Pengertian Industri Kecil, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Industri Kecil Adalah

Industri adalah rangkaian kegiatan yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual serta manfaat bagi banyak orang. Sudah pasti bagi seseorang yang terjun langung dalam dunia bisnis pasti tidak asing dengan istilah industri itu sendiri.

Industri kecil pada umumnya bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik pada lingkungan sekitar rumah, dekat taman, perkantoran dan lain sebagainya. Keberadaan industri inilah yang mungkin kurang anda sadari. Padahal jika kita lihat disekitar lingkungan kita terdapat banyak sekali bisnis-bisnis yang mengarah pada industri kecil.

Industri Kecil

Industri kecil juga memiliki banyak peran dalam perekonomian di Indonesia, diantaranya mampu meningkatkan pendapatan, kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi jumlah pengangguran. Pada dasarnya jenis industri ada begitu banyak dan disesuiakan dengan kategorinya masing-masing.

Adapun berdasarkan namanya yang menggunakan kata “kecil”, maka secara tidak langsung bisa diambil kesimpulan bahwa bisnis ini ranahnya lebih kecil dan padat, dibandingkan dengan industri sedang serta menengah.

Pengertian Industri Kecil

Industri kecil adalah seluruh wiraswasta yang bekerja secara mandiri dan tidak menggantungkan dirinya pada orang lain, tidak tertekan dengan tuntutan dari siapapun, tidak pula menuntut fasilitas lebih yang diberikan pemerintah, namun memiliki penghasilan yang cukup besar.

Pengertian Industri Kecil Menurut Para Ahli

Adapun definisi industri kecil menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Badan Pusat Statistik, Industri kecil adalah suatu bisnis yang mempekerjakan karyawan sekitar 5 sampai dengan 19 orang dan terdiri dari pekerja kasar, pekerja pemilik, serta pekerja keluarga.
  2. Mubyarto, Pengertian industri kecil adalah sebuah bisnis yang dirikan untuk memperoleh tujuan utama berupa pendapatan keluarga yang semakin meningkat.

Ciri Industri Kecil

Ciri dari industri kecil tersebut yang diuraikan sebagai berikut ini:

  1. Segi sosial ekonomi dan pasar

Industri kecil memiliki ciri khusus yaitu berupa kesulitan dalam menembus arti pasar yang lebih luas jangkauannya. Hal ini dikarenakan kualitas produk yang jauh lebih tertinggal dibandingkan industri besar yang sudah berkembang dengan baik.

  1. Segi sarana dan teknologi

Industri kecil juga memiliki kekurangan dalam penggunaaan sarana maupun teknologi. Umumnya bisnis ini belum membuka diri untuk menggunakan teknologi yang lebih canggih karena ada batasan dari modal maupun sistem manajemennya. Sehingga industri kecil ini belum mampu menggunakan teknologi untuk proses produksinya.

  1. Segi sistem produksi

Industri kecil biasanya dalam hal sistem produksi hanya bisa menghasilkan produk dalam jumlah yang sedikit. Hal ini mengingat bahwa karyawan yang dipekerjakannya hanya berjumlah sedikit.

Selain itu belum menggunakan teknologi yang memang pada dasarnya bisa memberi kemudahan dalam proses produksi itu sendiri. Itulah alasan mengapa industri kecil belum mampu memperoleh produk dalam jumlah yang banyak.

  1. Segi kapital

Industri kecil dalam segi kapitalnya cenderung relatif kecil, kemudian bisnis ini juga sulit untuk melakukan ekspansi atau perluasan. Bahkan tidak jarang modal bisnisnya sering dipakai untuk keperluan rumah tangga, sehingga industri ini belum bisa memanage sistem bisnis dengan baik.

  1. Segi manajemen

Ciri industri kecil dari segi manajemen bisa dijelaskan bahwa bisnis ini memang belum menjalankannya sesuai sistem manajemen yang baik.

Hal ini terbukti dari masih seringnya pengelolaan uang yang belum teratur, kemudian belum adanya pembagian kerja yang baik dan lain sebagainya. Maka dari itu industri kecil sering juga disebut sebagai bisnis yang berdiri tanpa adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan, dan evalusi.

  1. Segi personil

Ciri industri kecil dari segi personil bisa diartikan bahwa bisnis ini cenderung memerlukan orang yang jumlahnya sedikit. Kemudian tidak terlalu membutuhkan ketrampilan yang lihai, bahkan seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan maupun bisnis tetap bisa bekerja dalam industri kecil ini.

Manfaat Industri Kecil

Manfaat adanya industri kecil yang dijelaskan sebagai berikut;

  1. Menambah pendapatan keluarga

Industri kecil memang pada dasarnya hanya dilakukan perseorangan yang kemudian mencari pekerja lain untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya agar tercipta hasil produk yang sesuai dengan minat konsumen. sebagai informasi bahwa bisnis ini cukup mudha untuk dilakukan jika dibandingkan dengan industri besar, karena sistem manajemennya yang tidak terlalu rumit serta tidak membutuhkan perencanaan dalam jangka waktu yang panjang.

Walaupun semacam itu, namun industri kecil tetap mampu memberikan manfaat bagi orang yang mendirikan bisnis tersebut.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa suatu bisnis yang berdiri dan berhasil dijalanan pasti akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Sehingga industri kecil yang berhasil pastinya mampu menambah pendapat dari keluarga yang mendirikan bisnis tersebut. Selian itu, untuk pekerjanya pun pasti juga memperoleh gaji atau pendapatan.

  1. Mendorong sikap mandiri

Manfaat industri kecil yang kedua yaitu mampu mendorong sikap mandiri. Berbicara soal bisnis yang ruang lingkupnya kecil mungkin memang sangat berbeda sekali dengan bisnis besar yang sudah berkembang dengan baik. Namun jangan salah, bahwa industri kecil ini juga dianggap sebagai bisnis yang mampu mendorong sikap mandiri pada pemiliknya.

Seseorang yang mau merinti karirnya dari awal hingga berhasil merupakan perbuatan yang perlu di contoh. Begitupun dalam dunis industri kecil ini, anda bisa melihat sisi positifnya yaitu sikap mandiri dari seseorang yang ingin berkembang tanpa menggantungkannya pada orang lain.

Maka dari itu, walaupun ranah bisnis kecil belum terlalu luas, namun setiap bisnis pasti akan memiliki keuntungannya masing-masing dan bisa dikembangkan dengan lebih besar lagi serta yang paling penting dapat memberikan pelajaran yang begitu banyak salah satu contohnya adalah kemandirian.

  1. Melatih jiwa kewirausahaan

Manfaat industri kecil yang terakhir yaitu melatih objek studi kewirausahaan. Sudah pasti bahwa setiap bisnis yang didirikan oleh seseorang terdapat motivasi dalam diri orang tersebut untuk menjadi lebih sukses.

Justru dari bisnis-bisnis yang coba dikembangkan tersebut menunjukkan bahwa dalam diri seseorang terdapat jiwa kewirausahaan yang memang sangat baik untuk mendobrak hal – hal baru agar tercipta suatu inovasi yang lebih baik baik lagi.

Begitupun dengan dunia industri kecil, yang mana pemiliknya memang memiliki kemampun untuk melatih jiwa kewirausahaan. Terbukti dari kesanggupannya yang merintis usaha mulai dari nol.

Contohnya Industri Kecil

Adapun untuk beberapa contoh industri kecil yang mudah ditemukan. Antara lain;

  1. Sablon baju

Bagi anda yang belum mengetahui sablon baju, maka sablon itu sendiri sebetulnya merupakan proses cetak untuk memperoleh hasil sesuia dengan yang diinginkan. Apabila anda pernah mendapati atau melihat seseorang yang mendirikan bisnis ini, maka pastinya jumlah karyawan yang ikut tidka terlalu banyak, kemungkinan hanya sekitar 3 sampai dengan 6 orang atau mungkin lebih, maka dari itu bisnis ini termasuk dalam kategori industri kecil.

Badan usaha sablon baju sebetulnya juga memiliki peluang yang baik dalam pasar. Karena bisnsi ini cenderung bisa menyesuaikan permintaan konsumen terkait desain atau gambar baju yang akan di sablon. Sehingga banyak sekali kawula muda atau mugkin suatu grup atau kelompak yang menyablonkan kaos agar bisa sama atau seragam dengan tulisan atau cetakan yang sebelumnya sudah dirancang terlebih dahulu.

  1. Pengrajin batu bata

Anda mungkin jarang melihat proses pembuatan batu bata, namun justru bisnis ini adalah usaha yang cukup menguntungkan.

Hal ini dikarenakan batu bata itu sendiri merupakan suatu barang atau produk yang kerap dipakai untuk proses pembuatan rumah maupun bangunan lainnya. Maka dari itu tidak heran jiak bisnis ini tetap bertahan sampai sekarang.

  1. Toko kue

Disekitar rumah anda mungkin ditemukan beberapa toko kue. Ternyata bisnis tersebut masuk dalam kategori industri kecil, hal ini dikarenakan pengelolaannya yang dilakukan oleh pemilik atau suatu keluarga itu sendiri. Kemudian jumlah karyawannya juga tidak terlalu banyak, namun bisnis ini bisa memberikan keuntungan baik bagi pemilik, konsumen, maupun para pekerja.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian industri kecil menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contohnya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi untuk kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *