Objek Kajian Geografi Fisik dan Contohnya

Diposting pada

Kajian Geografi Fisik

Geografi berasal dari kata geo yang mengandung arti bumi dan grafo atau grafi yang artinya tulisan. Maka secara singkat arti dari geografi adalah tulisan yang mengulas segala seluk beluk soal kebumian. Objek pembelajaran geografi mencakup aspek sosial dan fisik. Geografi dengan aspek sosial dibahas dalam geografi sosial, ekonomi, manusia, dan lain-lain. Sedangkan aspek fisik akan diulas secara mendalam pada geografi fisik.

Fisik geografi adalah segala hal yang mencakup komponen abiotik bumi. Alam seisinya termasuk dalam pembelajaran geografi fisik. Seorang pawing hujan dipercaya memiliki kekuatan mistik, padahal sebenarnya orang tersebut hanya mempelajari geografi fisik berupa siklus hidrologi. Pembelajaran geografi fisik perlu dilakukan praktek lapangan agar lebih mudah memahaminya.

Geografi Fisik

Pengertian geografi fisik adalah salah satu cabang ilmu geografi yang membahas suatu hal yang ada kaitannya dengan fenomena alam di permukaan bumi. Studi tentang proses terbentuknya fenomena alam tidak terlepas definisi geografi fisik.

Contohnya pada proses terbentuknya pelangi, hal itu terkait dengan studi atmosfer dan hidrosfer. Antara langit dan air terjadi perpaduan yang akhirnya terbentuknya keindahan pelangi.

Studi Geografi Fisik

Pembelajaran geografi fisik tidak hanya terbatas pada ruang permukaan bumi saja. Materi jagat raya juga ada kaitannya dengan geografi fisik pada kompetensi dasar astronomi. Mempelajari geografi fisik terlebih dahulu harus dikuasai agar mampu memahami aspek sosial. Hal ini disebabkan geografi sosial berasal dari komponen fisik.

Kajian Geografi Fisik dan Contohnya

Beberapa contoh yang menjadi objek kajian geografi fisik dan contohnya, akan diulas dalam uraian materi sebagai berikut;

Hidrologi

Hidrologi adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang air. Air yang ada di permukaan bumi fungsinya sangat vital bagi makhluk hidup. Unsur kehidupan permukaan bumi disebabkan karena kehadiran intensitas air. Fakta menarik tentang air adalah jumlahnya tidak pernah berkurang dari awal terbentuknya bumi hingga hari kiamat kelak. Yang menyebabkan kandungan air tak pernah berubah adalah terjadinya siklus hidrologi.

Siklus hidrologi pertama-tama diawali dari penguapan air oleh sinar matahari. Proses ini disebut dengan evaporasi. Air yang terkena dampak radiasi sinar matahari menguap ke atmosfer bumi. Evaporasi yang membawa uap air ke langit mengalami pendinginan.

Proses pendinginan ini disebut sebagai peristiwa kondensasi. Kondensasi adalah pendinginan penguapan air berubah menjadi awan.

Massa awan lama-kelamaan semakin bertambah. Awan yang tidak dapat menampung massa air akan mengalami presipitasi. Proses presipitasi adalah jatuhnya titik-titik air pada awan yang turun ke permukaan bumi dalam bentuk hujan.

Hujan yang jatuh ke permukaan bumi airnya terserap oleh tanah. Penyerapan air pada tanah disebut sebagai peristiwa infiltrasi. Infiltasi diperlukan bagi tumbuhan untuk kemudian melakukan proses fotosintesis.

Hidrografi

Hidrografi ada kaitannya dengan hidrologi. Hidrografi adalah salah satu cabang ilmu geografi yang membahas tentang pemetaan persebaran air. Jadi jika ditanya perbedaan antara hidrologi dan hidrografi jawabannya adalah cara mengkaji kedua ilmu tersebut.

Hidrologi membahas tentang keilmuan air, sedangkan hidrografi berfokus pada memetekan persebaran letak air di permukaan bumi.

Oceanografi

Oceanografi adalah salah satu cabang ilmu geografi fisik yang membahas tentang kelautan. Lautan yang luas serta sangat dalam menyimpan jutaan misteri di dalamnya. Maka dari itu ilmu yang spesifik membahas tentang lautan diperlukan dalam kajian geografi fisik, yaitu oceanografi.

Ilmu ini tidak terbatas pada kajian laut saja, ekosistem di dalamnya seperti ikan, terumbu karang, dan hewan laut biota laut lainnya dipelajari disini.

Di permukaan bumi, luasnya laut mengalahkan daratan. Sekitar ¾ luas bumi dipenuhi dengan perairan. Laut memiliki ciri khas rasa asin. Rasa asin pada air laut disebabkan karena banyaknya kandungan senyawa dari berbagai sumber. Laut menjadi muara bagi berbagai sumber air.

Hilir daerah aliran sungai (DAS) diakhiri menuju lautan. Selain itu, laut menjadi sarana alur perdagangan dunia sejak masa lampau.

Meteorologi dan Klimatologi

Meteorologi dan klimatologi (biasa disebut dengan metklim) merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang membahas tentang cuaca.

Lembaga yang meneliti metklim adalah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau yang biasa disingkat BMKG. Perkiraan hujan, potensi rawan bencana, dan lain-lain adalah kajian yang diteliti oleh BMKG. Untuk menjadi peneliti BMKG, diperlukan pengetahuan geografi tentang atmosfer yang mendalam.

Ilmu Tanah

Ilmu tanah adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang lapisan pedosfer. Segala macam lapisan tanah diulas secara lengkap dalam kajian ini. Ilmu tanah menjadi program studi tersendiri dalam beberapa Universitas. Hal ini disebabkan luasnya kajian menyebabkan pembelajaran geografi terlalu sempit untuk memahami ilmu tanah. Kegunaan ilmu tanah dalam kegiatan sehari-hari dapat membantu pertanian.

Geologi

Geologi adalah cabang ilmu geografi fisik yang membahas tentang lempeng bumi. Pada zaman dahulu, benua yang terdapat di permukaan bumi hanya satu.

Benua tersebut dinamakan Pangea. Karena pergerakan lempeng tektonik maka Pangea terbagi menjadi beberapa benua yang kita kenal selama ini (Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia. Pergerakan lempeng tektonik terjadi dengan kecepatan 16 mm per tahun.

Geomorfologi

Geomorfologi adalah salah satu cabang ilmu geografi yang membahas tentang topografi permukaan bumi. Topografi adalah kajian tentang relief permukaan bumi terkait ketinggian dan kedalaman. Kajian ilmu geomorfologi digunakan untuk memetakan suatu tempat. Dengan mengetahui geomorfologi wilayah maka dapat mengetahui tenaga endogen atau eksogen pembentuknya.

Geografi Tanah

Geografi tanah adalah cabang ilmu geografi fisik yang membahas tentang pemetaan dan persebaran tanah di permukaan bumi.

Perbedaan antara geografi tanah dan ilmu tanah adalah bagian kajian masing-masing. Dapat disimpulkan kajian fokus ilmu tanah terletak pada jenis lapisannya, sedangkan pada geografi tanah berada di persebaran pemetaan tanah. Geografi tanah dipelajari untuk memahami unsur pembentuk tanah di permukaan bumi.

Biogeografi

Biogeografi adalah salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang unsur kehidupan di permukaan bumi. Bio berarti makhluk hidup, geo artinya bumi, dan grafi memiliki pengertian tulisan. Jadi kesimpulannya biogeografi adalah perpaduan ilmu kebumian dengan unsur makhluk hidup. Titik fokusnya berada dalam kajian bioma dan ekosistem baik daratan maupun perairan.

Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh digunakan untuk menganalisis objek yang berada jauh serta luas. Fungsinya adalah untuk menginterpretasi permukaan bumi menggunakan citra foto maupun non foto. Penggunaan penginderaan jauh banyak dimanfaatkan dalam kegiatan pemetaan.

Lokasi pengambilan gambar dari ketinggian dalam kegiatan penginderaan jauh disebut wahana. Wahana adalah alat untuk menganalisis objek dari ketinggian.

Nah, pembahasan di atas merupakan uraian materi yang menjelaskan tentang objek studi geografi fisik dan contoh kajiannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam hal menambah ilmu pengetahuan dan sarana edukasi. Sekian dan terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *