Pengertian Industri Primer, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Industri Primer Adalah

Kegiatan perekonomian Indonesia sudah pasti tidak bisa lepas dari yang namanya bisnis atau suatu jenis industri primer yang bersifat kratif. Terlebih lagi dengan dunia bisnis, perekonomian suatau negara bisa lebih maju dan berkembang.

Maka dari itu tidak heran jika para wirausahawan dianggap sebagai asset yang berharga karena memberikan dorongan perekonomian, salah satunya mengurangi mengangguran dengan penciptaan arti industri primer yang dilakukannya.

Industri Primer

Industri primer tergolong kegiatan yang dibentuk untuk menciptakan perekonomian yang lebih baik dan merata melalui cara penciptaan bahan mentah atau setengah jadi hingga menjadi barang jadi atau utuh yang memiliki nilai jual tinggi.

Pengertian Industri Primer

Pengertian industri primer adalah badan usaha yang berdiri untuk memperbaiki perekomian agar lebih maju melalui cara atau tahapan yang mana barang produksinya bukan berasal dari hasil olahan secara langsung, sehingga bisa disimpulkan bahwa industri primer merupakan bisnis yang barang atau produknya tanpa diolah terlebih dahulu.

Pengertian Industri Primer Menurut Para Ahli

Definisi industri primer menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Mohammad Hatta, Industri primer adalah suatau usaha yang bertujuan untuk memodifikasi dunia atau struktur pertanian menjadi sistem hubungan industrial yang lebih modern.
  2. George T. Renner, Pengertian industri primer adalah seluruh kegiatan manusia dalam dunia ekonomi produktif yang bertugas untuk menciptakan atau memproduksi suatu barang dan uang.
  3. Badan Pusat Statistik, Industri primer ialah usaha yang berdiri dengan tujuan untuk menghasilkan barang maupun jasa dan terletak di suatu daerah tertentu serta mempunyai catatan administrasi tersendiri.

Ciri Industri Primer

Berikut dibawah ini merupakan karakteristik yang ada dalam industri primer yaitu:

  1. Produk berasal dari bahan utamanya

Biasanya untk kelas produknya berasal dari bahan utama yang langsung dijual. Artinya bisnis yang didirikan ini adalah suatu usaha yang langsung menjual barangnya tanpa ditambahkan maupun dikurangi sama sekali. Sehingga produk dari industri primer merupakan barang yang langsung siap jual dan berasal dari bahan utama produk itu sendiri.

  1. Produk tidak melalui proses pengolahan

Ciri industri primer yang kedua yaitu produk tidak dilakukan pengolahan. Artinya para pebisnis industri primer ini bisa langsung menjual produk atau barangnya tanpa di modifikasi terlebih dahulu.

Sistem modifikasi disini maksudnya adalah proses pengolahan agar produk memiliki bentuk yang berbeda dari bahan awalnya. Akan tetapi dalam industri primer tidak melakukan hal tersebut, karena sistemnya yang langsung menjual produk mentah.

Manfaat Industri Primer

Manfaat industri primer yang ada dalam kehidupan antara lain;

  1. Mengurangi jumlah pengangguran

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari industri primer adalah mengurangi jumlah pengangguran, terutama yang ada di negara Indonesia itu sendiri. Anda pasti sangat setuju dengan manfaat ini, karena semua jenis industri pasti membutuhkan yang namanya tenaga kerja.

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa mesin sekarang ini bisa menyingkirkan tenaga manusia, namun bukan berarti suatau perusahaan atau dunia industri lepas dari yang namanya tenaga kerja.

Maka dari itu dengan adanya suatu industri atau bisnis yang dijalankan dalam suatu negara pasti bisa mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu industri yang semakin berkembang pastinya memberikan lapangan kerja yang lebih banyak dan membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bekerja.

  1. Meningkatkan jumlah pendapatan suatu negara

Manfaat industri primer yang selanjutnya adalah meningkatkan jumlah pendapatan suatu negara. Apabila kita melihat manfaat pertama dari industri primer ini maka anda bisa menyambungkannya dengan manfaat kedua. Penjelasannya seperti ini, bayangkan saja dari 10 orang pada awalnya yang bekerja hanya 4 orang. Kemudian dengan terciptanya industri para pekera semakin bertambah dari 4 orang menjadi 8 orang.

Melalui hal tersebut maka bisa kita lihat, awalnya dengan 4 orang karyawan, maka yang memperoleh pendapatan atau hasil kerja adalah 4 orang tersebut. Namun setelah bertambah menjadi 8 orang, maka pendapatannya akan bertambah pula yaitu menjadi lebih luas.

Sehingga hal ini bisa disimpulkan apabila 4 orang yang awalnya bekerja bisa membeli di beberapa toko saja, namun dengan pertambahan orang yang bekerja otomatis siklus perekonomian akan semakin berputar. Tentunya hal ini juga meningkatkan pendapatan suatu negara, karena perlu anda ingat bahwa Y = C, artinya pendapatan sama dengan konsumsi. Apabila konsumsi naik maka pendapat negara juga naik.

  1. Membantu produsen lain untuk menciptakan produk baru

Manfaat industri primer yang berikutnya adalah membantu produsen lain untuk menciptakan produk baru. Perlu anda ingat bahwa industri primer merupakan suatu usaha yang langsung menjual produk tanpa diolah terlebih dahulu. Hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi produsen yang menjadikan bahan utama dari indutri primer untuk diolah kembali.

Sehingga secara tidak langsung, industri primer ini memberikan kemudahan bagi usaha yang akan mengolah produknya dan bahan utamanya berasal dari industri primer iru sendiri. Secara otomatis maka produsen usaha lain bisa mendapatkan bahan utama tanpa harus bingung untuk mencarinya.

  1. Mengurangi konsumen dalam negeri terhadap produk yang asalanya dari luar negeri

Manfaat industri primer yang terakhir yaitu memudahkan konsumen agar tidak mencari produk sampai ke luar negeri. Kita analogikan seperti ini terdapat dua buah kulkas, yang mana kulkas nomer satu berisi telur dan tempatnya ada didapur, sedangkan kulkas nomer dua berisi telur pula namun tempatnya dilantai tiga.

Pada saat itu anda sedang didapur dan berkeinginan untuk membuat nasi goreng yang salah satu bahannya berasal dari telur.

Disini ada dua pilihan, apakah anda akan membuka kulkas pertama atau kedua. Jika anda membuka kulkas pertama maka jaraknya lebih dekat dan memasak akan lebih cepat. Sedangkan jika anda memilih kulkas ke dua maka waktu memasak anda bisa berkurang.

Berdasarkan analogi tersebut bisa disimpulkan bahwa industri primer ini memberikan manfaat yaitu mengurangi konsumen dalam negeri agar tidak terlalu sering menggunakan produk-produk dari luar negeri. Mengingat produk di dalam negeri juga masih banyak dan tentunya juga berkualitas.

Contohnya Industri Primer

Pembahasan berikutnya yaitu contoh industri primer yang dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Pertanian

Pastinya anda sudah asing lagi dengan dunia pertanian, dari sanalah kita bisa memenuhi kebutuhan hidup salah satunya yaitu bahan pokok makanan seperti sayur, buah, palawija dan lain sebgainya.

Pertanian ini termasuk contoh industri primer karena sistemnya yang tidak diolah terlebih, sebagai contoh buah dari hasil pertanian bisa langsung dijual ke pasar, begitu pula sayur maupun palawija. Dari sinilah pertanian dianggap sebagai industri primer.

Namun jangan salah bahwa produk dari pertanian ini bisa dikembangkan sangat luas, hingga menjadi berbagai produk olahan yang bisa dinikmati banyak orang.

  1. Perikanan

Masih sama dengan pertanian, pada dasarnya dunia bisnis perikan disebut juag sebagai salah satu contoh industri primer, hal ini dikarenakan hasil dari perikanan bisa langsung dijual tanpa diolah terlebih dahulu. Namun bagi konsumen yang membeli produk ini bisa mengolahnya lagi menjadi barang yang mempunyai manfaat lebih, contohya ikan dimasak dengan berbagai bumbu dan dijual dengan harga lebih serta lain sebagainya.

  1. Perternakan

Dunia peternakan pasti sudah anda kenal dan usaha ini termasuk jenis indutri primer. Sebagai contohnya adalah berikut ini hasil peternakan yaitu berupa telur, daging, susu dan lain sebagainya.

Produk-produk tersebut bisa langsung di jual ke pasar atau konsumen tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Maka dari itu peternakan masuk dalam contoh industri primer. Keuntungan yang diperoleh konsumen apabila membeli produk peternakan ini bisa diolah kembali dan memiliki nilai jual lebih.

Nah, demikianlah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian industri primer menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contohnya yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi.

Sumber Tulisan
  1. https://pendidikan.co.id/pengertian-industri-manfaat-klasifikasi-dan-contohnya/
  2. https://www.gurupendidikan.co.id/macam-industri/
Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *