara manusia satu dengan lainnya yang nantinya dapat melakukan proses interaksi lebih lanjut atau bisa sampai pada tahap saling mempengaruhi satu sama lain.

Maka dari itu dalam hubungan sosial ini setiap individu akan memiliki kesadaran bahwa manusia memang selalu butuh bantuan orang lain. sekaligus menyadari bahwa tujuan interaksi sosial merupakan suatu arti kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjalankan kehidupan manusia agar lebih bewarna dan bermakna.

Demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam hubungan sosial dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *