Pengertian Harga Pasar, Hukum, Faktor, dan Contohnya

Diposting pada

Harga Pasar Adalah

Untuk memahami bagaimana harga pasar ditentukan, penting untuk memahami beberapa konsep perdagangan dasar. Agar perdagangan terjadi, harus ada pembeli dan penjual yang bertemu pada harga yang sama, agar terbentuk harga pasar. Terbentuknya harga pasar dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu ketika banyak arti permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau jasa terbatas.

Namun, di dunia nyata, ada banyak antusiasme terhadap kebijakan yang berdampak pada harga pasar. Undang-undang kontrol sewa di Kota New York, kuota produksi yang diadopsi oleh negara-negara OPEC dan hambatan perdagangan yang diberlakukan oleh pemerintah nasional adalah contoh kebijakan yang mempengaruhi harga pasar di dunia nyata.

Harga Pasar

Secara sederhana harga pasar bisa diartikan sebagai harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Sedangkan dalam arti luas, harga pasar suatu barang terletak pada titik persimpangan antara ketersediaan barang atau jasa dan permintaan pasar untuk barang tersebut.

Setiap perubahan dalam penawaran atau permintaan mempengaruhi harga pasar suatu barang. Jika permintaan dipertahankan konstan, penurunan pasokan menyebabkan kenaikan harga pasar dan sebaliknya. Demikian juga, jika persediaan dijaga konstan, kenaikan permintaan untuk item menghasilkan kenaikan harga pasar dan sebaliknya.

Harga pasar memiliki peran yang penting dalam perekonomian, diantaranya yaitu:

  1. Menunjukkan perubahan kebutuhan masyarakat
  2. Membantu menentukan penawaran
  3. Menggerakkan pengusaha untuk berkreasi terhadap perubahan permintaan

Pengertian Harga Pasar

Harga pasar adalah harga di mana suatu barang atau jasa dibeli dan dijual paling efisien. Harga pasar menunjukkan tinggi-rendahnya tingkat harga yang terjadi berdasarkan kesepakatan antara produsen/penawaran dengan konsumen atau permintaan. Harga pasar disebut juga harga keseimbangan (equilibrium price) yaitu harga harga yang terjadi sebagai akibat interaksi permintaan dan penawaran terjadi di pasar.

Dimana dalam perdagangan, pembeli memiliki kecenderungan yaitu menginginkan harga murah dengan kualitas atau mutu barang yang bagus, sedangkan penjual memiliki kecenderungan yaitu mendapatkan keuntungan yang banyak.

Kecenderungan yang berlawanan ini tidak akan menghasilkan transaksi apabila tidak ada kesepakatan harga antara keduanya. Kesepakatan harga tersebut terbentuk melalui tawar menawar antara pembelidan penjual. Harga yang disepakati inilah yang disebut harga pasar.

Pengertian Harga Pasar Menurut Para Ahli

Adapun definisi harga pasar menurut para ahli, antara lain:

Investopedia

Harga pasar adalah harga saat ini di mana barang atau jasa dapat dibeli atau dijual. Teori ekonomi berpendapat bahwa harga pasar bertemu pada titik di mana kekuatan penawaran dan permintaan bertemu. Guncangan ke sisi penawaran atau sisi permintaan dapat menyebabkan harga pasar untuk barang atau jasa dievaluasi kembali dan diubah.

Wikipedia

Dalam ilmu ekonomi, harga pasar adalah harga ekonomi yang ditawarkan suatu barang atau jasa di pasar. Ini menarik terutama dalam studi ekonomi mikro. Nilai pasar dan harga pasar hanya sama di bawah kondisi efisiensi pasar, keseimbangan, dan ekspektasi rasional.

Hukum Harga Pasar

Proses terbentuknya harga pasar atau harga keseimbangan dimulai dari adanya interaksi antara pembeli (permintaan) dan penjual (penawaran) yang dilakukan secara wajar. Harga pasar akan terbentuk ketika tingkat keseimbangan antara permintaan dan penawaran dapat tercapai. Atau bisa juga dikatakan bahwa harga pasar atau harga keseimbangan dapat terjadi jika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Terdapat kesepakatan antara harga yang diminta oleh pembeli dengan harga yang ditawarkan oleh penjual untuk suatu barang yang sedang ditransaksikan. Titik pertemuan kedua harga inilah yang kemudian membentuk harga kesembangan pasar.

Apabila ditunjukkan dalam bentuk kurva, maka harga pasar atau harga keseimbangan adalah perpotongan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. Yang mana dalam harga keseimbangan tersebut berlaku hukum permintaan dan penawaran yang berbunyi:

Apabila jumlah permintaan lebih besar dibandingkan jumlah penawarannya, maka harga akan mengalami kenaikan. Tapi jika jumlah penawaran lebih besar dibangdingkan jumlah permintaannya, maka harga akan mengalami penurunan 

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Pasar

Terbentuknya harga pasar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Permintaan terhadap suatu barang atau jasa bertambah, tapi jumlah barang atau jasa yang ditawarkan terbatas

Peningkatan jumlah permintaan yang tidak diimbangi dengan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan dapat berpengaruh terhadap harga keseimbangan atau harga pasar,. Misalnya permintaan terhadap minyak bumi terus meningkat, sedangkan jumlahnya stabil dan tidak bertambah. Hal ini bisa menyebabkan harga pasar mengalami kenaikan atau menjadi lebih tinggi.

  1. Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, tapi daya beli konsumen tetap atau bahkan berkurang

Ini adalah kondisi yang berkebalikan dengan faktor yang pertama, tapi sama-sama berpengaruh terhadap harga pasar. Jika penawaran barang tinggi tapi daya beli konsumen rendah bisa menyebabkan harga pasar menagalami penurunan.

  1. Pendapatan konsumen

Pendapatan konsumen turut berpengaruh terhadap jumlah barang dan jasa yang bisa dibeli oleh individu. Pertumbuhan ekonomi tingkat tinggi menyebabkan pendapatan konsumen juga tinggi.

Jika pendapatan konsumen naik, kemungkinan mereka meminta kuantitas lebih besar dari barang dan jasa tertentu, sehingga permintaan untuk berbagai barang dan jasa mungkin bergeser keluar sebagai reaksi pendapatan yang lebih tinggi.

  1. Produsen mengetahui preferensi/selera konsumen

Ketika preferensi konsumen (selera) untuk suatu produk berubah, maka kuantitas permintaan produk oleh konsumen juga berubah. Jika produk menjadi kurang terkenal, permintaan untuk produk berkurang. Akibatnya yaitu surplus mungkin memaksa perusahaan untuk menurunkan harganya untuk menjual apa yang telah mereka hasilkan.

Sebagai contoh, ketika suatu toko baju mengetahui model pakaian yang sedang tren atau banyak digemari, untuk bisa meningkatkan penjualan, toko baju tersebut bisa menawarkan model pakaian yang memang sedang tren tersebut untuk memenuhi selera konsumen.

  1. Tinggi rendahnya biaya produksi

Perubahan biaya produksi juga dapat mempengaruhi harga ekuilibrium. Saat perusahaan mengalami biaya lebih rendah, mereka bersedia menawarkan (memproduksi) lebih untuk harga tertentu. Hal ini menyebabkan suatu surplus produk, yang kemudian memaksa perusahaan menurunkan harga supaya dapat menjual semua yang mereka produksi.

Selain faktor-faktor tersebut, pajak dan subsidi juga bisa berpengaruh terhadap pembentukan harga keseimbangan.

  1. Pengaruh pajak

Apabila suatu  produk dikenakan pajak t per unit, maka keseimbangan pasar atas produk tersebut akan berubah, baik harga maupun jumlah keseimbangan. Biasanya, tanggungan terhadap pajak sebagian dikenakan kepada konsumen. Hal ini menyebabkan harga produk akan naik, sehingga jumlah barang yang diminta akan berkurang.

Namun, perlu diingat bahwa pajak yang dikenakan atas penjualan akan selalu menambah harga barang yang ditawarkan, sehingga hanya berpengaruh terhadap fungsi penawaran, sedangkan fungsi permintaannya tetap.

  1. Pengaruh subsidi

Subsidi (s) merupakan bantuan yang diberikan pemerintah kepada produsen terhadap produk yang dihasilkan atau dipasarkan. Hal ini menyebabkan harga yang berlaku dipasar lebih rendah sesuai dengan keinginan pemerintah, sehingga daya beli masyarakat meningkat.

Contoh Harga Pasar

Interaksi antara pembeli dan penjual adalah apa yang mengubah harga pasar. Misalnya, asumsikan bahwa Bank of America Corp (BAC) memiliki tawaran $ 30 dan penawaran $ 30,01. Ada delapan pedagang yang ingin membeli saham BAC; ini mewakili permintaan. Lima perdagangan menawar 100 saham masing-masing pada $ 30, tiga pedagang pada $ 29,99, dan satu pedagang pada $ 29,98. Pesanan ini terdaftar pada penawaran.

Ada juga delapan pedagang yang ingin menjual saham BAC; ini mewakili persediaan. Lima menjual 100 saham masing-masing seharga $ 30,01, tiga seharga $ 30,02, dan satu seharga $ 30,03. Pesanan ini terdaftar berdasarkan penawaran.

Katakanlah seorang pedagang baru datang dan ingin membeli 800 saham dengan harga pasar. Harga pasar, dalam hal ini, adalah semua harga dan saham yang diperlukan untuk mengisi pesanan.

Pedagang ini harus membeli dengan penawaran: 500 saham pada $ 30,01, dan 300 pada $ 30,02. Sekarang spread-nya melebar, dan harganya $ 30 oleh $ 30,03 karena semua saham yang ditawarkan di $ 30,01 dan $ 30,02 telah dibeli. Karena $ 30,02 adalah harga yang diperdagangkan terakhir, ini adalah harga pasar.

Pedagang lain dapat mengambil tindakan untuk menutup spread. Karena ada lebih banyak pembeli, spread ditutup oleh penawaran yang menyesuaikan ke atas. Hasilnya adalah harga baru $ 30,02 dengan $ 30,03, misalnya. Interaksi ini terus berlangsung di kedua arah yang menyesuaikan harga.

Itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian harga pasar menurut para ahli, hukum, faktor yang mempengaruhi, contoh soal dan jawabannya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam. Trimakasih,

Sumber Tulisan
  1. Market Price dari https://www.investopedia.com/terms/m/market-price.asp
  2. Market Price dari https://investinganswers.com/dictionary/m/market-price
  3. What are the Factors Influencing Pricing Decisions in a Market? dari http://www.shareyouressays.com/knowledge/what-are-the-factors-influencing-pricing-decisions-in-a-market/112825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *