Dampak Memiliki Sikap Negatif dalam Keseharian

Diposting pada

Akibat Sikap Negatif

Kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang ada dimuka bumi ini pastinya ada banyak hal yang akan terjadi. Kebahagiaan maupun kesedihan pasti selalu bergantian menghampiri hidup seseorang. Semua hal tersebut sebagai bentuk pengujian kesabaran dan syukur yang harus selalu dimiliki setiap saat.

Beberapa perbuatan atau sikap seseorang terkadang juga mengarah pada hal-hal yang baik maupun buruk. Sayang sekali jika sifat buruk yang identik dengan negatif selalu lebih unggul dibandingkan dengan kebaikan. Karena perburuan buruk justru dapat merugikan orang lain maupun dirinya sendiri, bahkan bisa jadi akan menganggu banyak orang.

Sikap Negatif

Sikap negatif adalah serangkaian bentuk prilaku yang dilakukan seseorang akibat menerima hal-hal yang buruk untuk dirinya sendiri ataupun kelompoknya dalam masyarakat. Kehadiran arti sikap ini tentusaja banyak memberikan dampak yang kurang baik.

Dampak Sikap Negatif

Sikap negatif pada umumnya akan menimbulkan akibat yang tidak baik untuk banyak hal, salah satu dampak tersebut diantaranya yaitu:

  1. Merusak persaudaraan

Persaudaraan adalah ikatan yang kuat karena adanya satu darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Akan tetapi persaudaraan ini dapat dirusak kapan saja apabila sikap atau kepribadian dari masing-masing orang tidak baik.

Kejadian ini juga dapat terjadi apabila karakter negarif yang dimiliki orang tersebut cenderung menganggu kenyamanan dari saudara lain, pastinya hal itu akan menimbulkan renggangnya hubungan persaudaraan yang sudah dijalin sejak lama. Apalagi jika perilaku buruk tidak dapat dirubah dengan sesegera mungkin.

  1. Mempengaruhi kejiwaan

Dampak dari perilaku negatif yang selalu dilakukan setiap saat cenderung akan mempengaruhi kejiwaan seseorang. Sikap seseorang dengan perilaku buruknya tersebut akan membuat dirinya merasa serba salah, takut, dan selalu disalahkan banyak orang.

Sehingga dengan hal tersebut membuat seseorang akan kehilangan rasa percaya dirinya sendiri dan kejiwaannya yang tenang dan bahagia bisa hilang begitu saja.

  1. Merusak kesehatan tubuh

Karakter buruk juga berpengaruh terhadap terjadinya rasa sakit dalam tubuh. Alasannya seseorang yang melakukan tindakan salah biasanya akan merasa menyesal dan kepikiran terus menurus. Hal tersebut justru akan mengganggu kesehatannya dan membuatnya jadi sakit.

Terlebih lagi jika perbuatan buruknya dilakukan terus menerus tanpa adanya perbaikan dalam dirinya sendiri, maka bisa menimbulkan rusaknya kesehatan dan mental pada diri orang tersebut.

  1. Hilangnya kepercayaan orang lain

Orang yang memiliki berbagai contoh sikap negatif, baik dalam hal perilaku, tutu kata, dan lain sebagainya cenderung jarang dipercaya oleh banyak orang. Apabila jika mereka sudah diketahui sering melakukan perbuatan bohong kepada banyak orang, maka hal itulah yang akan menghapus rasa percaya seseorang terhadap diri mereka.

Oleh karena itu sangat wajar rasanya jika orang yang memiliki perilaku buruk akan kehilangan banyak teman-teman yang baik, karena sikapnya yang merugikan banyak orang.

  1. Selalu pesimis

Sikap pesimis adalah tindakan tidak bersemangat yang teradi pada diri seseorang dan menganggap bahwa hidup tidak ada artinya lagi. Sifat negatif yang selalu dilakukan oleh manusia cenderung akan menjadikannya memiliki kepribadian yang mudah pesimis.

Ada banyak alasannya, salah satunya karena mereka tidak memiliki teman yang dapat mendorongnya untuk selalu maju, terlebih lagi jika perbuatan yang akan dilakukan adalah hal-hal yang salah maka orang-orang yang mengenalnya tidak akan memberinya bantuan sedikitpun.

Itulah dampak sikap negatif yang dapat dirasakan oleh seseorang, sehingga dengan sebisa mungkin kita harus menghindarinya.

  1. Menjadi sumber masalah

Dampak sikap negatif yang selanjutnya yaitu menyebabkan timbulnya sumber masalah. Tentunya dampak ini sangat wajar dirasakan, karena seseorang yang berperilaku buruk cenderung akan merugikan dirinya sendiri. Bahkan dirinya akan mendapat balasan yang setimpal atas kelakuan buruk yang dilakukannya. Maka dari itu sikap negatif sebaiknya harus dihindari.

  1. Menumpuknya masalah

Perilaku orang yang tidak baik dan terus dilakukan akan membuat dirinya terjebak dalam segudang masalah yang sulit untuk dikendalikan. Terlebih lagi jika perbuatan buruknya semakin menjadi-jadi dan tidak mau untuk melakukan instropeksi diri, maka hal tersebut akan membuat diri seseorang semakin susah untuk keluar dari masalah yang menjeratnya.

  1. Tidak bisa bekerja secara efektif

Apabila ada orang yang sedang berada dalam puncak karir atau pekerjaannya namun didalamnya melakukan perbuatan yang salah, maka hal tersebut akan membuat dirinya tidak dapat bekerja dengan efektif.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena orang tersebut akan kewalahan dengan rasa takut, cemas apabila perbuatan buruknya nanti diketahui oleh orang lain. Sehingga disini justru akan mengganggu pekerjaan atau karir yang sedang mereka tekuni.

  1. Tidak bisa bekerja sama

Kerjasama adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh banyak orang agar pekerjaan dapat segera diselesaikan dengan pembagian tugas masing-masing. Orang-orang yang memiliki sifat buruk/negatif cenderung tidak dapat bekerja sama dengan orang lain.

Hal ini karena orang tersebut selalu berpikiran untuk menang sendiri dan tidak mau membagi kebahagiaannya dengan orang lain. Sehingga ketika ada suatu kegitan yang harus dilakukan secara bersama-sama cenderung akan melakukan hal-hal yang tidak sportif dan tetap ingin menonjolkan kebaikan yang dimiliki dalam dirinya sendiri.

  1. Menjadi seorang pemurung

Sifat pemurung dan tidak memiliki banyak teman juga terjadi pada seseorang yang selama hidupnya selalu berperilaku buruk. Hal ini dikarenakan mereka sudah merugikan banyak orang dan membuat dirinya tidak disukai oleh lingkungan sekitar.

Tentunya kejadian ini membuatnya merasa malu dan menjadi pemurung sekaligus membuat hidupnya tidak semakin berkembang. Sikap pemurung ini nantinya juga dapat membuat seseorang melakukan tindakan-tindakan yang dilarang, karena merasa lingkungan sekitar yang tidak bersahabat dengan dirinya.

  1. Mudah marah

Karakter buruk yang sudah menempel dalam diri seseorang akan membuatnya menjadi manusia yang mudah marah.

Pastinya ini dipengaruhi sikap termprametal yang selama ini sudah menjadi kebiasaan dari orang tersebut. Seharusnya orang-orang seperti ini harus segera berintropeksi diri dan mengubah perilakunya menjadi lebih baik lagi agar kondisi mentalnya lebih sehat sekaligus dapat mengatur emosinya.

  1. Tidak pernah puas terhadap segala hal

Sikap tidak puas terhadap segala hal merupakan salah satu dampak yang dapat terjadi dari adanya perilaku negatif. Seseorang yang menginginkan dirinya menjadi nomor satu tanpa memperdulikan cara baik dan benar cenderung akan memiliki sikap yang tidak puas dan kurang bersyukur terhadap apa yang sudah diperolehnya.

Sikap inilah justru adalah perbuatan yang buruk karena tidak dapat mengontrol dirinya untuk memiliki sikap sabar dan menerima hasil dari kerja kerasnya sendiri.

  1. Menjadi seorang penggerutu

Perilaku buruk salah satunya juga akan berdampak pada sikap seseorang yang selalu menggerutu atau tidak menerima keadaan. Perilaku ini seharusnya dihindari oleh banyak orang, karena sangat tidak baik untuk kesehatan mental seseorang.

Akan tetapi orang yang terbiasa berperilaku buruk, mengapa bisa cenderung bersikap menggerutu pada semua hal? Karena orang tersebut tidak pernah merasa puas atas pencapaian yang sudah mereka hasilkan. Terlebih lagi jika orang lain mendapat prestasi atau kebahagiaan yang jauh lebih besar dibandingkan dirinya, maka hal itu akan menumbuhkan sikap benci dan tidak rela apabila ada orang lain lebih mengungguli dirinya.

  1. Suasana hati tidak pernah baik

Perasaan tenang dan nyaman akan dirasakan oleh orang ketika dalam hidupnya terdapat kedamaian. Sedangkan seseorang yang selalu mempunyai sifat negatif biasanya akan membuat suasana hati dari orang-orang tersebut tidak pernah baik.

Alasannya orang-orang tersebut sudah dipenuhi dengan perasaan jahat, sehingga membuatnya memiliki kepribadian yang tidak bisa tenang dan jarang sekali hatinya tersentuh maupun iba terhadap sesuatu hal yang dilihatnya.

Bahkan tidak jarang mereka bisa berperilaku bukan seperti manusia pada umumnya dan rela melakukan hal-hal ekstrem yang bisa menyakiti banyak orang.

  1. Tidak tercapainya tujuan

Terkadang orang ingin mendapatkan hasil yang instan dengan cara-cara yang tidak baik. Akan tetapi perilaku tersebut justru bisa menjerumuskan manusia tersebut dalam lubang kegagalan yang sangat dalam.

Karena pada dasarnya setiap hal yang diawali dengan perbuatan buruk maka hasil yang diperoleh sama-sama akan buruk pula. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan tindakan salah untuk mencapai tujuan tertentu dengan cepat tetapi malah mendapat balasan setimpal atas perbuatan buruk yang sudah dilakukannya.

Nah, itulah tadi berbagai jenis akibat memiliki sikap negatif yang dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberikan edukasi serta literasi bagi kalian semuanya yang sedang memperlukan bahasan untuk kali ini.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *