Contoh Potensi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Potensi dalam Manusia

Setiap orang yang ada di dalam arti masyarakat tentu saja memiliki potensinya masing-masing. Potensi tersebut ada berbagai macam hal, baik itu potensi fisik, potensi pemikiran ataupun potensi yang lainnya yang tentu saja haruslah dikembangkan secara maksimal. Potensi tersebut tentu dimiliki oleh setiap orang, baik itu anak-anak, remaja, dewasa hingga yang sudah lanjut usia.

Potensi

Potensi adalah serangkaian bentuk kemampuan serta kualitas yang dimiliki oleh seseorang, baik yang sudah dipergunakan ataupun belum bisa di manfaatkan secara maksimal. Potensi tersebut tentu saja harus dikembangkan secara maksimal agar menuai hasil yang baik juga, sehingga dengan begitu setiap orang bisa memaksimalkannya dan dapat melakukannya sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Contoh Potensi

Adapun untuk lebih jelas dalam memahami potensi yang ada di dalam kehidupan sehari-hari, berikut terdapat beberapa contoh mengenai potensi yang ada di dalam kehidupan keseharian yaitu sebagai berikut :

  1. Penulis

Penulis merupakan salah satu bentuk atau contoh potensi yang ada di kehidupan sehari-hari. Penulis tersebut bisa diraih oleh seseorang yang memliki kemampuan verbal ataupun kemampuan linguistik yang baik. Biasanya orang yang memiliki kemampuan linguistik tersebut menguasai beragam bahasa dalam kehidupan sehari-harinya.

Mengapa penulis dikategorikan sebagai salah satu potensi yang dapat diraih, tentu saja tidak lain karena banyak dari kita yang memiliki kemampuan verbal yang cukup baik, dapat mengungkapkan hal-hal lewat tulisan ataupun lewat puisi.

Tentu saja orang-orang yang seperti itu memiliki kemampuan yang bisa diasah agar nantinya bisa menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

  1. Penyanyi

Potensi selanjutnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari ialah potensi untuk menjadi seorang penyanyi. Potensi diri yang dimiliki oleh seseorang yang kemungkinan besar nantinya bisa menjadi seorang penyanyi adalah seseorang tersebut memiliki suara yang bagus, cepat hafal akan lagu-lagu, dan juga sering menyanyi dimanapun.

Seseorang yang kemungkinan besar bisa menjadi seorang penyanyi tersebut biasanya memiliki kemampuan musikal yang baik. Hal tersebut tentu saja haruslah dilatih sejak dini, agar dapat terarah dengan baik juga.

  1. Pemusik

Selain penyanyi, salah satu potensi yang bisa diperoleh dalam kehidupan sehari-hari adalah menjadi seorang pemusik. Seperti halnya seorang penyanyi, seorang pemusik tentu saja telah memiliki kemampuan musikal yang luar biasa.

Seorang pemusik biasanya memiliki kemampuan musik yang cukup baik, bisa memainkan berbagai macam alat musik, bisa memahami berbagai alat musik dengan baik. Seorang pemusik bisa terlihat dari hal-hal seperti itu. Sebagai contohnya.

Ada seseorang yang hanya mendengarkan lagu atau musik tersebut bisa langsung mengetahui alat musik apa saja yang dimainkan didalam musik tersebut. Tentu saja orang yang seperti itu, memiliki kemampuan musikal yang cukup baik, dan apabila diasah bisa saja orang tersebut menjadi pemain musik yang lebih baik lagi.

  1. Peragawan

Peragawan tentu saja termasuk dalam salah satu contoh potensi diri yang bisa diraih dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang yang memiliki potensi menjadi seorang peragawan biasanya memiliki kemampuan kinestetik yang baik.

Orang-orang tersebut suka sekali dengan olahraga yang dapat memberikan peningkatan pada tubuh ataupun melakukan hal-hal yang berbau fisik. Potensi menjadi peragawan tentu saja dapat terlihat dengan baik, salah satunya yaitu orang tersebut suka sekali dalam olah raga terutama di dalam gym. Karena di dalam gym bisa memberikan pelatihan untuk tubuh yang lebih maksimal dan juga terdapat pelatih yang tentunya mendukung.

  1. Atlet

Sama halnya dengan seorang peragawan. Seorang yang memiliki potensi sebagai seorang atlet tentu saja menyukai bidang keolahragaan. Orang-orang tersebut memiliki kemampuan kinestetik yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

Sama dengan seorang peragawan, seorang atlet juga termasuk salah satu potensi diri yang bisa diraih apabila melakukan latihan fisik yang rutin setiap hari.

Orang-orang tersebut tentunya memiliki kemampuan kinestetik yang cukup baik, menyukai dunia olahraga, serta rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi yang tentu saja agar menunjang kemampuan fisik agar lebih maksimal lagi. 

  1. Pengusaha

Seseorang yang menyukai dunia bisnis tentu saja dia memiliki potensi sebagai seorang pengusaha. Pengusaha dalam kehidupan sehari-hari tentu saja termasuk ke dalam potensi diri yang bisa saja diraih. Seorang pengusaha tentu saja memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Orang-orang tersebut biasanya dapat berkomunikasi dengan baik, memiliki pemikiran yang cerdas untuk memecehkan masalah dan juga bisa menjadi seorang leader. Hal tersebut tentu saja dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembelajaran dengan seorang yang piawai mengenai bisnis dan juga pengusaha, orang-orang tersebut dapat mejadi seorang pengusaha yang sukses di kemudian hari. 

  1. Pemain Film

Pemain film tentu saja juga termasuk dalam salah satu contoh potensi diri yang dapat diraih dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang tentu saja memiliki potensi untuk menjadi pemain film, apabila seseorang tersebut memiliki kemampuan untuk bersandiwara dan mengkondisikan diri terhadap sesuatu hal.

Kemampuannya tersebut dapat dilihat dalam kemampuannya memahami naskah drama dan juga memainkan berbagai macam peran, serta penjiwaannya dalam memainkan peran. Tentu saja hal tersebut tidak selalu instan didapatkan, namun melalui pembelajaran dan juga pengarahan, nantinya akan semakin mahir dan menjadi seorang pemain film yang terkenal. 

  1. Pesulap

Tidak jauh berbeda dengan pemain film, seorang peslap tentu saja melalui berbagai macam latihan agar dapat memperlihatkan hasil kerjanya atau hasil latihannya dihadapan para penonton. Tentunya tidak banyak orang yang mahir bermain sulap, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memainkan sulap.

Hal tersebut tentu saja terlihat dalam kehidupan sehari-hari, yang sering memainkan trik-trik seperti trik kartu, ataupun menghilangkan benda lain. Seorang yang memiliki potensi menjadi pesulap tentu saja harus melalui usaha latihan yang rutin, agar dapat memainkan berbagai macam trik sulap dengan baik dan dapat memukau para penonton. 

  1. Petinju

Petinju juga termasuk salah satu potensi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Seorang petinju tentu saja memiliki kemampuan kinestetik yang cukup baik. Hal tersebut tentu saja didukung dengan latihan fisik yang rutin, selalu melakukan latihan tanding dang berbagai latihan lain yang dapat meningkatkan kemampuan fisik agar dapat bertarung di dalam ring.

  1. Pesilat

Tidak jauh berbeda dengan petinju, pesilat juga termasuk salah satu contoh potensi yang dapat diraih dalam kehidupan sehari-hari. Pesilat tentu saja sama dengan petinju, harus melakukan latihan yang rutin agar dapat memiliki kemampuan fisik yang baik.

Selain itu juga, melakukan banyak latihan barbagai macam pergerakan agar dapat menampilkan berbagai macam pergerakan yang menarik dan dapat dilihat sebagai suatu kesenian yang unik. Serang pesilat tentu saja memiliki kemampuan kinestetik yang baik. Selain untuk menjaga diri, silat juga bisa digunakan sebagai sebuah kesenian.

  1. Foto Model

Foto model tentu saja sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kemungkinan dari teman-teman kita sendiri yang menjadi foto model. Foto model tersebut merupakan salah satu potensi diri yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya, orang-orang yang memiliki potensi sebagai foto model suka sekali berlenggak-lenggo di depan kamera, suka sekali difoto dan melakukan berbagai macam gaya agar fotonya terlihat bagus dan menarik. Kemampuan tersebut tentu saja tellah terlihat dalam kehdiupan sehari-hari, contohnya saja sering memajang foto dirinya di sosial media dengan melakukan banyak gaya, di berbagai tempat dan lain sebagainya.

Potensi tersebut tentu saja banyak orang yang bisa melakukannya, namun apabila ditekuni tentu saja dapat menjadi sebuah ladang pekerjaan yang cukup menguntungkan.

  1. Gangster

Orang ataupun contoh kelompok sosial yang sering kali membuat keonaran tentu saja sangat meresahkan masyarakat didalam lingkungan tersebut. Seolah-olah keamanan dan kedamaiannnya terusik. Orang-orang tersebut biasanya disebut sebagai gangster.

Gangster memang sering kali membuat keributan dimana saja. Gangster tersebut tentu saja salah satu potensi yang dapat diraih atau didapatkan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Kebanyakan orang-orang yang masuk ke dalam kelompok gangster memiliki latar belakang keluarga yang rumit dan bermasalah, sehingga lebih memilih berkumpul dengan orang-orang yang sejala dan sevisi. Mereka hidup dijalanan dan terkadang membuat keonaran diberbagai daerah.

  1. Pemain Bola

Pemain bola juga termasuk dalam contoh potensi diri yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang memiliki potensi sebagai pemain bola tentu saja sangat mahir dalam mengolah bola dilapangan bola tersebut.

Namun, tidak lupa juga dibarengi dengan latihan dan pelatih yang dapat mengarahkan dalam permainnan bola yang lebih bagus lagi. Pemain bola tentu saja sudah terlihat dari caranya bermain bola, menggiring bola, menendang bola dan bahkan memainkan pertandingan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pendakwah

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja kita tidak asing dengan seorang pendakwah. Biasanya dapat dijumpai di area masjid atau perkumpulan tentang keagamaan. Pendakwah tentu saja termasuk ke dalam contoh potensi diri yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya seorang yang berpotensi menjadi seorang pendakwah terlihat dari bagaimana orang tersebut menyampaikan, berkomunikasi, ataupun mengajarkan tentang hal-hal yang berbau keagamaan. Hafal akan berbagai bentuk ajaran yang dianutnya dan menyampaikan maksud dan arti dari sebuah ayat di dalam forum pengajian.

  1. Pembalap

Pembalap juga merupakan salah satu potensi diri yang dapat diraih dalam kehidupan sehari-hari. Pembalap tentu saja sudah terlihat dari bagaimana seseorang mengendarai sepeda motor ataupun mobil. Seseorang yang memiliki potensi sebagai pembalap sangatlah mahir dalam mengendarai kendaraan.

Ataupun bahkan orang tersebut telah terlibat dalam balapan baik balapan liar ataupun resmi.Seorang pembalap tersebut tentu saja masih sangatlah butuh latihan agar dapat memaksimalkan kemampuannya dalam balapan tersebut.

  1. Pedagang

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja kita sering kali melakkan transaksi jual beli dengan seorang pedagang. Pedagang tersebut termasuk ke dalam salah satu contoh potensi diri dalam kehidupan sehari-hari. Potensi sebagai seorang pedagang dapat terlihat seperti saat berkomunikasi dengan pembeli, ikut berbelanja, menego harga dan juga memilih barang-barang yang berkualitas untuk dagangannya.

  1. Petani

Kehidupan di desa tentu saja akan sangat familiar dengan para petani. Baik itu petani sayuran ataupun petani buah-buahan. Para petani tentu saja menjadi salah satu potensi yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Potensi menjadi seorang petani tentu saja dapat terlihat saat seseorang tersebut memahami peluang yang ada di desanya, bisa menanam benih dan merawatnya, memilih berbagai macam bibit unggu dan juga pupuk apapun yang bisa digunakan.

  1. Peternak

Selain petani, salah satu contoh lain dari potensi diri yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah peternak. Peternak tentu saja hampir sama dengan petani. Hanya saja, peternak merawat berbagai macam hewan ternak seperti ayam, kambing, bebek ataupun sapi dan lain sebagainya.

Peternak tersebut bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti bagaimana cara merawat hewan, memilih hewan yang unggul, melakukan pemberian vitamin dan juga hal-hal yang lain seperti penyayang akan hewan dan juga menyukai hewan-hewan.

  1. Dokter

Setelah itu, ada juga potensi sebagai dokter. Potensi dokter tersebut merupakan potensi yang dapat diusahakan. Dokter tersebut memiliki tugas yang sangat berat dalam membantu kesehatan masyarakat. Potensi sebagai dokter terlihat dari berbagai macam usaha.

Orang yang memiliki potesi sebagai dokter biasanya memiliki pendidikan yang tinggi dan sekolah di kedokteran, memiliki kecerdasan yang baik dan juga memiliki simpati dan empati serta kepekaan yang cukup baik dari orang lain. Menjadi dokter juga perlu pelatihan yang lebih agar dapat menjadi dokter yang bagus dan juga cekatan.

  1. Pengajar

Contoh yang terakhir adalah potensi sebagai pengajar. Potensi sebagai pengajar tentu saja dapat terlihat dari bagaimana seseorang menyukai bidang pendidikan, bisa melakukan pengajaran dengan baik, memahami berbagai macam materi serta dapat berkomunikasi dengan baik pula.

Potensi tersebut tentu saja dibantu dengan pembelajaran dan juga pelatihan yang cukup banyak agar dapat menjadi pengajar yang tentunya profesional dan juga dapat memberikan kemajuan untuk pendidikan yang ada disuatu daerah.

Demikianlah serangkain artikel yang sudah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh potensi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *