Pengertian Industri Besar, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Industri Besar

Berbicara mengenai arti industri, anda pasti sudah pernah mendengar istilah tersebut. Pada dasarnya industri besar adalah bentuk kegiatan atau badan usaha bisnis yang dijalankan dengan cara mengolah produk atau barang dari yang awalnya mentah hingga menjadi bahan jadi.

Selain itu besar industri juga dianggap sebagai perndobrak perkembangan ekonomi agar lebih meningkat. Oleh karena itulah keberadaan industri besar ini sangat diperlukan dalam kegiatan ekonomi suatu negara.

Pengertian Industri Besar

Industri besar adalah jenis perindustrian yang dilihat berdasarkan jumlah tenaga kerjanya. Kemudian hal untuk pengertiannya sendiri adalah suatu kegiatan bisnis yang memiliki jumlah tenaga kerja lebih banyak dibandingkan jenis industri kecil dan menengah. Biasanya jumlah tenaga kerja industri besar bisa mencapai hingga lebih dari 100 orang karyawan.

Jumlah tersebut tentunya sebanding dengan pekerjaan yang harus dilakukan. Karena industri besar cenderung melakukan kegiatan bisnisnya dalam skala yang lebih luas dan kompleks lagi. Selain itu dalam industri besar juga dibutuhkan modal yang lebih besar jika dibandingkan dengan industri lainnya.

Ciri Industri Besar

Adapun untuk karakteristik yang ada dalam ndustri besar antara lain adalah sebagai berikut ini;

  1. Memiliki modal banyak

Menggunakan modal sangat banyak. Perlu digaris bawahi bahwa modal dalam industri besar ini tentunya jauh lebih banyak lagi jika dibandingkan dengan industri kecil maupun sedang. Hal ini bisa terjadi karena bisnis besar tentunya memerlukan suatu dana yang jauh lebih banyak, mengingat jumlah karyawan yang lebih tinggi dan harus digaji.

Kemudian pemenuhan fasilitas yang harus lebih lengkap, bahan-bahan maupun modal tetap yang harus dipersiapkan dengan baik. Mulai dari bangunan, peralatan produksi dan lain sebagainya. Maka tidak heran jika industri besar memang memerlukan biaya modal yang jumlahnya berkali lipat dibanding industri kecil dan sedang.

  1. Memiliki karyawan yang banyak

Memiliki banyak karyawan. Artinya bahwa industri besar memerlukan tenaga kerja yang banyak, karena hal ini berhubungan dengan tugas atau pekerjaan yang lebih banyak. Selain itu jumlah karyawan yang banyak ini ternyata juga ada keterkaitannya dengan proses produksi yang harus dilakukan dalam waktu yang lebih cepat.

Maka dari itu dengan karyawan yang banyak, diharapkan target produk yang tercipta bisa sesuai. Semakin banyak produk yang dihasilkan maka fungsi tenaga kerja disini semakin baik.

  1. Menggunakan teknologi modern

Penggunaan teknologi modern. Hal ini merupakan salah satu ciri yang paling utama, karena penggunaan teknologi modern bisa dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang sudah besar.

Umumnya pemanfaatan teknologi ini juga dipakai agar perusahaan bisa memperoleh hasil produksi yang banyak. Selain itu biar ada suatu modifikasi maupun inovasi dalam perusahaan dan industri besar semakin bisa berkembang dengan baik.

Masalah teknologi modern ini selaras dengan bisnis yang besar, karena usaha tersebut cenderung mencakup batasan yang lebih luas. Sehingga teknologi modern sangat penting untuk digunakan, mengingat digitalisasi amat sangat bernilai positif termasuk dalam dunia bisnis.

  1. Manajemen perusahaan sangat baik

Permasalahan manajemen perusahaan juga termasuk dalam ciri industri besar. Sebagai informasi bahwa bisnis yang skalanya sudah besar, merupakan bisnis yang tidak main-main.

Hal ini dikarenakan produknya sangat diperlukan banyak orang, dan apabila tidak dikoordinasikan dengan baik maka industri tersebut justru bisa merugikan banyak orang, salah satunya adalah karyawan atau tenaga kerja yang bisa di PHK.

  1. Pembagian kerja jelas

Pembagian kerja yang jelas. Biasanya dalam bisnis yang skalanya besar pasti setiap karyawan, atasan, bahkan samapai ke direktur utamanya sudah memiliki tugas dan kewajibannya masing-masing. Hal ini sebetulnya berkaitan dengan manajemen perusahaan itu sendiri.

Pembagian tugas juga sangat penting untuk dilakukan, agar masing-masing orang bisa mengetahui apa yang menjadi kewajibannya serta berlatih untuk disiplin. Selain itu dengan pembagian tugas, akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan hasil produksi yang diperoleh bisa lebih banyak.

Manfaat Industri Besar

Manfaat yang ada di dalam industri besar. Antara lain;

  1. Memenuhi kebutuhan banyak orang

Industri besar memang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan banyak orang. Bayangkan saja jika dalam dunia ini tidak ada satupun bisnis atau suatu usaha. Maka yang terjadi setiap manusia akan kebingungan untuk menemukan barang mereka mau.

Oleh karena itu, dengan terciptanya suatu industri kita harus bersyukur dan patut bangga dengan wirausahawan yang rela memulai bisnis dengan berbagai tantangan dan hambatan, namun memperhatikan apa yang diperlukan dari setiap konsumennya.

  1. Mengurangi tingkat pengangguran

Manfaat industri besar yang berikutnya yaitu mengurangi tingkat pengangguran. Manfaat ini sebetulnya bukan hanya dirasakan pada industri besar saja, melain juga pada usaha kecil dan menengah. Karena pada dasarnya setiap ada bisnis pasti memerlukan karyawan untuk keberhasilan dari usaha tersebut.

Selain itu dengan industri besar yang cenderung memerlukan jumlah tenaga banyak, maka penganguran juga bisa berkurang. Karena secara tidak langsung orang-orang yang belum memperoleh pekerjaan bisa terserap dengan adanya bisnis besar tersebut.

  1. Pengenalan teknologi modern

Manfaat yang terakhir dari industri besar yaitu pengenalan terhadap teknologi baru atau modern. Kita patut bersukur dengan adanya globalisasi, karena hal ini bisa membuka kesempatan yang lebih luas untuk semua orang agar melihat dunia luar secara lebih gamblang.

Dampak dari adanya globalisasi tersebut salah satunya adanya terbukanya teknologi yang semakin canggih dan modern. Sehingga tidak jarang banyak dari industri-industri yang sudah mulai mengmbangkan bisnisnya dengan menggunakan teknologi modern.

Tentunya hal ini sangat baik, karena berikan pengenalan teknologi kepada para karyawan, namun tidak bisa dipungkiri pastinya ada hal negatif dari dampak tersebut. Salah satunya yaitu digantikannya tenaga manusia dengan tenaga mesin.

Contohnya Industri Besar

Adapun untuk contoh yang ada dari industri besar. Antara lain;

  1. Perusahaan Semen

Semen pada dasarnya merupakan arti kebutuhan yang banyak di cari orang, terlebih lagi produk ini adalah salah satu bahan yang dipakai untuk pembangunan. Maka tidak heran jika bisnisnya masuk dalam kategori industri besar.

Di negara Indonesia sendiri perushaan semen sudah tercatat sangat banyak dan beragam merk semen juga sering anda jumpai di toko bangunan maupun iklan-iklan. Hal ini menandakan bahwa perusahaan semen merupakan jenis bisnis yang memang banyak dicari orang dan skalanya berada dalam jangkauan yang luas.

Beberapa contoh perusahaan semen yang ada di Indonesia yaitu;

  1. Indocement Tunggal Prakarsa
  2. Semen Indonesia
  3. Semen Baturaja
  4. Solusi Bangun Indonesia.
  1. Peruhsaan Tekstil

Pada dasarnya industri tekstil dan garmen merupakan salah satu contoh perusahaan manufaktur yang memiliki skala besar. Bahkan tidak jarang perusahaan tekstil yang ada di Indonesia juga sering melakukan ekspor ke luar negeri.

Perusahaan industri tekstil atau garmen dikenal sebagai industri besar karena cenderung membutuhkan banyak sekali tenaga kerja. Sehingga tidak heran banyak sekali orang-orang yang bekerja dalam perusahaan tekstil dan salah satu contohnya yaitu PT Sri Rejeki Isman

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa industri besar pada dasarnya cenderung mempunyai ciri manajemen perusahaan yang baik. Artinya bentuk pengelolaan dari setiap perusahaan yang berdiri sudah ditetapkan dengan baik serta sesuai dengan syarat maupun aturan-aturan dari perusahaan.

Masalah manajemen perusahaan ini juga sangat erat dengan kepemimpinan bisnis tersebut. Sehingga tidak heran jika pimpinan dalam industri besar adalah orang-orang yang dipercaya bisa mengelola usaha dengan baik serta mampu merangkul semua karyawannya agar bersama-sama memajukan keberhasilan dari perusahaan yang dirintis.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan pengertian industri besar, ciri, manfaat, dan contoh perusahannya. Semoga memberi edukasi serta literasi bagi segenap pembaca yang memang membutuhkanya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *