Pengertian Iklan Penawaran, Syarat, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Iklan Penawaran

Sebagai seseorang yang memiliki badan usaha atau bisnis pasti membutuhkan promosi untuk menawarkan serangkaian produk berupa barang maupun jasa kepada konsumen. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar produk dari sebuah perusahaan tersebut dikenal banyak orang yaitu dengan cara mengiklankan produk tersebut.

Istilah iklan sendiri pasti bukan menjadi sesuatu yang asing untuk didengar. Iklan pada dasarnya merupakan salah satu contoh dari bagian media komunikasi pemasaran yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi khususnya dalam mengenalkan produk kepada konsumen. Selain itu, jenis iklan juga ada beberapa macam dan salah satu contohnya yaitu iklan penawaran.

Iklan Penawaran

Berbagai tujuan kegiatan ekonomi dalam kehidupan masyarakat memang akan terus berputar. Manusia sebagai makhluk ekonomi pun akan selalu terikat dengan berbagai kebutuhan yang perlu dipenuhi, mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Tentunya dengan kebutuhan yang beragam tersebut membuat banyak perusahaan-perusahaan harus berpikir dengan lebih kreatif lagi dan lagi. Tujuannya agar setiap produk yang ditawarkan oleh perusahaan dapat diterima masyarakat luas. Salah satu cara atau ide perusahaan untuk memperkenalkan produk-produk mereka yaitu dengan beriklan. Proses ikan inilah dikenal dengan iklan penawaran.

Pengertian Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah suatu jenis iklan yang memiliki sifat persuasif dan selalu memiliki kata-kata atau komunikasi yang sifatnya membujuk, mengajak, dan menarik minat audiens yang melihatnya untuk bisa melakukan kerjasama.

Arti kata kerjasama disini maksudnya yaitu baik antara pengiklan dan audiens dapat melakukan hubungan secara langsung dan dapat memperoleh keuntungan satu sama lain. sehingga dari hal ini diantara kedua belah pihak akan merasa sama-sama memperoleh keuntungan dan terpenuhinya kebutuhan diantara keduanya. Oleh karena itu iklan penawaran ini sangat penting untuk dilakukan.

Pengertian Iklan Penawaran Menurut Para Ahli

Definisi iklan penawaran menurut para ahli, antara lain;

  1. Kotler (1999), Iklan penawaran adalah semua hal yang berhubungan dengan berbagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang maupun jasa non-personal yang pada umumnya akan dibayar oleh sponsor tertentu.
  2. Wells (1992), Pengertian iklan penawaran adalah bentuk komunikasi non-personal dengan bantuan media massa yang dibayar oleh pihak sponsor dan bertujuan untuk menarik minat konsumen sekaligus membujuk serta mempengaruhinya agar dapat membeli produk yang ditawarkan dalam iklan.
  3. Rhenald Kasali (1992), Definisi iklan penawaran adalah suatu pesan yang ingin disampaikan kepada audiens mengenai penawaran suatu produk dan dilakukan dengan bantuan media agar dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.
  4. PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), Arti iklan penawaran adalah segala bentuk pesan yang berisi tentang suatu produk yang ingin disampaikan kepada para audiens dengan bantuan suatu media dan dibiayai oleh pemrakarsa.
  5. Dunn & Barban (1996), makna iklan penawaran adalah bentuk komunikasi non-personal yang dilakukan dengan berbagai media dan dibayar oleh organisasi non-profit, perusahaan, serta individu-individu yang mana tujuan dari iklan tersebut yaitu demi tersampaikannya informasi mengenai suatu produk kepada konsumen dan dapat membujuk suatu kalangan untuk membeli produk tersebut.
  6. Russel & Lane (1990), Definisi iklan penawaran adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan dengan bantuan media komunikasi masa agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas.
  7. Gilson & Berkman (1980), Arti iklan penawaran adalah suatu bentuk media komunikasi yang berisfat membujuk atau persuasif dan dirancang dengan begitu baik agar dapat memperoleh respons positif dari audiens.

Syarat Iklan Penawaran

Terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi sebelum melakukan atau membuat iklan penawaran ini yaitu sebagai berikut;

  1. Kelengkapan identitas perusahaan atau lembaga yang mengiklankan suatu barang ataupun jasa.
  2. Kejelasan karakteristik dari sebuah produk atau layanan yang ditawarkan.
  3. Kesepakatan waktu penawaran atau pelayanan.
  4. Pencantumana nomor yang bisa dihubungi.
  5. Kejelasan alamat kantor pemasaran perusahaan atau lembaga.
  6. Serta adanya beberapa syarat dan ketentuan khusus lainnya yang berlaku.

Tujuan Iklan Penawaran

Iklan penawaran tentunya bukan hanya bertujuan untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan akan tetapi ada beberapa tujuan lainnya yaitu sebagai berikut ini;

  1. Kesadaran Produk

Iklan penawaran bertujuan untuk membentuk pola pikir yang baik dari audines mengenai produk yang ditawarkannya. Sehingga dengan iklan penawaran ini bisa diperoleh kesadaran produk yang baik mulai dari pentingnya produk, kegunaan, dan kelebihan maupun kekurangan dari produk itu sendiri.

  1. Branding

Tujuan iklan penawaran berikutnya yaitu bisa memberikan branding yang baik dari setiap produk yang ditawarkannya. Sehingga dengan iklan ini anda bisa memberi tahu kepada audiens mengenai keunggulan setiap produk dan bisa menciptakan nilai posititif dari produk yang ditawarkan.

  1. Diferensiasi

Iklan penawaran sejatinya bertujuan untuk bisa membandingkan atau dapat pula dengan membedakan antara produk dari perusahaan anda dengan produk dari perusahaan lain yang ditawarkan pula.

Contoh Iklan Penawaran

Beberapa contoh yang termasuk iklan penawaran yaitu sebagai berikut;

  1. Iklan penawaran produk sepatu, tas, sandal, baju, dan lain-lain

Hari gini masih bingung nyari produk fashion? Yuk langsung saja kepoin Ratu Fashion, ada banyak penawaran produk tas, sepatu, baju dan lainnya yang akan mengubah penampilanmu menjadi lebih manja

  1. Iklan penawaran produk makanan maupun minuman

Zaman sekarang masih kesulitan nyari makanan dan minuman yang super lezat dan murah? Yuk pesan sekarang juga di kedai sehat. Ada banyak menu makanan dan minuman yang super lezat dengan harga terjangkau disana. Cobain semua yuk!

  1. Iklan penawaran jasa pengobatan alternatif

Apakah anda sedang kesulitan mencari pengobatan herbal yang mampu memberi manfaat secara maksimal? Solusinya mudah, percayakan pada pengobatan alternatif cahaya hati. Anda akan menemukan pengobatan alternatif yang amanah dan mampu memberikan pelayanan terbaik. Hubungi pengobatan alternatif cahaya hati di nomor ini 08978656413

  1. Iklan penawaran jasa pengantaran

Memiliki toko online, tapi bingung buat kirim barang? Ada disini jawabannya. Jasa kurir perkasa siap membantu setiap kebingungan anda untuk mengantarkan segala macam jenis barang pesanan konsumen. Cukup stay at home dan dan serahkan semua pada yang berpengalaman. Jasa Kurir Perkasa, siap melayani tanpa nanti – nanti! Hubungi kami 081112343888

  1. Iklan penawaran jasa fotografi dan lain-lain

Pusing menciptakan kenangan manis disetiap moment dalam hidup anda? Tenang saja, nana fotografi siap membantu menciptakan kenangan manis dalam hidup anda. Kami akan memberikan segala yang terbaik mulai dari acara pernikahan, ulang tahun, hingga acara kantor. Dengan hasil terbaik dan harga terjangkau, kami jamin jika setiap momen dalam hidup anda tidak akan ada yang terlewatkan”.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa iklan penawaran ini dianggap sebagai iklan promosi. Alasannya yaitu pada saat melakukan penawaran, maka sudah pasti bahwa pengiklan akan melakukan promosi mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.

Bahkan bahasa yang digunakan dalam iklan juga berkaitan dengan kalimat-kalimat yang membujuk, merayu, maupun kalimat dukungan. Tujuannya agar masyarakat semakin tertarik dengan produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian iklan penawaran menurut para ahli, syarat, tujuan, dan contohnya yang ada dalam berbagai bentuk usaha. Semoga memberikan wawasan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *