Pengertian Iklan Permintaan, Syarat, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Iklan Permintaan Adalah

Anda pasti sudah sering mendengar kata iklan permintaan. Pada umumnya definisi iklan adalah serangkaian kegiatan ekonomi terkait informasi yang didalamnya hendak menyampaikan ajakan untuk penonton yang melihatnya agar dapat memiliki, membeli, dan menggunakan barang atau jasa yang sedang diiklankan ataupun ditawarkan.

Selain itu iklan ternyata juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan sifat, ruang dan tujuannya. Iklan berdasarkan sifat dibedakan menjadi iklan niaga dan iklan non niaga. Sedangkan iklan berdasarkan ruangnya terdiri dari iklan kolom dan iklan baris. Terakhir iklan berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi 3 macam yaitu iklan penawaran, iklan permintaan dan iklan pengumuman.

Iklan Permintaan

Kata iklan dalam istilah bahasa inggris disebut pula dengan sebutan advertising. Perlu anda ketahui bahwa periklanan (advertising) adalah jenis kegiatan ekonomi dalam komunikasi efektif yang menjalin kerjasama dengan sponsor tertentu, yaitu pemasang iklan penawaran akan membayar media masa yang telah melakukan penyampaian iklan produk dari pemasang iklan.

Selain itu konten atau isi dari iklan tersebut biasanya dibuat sesuai dengan keinginan atau pesanan pemasang iklan dan dikerjakan oleh sebuah agen atau biro iklan maupun bagian publik relation lembaga pemasang iklan itu sendiri. Sebagai informasi bahwa periklanan ini pada dasarnya juga dapat dianggap sebagai sebuah institusi sosial, karena banyak lembaga kemasyarakatan yang terlibat secara langsung dalam proses pembuatan maupun penyajian sebuah iklan.

Pengertian Iklan Penawaran

Pengertian iklan penawaran adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang membahas tentang produk, servis, organisasi, atau ide yang dibayar oleh satu sponsor. Maksud dari kata dibayar ini yaitu bahwa ruang atau waktu untuk sebuah pesan iklan memang sudah seharusnya dibeli.

Iklan juga akan selalu melibatkan media massa mulai dari radio, majalah, TV, dan koran yang pada dasarnya semua hal tersebut mampu menyampaikan pesan iklan kepada banyak orang mulai dari individu ke kelompok orang yang jumlahnya besar.

Agar iklan mendapatkan peminatnya yang banyak dan begitu antusias dengan pesan iklan yang disampaikan maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya mengenai konsep iklan yang harus dirancang dengan baik. Tujuannya agar seseorang yang melihat iklan bisa memahami maksud atau arti dari iklan yang ditayangkan.

Karena iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang sudah dikenal dalam berbagai kalangan dan dirasa cukup efetif jika dibandingkan dengan cara-cara lainnya untuk mempromosikan suatu produk. Hal ini kemungkinan karena iklan memiliki jangkauan yang luas dan bisa digunakan oleh perushaan-perusahaan mana saja yang ingin membuat barang atau jasa dan segera ingin ditujukan kepada masyarakat luas.

Ada informasi penting lainnya yang membahasa mengenai mengapa banyak sekali perusahaan-perusahaan mau untuk melakukan promosi barang atau jasanya melalui iklan di media massa? Alasannya yaitu iklan di media massa dianggap memiliki nilai yang lebih efektif dan efisien dari sisi biaya karena iklan di media massa bisa mencakup banyak orang sekaligus.

Selain itu iklan di media massa juga bisa dipakai untuk menciptakan citra merek yang baik sehingga hal ini dapat menarik minat penonton iklan untuk mempercayai dan mengonsumsi produk iklan yang ditawarkan.

Syarat Iklan Penawaran 

Untuk itu dibawah ini akan diuraikan  syarat iklan penawaran yaitu;

  1. Bahasa Iklan Penawaran

Yaitu;

  1. Iklan harus memakai atau menggunakan bahasa iklan yang baik dengan cara memilih kata-kata yang paling tepat, sopan, menarik, dan logis atau tidak menimbulkan makna ganda.
  2. Bahasa iklan harus memiliki ungkapkan-ungkapan atau majas yang sebisa mungkin dapat digunakan untuk memikat atau memberikan unsur sugestif bagi para penonton iklan.
  3. Bahasa iklan dirangkai dengan singkat, padat dan mampu menunjukkan bagian-bagian yang penting.
  1. Isi Iklan Penawaran

Yakni;

  1. Iklan harus memiliki isi sesuai dengan produk yang ditawarkan dengan sifat objektif dan jujur.
  2. Iklan akan lebih baik jika disampaikan dengan singkat dan jelas dan tepat pada sasaran.
  3. Isi iklan tidak diperbolehkan menyinggung golongan tertentu atau produsen lain.
  4. Iklan harus memiliki isi atau konten yang mampu memikat atau menarik perhatian banyak orang.

Fungsi Iklan Penawaran 

Adapun untuk fungsi iklan penawaran yang diuraikan sebagai berikut ini;

  1. Menginformasikan

Fungsi iklan yaitu sebagai pusat informasi terkait dengan berbagai produk barang maupun jasa yang hendak disampaikan kepada audiens. Perlu anda ketahui tanpa adanya iklan, maka seorang konsumen mungkin akan kesulitan untuk bisa memperoleh berbagai informasi mengenai merk tertentu.

Sedangkan dengan adanya iklan maka segala produk bisa diinformasikan mulai dari karakteristik hingga kelebihan dari produk itu sendiri. Secara lebih rinci lagi, dengan iklan maka mampu memberikan bentuk komunikasi yang efisien dan efektif karena dengan iklan bisa menjangkau audiens dalam jumlah yang banyak dan luas.

  1. Membujuk

Iklan bukan hanya berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai berbagai produk. Akan tetapi, iklan juga memiliki fungsi sebagai pembujuk konsumen agar dapat tertarik dengan barang atau jasa yang sedang ditawarkan dalam iklan itu sendiri. Melalui iklan maka konten atau isi yang ditujukan kepada konsumen merupakan isi yang benar – benar interaktif.

Artinya mudah dipahami dan dapat memberikan perbandingan atribut dari beberapa merk, sehingga konsumen dapat menilai sendiri produk yang ditawarkan dari setiap iklan dan bisa terpancing dengan daya tarik pada produk yang disukainya tersebut.

  1. Mengingatkan

Iklan juga berfungsi sebagai pengingat. Artinya disini bahwa iklan dapat membuat konsumen untuk tetap ingat dengan produk atau merk yang dilihat dari iklan yang ditayangkan.

Sehingga sangat penting jika pembuatan iklan memang sudah seharusnya memiliki konsep yang matang dan dapat menjerus ke target pasar yang diinginkan. Apabila iklan memiliki konsep ide yang baik maka hal, tersebut dapat mempermudah konsumen untuk selalu mengingta produk atau merk yang ditawarkan sekaligus dapat membuat konsumen untuk membeli produk tersebut.

  1. Memberikan Nilai Tambah

Iklan ternyata juga memiliki fungsi sebagai pemberi nilai tambah dari suatu produk atau merk tertentu yang ditawarkan dalam penayangan iklan.

Iklan akan dianggap baik dan berhasil apabila mampu memberikan nilai tambah yang efektif pada produk, sehingga nantinya dapat membuat produk atau sebuah merk menjadi memiliki keunggulan, ciri khas, terlihat lebih lebih mewah, lebih bergaya, dan melebihi apa yang ditawarkan dari produk – produk lainnya.

  1. Mendukung Usaha Promosi Lainnya

Fungsi terakhir dari iklan yaitu dapat digunakan untuk alat pendukung dari berbagai usaha promosi lainnya mulai dari alat menyalurkan sales promotion, meningkatkan hasil dari komunikasi pemasaran lainnya dan pendukung sales representatif.

Contoh Iklan Permintaan

Contoh iklan permintaan tersebut diuraikan sebagai berikut ini:

  1. Pada zaman yang serba canggih ini, maka anda dapat melihat contoh iklan permintaan yang ada di internet, biasanya iklan ini akan disertai dengan gambar agar seseorang yang melihatnya dapat merasa lebih tertarik dan menerima informasi secara lebih lengkap.
  2. Selain ada di internet, ternyata iklan permintaan juga bisa ditemukan pada media cetak seperti di Koran, di undangan atau kolom pengumuman. Kebanyakan iklan permintaan yang ada dimedia cetak berisi tentang permintaan jasa pekerja, iklan permintaan karyawan atau karyawati, dan permintaan mengenai tenaga ahli.
  3. Contoh iklan penawaran yang berikutnya yaitu ikan produk dan barang baru yang pada umumnya produk – produk tersebut memerlukan promosi agar dapat diminati oleh banyak konsumen.
  4. Iklan permintaan tenaga kerja, Apabila anda pernah membuka situs website ataupun internet yang ada di media masa, maka biasanya akan muncul iklan baik dari pojok kanan bawah, atas, maupun posisi bagian lainnya. sala satu iklan tersebut yaitu menunjukkan iklan permintaan tenaga kerja agar mau bergabung dengan suatu perusahaan yang sedang mencari karyawan.
  5. Iklan permintaan barang, Lain halnya dengan iklan permintaan tenaga kerja, maka iklan permintaan barang yaitu iklan yang menawarkan suatu barang atau produk tertentu agar konsumen bisa melihat berbagai informasi barang yang sedang ditawarkan dalam iklan tersebut.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa iklan merupakan suatu bentuk komunikasi yang ingin disampaikan oleh suatu perusahaan kepada setiap konsumennya agar dapat mengetahui setiap produk yang ditawarkan. Lebih lanjut lagi, seperti yang telah dikatakan diatas bahwa iklan pada dasarnya terbagi dalam beberapa jenis dan sala satu diantaranya yaitu iklan permintaan.

Berbicara mengenai iklan permintaan anda mungkin kurang memahami makna dan artinya. Sebelum memasuki pengertian iklan permintaan, maka ada baiknya terlebih dahulu jika kita mengenal arti permintaan. Kata permintaan berasal dari kata dasar minta yang artinya ialah keinginan untuk mendapat sesuatu dari pihak orang lain.

Sehingga jika dijadikan menjadi satu kesatuan, pengertian iklan permintaan adalah iklan yang bertujuan agar pihak pengiklan dapat memperoleh sesuatu dari seseorang atau target orang yang ditujunya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian iklan permintaan, syarat, fungsi, dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan dan edukasi.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *