Contoh Pranata Sosial

Diposting pada

 

Bentuk Pranata Sosial

Kehidupan dalam masyarakat sebagai makhluk sosial sejatinya diatur berdasarkan norma dan aturan sosial yang dibuat dan disepakati bersama. Sisten norma dan nilai ketaatan masyarakat terhadap aturan bermasyarakat disebut dengan pranata sosial. Yang mana pranata dalam proses sosial ini terdapat beragam contoh pengamalannya di masyarakat.

Pranata Sosial

Pranata sosial adalah sistem yang diciptakan untuk mengatur pola hubungan sosial antar manusia yang telah disepakati oleh semua elemen masyarakat yang bersangkutan untuk kepuasan dan memenuhi kesejahteraan hidup masyarakat. Pranata sosial dibentuk untuk mengatur kehidupan suatu syarat kelompok sosial di masyrakat.

Pranata sosial ditujukan sebagai pedoman berperilaku agar mencapai ketraturan dan keseimbangan sosial. Dengan adanya aturan hidup, perilaku individu dalam bermasyarakat dapat terkontrol dan terjaga keutuhan serta kesadaran masyarakat untuk hidup bersama.

Pranata Sosial Menurut Ahli

Adapun menurut para ahli, definisi atas prana sosial ini antara lain sebagai berikut;

  1. Roucek dan Warren, Pranata sosial diartikan sebagai pola yang memiliki kedudukan tetap maupun pasti untuk bisa mempertemukan berbagai kebutuhan manusia yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan dengan cara memperoleh persetujuan dari cara yang sudah tidak dapat dipungkiri lagi, untuk dapat memenuhi kesejahteraan dan menghasilkan suatu struktur.
  2. Leopold von Wiese dan Howord Becker, Pranata sosial merupakan jaringan proses dari hubungan anatara manusia dan juga kelompok manusia yang berguna untuk dapat memelihara hubungan-hubungan dan pola-polanya yang sesuai dengan kepentingan manusia dan juga kelompok.
  3. Hetzler, Hetzler mendefinisikan pranata sosial sebagai satu konsep yang kompleks dan sikap yang berhubungan dengan pengaturan hubungan antara manusia yang tidak dapat dielakan, yang muncul karena dipenuhinya kebutuhan-kebutuhan elementer individual, kebutuhan sosial yang wajib atau dipenuhinya tujuan sosial yang penting. Konsep ini berbentuk keharusan dan kebiasaan, tradisi, serta aperaturan. Secara individual, pranata sosial mengambil bentuk yaitu satu kebiasaan yang dapat dikondisikan oleh individu dalam kelompok. Secara sosial, pranata merupakan suatu struktur.
  4. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Pranata sosial merupakan semua norma dari semua tingkat yang berkisar pada suatu keperluan dalam kehidupan masyarakat yang merupakan kelompok-kelompok yang diberi nama sebagai lembaga kemasyarakatan.

Contoh Pranata Sosial

pranata sosial di masyarakat

Secara umum pranata sosial dibentuk untuk mengatur kehidupan manusia dalam hidup berkelompok maupun bermasyarakat. Macam-macam pranata sosial beserta contohnya di masyarakat dalam keseharian, antara lain;

  1. Pranata Keluarga

Keluarga merupakan unit terkecil dalam kelompok masyarakat. Setiap keluarga memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga. Keluarga terbentuk karena adanya ikatan pernikahan ataupun keturunan.

Contoh pranata dalam keluarga

Pembagian tugas dalam melakukan pekerjaan rumah. Misalnya seorang ayah bertugas mencari nafkah untuk keluarganya. Seorang ibu dalam keluarga bertugas mengurusi kebutuhan pokok keluarga seperti memasak, mencuci. Anak pertma memiliki tugas menyapu rumah setiap pagi dan sore. Anak kedua bertugas menyetrika baju semua anggota keluarga. 

  1. Pranata Pendidikan

Pendidikan adalah suatu wadah seseorang untuk belajar baik ilmu pengetahuan maupun belajar dalam bersikap yang baik. Pendidikan dibedakan menjadi dua jenis yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah sekolah dan pendidikan nonformal adalah pendidikan yang didapat diluar sekolah.

Contoh pranata dalam pendidikan

Sekolah menerapkan kebijakan jumat amal. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyadarkan peserta didik untuk berbagi dan menyisihkan sedikit rezekinya kepada orang yang lebih membutuhkan 

  1. Pranata Agama

Agama menjadi pondasi utama umat manusia dalam menjalankan kehidupan. Agama menyangkut kepercayaan dan keyakinan seseorang. Pranata agama mengatur hubungan manusia dengan tuhan dan hubungan manusia dengan manusia lain. Dalam setiap agama mengajarakan toleransi dan tidak memaksakan kehendak.

Contoh pranata agama

Kewajiban menjalankan sholat lima waktu bagi umat Islam. Aturan ini bersifat paten. Contoh lain dari pranata agama adalah setiap agama menganjurkan untuk hidup rukun, berdampingan, dan saling toleransi meskipun berbeda keyakinan 

  1. Pranata Ekonomi

Pranata dalam kegiatan ekonomi bertujuan untuk mengatur kegiatan perekonomian kelompok masyarakat supaya tidak terjadi ketimpangan ekonomi dan menciptakan kestabilan ekonomi. Dalam pranata ekonomi diatur laju pemanfaatan sumber daya manusia baik berupa tenaga maupun jasa, uang, dan tenaga.

Contoh pranata ekonomi

Sebuah toko sembako memberikan pembatasan pembelian minyak tanah kepada konsumen sebesar lima liter per orang. Hal ini bertujuan untuk memberikan keadilan kepada semua masyarakat agar mendapatkan minyak tanah mengingat bahwa jumlah minyak tanah saat ini sedang mengalami kelangkaan 

  1. Pranata Kemasyarakatan

Dalam kehidupan bermasyarakat, diperlukan suatu aturan yang mengatur hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Pranata kemasyarakatan dibuat untuk mengatur hubungan dalam masyarakat.

Contoh pranata dalam masyarakat

Adanya aturan tentang pelaksanaan kegiatan gotong royong dan sanksi bagi siapapunyang melanggar aturan tersebut. Hal ini menjadi wujud untuk menciptakan keteraturan dalam masyarakat 

  1. Pranata Politik

Politik adalah proses sosial pembagian dan pembentukan kekuasaan dalam masyarakat untuk mengatur urusan pemerintahan dalam negaranya. Pranata politik merupakan semua rangkaian aturan baik tertulis maupun tidak tertulis yang memiliki fungsi untuk mengatur semua aktivitas politik.

Contoh pranata dalam politik

Contoh pranata politik adalah: di Indonesia, masa jabatan seorang presiden hanya lima tahun dan seorang presiden hanya boleh menjabat maksimal dua periode atau setara dengan sepuluh tahun 

  1. Pranata Lingkungan

Pranata lingkungan berperan untuk menjaga kestabilan lingkungan agar lingkungan yang ditempati manusia tetap terjaga untuk proses keberlanjutan.

Contoh pranata lingkungan

Contoh pranata lingkungan adalah adanya kebijakan AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan). AMDAL merupakan suatu kajian mengenai perkiraan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari adanya kegiatan proyek 

  1. Pranata Hukum

Hukum adalah seperangkat aturan yang harus dipatuhi oleh setiap warga sebagai bagian dari suatu Negara. Peraturan hukum dibuat sesuai kepentingan bersama. Pelanggaran terhadap hukum akan mendapatkan sanksi tegas.

Contoh pranata dalam hukum

Contoh pranata hukum di Indonesia adalah peraturan mengenai pelarangan penggunaan pukat harimau dalam mencari ikan

  1. Pranata Kesehatan

Kesadaran akan pentingnya kesehatan harus dimiliki oleh setiap orang. Tujuan adanya pranata kesehatan adalah untuk menyadarakan masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani.

Contoh pranata dalam kesehatan

Contoh pranata kesehatan adalah anjuran untuk untuk minum obat cacing dua kali dalam setahun. Hal ini bertujuan untuk mencegah terhambatnya pertumbuhan pada anak 

  1. Pranata Organisasi

Organisasi merupakan suatu kelompok sosial dimana anggotanya memiliki kepentingan yang sama. Dalam berorganisasi setiap anggotanya memiliki aturan-aturan untuk mengatur jalannya organisasi.

Contoh pranata dalam organisasi

Contoh pranata organisasi adalah adanaya aturan membayr denda ketika tidak mengikuti rapat. Hal tersebut dilakukan agar setiap anggota berkomitmen dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh kegiatan yang berkaitan dengan organisasi 

  1. Pranata Pekerjaan

Setiap tenaga kerja membutuhkan perkerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap pekerjaan memiliki aturan yang harus ditaati oleh pekerjanya.

Contoh pranata dalam pekerjaan

Semua karyawan yang bekerja di pabrik X diwajibkan masuk pukul tujuh pagi. Apabila ada karyawan yang melanggar lebih dari dua kali maka akan diberikan surat peringatan 

  1. Pranata Adat Istiadat

Setiap daerah memiliki adat istiadat dan aturan untuk mengatur kehidupan masyarakatnya, hal ini lantaran menjadi kearufan lokal yang senantiasa harus dilestarikan.

Contoh pranata adat itiadat

Contoh bentuk pranata adat istiadat adalah adanya upacara sekaten di daerah Surakarta untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. (Maulid Nabi) 

Dari penjelasan diatas, tentusaja setiap pranata sosial yang ada di masyarakat serta dijalankan dalam kehidupan sehari-hari memiliki karakteristik yang menjadi ciri khas. Setidaknya berikut adalah ciri-cirinya;

  1. Memiliki lambang/simbol

Sebagai ciri khas suatu kelompok masyarakat, biasanya pranata sosial dilambangkan dengan sebuah simbol. Simbol ini bertujuan untuk membedakan karakter yang satu dengan lainnya.

  1. Memiliki tata tertib/aturan

Pranata sosial memiliki suatu aturan yang menjadi acuan kelompok yang bersangkutran dalam berperilaku baik aturan tertulis maupun tidak tertulis. Tujuan adanya aturan tersebut untuk menciptakan keteraturan sosial masyarakat yang bersangkutan.

  1. Memiliki ketahanan/kekekalan

Pranata sosial tidak mudah berganti. Dengan kata lain pranata sosial memiliki ketahanan yang cukup lama dan turun temurun. Pranat sosial bersifat ajeg.

  1. Memiliki instrumen

Pranata sosial memiliki alat kelengkapan yang digunakan untuk memnuhi sarana dan prasarana guna mencapai tujuan yang telah dibuat.

  1. Memiliki nilai/ideologi

Nilai dalam pranata sosial berfungsi sebagai suatu makna yang terkandung dalam setiap aturan. Suatu aturan dibentuk memiliki makna dan fungsinya masing-masing.

Itulah tadi uraian yang bisa kami berikan pada pembaca berkaitan dengan contoh bentuk pranata sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari beserta dengan ciri khasnya. Semoga memberikan edukasi bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *