Faktor yang Mempengaruhi Bakat Seseorang

Diposting pada

Faktor yang Mempengaruhi Bakat

Bakat setiap orang sebagai makhluk sosial berbeda-beda. Ada bakat dalam bidang seni, olahraga, sastra , dan lain sebagainya. Bakat sejatinya akan mudah berkembang apabila diikuti dengan arti minat yang tinggi terhadap bakat yang dimiliki. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh beragam faktor yang ada dalam kehidupannya. Misalnya faktor lingkungan masyarakat, pendidikan, dan lain sebagainya.

Bakat

Bakat adalah suatu hal yang mencakup semua faktor pada diri individu yang dimiliki sejak lahir dan menumbuhkan perkembangan pada aspek ketrampilan, keahlian, dan kecakapan tertentu. Bakat memiliki sifat yang laten potensial sehingga perlu dikembangkan lebih dalam lagi.

Pengertian Bakat Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli, terkait dengan bakat ini. Antara lain;

  1. Ngalim Purwanto, Ngalim Purwanto mendefinisikna bakat sebagai aptitude yang memiliki sebuah arti kecakapan pembawaan, yang mana mengenai kesanggupan dan potensi tertentu yang dimiliki seseorang.
  2. Guidford, Bakat adalah sebuah hal yang dimiliki seseorang dan memiliki corak berbeda, bakat merupakan kemampuan kinerja yang mencakup dmensi perseptual, dimensi intelektual, dan dimensi psikomotor.
  3. Utami Munandar, Bakat merupakan kemampuan bawaan yang dimiliki seseorang yang merupakan potensi yang harus dikembangkan lebih dalam lagi dan harus terus dilatih agar dapat mewujudkan impian yang ingin dicapai.

Faktor yang Mempengaruhi Bakat

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bakat seseorang di masyarakat, antara lain:

  1. Tingkat pendidikan

Tingkat pendidikan ternyata mempengaruhi perkembangan bakat seseorang. tingkat pendidikan dikaitkan dengan pola pikir seseorang terhadap bakat tersebut. Semakin banyak ilmu yang didapat akan semakin besar pula peluang seseorang untuk menegmbnagkan bakat dalam dirinya.

  1. Faktor lingkungan

Lingkungan sekitar dapat mempengaruhi perkembangan bakat seseorang. Ketika seseorang dikelilingi oleh orang-orang dan lingkungan yang memiliki kemampuan yang sama, maka akan lebih mudah seseorang untuk mengembangkan bakatnya.

Seseorang yang memiliki kemampuan atau bakat yang sama cenderung akan membentuk suatu kelompok atau organisasi untuk menunjang perkembangan bakat mereka. Dari sinilah inovasi dan ide baru muncul yang kemudian akan dikembangkan secara bersama-sama.

Suatu organisasi atau kelompok orang dengan bakat yang sama atua sejenis berpeluang untuk saling bertukar pikiran.

  1. Struktur saraf motorik

Struktur saraf motorik yang baik akan menunjang seseorang untuk mengembangkan bakatnya. Sel saraf motorik adalah sel saraf yang mengirim impuls dari sistem saraf pusat (otak) ke otot yang akan menghasilkan tanggapan tbuh terhadap suatu rangsanagn.

  1. Memiliki minat tinggi

Adanya bakat tanpa diikuti berbagai macam minat, akan sia-sia. Perkembangan bakat seseorang akan lebih baik ketika ia memiliki minat yang tinggi terhadap bakat yang dimiliki. Minat memberikan dorongan dan motivasi terhadap diri sendiri untuk melakukan hal yang lebih baik.

Ketika seseorang memiliki bakat dan didukung dengan minat yang tinggi maka ia akan berusaha dan belajar untuk dapat mengembangkan bakat tersebut. Sehingga bakat yang dimilikinya akan terlatih secara maksimal.

Dari penjelasan diatas. Apalagi dibastraksikan dengan contoh nyata, misalnya saja;

Bakat Pada Anak

Adanya seorang anak SD yang memiliki bakat untuk menyanyi lantaran ia terlahir dari keluarga besar sebagai seorang penyanyi. Lantas ketika menjelang dewasa orangtunya menitipkan anaknya untuk tinggal di Pesantren yang notabene lingkungannya di pesantren belajar dan mendalami agama Islam. Kemudian lambat laun dia juga mempelajari pidato, hingga menjadi seorang Da’i atau penceramah

Dari contoh kasus anak tersebut dalam kajian psikologi, bakat menyanyi dipengaruhi oleh keluaraganya yang memang penyanyi sehingga disebut sebagai bakat internal. Sedangkan untuk pidato anak tersebut bisa memperoleh bakat karena adanya lingkungan yang memang mendukung untuk belajar lebih dalam, sehingga dalam hal ini dpengaruhi oleh bakat eksternal.

Itulah tadi, setidaknya bahasan yang bisa kami berikan pada segenap pembaca yang berhubungan dengan faktor yang mempengaruhi timbulnya bakat seseorang dan contohnya. Semoga memberikan bahasan referensi bagi semua kalangan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *