Contoh Sikap Simpati dan Empati dalam Keseharian

Diposting pada

Sikap Simpati dan Empati

Toleransi dan saling membantu antara makhluk sosial merupakan kunci untuk menciptakan kehidupan masayarakat yang tentram. Sikap kepedulian terhadap sesama seperti ini harus dimiliki oleh setiap manusia. Hal ini dapat tergugah dari adanya perwujuatan rasa simpati dan empati yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap Simpati dan Empati

Sikap simpati adalah sikap peduli dan tertarik kepada orang lain yang muncul dalam diri seseorang secara tidak disengaja karena faktor-faktor tertentu. Rasa belas kasih, rasa iba, rasa peduli, rasa perhatian merupakan beberapa faktor yang memunculkan rasa simpati dalam diri seseorang.

Seseorang yang memiliki rasa simpati terhadap seseorang cenderung ikut merasakan apa yang sedang orang lain rasakan. Misalnya ketika seseorang sedih, maka ia ikut merasakan kesedihan meskipun hal yang membuat sedih tidak benar-benar dialami langsung oleh orang tersebut.

Sedangkan sikap empati merupakan sikap peduli dan tertarik kepada seseorang yang diikuti dengan tindakan atas hubungan sosial yang terjadi. Rasa peduli yang ada terhadap seseorang ditunjukan dengan tindakan yang mencerminkan sikap kepeduliannya.

Seseorang yang memiliki rasa empati biasanaya mampu mendengarkan dengan baik apa yang diceritakan orang lain kepadanya. Selain itu, rasa empati juga akan memunculkan rasa toleransi atau menerima suatu hal maupun permasalahan dari udut pandang yang berbeda. Tindak lanjut dari sikap empati adalah ia mampu mengambil peran atau tindakan atas permasalahan tersebut

Sikap simpati dan empati sama-sama merupakan rasa peduli terhadap orang lain. Hanya saja, sikap empati lebih terlihat dominan karena disertai dengan tindakan sedangkan empati belum memunculkan tindakan.

Simpati menurut Ahli

Beberapa definisi simpati menurut para ahli, antara lain:

  1. Max Weber, Max Weber menyebutkan bahwa rasa simpati dapat disampaikan kepada seseorang maupun sekelompok orang pada saat-saat tertentu.
  2. Gillin, Perasaan simpati menurut Gillin merupakan proses seseorang yang merasa tertarik terhadap pihak lain. Faktor pendorong utama yang menimbulkan rasa simpati adalah keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk melakukan kerja sama.
  3. Soerjono Soekanto, Simpati merupaka proses seseorang tertarik kepada orang lain. Diperlukan adanya pengertian dua belah pihak agar proses tersebut terjadi.

Empati Menurut para Ahli

Selian rasa simpati, beberapa ahli pun mendefinisikan rasa empati sebagai berikut:

  1. Carkhuff, Carkhuff mendefinisikan empati sebagai kemampuan mengenal, mengerti, serta merasakan perasaan orang lain yang ditunjukan dengan ungkapan verbal dan perilaku serta mengomunikasikan hal tersebut kepada orang lain.
  2. Brammer, Empati menurut Brammer adalah cara yang dilakukan seseorang untuk memahami persepsi orang lain dari kerangka internalnya.
  3. Rogers, Empati adalah cara untuk mempersepsi kerangaka internal dari referensi orang lain dengan keakuratan serta komponen emosianal, seolah-olah orang tersebut menjadi orang lain.
  4. Hansen, Menurut Hansen, empati merupakan seseorang yang mencoba untuk mengerti keadaan orang lain dan menyampikan pengertian itu terhadap orang tersebut.
  5. Hodges, S.D dan Klein J, Mendefinisikan empati sebagai kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda-beda dan mencakup spectrum yang luas, berkisar pada orang lain yang memiliki keinginna untuk membantu orang lain, merasakan emosi yang serupa dengan emosi orang lain, memahami perasaan yang orang lain rasakan dan pikirkan, serta mengaburkan garis antara diri sendiri dengan orang lain.

Contoh Simpati dan Empati

Contoh sikap simpati dan empati dalam kehidupan sehari-hari ditunjukan pada perilaku berikut:

Membantu menyelesaikan Permasalahan

Ketika rasa peduli kita terhadap seseorang muncul, biasanya kita akan melakukan apa saja untuk membantu orang tersebut. Membantu baik dalam hal pikiran salah satunya dengan membantu mencari solusi dari permasalahan orang lian, maupun dengan tenaga.

Membantu teman menyiapkan pesta perayaan ulang tahun

Banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika akan melangsungkan sebuah acara yang melibatkan orang banyak. Banyak hal yang harus dipersiapkan yang tidak bisa dilakukan sendiri. Melihat kerepotannya, sebagai seorang teman akan muncul rasa belas kasihan dan membantu menyelesaikannya.

Memberikan ucapan Bela Sungkawa

Ketika seseorang mengalami musibah salah satunya adalah ketika salah satu orang terkasihnya meninggal dunia, maka kitapun ikut merasakan kesedihan yang sama. Rasa kesedihan yang dirasakan merupakan perasaan simpati yang muncul.

Memberikan Ucapan Kegembiraan

Rasa simpati dan empati dapat diungkapkan melalui ucapan kegembiraan kepada teman ataupun orang lain yang sedang merasakan kebahagiaan. Misalnya dalam hal ini seperti mengucapkan selamat kepada teman yang baru saja menikah.

Perasaan Tertarik kepada Lawan Jenis

perasaan tertarik terhadap lawan jenis dapat muncul karena adanya rasa kasih sayang sebagai relevansi dari perasaan simpati. Faktor munculnya perasaan tertarik bisa terjadi karena faktor fisik, pengalaman, kecerdasan, ketekunan dan lain sebagainya.

Mendirikan Posko Mudik

Dengan mendirikan posko bagi para pemudik ketika musim lebaran maupun libur panjang menjadi salah satu implementasi dari sikap peduli dari pihak-pihak tertentu kepada orang lain. Pasalnya pendirian posko ini selain sebagai tempat istirahat juga mencipatkan proses sosial dalam interaksi sosial yang baik antar masyarakat.

Membagikan Informasi di Sosial Media

Menyebarkan informasi di sosial media memberikan banyak manfaat bagi yang membutuhkan baik berupa informasi tertulis, video, maupun dalam bentuk gambar. Hal tersebut merupakan implementasi rasa peduli kepada orang lain yang bisa saja timbul karena pengalaman pribadi.

Contohnya adalah membagikan video di sosial media mengenai cara membuat kue. Hal tersebut dilakukan karena pengalamn pribadinya yang salah ketika membuat kue. Ketika ia mampu membuat kue dengan baik maka ia membagikan tips kepada orang lain supaya orang lain tidak merasakan apa yang pernah ia alami.

Menyumbang untuk Korban Bencana Alam

Menyumbang barang maupun uang kepada korban bencana alam adalah bukti nyata kepedulian kita terhadap orang lain. meskipun kita tidak mengalami bencana tersebut tetapi kita ikut merasakan penderitaan dan kesedihan mereka yang sedang mengalami bencana. Rasa peduli dan belas kasihan mendorong kita melakukan tindakan untuk membantui dan meringankan beban orang lain.

Ikut kegiatan Gotong royong

Rasa peduli bukan hanya ditunjukan kepada manusia, namun juga kepada lingkungan masyarakat sekitar. Kegiatan gotong merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar agar terlihat bersih dan rapi. Kondisi ini sebagai salah satu perwujuatan atas sikap empati dan simpati yang dimiliki oleh seseorang.

Mendirikan Panti Asuhan

Kepedulian sosial dapat dilakukan dengan mendirikan panti asuhan untuk membantu anak-anak yatim piatu yang tidak punya tempat tinggal. Kegiatan pendirian panti asuhan biasanya dilakukan secara berkelompok dengan aturan tertentu yang salah satu tujuannya ialah mencipatakan kestabilan atas contoh ketimpangan sosial yang ada di masyarakat.

Memberikan Semangat

Memberikan semangat menjadi salah satu bentuk dukungan yang diberikan kepada orang lain dengan tujuan untuk memberikan energi positif. Semangat ini sendiri bisa dilakukan dalam lingkungan pendidikan yaitu sekolah ataupun dalam ruang lingkup keluarga.

Membayar Zakat

Bagi umat islam memberikan zakat wajib dilakukan bagi seseorang yang memiliki harta yang cukup.  Dengan berzakat, kita ikut membantu orang lain yang membutuhkan, kondisi inijuga melatih kepekaan atas kemiskinan yang lumrah terjadi dalam fenomena sosial di masyarakat.

Menghibur Teman yang Sedih

Perasaan sedih pasti pernah dialami oleh semua orang. Mengibur teman yang sedih adalah salah satu bentuk kepedulian untuk membantu teman menghilangkan rasa sedihnya. Cara menghiburnya misalnya saja dengan memberikan suport atau solusi atas permasalahan yang dialami.

Melaporkan Barang Temuan kepada Pihak Berwajib

Bentuk rasa peduli terhadap sesama juga ditunjukan ketika kita menemukan barang yang bukan milik kita. Ketika tidak ada identitas pada barang tersebut kita bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib untuk ditindaklanjuti. Namun, ketika barang tersebut terdapat identitas pemiliknya, maka kita wajib mengembalikan kepada pemilik

Memberikan Takjil Gratis Saat Bulan Puasa

Bagi umat islam , menjalankan puasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya. Banyak orang yang ketika waktu berbuka sedang dalam perjalan. Dengan memberikan makanan kepada para pengguna jalan ketika bulan puasa merupakan salah satu wujud empati kita kepada orang lain.

Mendoakan Orang yang Sedang Mengalami Musibah

Musibah yang menimpa seseorang tidak bisa diketahui kapan terjadi. Mendoakan orang yang sedang mengalami musibah menjadi salah satu bentuk rasa simpati dan empati kita kepada orang lain. Hal ini bisa terjadi karena terdapat keyakinan atas agama yang dianut oleh seseorang.

Membantu menyebrang Jalan

Beberapa orang terkadang kesulitan untuk menyebrang jalan terutama orang yang lanjut usia. Implementasi dari sikap simpati dan empati dalah membantu orang tersebut menyebrang jalan tersebut dengan menuntun dan mengarahkan ke tepi jalan dengan selamat.

Membantu menjelaskan Materi kepada Teman yang Belum Paham

Sebagai seorang teman kita berhak membantu teman yang memiliki kesulitan dalam memahami materi belajar. Hal tersebut merupakan wujud rasa peduli kita terhadap teman, agar kiranya temen kita paham dengan materi yang sudah di sampaikan.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya adalah wujud kita perduli terhadap lingkungan. Selain itu, dengan membuang sampah pada tempatnya kita ikut membantu meringankan pekerjaan petugas kebersihan yang setiap hari selalu bersusah payah melakukan kewajibannya tersebut.

Menjenguk teman yang sedang sakit

Rasa simpati dan empati muncul ketika melihat teman yang sakit. Dalam hal ini misalnya saja kita ikut merasa sedih. Rasa sedih dan peduli mendorong kita untuk menjengungnya dan memberikan semangat supaya cepat sembuh.

Manfaat Sikap Simpati dan Empati

Sikap simpati dan empati memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Menghilangkan rasa egois

Dengan rasa simpati dan empati yang tinggi, kita belajar untuk menghargai orang lain dan tidak mementingkan perasaan diri sendiri.

  1. Membantu megurangi beban

Masalah atau beban orang lain mungkin akan sedikit berkurang ketika ia mampu menceritakan dan berdiskusi dengan orang lain, baik hanya sekedar untuk mendengarkan maupun memberikan solusi. Rasa simpati dan empati akan dapat meringankan beban seseorang.

  1. Mengembangkan sikap Kontron diri evaluasi diri

Perasaan simpati dan empati membuat kita merasakan dan memahami apa yang sedang dirasakan orang lain. Hal tersebut dapat menjadi pengingat bagi diri kita untuk menjadi lebih baik dan bisa mengontrol diri dengan baik.

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami sajikan pada segenap pembaca berkaitan dengan contoh implementasi sikap simpati dan empati yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan referensi, leiterasi, serta mampu mengedukasi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *