Faktor Pendorong Terjadinya Hubungan Sosial dan Syaratnya

Diposting pada

Faktor Pendorong Hubungan Sosial dan Syaratnya

Hubungan dalam proses sosial kerapkali dilakukan antara dua individu atau lebih yang keduanya tak jarang untuk saling mempengaruhi satu sama lainnya. Hubungan ini sendiri akan menjadikan manusia sebagai makhluk sosial memiliki banyak pertimbangan, baik untuk dirinya sendiri ataupun orang lain.

Pada prosesnya, terjadinya hubungan sosial tidak begitusaja terjadi di masyarakat. Ada faktor yang menjadi penyebab terpengaruhinya dan juga menjadi penghambat keduanya. Penjelasan terkait hal tersebut adalah sebagai berikut;

Hubungan Sosial

Hubungan sosial adalah berbagai contoh proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan yang dinamis antar masyarakat, dimana hal tersebut mencakup hubungan antar individu, hubungan individu dengan kelompok, dan hubungan kelompok dengan kelompok.

Hubungan Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli terkait dengan hubungan sosial. Antara lain;

  1. Gillin dan Gillin, Menurutnya, hubungan sosial atau interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut antar orang perorangan, antar kelompok manusia, maupun antar orang perorangan dengan kelompok manusia.
  2. Murdiyatmoko dan Hamdayani, Hubungan sosial didefinisikan sebagai hubungan antar manusia yang menghasilkan proses saling mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan akhirnya memungkinkan terbentuknya struktur sosial.

Faktor Pendorong Hubungan Sosial

Hubungan sosial terjadi karena adanya beberapa faktor  pada diri manusia yang meliputi dua hal. Yaitu;

Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dorongan diri sendiri karena adanya keinginan ataupun kebutuhan untuk melakukannya. Faktor internal yang mendorong hubungan sosial antara lain:

  1. Keinginan untuk memiliki keturunan
  2. Keinginan untuk pemenuhan kebutuhan hidup
  3. Keinginan mempertahankan hidup
  4. Keinginan berkomunikasi dengan orang lain.
  5. Keinginan mendapatkan penghargaan dari orang lain

Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor dari laur diri sendiri melainkan adanya pengaruh dari lingkungan maupun pengaruh dari orang lain. faktor eksternal pendorong hubungan sosial antara lain:

  • Imitasi

Imitasi merupakan tindakan meniru orang lain baik ucapan maupun perbuatan. Dalam hal ini, hubungan sosila terjadi karena adanay keinginan untuk meniru orang lian. Imitasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Bentuk imitasi yang umum terjadi dalam masyarakat seperti tingkah laku, gaya bicara, kebiasaan, pola pikir atau apapun yang dilakukan.

  • Sugesti

Sugesti merupakan pengaruh yang dapat menggerakan hati seseorang. Sugesti terjadi karena adanya kepercayaan seseorang kepada orang lain. Sehingga ketika seseorang member pandangan atau pernyataan sikap,  akan ditiru dan dilakukan oleh orang lain.

  • Identifikasi

Identifikasi diartikan sebagai keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. proses identifikasi dikatakan pula sebagai proses untuk meniru secara keseluruhan. Meskipun sama-sama meniru, identifikasi lebih dominan dibandingkan imitasi.

Proses identifikasi dapat mengubah keseluruhan aspek dalam diri seseorang.

  • Simpati

Simpati adalah proses seseorang ketika merasa tertarik dengan orang lain. proses dimpati menjadikan seseorang seolah berada dalam posisi orang lain. Ikut merasakan apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain.

Empati diartikan sebagai proses simpati tetapi lebih mendalam. Proses empati biasanya diikuti dengan tindakan nyata sehingga dapat mempengaruhi fisik dan mental.

Syarat Terjadinya Hubungan Sosial

Hubungan sosial dapat terjadi akrena adanya syarat-syarat berikut:

Kontak sosial

Kontak sosial merupakan interaksi sosial yang terjadi antar individu maupun kelompok. Kontak sosial dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Kontak sosial secara langsung misalnya orang yang melakukan percakapan dua arah atau tatap muka secara langsung dengan orang lain. sedangkan kontak sosial secara tidak langsung terjadi tidak melalui tatap muka secara langsung, misalnya telfon, sms, radio, email.

Kontak sosial secara langsung disebut juga dengan kontak sosial primer. Sedangkan kontak sosial secara tidak langsung disebut juga dengan kontak sosial sekunder. Kontak sosial dapat bersifat positif dan negatf.

Komunikasi

Syarat lain terjadinya hubungan sosial adalah komunikasi. Komunikasi efektif hampir mirip dengan kontak sosial, namun sebenarnya keduanya berbeda. Kontak sosial bersifat lebih sempit misalnya seorang guru berbicara dengan salah satu murid.

Sedangkan kontak sosil bersifat lebih luas, misalnya seorang guru menyampaikan materi di depan kelas kepada semua muridnya.

Maka, itulah ulasan lengkap yang bisa kami bagikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan faktor yang menjadi pendorong adanya hubungan sosial di masyarakat dan syaratnya terjadinya. Semoga bisa memberikan edukasi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *