Contoh Sikap Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Sikap Jujur

Kehidupan bermasyarakat tentu saja akan memberikan berbagai macam bentuk pelajaran yang dapat mewarnai kehidupan kita. Salah satu yang menjadikan warna dalam kehidupan kita yaitu adalah sikap jujur yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap jujur tersebut tentu saja nantinya akan memberikan dampak yang positif dalam kehidupan setiap insan, alasan karena terdapatnya manusia sebagai makhluk sosial akan dihargai dalam kejujurannya.

Sikap Jujur

Arti sikap jujur adalah prilaku yang dijalankan manusia secara individu atau kelompok untuk berkata apa adanya sehingga sesuai dengan realitas yang semana mestinya. Kejujuran ini sendiri diperlukan dalam element kehidupan, baik untuk kegiatan ekonomi, sistem pemerintahan politik, dan lain sebaginya.

Yang menjadi masalah kadang kala, masyarakat malah lebih senang melakukan sikap yang sebaliknya dalam kehidupan. Yaitu, sikap tidak jujur. Sehingga peranannya malah akan memberikan dampak yang kurang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh Sikap Jujur

Agar dapat lebih jauh dalam memahami dan mendalami perilaku atau sikap jujur dalam kehidupan bermasyarakat, berikut adalah beberapa contoh sikap jujur yang ada dalam kehidupan sehari-hari, antara lain;

  1. Berkata Jujur

Berkata dengan jujur merupakan salah satu contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. Melalui perkataan yang jujur, tentu saja akan mendapatkan respon yang positif dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam lingkungan keluarga.

Perkataan yang jujur tentu saja akan berdampak baik dalam kehidupan bermasyarakat. Apabila kita selalu melakukan perbuatan jujur, nantinya akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

  1. Mengakui Kesalahan

Setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan. Apalagi dalam kehidupan bermasyarakat, tentu saja setiap orang pernah melakukan kesalahan, baik kesalahan yang berbeda-beda maupun kesalahan yang sama terulang kembali.

Adapun melakukan suatu kesalahan merupakan tindakan yang wajar dalam kehidupan untuk arti masyarakat. Hal tersebut dikatakan wajar bila seseorang yang melakukan kesalahan tersebut kemudian mengakui kesalahannya tersebut. Hal tersebut itulah yang termasuk dalam sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memintas Izin

Perilaku sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari yang lainnya yaitu adalah meminta izin. Meminta izin disini bersifat global atau menyeluruh. Melalui tindakan meminta izin tentu saja salah satu sikap yang baik untuk dilakukan di masyarakat, dimana nantinya kita akan dipercaya oleh orang lain dan tidak akan merepotkan orang lain dikarenakan kita telah meminta izin lebih dulu.

Misalnya saja yatu memintas izin sebelum menggunakan barang-barang saudara atau keluarga. Hal tersebut tentu saja menjadikan keluarga tidak akan merasakan kehilangan dikarenakan barang yang dimilikinya telah dipinjam oleh kita atas izin yang telah diberikannya.

Tentu saja, dalam kehidupan sehari-hari kita jangan pernah menggunakan barang-barang saudara tanpa sepengetahuannya karena itu perilaku yang tidak baik.

  1. Mengucap Kata Tolong Saat Kesusahan

Kata Tolong merupakan salah satu contoh bentuk perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tentu saja kita jujur kepada diri sendiri, bahwa kita merasa tidak berdaya dan membutuhkan bantuan orang lain dalam berbagai macam kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat.

Kata tolong tersebut tentu saja akan memperhalus suatu perkataan walaupun itu sejatinya adalah sebuah perintah kepada orang lain. Namun, dengan menggunakan kata tersebut tentu saja orang lain akan lebih ringan dalam melakukan pertolongan.

Maka dari itu, tolong tersebut merupakan sebuah sikap yang jujur dalam kehidupan sehari-hari, sehingga perlunya dilakukan dalam setiap kegiatan kita apabila kita membutuhkan bantuan.

  1. Tidak mengambil uang orang lain secara diam-diam

Salah satu contoh yang lain yang merupakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari adalah tindakan tidak mengambil uang orang lain secara diam-diam, atau tidak mencuri.

Tindakan mengambil uang atau barang orang lain secara diam-diam tentu saja merupakan tindakan yang kurang terpuji yang tidak pantas untuk dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat, walaupun itu hanya uang 500 rupiah atau 1000 rupiah ataupun barang yang tidak ada harganya sekalipun. Kebiasaan mengambil secar secara tidak langsung bisa menjadikan individu menjadi seseorang yang kurang baik dan tidak jujur.

  1. Memberitahukan tujuan bepergian kepada orangtua

Sebagai kaum remaja tentu saja kita sering kali melakukan kegiatan refreshing agar dapat mengurangi rasa penat yang dialami. Salah satu contohnya adalah bepergian. Bepergian kemanapun bersama teman-teman tentu saja akan terasa menyenangkan.

Namun, alangkah lebih baiknya saat hendak bepergian sebaiknya memberitahukan tujuan kita mau kemana. Tentu saja hal tersebut akan meningkatkan tingkat kepercayaan orang tua kita dan sedikit meredakan kekhawatiran mereka terhadap kita.

Alangkah lebih baiknya, jangan keluar rumah tanpa sepengetahuan orangtua atau keluar rumah dengan izin untuk belajar akan tetapi justru pergi bermain. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan prasangka yang tidak baik dan tentu saja akan berujung kepada hal-hal yang kurang baik.

  1. Memperlihatkan nilai hasil ulangan kepada orangtua

Salah satu sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan keluarga adalah selalu memperlihatkan atau memberitahukan nilai hasil ulangan kepada orangtua. Bagaimanapun hasil ulangan tersebut, tentu saja kita harus memberitahukan kepada mereka.

Kadangkala kita mendapatkan nilai ujian yang rendah, jangan sekali-kali menyembunyikan hasil ulangan tersebut, perlihatkanlah hasil ulangan tersebut meskipun kurang memuaskan hasilnya.

Hal tersebut tentu saja perilaku yang cukup sepele, namun hal tersebut tentu saja akan mendapatkan efek yang baik dalam kehidupan selanjutnya, sehingga apabila hal tersebut menjadi suatu kebiasaan maka dalam setiap kehidupan yang kita lakukan selalu mengedepankan kejujuran dan keterbukaan tersebut.

  1. Tidak Menyontek

Salah satu contoh perilaku tidak terpuji yang sering dilakukan di lingkungan sekolah adalah mencontek. Hal tersebut tentu saja akan menjadikan seseorang menjadi tidak jujur. Tentu saja akan membuat berbagai masalah di kemudian hari. Salah satu untuk menghindari hal yang kurang baik tersebut tentu saja dengan tidak melakukan hal tersebut.

Tidak mencontek tentu saja masuk ke dalam contoh tindakan atau sikap yang jujur dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tentu saja akan menjadikan kita menghargai diri sendiri, menghargai usaha kita sendiri, bahwa kita dapat melakukan hal tersebut sendiri tanpa harus melihat pekerjaan orang lain.

  1. Tidak memberikan contekan

Selain tidak mencontek, salah satu sikap jujur yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah adalah dengan tidak memberikan contekan kepada teman. Tidak memberikan contekan meskipun teman mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal tentu saja merupakan sikap jujur. Hal tersebut tentu saja akan memberikan dampak yang baik di kemudian hari.

Bukan malah memberikan contekan, tetapi seharusnya kita melakukan belajar bersama atau mengajari teman apabila teman mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga apabila saat ada ulangan bisa melakukan dengan kemampuannya sendiri.

  1. Mengakui jika belum paham pelajaran kepada guru

Terkadang saat guru telah menjelaskan materi pelajaran maka akan balik bertanya kepada siswanya tentang apakah dia sudah paham atau belum dengan materi pelajaran, jika memang belum paham katakan belum pahan dan jika sudah paham katakan sudah paham.

Mengakui jika kita belum paham akan materi yang disampaikan oleh guru tentu saja termasuk ke dalam sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan sekolah. Hal tersebut tentu saja harus dilakukan agar kita dapat menerima penjelasan lebih lanjut dari guru, dan nantinya kita akan paham mengenai materi yang telah dijelaskan.

  1. Tidak berbohong saat bicara

Berbicara merupakan salah satu agar kita dapat dengan mudah menyampaikan apa yang ada dipikiran kita. Berbicara dengan tidak berbohong tentu saja merupakan perilaku jujur yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan tidak berbohong tentu saja akan memberikan kepercayaan terhadap orang lain mengenai apa yang kita katakan.

Hal tersebut tentu saja akan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Melalui tindakan tidak berbohong dalam berbicara, nantinya kita akan dipercaya banyak orang dan tentu saja akan menghasilkan hal yang baik.

  1. Menyampaikan pendapat sesuai dengan hati nurani

Dalam kegiatan kemasyarakatan terkadang dilakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Jika berada dalam kondisi tersebut sebaiknya kita menyampaikan pendapat sesuai dengan hati nurani. Hal tersebut tentu saja merupakan sikap jujur, terutama jujur kepada diri sendiri. Adapun hal yang sesuai dengan hati nurani biasanya akan membuahkan hasil yang baik juga.

  1. Tidak Memprovokasi

Dalam setiap kegiatan masyarakat terutama dalam kegiatan perkumpulan ataupun rapat, tentu saja akan terjadi yang namanya bersitegang dengan beberapa orang, ataupun jawaban tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak yang kurang baik dalam kehidupan kita.

Dalam keadaan tersebut tentu saja perlunya sikap yang baik untuk mendinginkan pikiran ataupun tidak melakukan provokasi yang nantinya akan memperkeruh suasana.

  1. Tidak berbuat curang dalam pertandingan

Pertandingan tentu saja merupakan kegiatan yang cukup menarik. Akan ada pemenang dan akan ada yang kalah dalam setiap pertandingan. Tentu saja dalam pertandingan tersebut harusnya dilakukan dengan sportif atau tidak berbuat kecurangan agar jalannya pertandingan akan menjadi lebih kondisional.

Tidak melakukan kecurangan tentu saja merupakan salah satu contoh perilaku jujur yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tentu saja akan memiliki dampak yang baik pula dalam keberjalanan pertandingan dan kepercayaan terhadap team.

  1. Tidak menfitnah orang lain

Selanjutnya contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan masyarakat adalah dengan tidak menfitnah oranglain. Memfitnah orang lain merupakan perbuatan tidak terpuji. Memfitnah orang lain dalam kenyataannya sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut muncul dikarenakan ada rasa tidak suka antara individu satu dengan individu yang lain.

Melakukan tindakan memfitnah orang lain tentu saja akan memberikan dampak yang kurang baik kepada masyarakat dan juga kepada diri sendiri.

Maka dari itu, dalam kehidupan di masyarakat sangat penting untuk dianjurkan agar tidak melakukan tindakan yang merugikan orang lain atau bahkan merugikan diri sendiri yang salah satu contohnya adalah memfitnah orang lain.

  1. Tidak mengubah takaran timbangan

Dalam dunia perdagangan tentu saja banyak dijumpai berbagai maam kecurangan yang terjadi. Salah satunya yaitu mengubah takaran timbangan. Hal tersebut merupakan tindakan yang kurang terpuji. Salah satu bentuk atau contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam perdagangan yaitu tidak mengubah takaran timbangan.

Dengan menyesuaikan takaran timbangan dengan takaran yang sebenarnya, tentu saja akan memberikan kepercayaan kepada para pembeli, sehingga mereka akan kembali lagi berbelanja dilain waktu. Adapun dengan merubah takaran timbangan tentu saja akan menghilangkan rasa kepercayaan.

  1. Tidak menjual barang kadaluarsa

Selain dari tidak melakukan kecurangan pada timbangan, contoh lainnya yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari mengenai perilaku yang jujur adalah dengan tidak menjual barang-barang yang kadaluarsa di dalam toko. Kegiatan tidak menjual barang kadaluarsa tentu saja merupakan hal yang terpuji. Sehingga kepercayaan pelanggan semakin meningkat dan tidak merugikan orang lain.

  1. Mengembalikan uang kembalian yang berlebih saat berbelanja

Sering kali terjadi bahwa penjual salah dalam melakukan pengembalian uang kepada para pembeli. Sering kali tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya. Tentu saja itu adalah hal yang lumrah terjadi. Namun, salah satu perilaku jujur yang ada di lingkungan perdagangan yaitu dengan mengembalikan uang kembalian yang berlebih kepada penjual.

Hal tersebut tentu saja hal yang sepele. Biasanya memang tidak terlalu dihiraukan. Namun dengan melakukan hal tersebut tentu saja akan memberikan lingkungan yang kondusif baik untuk para pedagang dan para pembeli.

  1. Menepati janji

Menepati janji merupakan salah satu contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. Menepati janji juga merupakan perilaku yang terpuji.

Orang lain lebih suka dengan orang-orang yang kerap menepati janjinya. Orang-orang tersebut bisa saja dianggap orang yang baik dan tentu saja orang yang menepati janji akan meberikan dampak yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Bertanggung jawab

Selain menepati janji, sikap tanggungjawab juga merupakan salah satu contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang bertanggung jawab tentu saja mereka selalu berusaha untuk menepati janjinya dan mengusahakan banyak hal untuk orang lain. Hal tersebut juga bisa dikatakan dengan perilaku terpuji.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh perwujutan sikap jujur yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *