Jenis Holistik dan Contohnya dalam Keseharian

Diposting pada

Macam Holistik

Sudah pernahkah anda mendengar istilah kata holistik?. Mungkin bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Dimana holistik hadir dalam layanan, pemasaran, pembelajaran, dan penilaian sehingga holistik memiliki arti keseluruhan suatu hal dan bukan setengah atau sebagian saja.

Selain itu konsep holistik ini juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang utuh dan penuh, sehingga sifat holistik  ini pada dasarnya telah diambil dalam berbagai bidang pengetahuan mulai dari arti sejarah, geografi, ilmu pendidikan, ilmu fisik, dan lain sebagainya. Akan tetapi yang pasti konsep holistik mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai, yaitu untuk menciptakan segala hal dengan seutuhnya dan keseluruhan.

Holistik

Istilah holistik seringkali dikaitkan dengan pola berpikirnya seseorang yang berada dalam dunia psikologi. Karena sifat holistik yang menyeluruh ini membuat seseorang mampu berpikir dengan kompleks, menyeluruh dan bisa mempertimbangkan berbagai aspek yang berhubungan erat dengan pola perilaku manusia sebagai makhluk sosial maupun suatu peristiwa tertentu.

Jenis Holistik

Adapun untuk pendekatan dalam jenis holistik ini dalam ruang lingkup psikologi, antara lain;

  1. Kebutuhan fisiologis

Kebutuhan fisiologis merupakan suatu kebutuhan mendasar yang sangat diperlukan dalam kehidupan di dunia ini. Karena kebutuhan fisiologis ini berhubungan dengan cara – cara seseorang dalam mempertahankan kehidupannya. Kebutuhan fisiologis digambarkan atau dincohnya seperti kebutuhan makan, minum, tidur, tempat tinggal dan lain sebagainya.

  1. Kehidupan sosial

Kehidupan sosial juga menjadi salah satu jenis pendekatan holistik yang begitu penting. Dalam kehidupan sosial ini ada beberapa hal yang harus dipenuhi, contohnya seperti hidup bermasyarakat dengan melakukan interaksi sosial pada banyak orang.

Tentunya dengan hal ini akan membuat seseorang bisa melihat kehidupan dalam sisi yang lebih kompleks dan menyeluruh. Sehingga mereka akan bisa berpikir secara lebih holistik mengenai suatu hal.

  1. Bersosialisasi

Hampir sama dengan kehidupan sosial, pada dasarnya bersosialisasi ini masih dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga dengan dilakukannya arti sosialisasi ini akan mengantarkan seseorang untuk lebih memahami lingkungan sosial yang ada didekatnya.

Selain itu mereka juga bisa menjalin interaksi dengan lebih baik dan bisa terbuka pada hal-hal baru yang dapat dipelajarinya.

  1. Permasalahan diantara masyarakat

Jenis pendekatan holistik berikutnya yaitu adanya permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar masyarakat. tentunya dalam hidup bermasyarakat, individu tidak bisa menemukan ketentraman dan keyamanan secara terus menerus.

Kemungkinan akan ada permasalahan dalam lingkungan masyarakat tersebut, namun dari masalah-masalah itulah, manusia bisa belajar berpikir holistik. Artinya mereka harus bisa melihat penyebab permasalahan tersebut terjadi dan membuat keputusan-keputusan agar kehidupan kedepan tidak terjadi lagi permasalahan yang mengganggu kehidupan bermasyarakat.

  1. Rasa takut terhadap masalah

Menghadapi permasalahan pastinya membuat seseorang memiliki rasa takut tersendiri. Namun dengan pendekatan holistik ini, individu akan diajarkan untuk bisa berpikir secara menyeluruh, sehingga hal tersebut dapat membuat seseorang bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Itulah pentingnya pendektan holistik dalam kehidupan ini yaitu dapat memberikan solusi terbaik dan rasa aman serta hubungan yang baik antar individu satu dengan lainnya.

  1. Harapan

Manusia memiliki harapan-harapan dalam hidupnya merupakan hal yang wajar dan tidak ada yang melarangnya. Akan tetapi apabila harapan-harapan ini tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi, maka setiap orang harus bisa menerimanya dengan baik.

Dari pendekatan holistiklah, sikap penerimaan ini bisa muncul. Karena pendekatan holistik akan membuat seseorang sadar bahwa setiap harapan yang gagal diraih tentu ada penyebab dan alasannya. Oleh karena itu setiap orang harus bisa sel,alu berjuang dan berusaha sekuat tenaga untuk dapat mencapai cita-citanya. Ketika yang diinginkan belum tersampaikan maka harus memiliki sikap penerimaan yang baik pula.

  1. Rasa aman

Rasa aman yang dimiliki seseorang tentu akan membuat mereka bisa berpikir lebih rileks dan nyaman. Dari perasaan tersebut juga bisa membantu seseorang untuk bisa menangani setiap permasalahan yang muncul dan mampu mendapatkan solusi terbaik dengan pemikiran holistik atau secara keseluruhan yang dilakukannya.

  1. Kemampuan mendengar yang baik

Kemampuan mendengar yang baik merupakan suatu hal yang dapat membuat seseorang bisa menangkap pembicaraan orang lain dengan benar dan lancar. Sehingga hal tersebut tentunya juga akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan seseorang dalam mendengarkan dan bisa mencerna setiap perkataan dari orang lain dengan baik.

  1. Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik juga bagian dari jenis pendekatan holistik. Apakah anda tahu bahwa seseorang yang dapat melakukan komunikasi dengan baik biasanya cenderung memiliki rasa percaya diri yang cukup baik. Sehingga dengan hal tersebut akan membuat dirinya merasa lebih terbuka dan bisa berpikir secara lebih luas atau menyeluruh.

Itulah mengapa komunikasi yang baik juga bisa membantu seseorang untuk bisa menyampaikan pendapatnya kepada orang lain agar pihak yang diajak berkomunikasi juga mengtahui maksud dan tujuan dari pesan yang disampaikan.

  1. Menanamkan mental yang positif

Penanaman mental yang positif merupakan bagian dari pendekatan holistik yang sangat membantu seseorang untuk bisa memiliki rasa keyakinan dalam dirinya sendiri. Sehingga seseorang yang sudah memiliki mental postif akan bisa berpikir dengan lebih baik dan mampu menghadapi berbagai permasalahan dengan pemikiran yang terbuka dan tenang.

Contoh Berpikir Holistik

Untuk lebih memahami makna sifat holistik ini, dibawah ini akan diberi contoh holistik yaitu;

  1. Proses Belajar

Seorang anak SD yang memiliki daya minat belajar yang rendah. Menanggapi masalah seperti ini, jika seseorang berpikir secara holistik maka akan memandang faktor yang mempengaruhi anak SD ini memiliki motivasi rendah belajar bukan hanya dari satu sisi saja.

Melainkan akan ada banyak sisi yang dipandang mengenai faktor atau penyebab rendahnya motivasi belajar anak tersebut.

Misalkan jika seseorang tidak berpikir secara holistik mungkin hanya akan menganggap anak tersebut malas, sehingga tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Sedangkan dengan pembelajaran holistik, ada banyak hal yang akan dianalisis, seperti kemungkinan anak tersebut kurang memiliki fasilitas belajar yang baik, kondisi rumah yang tidak nyaman untuk belajar, permasalahan keluarga, tidak diberi apresiasi setiap pencapaian yang dilakukan dan lain sebagainya.

Sehingga dengan sifat holistik ini akan dilihat penyebab anak tersebut kurang minat dalam belajar dari berbagai sisi dan ditemukan faktor paling utamanya yang mempengaruhi.

  1. Organisasi

Pemimpin organisasi di kampus yang merasa kurang nyaman dan tidak percaya diri dengan organisasi yang sedang dipimpinya. Bagi seseorang yang tidak menggunakan pemikiran holistik mungkin akan menganggap bahwa orang tersebut tidak bertanggung jawab dengan jabatan yang dipunyainya. Sedangkan jika orang berpikir menggunakan sifat holistik, maka tidak bisa menyalahkan sosok pemimpin itu tadi.

Karena dengan pemikiran holistik ada banyak hal yang perlu dilihat secara menyeluruh, mungkin rasa tidak nyaman tersebut muncul, karena adanya permasalahan-permasalahan pribadi yang sedang dialaminya sehingga mengganggu aktifitasnya dalam memimpin organisasi, atau mungkin karena anggota dalam organisasi tersebut yang tidak bisa diajak untuk kerjasama dengan baik dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami jelaskan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam holistik dan contohnya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan dan edukasi yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *