Fungsi Pranata Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada
Tujuan dan Fungsi Pranata Sosial
Tujuan dan Fungsi Pranata Sosial

Dalam hidup setiap manusia sebagai makhluk sosial pasti akan menemukan sebuah komunitas maupun kelompok sosial yang terdiri dari beberapa orang. Contohnya saja dalam lingkungan sekitar akan anda jumpai perkumpulan ibu-ibu PKK, perkumpulan arisan bapak-bapak, karang taruna, remaja masjid, dan lain sebagainya.

Berdasarkan contoh yang dikemukakan, sebuah syarat terbentuknya kelompok sosial memang sangat wajar dapat terjadi dalam hidup ini. Karena pada dasarnya manusia selalu butuh bantuan orang lain dan akan melakukan interaksi dengan siapapun baik yang mereka kenal, baru kenal, maupun belum dikenal. Pada tahapan interaksi sosial inilah sejatinya diperlukan pranata sosial sebagai aturan umum agar tujuan dan keberfungsian hubungan sosial tidak terganggu.

Pranata Sosial

Pranata sosial adalah seperangkat nilai maupun norma-norma sosial yang didalamnya akan mengatur aktivitas maupun kegiatan dari suatu kelompok masyarakat agar tercapai suatu tujuan yang di cita-citakan. Melalui pranata sosial ini manusia satu dengan yang lainnya akan lebih  mudah dalam melakukan interaksi sosial karena adanya sarana maupun wadah yang menghubungi mereka.

Pranata sosial ini juga dapat diartikan sebagai sistem norma yang merangkai segala aturan agar dapat digunakan sebagai acuan manusia dalam betindak. Maka dari itu terkadang pranata sosial ini tidak selalu kasat mata, yaitu dapat berupa pemikiran maupun konsep yang sudah matang.

Fungsi Pranata Sosial

Pranata sosial memiliki tujuan yang menjadi fungsi penting dalam kehidupan masyarakat. Antara lain;

  1. Mengatur kebutuhan hidup manusia agar terpenuhi secara memadai

Melalui pranata sosial maka seseorang dapat mengatur kebutuhan hidupnya dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan pranata sosial menjadi tempat terjadinya tujuan interaksi sosial dengan banyak manusia. Sehingga interaksi tersebut nantinya diharapkan dapat memunculkan berbagai macam manfaat dan keuntungan dalam hidup bermasyarakat.

Misalkan saja melalui interaksi yang terjadi antara individu satu dengan lainnya dapat tercipta suatu bisnis yang bisa dikembangkan bersama. Kemudian dari usaha tersebut maka seseorang dapat lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri.

  1. Mengatur kehidupan manusia agar tertib dan teratur

Pranata sosial juga membuat kehidupan manusia lebih tertib dan teratur. Karena melalui institusi sosial yang ada di lingkungan masyarakat, tentunya akan membuat setiap orang merasa untuk lebih hati-hati dalam betindak dan mengambil keputusan.

Setiap tingkah laku yang dilakukan haruslah sesuai dengan norma maupun ajaran adat istiadat yang selama ini berjalan dengan baik di lingkungan sekitar. Pranata sosial yang pada dasarnya dapat berbentuk lembaga maupun sekedar pengetahuan ini bisa mengarahkan setiap individu agar menjadi manusia yang lebih baik dan taat aturan.

  1. Sebagai pedoman dalam bertingkah laku

Pedoman dalam betingkah laku dapat ditemukan pada yang namanya pranata sosial. Karena wujudnya yang bisa berbentuk lembaga maupun berupa pemikiran inilah pranata sosial seringkali dianggap sebagai pandangan yang seharusnya diikuti oleh banyak orang.

Mengingat bahwa apa-apa yang ada dalam pranata sosial merupakan sesuatu yang penting dan sangat baik untuk kehidupan manusia. Sehingga tidak heran jika banyak orang menganggap bahwa pranata sosial ini adalah bentuk bukti nyata yang bisa dipakai untuk pedoman dalam bertingkah laku.

  1. Menjaga keutuhan masyarakat dari terjadinya disintegrasi sosial

Pranata sosial merupakan alat yang bisa menyatukan manusia satu dengan yang lainnya. Maka dari itu dengan adanya pranata sosial ini kondisi disintegrasi sosial bisa lebih ditekan, karena masing-masing individu mencoba untuk menyatukan pemikiran-pemikiran maupun sikap agar sesuai dengan norma yang ada dalam masyarakat.

Selain itu, disintegrasi sendiri sebetulnya merupakan perpecahan dalam hidup masyarakat, yang dapat menimbulkan kekacuan dan hilangnya rasa persatuan. Maka dari itu sebisa mungkin setiap orang harus menjaga rasa toleransinya dengan baik agar kondisi-kondisi semacam ini dapat di atasi dengan salah satu hal yaitu pranata sosial.

  1. Memberikan pegangan dalam melakukan pengendalian sosial

Pengendalian sosial dalam masyarakat sudah pasti harus ada. Karena setiap manusia yang hidup di muka bumi tidak diciptakan dengan pemikiran yang sama. Sehingga suatu perbedaan akan pastinya akan muncul dan menjadi bumbu dalam kehidupan masyarakat.

Maka dari itu, harus ada yang namanya pranata sosial, sebagai tempat maupun alat untuk menyatukan pemikiran warga sekaligus menciptakan adanya rasa tentram, damai, dan nyaman dalam hidup.

  1. Memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan

Pranata sosial yang wujudnya dapat berupa lembaga, maka bisa difungsikan sebagai tempat untuk mencari ilmu, pengetahuan, dan pendidikan bagi orang-orang yang ingin menggali kemampuan mereka. Sehingga sangat tidak heran apabila pranata sosial ini mejadi hal yang sangat penting dalam kehidupan, karena tujuan dan fungsinya yang begitu besar untuk memajukan bangsa.

  1. Memenuhi kebutuhan ilmiah manusia

Kebutuhan ilmiah seringkali juga diperlukan oleh manusia, walaupun hanya untuk penelitian dan memperoleh ilmu baru maupun sebagai uji coba yang nantinya bisa dipakai untuk banyak orang. Memenuhi kebutuhan ilmiah manusia ini ternyata tidak dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya pranata sosial dalam  masyarakat.

Maka dari itu sangat penting bagi masing-masing individu agar bisa terus mengembangkan kemampuan dengan adanya fasilitas-fasilitas yang mendukung selama ini, mulai dari sekolah, perguruan tinggi, tempat kursus dan lain sebagainya.

  1. Memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berekreasi dan meyatakan keindahan

Bukan hanya dalam hal pengetahuan maupun pendidikan, ternyata pranata sosial uga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal kesenangan. Contoh pranata sosial dalam hal ini adalah tempat rekreasi yang didalamnya akan terjalin pula pola interaksi sosial dengan banyak orang.

  1. Memenuhi kebutuhan manusia dalam kekerabatan

Tujuan lain dari adanya pranata sosial yaitu terpenuhinya arti kebutuhan manusia dalam hal kekerabatan. Manusia yang disebut pula sebagai makhluk sosial ini tidak dapat pungkiri pasti memerlukan kehadiran sosok lain dalam hidupnya agar terasa lebih seimbang dan bisa terjalin suatu komunikasi.

Maka dari itu dengan pranata sosial seseorang dapat menemukan kerabat ataupun kawan yang bisa diajak saling bergotong royong serta mencapai kesuksesan bersama.

  1. Memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan

Kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhannya juga sangat penting untuk dilakukan. Ternyata kebutuhan ini bisa diwujudnya dengan adanya pranata sosial dalam kehidupan masyarakat.

Seperti yang kita tahu bahwa hidup tanpa pegangan agama maka muncul kehampaan yang dirasakan, sehingga keimanan sangat penting untuk dimiliki semua orang, dan salah satu caranya yaitu dnegan adanya tempat-tempat yang dapat dipakai untuk melakukan ibadah.

  1. Mengurus kebutuhan jasmani

Sama halnya dengan kebutuhan pendidikan, kekerabatan, maupun keagamaan, ternyata kebutuhan jasmani juga sangat penting untuk dimiliki masing-masing individu. Sehingga banyak orang akan keluar dari rumah untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Salah satu pemenuhan kebutuhan jasmani pada dasarnya sudah terdapat dalam pranata sosial itu sendiri, yang menyediakan berbagai tempat sport agar setiap individu merasakan kenyaman sekaligus dapat bercengkrama dengan manusia lainnya.

  1. Sebagai sarana sosialisasi dalam hidup bermasyarakat

Pranata sosial sudah pasti menjadi sarana dalam arti sosialiasi dengan masyarakat luas. Karena pranata sosial itu sendiri didalamnya akan mengatur banyak kegiatan ditambah pula dengan terjadinya beragam interaksi sosial pada manusia lain.

Sehingga proses sosial dalam sosialisasi dalam hidup bermasyarakat ini pasti bisa terjalin dengan lebih mudah dan nyaman.

  1. Menjalin adanya kerjasama antar individu

Sebagai informasi bahwa kegiatan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat selalu diikat dengan yang namanya pranata sosial. Mengingat istilah tersebut mengandung norma maupun aturan-aturan yang menjadi sumber pedoman manusia dalam bertingkah laku.

Walaupun dalam pranata sosial selalu ada norma yang harus diikuti. Namun keadaan tersebut justru memberikan keuntungan bagi banyak orang agar tidak terjerumus dalam lubang yang salah. Sekaligus bisa menciptakan kerjasama antar individu karena adanya interaksi yang terjalin dan mencoba untuk mencapai tujuan secara bersamaan.

  1. Membangun ikatan kelompok yang lebih kuat

Manusia yang  berada dalam lingkungan masyarakat cenderung akan lebih mengerti mengapa sebuah pranata sosial wajib ada dan harus diterapkan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini dikarenakan melalui pranata sosial tersebut, maka setiap individu yang ada dalam masyarakat cenderung akan memiliki rasa saling memiliki dan membuat ikatan dalam suatu kelompok lebih kuat karena adanya hal-hal yang ingin dituju dengan cara dan pemahaman yang sama.

Demikianlah artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menjadi fungsi adanya pranata sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *