Fungsi dan Manfaat Institusi Sosial

Diposting pada

Manfaat Institusi Sosial

Dalam menjalankan kehidupan di dunia ini, manusia sebagai  makhluk  sosial tentunya memerlukan  tempat  dimana  mereka  dapat  berkumpul  dan  melakukan proses interaksi sosial  satu  sama  lain dengan individu yang lainnya. Tempat tersebut pada dasarnya dalam istilah sosial disebut dengan institusi atau dikenal pula dengan lembaga sosial.

Institusi sosial adalah gabungan dari seluruh sistem-sistem yang berisi norma, nilai maupun mekanisme kebudayaan baik yang bertujuan menciptakan suatu hubungan yang berperan penting dalam kemajuan umat manusia, dari segi keselarasan, kesejahteraan, keserasian dan kerukunan dalam bermasyarakat. Sehingga tidak heran jika sebuah institusi sangat diperlukan dalam hidup bermasyarakat itu sendiri.

Institusi Sosial

Institusi pada dasarnya berasal dari kata intitution yang memiliki pengertian tentang suatu yang telah mapan. Melalui pengertian singkat tersebut bisa dipahami bahwa sebuah institusi pada dasarnya yaitu sebuah lembaga yang memang telah berdiri dengan begitu baik karena memiliki ranah atau tujuan yang jelas dalam organisasi tersebut.

Fungsi Institusi Sosial

Fungsi institusi sosial pada dasarnya adalah kelebihan dari adanya sebuah lembaga maupun organisasi dalam lingkungan masyarakat yang memberikan keuntungan maupun kemudahan untuk, setiap individu dalma menjalankan kegiatan di setiap harinya.

Selanjutnya berikut dibawah ini adalah fungsi institusi sosial yaitu sebagai berikut :

  1. Mengadakan Sosialisasi

Fungsi institusi untuk mengadakan sosialisasi dapat diartikan bahwa lembaga tersebut berguna dalam hal menyediakan wadah bagi seluruh masyarakat agar dapat bertukar pendapat maupun berinteraksi dengan banyak orang yang ada disekitarnya.

Sehingga dalam hal ini arti sosialisasi sangat penting karena dianggap bisa  memecahkan berbagai masalah, misalnya dampak negatif, ketertiban, keamanan, dan peraturan-peraturan lain yang harus dipatuhi.

  1. Menyampaikan Informasi

Institusi yang berwujud sebagai lembaga atau organisasi sosial ini sudah pasti dapat menyampaikan berbagai informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat luas.

Sehingga dengan adanya institusi tersebut masyarakat akan lebih mudah mendapatkan berbagai informasi yang memang sekiranya dibutuhkan dan bermanfaat bagi banyak orang. Sehingga akan ada ketebukaan maupun sikap peka pada semua hal yang terjadi di lingkungan masyarakat itu sendiri.

  1. Mengontrol Perilaku Masyarakat

Institusi yang ada pada lingkungan masyarakat pada umumnya berfungsi untuk mengontrol perilaku masyarakat. Karena institusi tersebut terdapat peraturan-peraturan maupun cara-cara dalam bertingkah laku dengan benar dan tidak melenceng dari prinsip kehidupan.

Setiap aturan yang ada dalam sebuah institusi atau lembaga sosial sangat wajib untuk ditegakkan maupun dipatuhi secara bersama, karena hal tersebut akan berdampak baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

  1. Memberikan Peringatan

Institusi sosial pada dasarnya berfungsi pula sebagai peringatan atas pelanggaran yang sekiranya telah dilakukan oleh setiap individu maupun kelompok masyarakat. sehingga dengan adanya peringatan tersebut setidaknya setiap orang dapat mengerti bahwa tingkah lakunya salah dan bisa segera memperbaikinya.

Apabila sikapnya tidak mau berubah maka setiap pelanggaran yang telah dilakukan pasti memiliki asas – asas hukum yang berlaku. Oleh karena itu untuk siapa saja yang tidak mematuhi peraturan sebuah institusi dengan baik dan benar bisa diberi hukuman atau sanksi sesuai dengan tindakan perilaku yang telah dilakukannya selama ini.

  1. Menjaga keutuhan masyarakat

Keutuhan masyarakat dapat dijaga dengan baik dan terstruktur apabila dalam kehidupan masyarakat tersebut terdapat yang namanya lembaga atau institusi sosial. Karena organisasi tersebut dapat mengatur segala kehidupan manusia dengan lebih baik dan menjaga setiap kenyamanan maupun ketrentaman dalam hidup.

  1. Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial

Instutusi sosial berfungsi sebagai pengarah sekaligus sikap pengendalian sosial dalam diri masyarakat agar selalu bertingkah laku dengan benar dan baik. Hal ini dijalankan melalui langkah atau prosedur yang dibangunguna mengatur hubungan antar individu yang tergabung dalam suatu contoh kelompok sosial masyarakat.

Manfaat Institusi Sosial

Kegunaan institusi sosial adalah suatu lembaga yang memberikan kegunaan dalam lingkungan masyarakat karena adanya prosedur ataupun aturan-aturan yang jelas. Adapun untuk manfaat institusi sosial itu sendiri dibagi menjadi beberapa macam sebagai berikut:

  1. Memberikan Keamanan untuk masyarakat

Rasa aman adalah bentuk kedamaian dan ketentraman yang ada dalam dalam diri manusia karena ketenangan yang hadir dalam kehidupan mereka dan hal tersebut salah satunya diperoleh dari adanya sebuah lembaga atau institusi sosial.

  1. Mengenalkan dan menanamkan norma maupun nilai-nilai sosial ditengah-tengah masyarakat

Pengenalan norma maupun nilai-nilai ditengah-tengah masyarakat termasuk salah satu manfaat dari adanya insitusi sosial

Karena dengan adanya organisasi semacam itu akan membuat kehidupan orang lebih bewarna dengan bertambahnya ilmu, wawasan, pengalaman dan lain sebagainya. sehingga seseorang akan lebih mengenal nilai, tradisi, budaya, maupun norma yang harus dilakukan dalam menjalankan kehidupannya masing-masing.

  1. Menciptakan lingkungan yang tertib dan menjadi acuan prestasi

Lingkungan yang lebih tertib memang merupakan salah satu manfaat adanya institusi sosial. Karena dalam lembaga tersebut diberkan peraturan-peraturan yang wajib dilakukan agar setiap orang lebih teratur dan tidak melakukan pelanggaran – pelanggaran yang bisa membuat mereka kehilangan kebaikan.

Bahkan dengan aturan-aturan tersebut akan membuat setiap orang menjaga tingkah lakunya dengan begitu hati – hati dan selalu ingin menonjolka prestasi yang mereka miliki.

  1. Mengingatkan pentingnya mendekatkan diri dengan Tuhan serta menjauhi larangan-larangannya

Institusi sosial bisa berupa lembaga keagamaan pula, sehingga dalam hal ini akan membuat seseorang bisa mendekatkan diri kepada Tuhannya sesuai ajaran yang mereka anut. Baik berupa bagian sistem peraturan dan adat istiadat yang membahas suatu hal dengan begitu kompleks dan berusaha untuk selalu mempertahankan nilai penting.

  1. Mempermudah setiap invidu dalam memenuhi kebutuhan ekonominya

Kebutuhan ekonomi seseorang umumnya bisa lebih mudah untuk dipenuhi dengan adanya institusi sosial. Karena pada dasarnya lembaga tersebut bergerak dalam berbagai bidang termasuk perekonomian. Oleh karena itulah segenap peraturan atau tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi beberapa sanksi maupun hukuman yang telah disepakati secara bersama sebelumnya.

  1. Menyadarkan masyarakat akan banyak hal yang ada dalam kehidupan

Perlu anda ketahui bahwa institusi sosial akan memberi pemahaman kepada banyak masyarakat agar selalu bisa menjaga kesehatan dirinya sendiri, menjaga alamnya dengan baik, maupun melindungi setiap hal yang berhubungan dengan kehidupan sendiri maupun masyarakat luas.

  1. Terciptanya program tentang pedoman perilaku yang sepantasnya untuk dilakukan

Program dalam institusi sosial bisa memberikan kemudahan bagi setiap orang agar bertindak secara lebih baik dan sesuai dengan aturan di lingkungan masyarakat. Kondisi bisa terjadi karena segenap langkah yang membuat tingkah laku manusia menjadi ditekankan oleh hal tertentu dan dipaksa untuk bergerak sesuai dengan keinginan masyarakat agar tidak melenceng ke arah yang buruk.

  1. Memberikan ilmu serta arahan tentang pengendalian sosial dalam masyarakat

Pengendalian sosial yaitu cara-cara seseorang dalam menahan setiap emosi maupun perbuatan buruk diluar dari kendalinya, ataupun cara individu dalam menghadapi setiap fenomena sosial yang ada di masyarakat. Peristiwa ini menunjukan bahwa institusi sosial dianggap sebagai suatu norma maupun nilai-nilai dari segala tingkatan dalam arti kebutuhan pokok manusia mulai dari hal kecil hingga besar.

  1. Memberikan kenyamanan dalam lingkungan masyarakat

Kenyamanan adalah rasa tentram dan damai dalam diri seseorang karena merasa adanya tujuan hidup sekaligus lembaga yang dapat mewadahi mereka untuk mencapai cita-citanya. Hal ini terjadi lantaran institusi sosial bermanfaat dalam penerapan sistem nnorma dan hubungan sosial yang berperan sebagai penyatu suatu nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia pada umumnya.

  1. Memberikan kesejahteraan dalam hidup masyarakat

Kesejahteraan adalah sikap serba kecukupan yang dirasakan oleh seseorang karena adanya tempat bagi mereka untuk selalu mengembangkan dirinya dengan baik dan membuatnya semakin berhasil dalam mencapai tujuan hidupnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa tujuan dan manfaat institusi sosial bisa membentuk jaringan proses sosial antar individu maupun antar kelompok yang berfungsi menjaga, memelihara, dan mengikat hubungan dalam masyarakat sesuai dengan minat dan kepentingan masing-masing manusia atau kelompoknya itu sendiri.

Sehingga dalam hal ini contoh institusi sosial atau organisasi yang diciptakan di tengah-tengah lapisan masyarakat untuk memberikan beberapa manfaat maupun fungsi tertentu dalam kehidupan setiap individu baik secara langsung maupun tidak langsung.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi yang menjadi manfaat institusi sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalagan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *