Perbedaan Efisien dan Efektivitas

Diposting pada

Efisien dan Efektivitas

Efektif dan efisien merupakan istilah yang universal, atau dengan kata lain dapat diterapkan dalam hal apapun yang merujuk pada upaya penyelesaian suatu tugas atau pekerjaan untuk mendapatkan hasil pada proses sosial tertentu. Meskipun demikian, keduanya memiliki makna yang sedikit berbeda. Istilah efektif yang mengacu pada efektivitas suatu hal tertentu bisa diartikan sebagai pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya.

Sedangkan istilah efisien yang mengacu pada efisiensi suatu hal ialah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Sebagai contoh misalnya saja metode pembersihan rumahnya yang tidak teratur efektif tetapi tidak efisien; pada akhirnya, rumah itu bersih, tetapi butuh waktu lebih lama dari yang seharusnya.

Efektif dan Efisien

Kata-kata efektif dan efisien keduanya berarti “mampu menghasilkan hasil” tetapi ada perbedaan penting. Efektif artinya “menghasilkan hasil yang diinginkan“. Efisien artinya “mampu/dapat memberikan hasil yang diinginkan tanpa membuang-buang bahan, waktu, atau energi“.

Kata efektif menempatkan lebih banyak perhatian pada kemampuan aktual untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Kata efisien menempatkan lebih banyak perhatian pada kurangnya pemborosan dalam menghasilkan hasil itu.

Efektif

Efektif adalah cara untuk mencapai suatu tujuan melalui serangkaian pemilihan cara yang benar dan tepat dari beberapa alternatif, yang kemudian diimplementasikan pilihan alternatif tersebut dengan tepat, sehingga bisa mencapai suatu tujuan yang maksimal.

Dengan kata lain, efektif merupakan upaya yang dilakukan untuk mendapatkan target, tujuan, atau hasil yang diharapkan sesuai waktu yang telah ditetapkan terlebih dahulu, tanpa mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.

Perbedaan antara efektif dan efisien adalah bahwa ketika sesuatu efektif itu menghasilkan hasil bahkan jika diperlukan beberapa sumber daya yang tidak perlu untuk melakukannya. Ketika sesuatu itu efisien, tidak hanya menghasilkan suatu hasil, tetapi ia melakukannya dengan cara yang cepat atau sederhana menggunakan sesedikit mungkin bahan, waktu, tenaga, atau energi.

Contoh kalimat berikut menunjukkan bagaimana kedua kata tersebut digunakan.

  1. Buku petunjuk 200 halaman itu efektif (berhasil) dalam mengajar remaja itu memperbaiki sendiri mobilnya, tetapi itu akan lebih efisien (lebih cepat dan lebih mudah) bagi seseorang untuk menunjukkan kepadanya”
  2. Berjalan mungkin merupakan cara yang efektif untuk sampai ke kantor, tetapi mengemudi lebih efisien. Kedua metode akan membawa kita ke sana, tetapi mengemudi membutuhkan waktu dan energi lebih sedikit.
Efisien

Efisien adalah cara untuk mencapai tujuan melalui penggunaan sumber daya yang minimal, atau sesedikit mungkin, tapi hasilnya bisa mencapai target yang maksimal. Kata kuncinya ialah mengolah sumber daya dengan baik dan hemat sehingga dana, waktu dan tenaga tidak banyak terbuang.

Dengan kata lain, efisien merupakan upaya mengerjakan sesuatu dengan rasio terbaik antara hasil dan sumber daya. Untuk mencapai efisiensi tertentu seseorang harus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara hemat, cepat, selamat dan tepat waktu.

Pekerjaan efisien bisa direncanakan dengan mengevaluasi, membuat perbandingan antara masukan dan pengeluaran yang diterima pada suatu pekerjaan sebelumnya, sehingga nantinya bisa menemukan atau cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Efisien dan Efektivitas Menurut Para Ahli

Adapun definisi efektif dan efisien menurut para ahli, antara lain:

  1. Peter F. Drucker, Efektif adalah mengerjakan pekerjaan yang benar (doing the right things), sedangkan efisien adalah mengerjakan pekerjaan dengan benar (doing things right).
  2. Insight Squared, Efektif adalah cukup untuk mencapai tujuan; memperoleh hasil yang diinginkan atau diharapkan, sedangkan efisien adalah melakukan atau berfungsi dengan cara terbaik yang mungkin dengan sedikit buang waktu dan usaha.

Perbedaan antara efektivitas dan efisiensi dapat disimpulkan secara singkat menjadi efektif adalah tentang melakukan hal-hal yang benar, sementara efisien adalah tentang melakukan hal-hal dengan benar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Efektif artinya:

  1. Ada efek (akibat, kesan, pengaruh);
  2. Manjur atau mujarab (tentang obat);
  3. Dapat membawa hasil;
  4. Berhasil guna (tentang tindakan, usaha);
  5. Mangkus;
  6. Mulai berlaku (tentang undang-undang, peraturan).

Efisien artinya:

  1. Tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang tenaga, waktu, biaya);
  2. Bisa menjalankan tugas dengan tepat dan cermat;
  3. Bertepat guna;
  4. Berdaya guna.

Perbedaan Efisien dan Efektivitas

Perbedaan antara efektif dan efisien bisa dilihat dari beberapa aspek, antara lain:

  1. Arti
Efektif : Melaksanakan suatu kegiatan sesuai tujuan dan target
Efisien : Melaksanakan suatu kegiatan dengan optimal sesuai tujuan dan target (cepat, tepat, hemat)
  1. Memperhatikan waktu
Efektif : Tidak
Efisien : Iya
  1. Memperhatikan usaha
Efektif : Tidak
Efisien : Iya
  1. Memperhatikan proses
Efektif : Tidak
Efisien : Iya
  1. Memperhatikan hasil
Efektif : Ya
Efisien : Iya
Kapan Menggunakan Efektif?

Efektif berfungsi sebagai kata sifat dan didefinisikan memiliki efek yang diinginkan. Sebagai contoh dalam kalimat berikut ini:

  1. Politisi muda itu adalah pembicara publik yang sangat memiliki komunikasi efektif.
  2. Saya perlu mengembangkan beberapa kebiasaan belajar yang lebih efektif, karena saya gagal pada tes terakhir saya.
  3. Kita membutuhkan solusi yang efektif untuk semua orang.

Kata efektif berfokus pada apakah sesuatu tercapai atau tidak. Sedangkan, efisien, di sisi lain, berfokus pada bagaimana sesuatu dilakukan.

Kapan Menggunakan Efisien?

Efisien juga berfungsi sebagai kata sifat dan paling umum didefinisikan sebagai bertindak atau berproduksi secara efektif dengan kerugian minimum, biaya, atau upaya yang tidak perlu. Sebagai contoh dalam kalimat berikut ini:

  1. Mobil baru saya sangat hemat bahan bakar, dan mendapat 40 mil per galon.
  2. Saya baru saja memasang jendela hemat energi baru di rumah.
  3. Kita kehilangan terlalu banyak pendapatan, sehingga kita membutuhkan alat produksi yang lebih efisien.

Definisi efisien ini memiliki konotasi ekonomi yang kuat, tetapi ada satu definisi tambahan dari kata yang tidak mengandung arti ekonomi. Selain makna ekonominya, efisiensi dapat didefinisikan sebagai bertindak langsung untuk menghasilkan efek.

Dalam pengertian ini, sesuatu yang efisien adalah sesuatu yang menyebabkan perubahan dimulai atau berhenti. Ini biasanya suatu hal (atau orang) yang membawa sesuatu. Sebagai contoh, dalam kasus patung atau lukisan, itu adalah orang yang memahat batu dan mencoretkan kuas yang menyebabkan transformasi. Dalam contoh ini, artis akan dikatakan sebagai penyebab yang efisien.

Penggunaan efisien ini kurang umum dalam penggunaan sehari-hari, tetapi cukup umum untuk melihat dalam jurnal filosofis dan ilmiah.

Contoh Efisien dan Efektivitas

Jika mungkin masih belum sepenuhnya jelas kapan harus menggunakan kata mana, efisien atau efektif, berikut ini adalah contoh nyata yang membandingkan dua kata yang seharusnya membuat penggunaannya sangat jelas.

Pikirkan tentang dua kata ini ketika menggambarkan pembicara publik, seperti pada contoh sebelumnya.

Politisi muda itu adalah pembicara publik yang sangat efektif

Jika kita memanggil seseorang sebagai pembicara yang efektif, kita mungkin berpikir tentang seseorang yang meyakinkan atau persuasif, seseorang yang orang pahami, seseorang yang bisa diterima, dan lain-lain.

Sebaliknya, jika kita menyebut seseorang pembicara yang efisien, kita mungkin memikirkan seseorang yang mengatakan apa yang perlu dikatakan dan tidak lebih. Ia sampai pada intinya dan tidak membuang waktu dengan berbasa-basi atau berbasa-basi. Bisa kita lihat bahwa kata-kata tersebut jelas membangkitkan jenis pembicara yang sangat berbeda, jadi penting untuk tidak mencampuradukkannya.

Selain contoh tersebut, berikut ini contoh penggunaan istilah efektif dan efisien dalam konteks bisnis:

  1. Efektivitas dalam kepemimpinan

Kepemimpinan adalah salah satu bidang dalam operasi bisnis di mana efisiensi dan efektifitas berperan. Tentu saja, teknologi telah menyediakan banyak metode yang dengannya tugas-tugas kepemimpinan dapat dibuat lebih efisien. Email saja telah membuat perbedaan besar dalam waktu yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan anggota tim, mendelegasikan tugas, dan lain-lain.

Alat manajemen proyek sekarang memungkinkan anggota tim untuk berkolaborasi dalam proyek dan tugas, di mana pun mereka berada secara fisik. Semua alat dan efisiensi ini harus membebaskan pemimpin untuk fokus pada efektivitas yang lebih besar.

  1. Efisiensi dalam penjualan/pemasaran

Berikut adalah bidang lain di mana teknologi telah ditingkatkan untuk membuat operasi lebih efisien, misalnya:

  1. Penjualan dapat dilacak, dan tenaga penjualan diberi tahu kapan pelanggan harus dihubungi kembali.
  2. Data dapat menentukan di mana dan kapan pelanggan online sehingga mereka dapat ditargetkan di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.
  3. Profil psikologis dan demografis dapat memberi tahu pemasaran dan penjual tipe konten yang akan diproduksi dan pada platform mana untuk mempublikasikannya.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan tentang perbedaan yang ada dalam efisien dan efektivitas serta contohnya dalam berbagai bidang. Semoga bisa memberi pemahaman bagi kalian yang saat ini sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *