Pengertian Industri Sedang, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Industri Sedang

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah industri sedang, terlebih lagi bagi seseorang yang suka mempelajari bisnis, maka arti industri pastinya bukan suatu hal baru lagi.

Selain itu istilah industri sedang pada dasarnya sangat erat dengan kegiatan ekonomi yang semakin berkembang, maka dari itu tidak ada salahnya jika kita sama-sama belajar mengenai industri sedang itu sendiri secara lebih terperinci.

Industri Sedang

Industri pada hakekatnya dibedakan menjadi beberapa macam yaitu berdasarkan bahan baku, subyek pengelolaan, cara pengorganisian, jumlah tenaga kerja, hasil produksi, bahan mentah yang digunakan, lokasi usaha yang dilakukan, proses produksi, barang mentah yang dihasilkan, modal yang digunakan, dan surat keputusan menteri.

Sedangkan membahas mengenai industri sedang berhubungan jumlah tenaga kerjanya yang tidak lebih dari 100 orang yang membangu (kariawan)

Pengertian Industri Sedang

Industri sedang adalah suatu badan usaha atau bisnis yang mempunyai karyawan tidak lebih dari 100 orang. Selain itu industri sedang juga bergerak pada bidang tertentu dengan persebarab yang cukup luas dan setiap karyawannya memperoleh gaji sesuai dengan beban kerjanya.

Apabila industri sedang ini dibangun dengan modal yang banyak dan manajemen atau perencanaan yang tepat maka bisnis ini bisa mencapai keberhasilan hingga 100 %.

Pengertian Industri Sedang Menurut Para Ahli

Pengertian industri sedang juga dikemukakan oleh beberapa ahli diantaranya sebagai berikut ini :

  1. KBBI, Industri sedang adalah usaha yang didirikan dengan jumlah karyawan sekitar 20 hingga 99 orang.  
  2. Sukimo, Pengertian industri sedang adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan bisnis atau perkonomian dan sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia.
  3. Kartasapoetra, Arti industri sedang adalah suatu contoh badan usaha komersial atau bisnis yang mengolah bahan mentah menjadi produk jadi dan siap digunakan serta mempunyai nilai jual tinggi.

Ciri Industri Sedang

Adapun untuk karakteristik industri sedang sendiri yaitu dibedakan menjadi berikut ini;

  1. Modal cukup besar

Memiliki modal yang cukup besar. Dimana modal merupakan bagian yang memang tidak dapat dipisahkan dari namanya usaha. Suatu bisnis akan berjalan dengan baik dan bisa terjadi jika ada modal yang akan digunakan. Begitu pula dengan industri sedang, modal yang cukup besar tentunya hal yang wajar dan sangat penting untuk dimiliki setiap para pengusaha atau pelaku bisnis tersebut.

Selain itu anda juga perlu mengetahui bahwa dengan modal tersebut, maka akan diperoleh beberapa keuntungan. Salah satunya yaitu terpenuhinya segala bahan-bahan yang akan dipakai untuk bisnis, tersedia fasilitas yang memadai untuk menjalankan bisnis, dan lain sebagainya.

Namun penting untuk digaris bawahi agar modal ini bisa dialokasikan dengan benar agar tujuan bisnis dari awal bisa tercapai dengan baik.

  1. Tenaga kerja memiliki ketrampilan

Tenaga kerjanya memiliki kerampilan. Artinya ketrampilan merupakan hal utama dan sangat penting untuk dimiliki karyawan, bahkan bukan hanya karyawan saja, melainkan seorang bos juga perlu untuk memiliki ketrampilan tersebut.

Alasannya dengan ketrampilan, maka setiap orang bisa menciptakan ide-ide baru dan membuat setiap bisnis bisa lebih berkembang. Ketrampilan disini juga bukan hanya terarah pada kepandaian dalam membuat atau menginovasikan produk, melainkan ketrampilan dalam melayani pelanggan atau konsumen agar mereka bisa puas.

  1. Jumlah tenaga kerja

Ciri industri sedang yang berikutnya adalah memiliki jumlah tenaga kerja. Pada dasarnya industri sedang merupakan kegiatan bisnis yang berfungsi untuk menunjang pereknomian suatu negara, sehingga dalam hal ini perusahaan yang mendirikan bisnis tersebut harus memiliki karyawan maksimal 100 orang.

Adapun dengan karyawan-karyawan tersebut maka pekerjaan dalam bisnis bisa segera cepat terselesaikan dan mampu menanggulangi penggaguran yang ada.

  1. Pemimpin perusahaan mempunyai kemampuan manajerial

Memiliki pemimpin perusahaan yang pandai dalam hal manjerial. Suatu manajemen bisnis merupakan hal yang penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Maka dari itu apabila seseorang akan mendirikan suatu usaha harus memilikirkan bisnis tersebut dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, tidak heran jika pemimpin perusahaan di tuntut agar menguasai sistem manajemen dengan baik. Hal ini bertujuan agar pemimpin dapat memberikan arahan kepada setiap bawahannya, dan mampu merencanakan berbagai hal dengan tetap berdiskusi sesame partner kerjanya.

Manfaat Industri Sedang

Beberapa manfaat yang dimiliki oleh industri sedang antara lain sebagai berikut;

  1. Dapat memodifikasi produk

Manfaat dari industri sedang yang paling awal yaitu bisa memodifikasikan produk. Artinya bisnis menengah jauh lebih mudah dalam membuat produknya agar sesuai dengan keinginan konsumen yang terjadi secara tiba-tiba jika dibandingkan dengan bisnis yang berskala besar.

Hal ini bisa dilakukan oleh indutri sedang dengan cara menurunkan produksi barang yang pertama dan mengganti atau memodifikasikannya sesuai dengan permintaan kosumen.

Pada dasarnya industri sedang lebih melakukan hal tersebut, karena jumlah produk yang dihasilkan atau diciptakan tidak terlalu banyak. Berbeda dengan industri berskala besar, maka mereka cenderung memeproduksi barang dalam jumlah yang banyak, sehingga untuk memodifikasi produk secara cepat tidak bisa berhasil dengan mudah.

  1. Mengurangi jumlah pengangguran

Manfaat industri sedang yang berikutnya adalah mengurangi jumlah pengangguran. Tidak bisa kita pungkiri bahwa suatu bisnis pastinya akan berjasa dalam masalah pengurangan pengangguran. Hal ini dikarenakan dengan bisnis yang berdiri maka dibutuhkan suatu karyawan dan membukan lapangan kerja yang bisa diambil kesempatan tersebut oleh orang-orang yang sedang mencari pekerjaan.

Industri sedang juga termasuk melakukan jasa tersebut, walaupun karyawan yang akan direkrut tidak sebanyak bisnis-bisnis besar. Namun keberadaannya tetap memberikan kesempatan bagi seseorang yang ingin bekerja dan secara tidak langung maka jumlah pengangguran dapat berkurang.

  1. Meningkatkan inovasi bisnis

Manfaat industri sedang yang terakhir adalah meningkatkan inovasi bisnis. Perlu anda ketahui bahwa bisnis yang berskala menengah ini ternyata tidak luput dari yang namanya inovasi. Tujuannya agar usahanya memiliki keunikan dan para konsumen dapat tertarik dengan bisnis tersebut.

Selain itu, anda juga harus tau bahwa industri sedang juga harus selalui siap untuk mengembangkan usahanya setiap saat dengan inovasi-inovasi luar biasa, karena bisnis ini cenderung lebih mudah memodifikasi produknya untuk menyesuaikan dengan minat konsumen.

Contohnya Industri Sedang

Contoh industri sedang yang dijelaskan sebagai berikut dibawah ini:

  1. Industri sepatu

Industri sepatu merupakan salah satu contoh bisni menengah atau industri sedang. Memang pada dasarnya bisnis sepatu merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan, mengingat produk ini adalah barang yang dibutuhkan seseorang untuk melindungi kakinya agar lebih aman dan nyaman.

Kemudian industri sepatu disebut pula dengan industri sedang karena jumlah karyawan pada bisnis ini belum terlalu banyak, namun disesuiakan dengan tugas atau pekerjaan yang karyawan bisa. Maka dari itu jumlah karyawan pada bisnis ini bisa dikatakan dalam jumlah yang normal atau standar sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam proses pembuatan sepatu itu sendiri.

  1. Industri konveksi

Contoh industri sedang yang berikutnya adalah industri konveksi. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah konveksi, terlebih lagi jika anda merupakan seorang penjahit.

Pada dasarnya konveksi dianggap sebagai bisnis menengah atau sedang karena memang perkembangan dan ciri-ciri pada usaha tersebut sesuai dengan industri sedang. Selain itu konveksi juga mampu memberikan jasa dan produk sekaligus sesuai dengan yang diminta konsumen.

  1. Industri pakaian

Contoh selanjutnya adalah industri pakaian. Sebagai informasi bahwa pakaian merupakan kebutuhan yang sangat penting dan wajib untuk dimiliki semua orang. Mengingat bahwa pakaian adalah alat atau produk yang bisa menutupi badan maka semua orang pasti akan mencari dan membelinya.

  1. Service komputer

Contoh industri sedang yang terakhir adalah service komputer. Bisnis ini merupakan bentuk usaha yang amat sangat penting, karena tanpa adanya usaha tersebut akan membuat banyak orang kacau. Terlebih lagi jika ada yang bermasalah dengan computer maupun laptop seseorang. Maka dari itu tidak heran jika bisnis service komputer sudah mulai berkembang dimana-mana.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya pengertian industri sedang menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contohnya yang ada di berbagai bidang. Semoga memberikan referensi bagi kalian yang sedang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *