Pengertian Industri Rumah Tangga, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Industri Rumah Tangga Adalah

Pernah anda mendengar istilah industri rumah tangga? yang sebetulnya industri rumah tangga ini sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi mungkin banyak orang yang belum mengetahui persis apa itu arti dari industri rumah tangga itu sendiri dan bagimana contohnya yang mudah ditemukan.

Sebagai informasi bahwa industri rumah tangga merupakan suatu usaha yang memiliki banyak manfaat untuk berbagai kalangan.

Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga atau istilah lainnya adalah home industry pada kenyataannya mampu membuat angka pengangguran khususnya di negara Indonesia semakin berkurang. Oleh karena itulah perenan industri rumah tangga ini begitu penting bagi tujuan kegiatan ekonomi di wilayah atau perwilayahan.

Pengertian Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga adalah mekanisasi bisnis dan usaha manufaktur yang berskala kecil dan biasanya lebih sering ditemukan pada daerah perkampungan dan sekitar rumah yang ada dalam wilayah kota ataupun pedesaan.

Selain itu ada yang perlu anda ketahui dari home industry ini yang pada umumnya di dirikan berdasarkan investasi atau modal yang dimiliki dan jumlah orang atau pegawai tertentu saja sehingga soal keuangan sangat tertutup bagi pihak luar yang ingin menyuplai keuangan dari berbagai jenis industri kreatif yang dimilikinya.

Pengertian Industri Rumah Tangga Menurut Para Ahli

Beberapa definisi industri rumah tangga yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Tohar

Industri rumah tangga adalah suatu usaha yang menjadi bagian kegiatan ekonomi dengan kecenderungan bergerak pada rakyat dan bentuknya berskala kecil serta memiliki hasil bersih pada setiap tahunnya.

  1. Ina Primiana

Industri rumah tangga adalah proses perluasan atau pengembangan dalam dunia bisnis khususnya pada wilayah atau daerah-daerah tertntu agar mampu mempercepat pemulihan perekonomian yang lebih baik dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat disekitar wilayah itu pula.

  1. Kwartono

Industri rumah tangga adalah kegiatan bisnis atau usaha masyarakat yang menjadi penggerak utama dalam pembangunan maupun pertumbuhan ekonomi dengan nilai kekayaan bersih sekitar 200 juta atau dalam satu tahun bisa memperoleh sekitar 1 M serta dimiliki oleh warga negara Indonesia asli.

Ciri Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga pada dasarnya memiliki beberapa ciri khusus yang menjadi karakteristik dari bisnis tersebut dan dijelaskan sebagai berikut ini:

  1. Barang atau produknya tidak mudah berubah

Ciri industri rumah yang pertama yaitu memiliki produk atau barang yang tidak mudah berubah. Artinya usaha dalam industri rumah tangga umumnya selalu berpegang teguh terhadap terhadap barang yang yang dijualnya dan tidak mudah untuk bergonta ganti.

Hal ini maksudnya bahwa industri rumah tangga lebih cenderung mempertahankan produk dari awal berdiri karena sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

  1. Lokasi usaha menetap dan tidak berpindah-pindah

Ciri industri rumah yang berikutnya yaitu lokasinya yang menetap atau tidak berpindah-pindah. Jadi perlu anda ketahui bahwa industri rumah tangga memang pada umumnya lebih sering berada di perumahan atau di sekitar wilayah terdekat anda.

Hal inilah yang menjadi kelebihan dari usaha ini, karena dekat dengan masyarakat serta lokasinya yang menetap dan bisa ditemukan dengan mudah.

Alasan lokasi yang menetap tersebut sebetulnya juga berhubungan dengan pemilik bisnis tersebut. Karena tidak jarang yang memiliki industri rumah tangga adalah orang-orang yang asalnya dari lokasi bisnis tersebut, sehingga mudah untuk melakukan pemantauan sekalian.

  1. Sistem administrasi keuangan masih sederhana

Ciri industri rumah tangga yang berikutnya adalah sistem administrasi keuangan yang masih sederhana. Perlu anda ketahui, umumnya bisnis rumahan ini masih belum memiliki sistem manajemen maupun pengelolaan keuangan dengan baik.

Hal ini dikarenakan anggapan dari pebisnis yang belum terlalu penting untuk mencatat laporan keuangan secara rinci ditambah pula mungkin belum adanya seseorang yang ahli untuk melakukan pembukuan soal keuangan.

  1. Peminjaman modal ke bank

Peminjaman modal ke bank juga salah satu ciri khas yang dimiliki industri rumah tangga. Sebagai informasi bahwa ada beberapa pelaku bisnis sebelum terjun langsung ke lapangan untuk mendirikan usahanya akan melakukan peminjaman terhadap bank.

Cara ini juga dilakukan oleh industri rumah tangga, namun tentunya hal ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya bisnis tersebut harus balik modal agar bisa melunasi pinjaman dari bank.

  1. Pemilik atau pengusaha memiliki pengalaman wirausaha

Ciri khas terakhir dari industri rumah tangga yaitu pemilik bisnisnya memiliki pengalaman di bidang wirausaha. Sebetulnya bisa saja seseorang yang mendirikan industri rumah tangga belum berpengalaman dalam dunia bisnis, namun rasa-rasanya mereka cenderung akan kekurangan taktik maupun strategi-strategi yang baik untuk kesuksesan bisnisnya.

Maka dari itu dalam industri rumah tangga ini biasanya para pelaku bisnis sudah mempunyai pengalaman wirausaha dan bisa dipakai untuk mengembangkan usahanya yang berada di sekitar rumah warga.

Manfaat Industri Rumah Tangga

Adapun manfaat industri rumah tangga itu sendiri pada dasarnya meliputi beberapa macam diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  1. Terciptanya suatu jasa

Manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya industri rumah tangga yaitu terciptanya suatu jasa. Jasa disini artinya adalah pemberian kemudahan bagi seseorang yang sesuai dengan kebutuhannya. Bisnis ini memang pada umumnya bisa berupa penjualan produk maupun jasa.

Di bidang jasa sendiri, maka industri rumah tangga memang sangat bermanfaat. Salah satu contohnya yaitu usaha laundry yang menawarkan jasa untuk pelanggannya dan hal tersebut memang betul-betul memberikan pelayanan kepada konsumen dan memudahkan pekerjannya.

  1. Terciptanya kemudahan dalam memenuhi kebutuhan

Manfaat kedua dari industri rumah tangga yaitu terciptanya kemudahan dalam memenuhi kebutuhan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa bisnis ini pada umumnya memang berada di sekitar wilayah perumahan dan tidak jauh dari tempat tinggal warga.

Sehingga hal ini membuat seseorang lebih mudah untuk menemukan bisnis tersebut. Selain itu, industri rumah tangga juga berkesempatan untuk memberikan kemudahan kepada sesorang dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya mulai dari makanan, peralatan kantor/sekolah, penawaran jasa dan lain sebagainya.

  1. Terjadi peredaran uang dalam perekonomian

Industri rumah tangga juga memberikan kesempatan beredarnya uang dalam sistem perekonomian. Sehingga dalam hal ini, perekonomian akan lebih meningkat, mengingat banyak konsumsi yang dikeluarkan masyarakat karena adanya bisnis-bisnis yan didirikan di sekitar kehidupan orang-orang tersebut. Selain itu peredaran uang jiak terjadi terus menerus bisa meningkatkan pendapatan suatu negara pula.

Contohnya Industri Rumah Tangga

Contoh kegiatan yang dilakukan dalam industri rumah tangga, antara lain sebagai berikut;

  1. Usaha kebutuhan sehari-hari

Contoh industri rumah tangga yang pertama yaitu bisnis untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, maksudnya dalam hal ini seperti toko kelontong. Seperti yang kita ketahui bahwa di sekitar lingkungan rumah pasti terdapat toko yang berjualan pemenuhan kebutuahan sehari misalnya seperti shampoo, sabun, pasta gigi, sembako, dan lain sebagainya.

Walaupun toko kelontong ini dianggap sebagai bisnis tradisional, justru dengan kehadirannya lah bisa memudahkan orang-orang yang akan berbelanja. Terlebih lagi jika sedang malas ke minimarket atau pasar modern yang jarak tempuhnya lebih jauh, maka memilih ke toko kelontong yang disebut juga sebagai industri rumah tangga.

  1. Usaha makanan

Contoh industri rumah tangga yang kedua adalah usaha makanan. Apakah disekitar rumah kalian masih terdapat seseorang yang menjual makanan? Apabila masih, maka bisnis tersebut dinamakan industri rumah tangga. Adanya bisnis tersebut maka anda bisa memperoleh kemudahan yang semakin enak dan nyaman lagi.

Hal ini dikarenakan bisnis makanan juga termasuk usaha yang sering dicari banyak orang karena makanan termasuk kebutuhan yang paling penting untuk melepaskan rasa lapar.

Bahkan tidak jarang pula, banyak usah-usaha yang berdiri menjual minuman. Beberapa minuman kekinian juga sudah bertebaran dimana-mana, mengingat perkembangan bisnis ini terus maju dan dicari oleh banyak orang.

  1. Usaha furniture

Usaha furniture juga termasuk industri rumah tangga. Bisnis furniture pada dasarnya menjadi suatu usaha yang kerap kali dicari banyak orang. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa perlengkapan furniture memang banyak dicari disebabkan produk-produknya dipakai untuk menghiasi rumah agar terlihat lebih bagus dan menampilkan kesan yang indah.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian industri rumah tangga menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contohnya yang ada di berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang memerlukan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *