Contoh Kajian Psikologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Kajian Psikologi

Sadar atau tidak sadar, bahwa ilmu psikologi telah diterapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak yang mungkin belum mengetahui serta menyadari bahwa sebenarnya dalam kehidupan kita sehari-hari, apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan tidak lepas dari penerapan ilmu psikologi.

Psikologi

Psikologi adalah salah satu disiplin ilmu yang sangat erat kaitannya dengan perilaku manusia. Tentu saja, ini ada kaitannya dengan bagaimana perilaku individu pada saat terlibat dalam kehidupan makhluk sosial tersebut bisa berpengaruh signifikan terhadap kualitas hubungan sosialnya.

Seorang individu dalam kegiatan bermasyarakat tentu saja bisa mengalami masalah sosial akibat adanya rasa ketidakmampuannya dalam berperilaku yang sesuai standar.

Contoh Kajian Psikologi

Berikut ini terdapat beberapa contoh dari kajian ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain;

  1. Penggunaan Bahasa

Penggunaan bahasa merupakan salah satu bentuk kajian psikologi, terutama psikologi sosial. Bahasa menjadi salah satu media untuk saling berinteraksi serta berkomunikasi antara individu satu dengan lainnya, sehingga orang lain memahami apa yang anda maksudkan.

Untuk memutuskan penggunaan bahasa sehari-hari khususnya ketika berkomunikasi dengan orang lain tertentu agar tidak terjadi kesalahan komunikasi.

  1. Tulisan tangan

Tulisan tangan juga merupakan salah satu contoh bentuk kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui tulisan tangan tersebut dapat menggambarkan karakteristik dari si penulis tersebut. Seperti contohnya, seseorang yang menulis dengan besar berorientasi pada orang lain dan kerap mencari perhatian.

Sementara, mereka yang menulis kecil merupakan orang introvert yang mampu berkonsentrasi penuh. Adapun tulisan tangan dengan tekanan berat menunjukkan emosi yang kuat dan kecepatan reaksi. Sementara tekanan kecil menunjukkan kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

  1. Sikap dan Perilaku

Sikap adalah perilaku merupakan penerapan dari ilmu psikologi di dalam kehidupan sehari-hari termasuk juga kepribadian, watak dan juga kondisi emosi seseorang. Semua hal tersebut adalah bagian dari penerapan ilmu psikologi di dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin tidak disadari.

Misalnya, ketika bertemu dengan orang yang tidak disukai, secara otomatis akan menunjukkan sikap tidak senang. Atau ketika sedang marah, tentu akan menunjukkan perilaku merusak dan terus mengomel. Secara tidak sadar, itu semua adalah penerapan psikologi di dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Persepsi

Persepsi merupakan salah satu bentuk kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Persepsi menunjukan suatu pandangan atau anggapan kita terhadap orang lain. Seperti contoh, kita melihat mobil mewah melaju kencang di jalanan.

Pastinya kita akan berpikir bahwa dia adalah orang kaya, seorang pejabat, orang hebat dan lain sebagainya. Bisa dibilang bahwa persepsi merupakan penilaian diri terhadap orang lain, mulai dari penampilan ataupun hal-hal yang terlihat maupun tersirat.

  1. Etik

Lahirnya sikap yang pantas dan tidak pantas dalam suatu masyarakat juga merupakan bentuk dari penerapan psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Etik dan etika menjadi dua hal yang saling berkaitan erat, dimana di dalamnya akan mengatur bagaimana seyogyanya atau sewajarnya individu dalam melakukan tindakan.

Keberadaan etik dan etika tentu saja dapat memberikan efek yang luar biasa dalam kehidupan di masyarakat, karena dengan adanya etik dan etika tentu akan menjadikan kehidupan bermasyarakat menjadi lebih baik dan lebih teratur.

  1. Pemecahan masalah

Psikologi dalam kehidupan sehari-hari juga fokus pada pemecahan masalah. Adanya bidang ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari, maka individu diajarkan untuk berpikir secara efektif dan mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu masalah.

Perannya adalah melatih individu untuk menjadi lebih peka terhadap masalah, dan mampu untuk kreatif dalam memecahkan masalah.

Ketika menyelesaikan masalahpun sama halnya, mental dan juga kondisi pikiran yang sedang baik bisa membawa anda dalam menyelesaikan masalah yang tepat dan juga benar, sedangkan ketika sedang emosi contohnya atau sedang tidak baik pikirannya, maka umumnya menentukan keputusan akan berujung masalah dan juga masalah bukan bertambah selesai justru yang ada bertambah masalah lainnya.

Hal ini juga menyebabkan ketika seseorang sedang emosi atau sedang tidak enak hati jangan sampai menentukan sesuatu atau memutuskan sesuatu.

  1. Ketika Berhadapan dengan Banyak Orang

Saat menghadapi banyak orang tentu saja akan ada perasaan takut,cemas dan lainnya. Terkadang orang lain menanyakan hal yang mungkin tidak pernah kita sangka atau tidak tahu. Tidak mudah sekali, banyak yang sudah terbiasa berdiri depan publik pun masih merasa ketakutan atau cemas jika hal-hal tidak berjalan sesuai dengan planning yang ada.

Keputusan, pikiran dan mental akan berperan penting dalam hal ini, bagaimana kita bisa memutuskan dalam waktu yang cepat, sehingga nantinya kita akan semakin siap dan merasa tenang ketika menghadapi banyak orang.

  1. Beradaptasi

Adaptasi merupakan salah satu bentuk adanya kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Saat beradaptasi menjadi hal yang paling menantang dan bisa dikatakan sulit, mengingat adaptasi itu tidak hanya terlibat dengan satu dua orang saja, namun akan terlibat oleh banyak dan juga beragam karakter serta kebiasaan.

  1. Ketakutan

Ketakutan adalah salah salah satu bentuk kajian psikologi dalam hidup. Ketakutan juga termasuk dalam satu rasa atau feeling yang dirasakan manusia. Wajar dan menjadi naluriah ketika seorang manusia menghadapi ketakutannya.

Namun ketakutan ini bisa membawa anda pada dua jalan, yakni mental dan pikiran yang tertekan atau justru dari rasa tertekan itu anda bisa menentukan sesuatu.

  1. Ketepatan waktu

Ketepatan waktu adalah salah satu bentuk kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Ketepatan waktu merupakan penilaian dari karakter positif. Ketepatan waktu juga adalah salah satu bentuk menghargai orang lain. Mereka yang mempunyai kebiasaan tepat waktu merupakan orang yang lebih hati-hati, menyenangkan, tetapi lebih mudah terkena stres. Sementara, mereka yang kerap terlambat memiliki kepribadian yang lebih santai.

  1. Pola asuh orangtua

Pola asuh orangtua adalah bagian dari penerapan ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana memperlakukan anak, bagaimana harus bersikap di hadapan anak, dan bagaimana cara mendidik anak dengan baik adalah sebagian kecil dari penerapan ilmu psikologi di dalam keluarga, terutama dalam hal pola asuh.

Pola asuh memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan psikologi anak-anak, dan juga perkembangan mental anak-anak. Dengan pola asuh yang tepat, maka anak-anak dapat berkembang secara optimal.

  1. Bangun Berbantuan Alat

Bunyi alarm, tentu saja bukan merupakan kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perilaku individu terkadang menggunakan alarm untuk melanjutkan kegiatan. Hal tersebut yang dimaksudkan merupakan bentuk dari kajian psikologi.

Ketika menggunakan alarm untuk membangunkan diri terutama jika kita tinggal sendiri. Kita sudah memutuskan atau menentukan apa yang dibutuhkan dan apa yang diharapkan.

  1. Kebiasaan makan

Selain apa yang dimakan, bagaimana cara makan juga bisa melihat tentang kepribadian seseorang. Kebiasaan makan tentu saja merupakan salah satu bentuk dari adanya kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku yang berhubungan dengan mengonsumsi sesuatu memberitatahukan banyak hal tentang kepribadian.

Pemakan yang lambat biasanya suka mengendalikan dan tahu bagaimana menghargai hidup. Di sisi lain, mereka yang cepat ketika makan cenderung ambisius dan tidak sabar. Orang yang suka mencari makanan baru adalah pencari sensasi dan mengambil risiko.

Sementara mereka yang pilih-pilih menunjukkan pertanda kecemasan. Tidak hanya itu, Anda yang kerap memisahkan makanan di piring yang berbeda, cenderung berhati-hati dan berorientasi pada detail dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memilih Pasangan/Teman

Memilih pasangan ataupun teman bisa menjadi hal yang tidak mudah dilakukan. Menemukan orang yang bisa menghargai kita apa adanya dan begitupun kita bisa introspeksi dengan baik setelah bertemu mereka bisa jadi to do list paling sulit.

Psikologi dalam hal ini yaitu menuntun kita untuk bisa menentukan benar dan salah serta tentunya menentukan apakah teman di lingkungan sekarang bisa baik ataupun tidak.

Begitupun dengan pasangan yang sudah di pilih, apakah sudah masuk kedalam yang sesuai dan coco. Menentukan pasangan juga bukan hal yang mudah, namun masuk kedalam kepribadian, karena itulah yang anda tentukan. Kedua hal ini pasti  dipikirkan selain karena merasa ada feeling yang cocok atau rasa yang cocok.

  1. Pengaruh Lingkungan terhadap Individu

Penerapan lain dari psikologi dalam kehidupan bersosial bisa dilihat dari bagaimana lingkungan mampu membentuk kepribadian tertentu pada seseorang. Psikologi sebagai ilmu yang mengamati perilaku akan menunjukkan fenomena sosial ini.

Bahwa lingkungan banyak memberikan dampak terhadap individu atau seseorang terutama dalam pembentukan kepribadian. Seperti halnya contoh, seorang anak yang mengikuti sosok ayahnya yang kasar dan galak, bisa membentuk kepribadian yang galak dan kasar juga pada dirinya sendiri.

  1. Pengaturan Hubungan Antar Kelompok

Hubungan antar kelompok merupakan salah satu contoh jenis kajian ilmu psikologi. Contoh yang paling jelas adalah ketika kita melihat bagaimana warga dari RW yang berbeda akan dikumpulkan dalam satu wadah di kelurahan untuk membahas mengenai permasalahan-permasalahan lingkungan yang mungkin saja ada.

Bentuk psikologi dalam kehidupan bersosial disini ditunjukkan pada bagaimana perilaku-perilaku dalam kelompok tersebut yang berusaha mencari penyelesaian.

  1. Pembuatan Kesepakatan Mufakat

Kesepakatan mufakat merupakan kesepakatan yang diambil secara bersama-sama, dengan saling menguntungkan pihak dan tidak ada yang merasa terintimidasi. Pengambilan keputusan ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya musyawarah.

Kesepakatan untuk musyawarah tersebut adalah salah satu bentuk kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut dilakukan dikarenakan adanya suatu permasalahan yang harus diselesaikan.

  1. Keseimbangan Jasmani dan Rohani

Keseimbangan jasmani dan rohani tentu saja merupakan salah satu bentuk psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk kajian psikologi tersebut sering terlihat pada pemikiran seseorang dalam pengambilan keputusan atau pemecahan suatu masalah.

Keseimbangan jasmani dan rohani merupakan implementasi dari konsep dasar psikologi sosial dalam kehidupan sehari-hari yang ada di kehidupan bermasyarakat paling terlihat terutama ketika seseorang mengalami suatu permasalahan. Seseorang bisa saja diamati bagaimana perilakunya dalam menghadapi permasalahan yang sedang dialaminya.

  1. Kebiasaan belanja

Cara mengenal seseorang dengan lebih baik bisa dilihat dari bagaimana mereka berbelanja. Orang yang butuh penjelasan akan secara cermat memeriksa produk yang akan mereka beli di seluruh lorong sebelum memutuskan. Mereka adalah orang yang detail dan lebih menganalisis informasi. Sementara, mereka yang langsung memutuskan sesuatu dalam berbelanja tidak cocok dengan detail dan lebih menyukai informasi yang sifatnya umum.

  1. Individu sebagai Makhluk Sosial

Salah satu bentuk kajian psikologi dalam kehidupan sehari-hari yang berikutnya adalah individu sebagai makhluk sosial.

Seseorang tentu saja akan dipandang sebagai makhluk sosial yang seutuhnya di dalam  kajian psikologi sosial. Ini merupakan penerapan yang jelas bisa kita rasakan sendiri, dimana kita tidak bisa jika hanya hidup sendiri. Kita membutuhkan orang lain untuk membantu memecahkan permasalahan yang sedang kita hadapi.

Nah, demikianlah penjelasan serta pengulasan secara lengkap yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh kajian psikologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan ya bagi pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *