Faktor-Faktor Penyebab Minat Seseorang dalam Keseharian

Diposting pada

Faktor Penyebab Minat

Minat bisa dikatakan sebagai suatu tujuan dalam hidup manusia sebagai makhluk sosial. Ketika seseorang memiliki minat terhadap sesuatu hal berarti ia telah memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini bisa berupa karir, prestasi dalam dunia kerja, pendidikan yang dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, minat bersifat pribadi karena terdapat faktor penyebab yang muncul atas keinginan diri sendiri.

Minat

Definisi minat sejatinya bersifat dinamis yang artinya minat seseorang bisa berubah sewaktu-waktu. Sesuatu yang saat ini belum diminati, bisa saja suatu saat menjadi sesuatu hal yang paling diminati dan diinginkan. Perubahan ini dapat terjadi karena faktor dan dorongan dari orang lain ataupun dorongan dari diri sendiri.

Pengertian Minat Menurut para Ahli

Banyak ahli yang mendefinisikan tentang minat, antara lain:

Sardiman (1990)

Menurutnya, definisi minat seseorang akan terlihat dengan baik apabila mereka mampu menemukan objek yang disukai dengan tepat sasaran dan berkaitan langsung dengan keinginan tersebut. Untuk mempermudah seseorang menentukan arah yang akan dicapai, harus ada objek yang jelas dan sikap yang tepat untuk menuju objek tersebut.

Sukardi (1984)

Minat adalah salah satu unsur kepribadian yang memegang peran penting dalam mengambil suatu keputusan masa depan. Minat seseorang dapat didasarai karena rasa senang terhadap sesuatu. Faktor eksternal juga bisa sebagai pemicu munculnya minat seseorang.

Witherington (1985)

Pengertian minat adalah kesadaran seseorang terhadap objek tertentu, seseorang, suatu soal atau situasi tertentu yang memiliki sangkut paut dengan dirinya dan dipandang sebagai sesuatu yang sadar. Minat juga dapat dikatakan sebagai perangkat mental yang terdiri dari campuran harapan, pendidikan, perasaan, rasa takut, rasa senang, dan hal-hal lain yang mendorong individu tuntuk memilih pilihan tertentu.

Crow and Crow

Arti minat adalah suatu hal yang memiliki hubungan dengan daya gerak yang akan mendukung seseorang untuk tertarik pada sebuah benda, aktivitas, atau kegiatan tertentu. Pengalaman dari suatu kegiatan ataupun aktivitas sehari-hari juga bisa mempengaruhi minat.

Faktor Penyebab Minat

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya minat seseorang baik dalam belajar, membeli sebuah produk dalam kegiatan ekonomi, ataupun dalam berwirausaha. Berikut adalah penjelasannya;

  1. Faktor Internal (dorongan dari dalam diri)

Faktor dorongan dari diri sendiri memberikan pengaruh paling besar terhadap munculnya minat. Apa yang diinginkan individu sesungguhnya hanya diketahui oleh individu itu sendiri. Ketika seorang memiliki keinginan yang besar akan suatu hal, maka ia akan melakukan usaha yang besar juga untuk mendapatkan dan mewujudkannya. Dengan catatan, bahwa usaha apapun yang dilakukan haruslah bersifat positif.

Keinginan dari diri sendiri muncul secara alamiah karena rasa senang, hobi, kebutuhan ataupun sekedar kepuasan semata. Faktor dorongan dari dalam diri sendiri dianggap sebagai faktor utama dalam munculnya minat seseorang.

  1. Faktor motif sosial

Motif dalam fenomena sosial yang terjadi mempengaruhi minat seseorang karena dianggap sebagai upaya melakukan aktivitas untuk dapat mengembangkan diri baik dalam hal pendidikan, karir, prestasi, ataupun hal lain yang berkaitan dengan tuntutan lingkungan sekitar.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pengakuan atas apa yang telah ia kerjakan. Jadi, seseorang melakukan sesuatu bukan hanya karna keinginannya sendiri tetapi juga karena tuntutan dari lingkungan.

  1. Faktor Emosional

Minat seseorang dipengaruhi karena faktor emosi dan perasaan. Perasaan puas, senang, gagal, kecewa akan mempengaruhi minat. Ketika seseorang merasa puas dan mendapatkan penghargaan atas apa yang ia kerjakan, maka ada dorongan untuk melakukan yang lebih daripada yang telah dilakukan.

Namun sebaliknya, jika seseorang merasa gagal dan kecewa atas hasil yang telah dicapai akan berpengaruh terhadap hilangnya minat seseorang terhadap suatu hal.

Contoh Minat

Untuk memberikan penjelasan lebih berikut ini adalah beragam contoh tindakan minat yang ada dalam kehidupan manusia. Antara lain;

Belajar

Minat belajar ini bisa saja muncul pada seseorang yang tengah menempuh studi pendidikan. Baik di tingkat SD, SMP, SMP, ataupun mahasiswa, Kemunculan minat bisanya didasari pada keinginan untuk menjadi yang terbaik, jika seorang siswa ia ingin menjadi juara kelas adapaun untuk mahasiswa ingin memperoleh IPK yang bagus.

Atas dorongan minat yang tinggi inilah bisanya seseorang tersebut akan terpacu untuk belajar banyak hal serta mengulang dan membaca pelajaran yang sudah diajarkan.

Ekonomi

Adapun dalam motif ekonomi minat bisasaja muncul dalam berbagai jenis tindakan ekonomi, contohnya saja adanya seseorang ingin menjadi wirausaha lantaran ia memiliki keginan untuk membantu perekonomian keluarga, sehingga atas alatar belakang dari keluarga yang tidak mampu inilah menjadikannya senantiasa termotivasi untuk mengembangkan produk-produk yang ingin diperjual belikan.

Nah, itulah tadi bahasan lengkap yang bisa kami uraikan kepada segenap pembaca berkaitan dengan faktor penyebab timbulkanya minat bagi pelajar yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan literasi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *