Pengertian Industri Sekunder, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Industri Sekunder Adalah

Pembahasan terkait arti industri pasti ada banyak macamnya. Hal ini dikarenakan memang dunia industri tidak hanya mencakup bisnis yang dikembangkan melainkan juga masalah karyawan, manajemen, produk, dan masih banyak hal lainnya.

Namun yang pasti bahwa salah satu jenis industri adalah industri sekunder yang merupakan suatu kegiatan usaha bertujuan mengolah suatu bahan mentah menjadi bahan jadi yang akhirnya mempunyai nilai jual di pasaran.

Industri Sekunder

Sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa industri adalah kegiatan yang hanya memproses produk, tetapi sayangnya pemikiran tersebut sangat salah. Pada dasarnya dunia industri membahas suat hal yang sangat kompleks mulai dari bahan, produk, karyawan, keuangan, pasar, teknologi dan lain sebagainya.

Kemudian kegiatan industri itu sendiri juga terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu berdasarkan modal, tenaga kerja, bahan baku, pasar, dan teknologi yang dipakai. Salah satu contoh jenis industri yang penting untuk kita pahami bersama yaitu industri sekunder.

Pengertian Industri Sekunder

Industri sekunder adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pengolahan bahan baku menjadi barang produksi setengah jadi, oleh karena itulah produk dari industri sekunder merupakan barang yang bisa diolah lagi dan dikembangkan oleh orang lain.

Ciri Industri Sekunder

Karakteristik yang ada dalam industri sekunder. Antara lain sebagai berikut;

  1. Membutuhkan pengolahan lebih lanjut

Industri skunder membutuhkan pengolahan lebih lanjut untuk produk yang dihasilkan. Maksudnya bahwa bisnis ini cenderung menghasilkan barang yang proses pengolahannya belum sampai pada tahap finishing. Akan tetapi produk yang dihasilkan tersebut tetap memiliki manfaat, sehingga konsumen masih mencari produk yang dihasilkan dari industri sekunder ini.

Selain itu produk dari industri sekunder yang dijual ke konsumen justru mampu memberikan kemudahan. Hal ini dikarenakan produknya sudah diolah setengah jadi dan konsumen yang membeli hanya tinggal melakukan proses pengolahan yang lebih lanjut agar menjadi barang atau produk yang utuh dan bisa dijual kembali ke harga pasar/konsumen lainnya.

  1. Produknya tidak dijual dari bahan mentah

Industri sekunder juga sangat khas dengan ciri-cirinya yang tidak menjual produk mentah. Dari ciri diatas, sebetulnya anda sudah harus paham bahwa bisnis ini sejatinya tidak menjual barang yang belum di olahnya terlebih dahulu.

Walaupun pengolahan tersebut setengah jalan. Namun yang menjadi ciri khasnya industri sekunder ini tidak menjual produk mentah sama sekali.

Manfaat Industri Sekunder

Sedangkan manfaat dari industri sekunder ini, dinataranya;

  1. Proses pengolahan lebih cepat

Industri sekunder merupakan suatu bisnis yang menghasilkan produk dengan pengolahan lebih cepat. Mengapa ini terjadi? Karena pada umumnya industri sekunder merupakan bisnis yang menjualnya produknya dalam tahapan setengah jadi.

Sehingga dengan pengertian tersebut perusahaan jauh lebih cepat bisa memperoleh produk yang diinginkan, karena pengolahannya yang tidak penuh sampai memperoleh barang jadi.

  1. Menekan biaya produksi

Manfaat industri sekunder yang berikutnya yaitu mampu menekan biaya produksi. Secara garis besar, hal ini memang sangat sesuai, karena bisnis sekunder cenderung melakukan pengolahan barang sampai setengahnya saja.

Dengan demikian, perusahaan mampu menkana biaya produksinya, karena tidak perlu mengolah produk hingga memperoleh barang jadi yang utuh. Maka dari itu salah satu manfaat yang diperoleh dari industri sekunder yaitu menekan biaya produksi.

  1. Bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen

Industri sekunder termasuk bisnsi yang dicari banyak orang dan hal tersebut pastinya memberikan manfaat yang baik untuk perusahaan sendiri maupun konsumen. manfaat untuk perusahaan bisa berupa keuntungan yang selalu datang karena produknya selalu diminati banyak orang.

Sedangakan manfaat dari konsumen yaitu arti kebutuhannya bisa terpenuhi dengan adanya produk dari industri sekunder. Unikya lagi industri sekunder ini termasu bisnis yang sangat pandai dalam menangani masalah minat pasar.

Artinya perusahaan selalu bisa menciptakan produk-produk yang menjadi kebutuhan konsumen, sehingga banyak barang yang dihasilkan mampu memberikan manfaat lain untuk konsumennya.

  1. Memberikan kemudahan bagi produsen lain untuk mengembangkan produknya

Manfaat industri sekunder yang terakhir yaitu memberikan kemudahan bagi produsen lain untuk mengembangkan produknya. Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa industri sekunder menghasilkan produk setengah jadi, sehingga dengan demikian produk-produk tersebut mampu dibuat atau diinovasikan lagi dengan konsumen yang membelinya.

Selain itu, produk dari industri sekunder ini cenderung kearah yang bisa dipakai oleh produsen lain untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap terciptanya produk baru. Maka dari itu produk industri sekunder memiliki sifat layak jual yang bagus terbukti banyaknya konsumen yang masih mencari hasil produksinya.

Contohnya Industri Sekunder

Ada banyak contoh industri sekunder. Yaitu;

  1. Pemintalan benang sutra

Sebagai informasi bahwa pemintalan benang sutra ini diperoleh dari hasil pengolahan pemintalan kepompon ulat sutra yang menggunakan alat-alat khusus hingga menadi benang. Hasil produk yang berupa benang sutra ini pastinya tidak bisa dipakai secara langsung apabila tidak diolah lagi.

Maka dari itu bisnis ini masuk dalam kategori jenis industri sekunder. Kemudian untuk pengolahan lebih lanjutnya, maka benang sutra yang dikembangkan lagi oleh produsen lain bisa menjadikannya produk kain hingga ke pakaian yang siap pakai. Pastinya dengan hal tersebut harga dari produk jauh akan lebih tinggi.

  1. Komponen elektronik

Apakah anda tahu bahwa setiap teknologi yang kita pakai pastinya membutuhkan alat-alat atau printilan elektronik yang kemudian bisa dipakai atau digunakan dengan baik.

Beberapa perusahaan memang membuat komponen eletronik tersebut agar bsia dipakai oleh produsen lain yang akan mengembangkan barangnya hingga memperoleh barang jadi yang lebih siap untuk memberikan manfaat lebih banyak.

Salah satu contoh komponen elektronik yaitu baterai Hp, pastinya Hp tidak akan nyala jika tidak menggunakan baterai. Maka dari itu industri sekunder ini memang suatu bisnis yang sangat diperlukan bagi banyak orang dan keberadaannya merupakan bisnis yang amat sangat baik.

  1. Indutsri ban

Hasil produksi dari bisnis ini memang sudah menjadi barang utuh, namun kegunaannya tidak akan maksimal, jika tidak digabungkan beberapa produk lainnya.

Coba anda bayangkan manfaat apa yang bisa diperoleh dari ban, apabila ban tersebut tidak dipasangkan pada mobil atau motor? Pastinya manfaat akan sangat minim sekali, lain halnya jika ban sudah di kombinasikan atau di padu padankan dengan motor / mobil yang manfaatnya jauh lebih banyak.

  1. Industri tekstil

Sebagai informasi bahwa perusahaan tekstil pada umumnya menghasilkan produk berupa kain. Bisnis ini juga diperlukan banyak orang, karena hasil produknya yang masih dikembangkan atau diinovasikan menjadi produk yang lebih utuh seperti baju, sarung, mukena dan lain sebagainya.

Maka tidak heran jika industri tekstil tetap berkembang dengan baik bahkan karyawannya bisa berjumlah banyak, karena hasil produksinya yang sangat dibutuhkan untuk memperoleh barang jadi.   

  1. Industri baja

Perlu anda ketahui bahwa proses pembuatan baja memerlukan waktu yang cukup banyak karena prosesnya yang rumit dan harus melalui beberapa tahapan.

Akan tetapi produk ini memiliki banyak manfaat sebagai bahan pendukung untuk terciptanya produk jadi yang lebih utuh. Salah satu manfaat baja itu sendiri bisa dipakai untuk pembuatan alat-alat yang memiliki fungsi, seperti pagar, besi tiang listrik, dan lain sebagainya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian industri sekunder, ciri, manfaat, dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga memberikan edukasi serta literasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *