Contoh Kooptasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Kooptasi

Proses interaksi sosial memiliki berbagai bentuk dan jenis. Adapun syarat terjadinya sebuah interkasi adalah kontak sosial yang berdasarkan cara, sifat, bentuk, tingkat hubungan sosial; komunikasi yaitu yang terdiri dari pengirim, penerima, pesan, media, dan feedback. Sedangkan bentuk dari interaksi sosial sendiri dibagi menjadi dua yaitu bentuk interaksi sosial asosiatif dan bentuk interaksi sosial disosiatif.

Untuk jenis interaksi sosial asosiatif sendiri di dalamnya terdapat kooptasi atau istilah lain dikenal dalam ilmu pengetahuan sebagai kerjasama.

Kooptasi

Kooptasi adalah proses sosial yang dilakukan atas penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan, atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi untuk menghindari goncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.

Contoh Kooptasi

Untuk memperjelas bahwasanya kooptasi ini merupakan bentuk interaksi sosial asosiatif yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan contoh-contohnya, antara lain;

  1. Pemerintah RI Menyetujui Diterapkannya Hukum Islam di Nangroe Aceh Darussalam

Adanya penerapan hukum islam di Nangroe Aceh Darussalam adalah bentuk dari upaya persatuan pemerintah agar daerah tersebut tidak melakukan pemisahan diri dengan menyatakan negara yang merdeka di dalam sebuah negara.

  1. Class Rules Antara Dosen Dengan Mahasiswa

Kesepakatan antara dosen dengan mahasiswa biasanya dilakukan pada pertemuan pertama. Hal ini dilakukan dengan upaya penentuan norma yang akan diterapkan pada pembelajaran yang akan berlangsung serta sanksi-sanksi yang akan diterapkan apabila salah satu pihak melakukan pelanggaran dari kesepakaran tersebut.

  1. Kesepakatan LSM dengan Perusahaan

Aktivitas dari  perusahaan dalam proses produksi atau pelayanan perlu adanya pengawasan dari pihak ketiga. LSM merupakan pihak ketiga yang dipercaya dapat menjembatani kesejahteraan masyarakat atas dampak dari semua aktivitas perusahaan yang dapat menghasilkan limbah yang akan menimbulkan dampak negatif untuk masyarakat.

Untuk mencegah semua itu, pihak LSM dengan perusahaan biasanya melakukan kooptasi apa saja yang harus di hindari dan dilakukan dari pihak perusahaan. 

  1. MoU Antara Panitia Acara Dengan Pihak Sponsorship

Kooptasi yang berlaku pada MoU antara panitia acara dengan pihak sponsorship yaitu dengan diterapkannya aturan yang diajukan oleh pihak sponsor misalkan penyertaan logo perusahaan yang memberikan sponsor pada seragam panitia, poster kegiatan ataupun diadakannya both tersendiri untuk perusahaan tersebut melakukan arti sosialisasi mengenai perusahaannya.

  1. PBB Meminta Korsel dan Korut Untuk Gencatan Senjata

Perang saudara antara korea selatan dan korea utara terjadi dalam jangka waktu yang tidak singkat serta banyak merugikan warga kedua negara tersebut. PBB merupakan organisasi internasional yang didirikan setelah perang dunia ke II untuk mencegah terjadinya konflik serupa.

Kooptasi yang dilakukan oleh PBB dengan korea selatan dan korea utara yaitu memberlakukan gencatan senjata atau penghentian dari tindakan agresif korea utara dan korea selatan. 

  1. Kesepakatan Antara Penerima Mahasiswa Dengan Perusahaan

Kooptasi yang diberlakukan pada penerima mahasiswa dengan perusahaan biasanya berwujud pengabdian kerja mahasiswa tersebut pada perusahaan setelah lulus dari perkuliahan. Hal ini bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia pihak perusahaan serta membuka peluang untuk inovasi terbarukan yang diharapkan akan ada setelah mahasiswa tersebut bekerja di perusahaan.

  1. Kerjasama Antara Pemerintah Dengan Negara Lain Terkait Ekonomi

Contoh dari wujud nyata kooptasi dalam bentuk kerjasama antara pemerintah dengan negara lain yaitu diberlakukannya MEA. Aturan-aturan yang belaku dalam MEA akan diterapkan pada negara yang menjadi tuan rumah MEA saat itu.

  1. Pembuatan UU Anti Korupsi

Kooptasi yang dilakukan oleh dewan perwakilan rakyat dengan pemerintahan dan warga negara yaitu dengan pembuatan undang-undang anti korupsi. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penerapan sanksi dari aktivitas korupsi yang berlangsung di negara tersebut.

  1. Media Televisi Terhadap Freedom Of Speech Dalam Stand Up Comedy

Media televisi dilakukan sebagai sarana kooptasi terhadap freedom of speech dalam stand up comedy. Hal ini dilakukan tidak hanya sebagai bentuk humor akan tetapi bisa digunakan sebagai bentuk kritik namun dikemas dalam humor.

  1. Perubahan Peran Golkar

Pada masa orde baru partai golkar memang menjalankan perannya sebagai wadah untuk menjalankan ideologi, namun ternyata pada nyatanya masih banyak fungsi yang tidak berjalan dengan baik.

Proses kooptasi yang berlansung adalah beralihnya peran golkar sebagai partai yang menciptakan norma untuk menuju kekuasaan yaitu dengan partai yang menciptakan  pemimpin yang akan diajukan atau terpilih sebagai pemimpin pemerintahan di Indonesia.

  1. Kesepakatan Antara Pemerintah Dengan Warga Yang Digusur

Proses kooptasi disini terjadi ketika adanya norma pihak yang menang akan memiliki hak penuh atas tanah yang ada dengan melakukan penggusuran untuk membersihkan lahan dan menerapkan pemindahan tempat tinggal penduduk ke daerah yang sudah disiapkan biasanya berupa rumah susun.

  1. Kolaborasi LSM Dengan Pemerintah

Kooptasi yang berlaku dalam kolaborasi LSM dengan pemerintah adalah diberlakukannya norma yang bersifat publik atau norma yang mementingkan kesejahteraan masyarakat untuk diterapkan dalam proses menjaga lingkunga ataupun masyarakat serta mengevaluasi kinerja dari perusahaan yang berada disekitar masyarakat.

  1. Interaksi Sosial Antara Etnis Melayu Dengan Tionghoa

Kooptasi yang berlaku dalam interaksi sosial antara etnis melayu dengan tionghoa adalah diberlakukannya kesepakatan akan sifat gotong royong, toleransi akan kepercayaan masing-masing dan perayaan antar etnis tersebut.

  1. Pemanfaatan Kelembagaan Untuk Pembangunan Sektor Pertanian Untuk Mendukung Otonomi Daerah

Pemanfaatan kelembagaan untuk pembagunan sektor pertanian untuk mendukung otonomi daerah menjadi salah satu bentuk kooptasi oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Hal ini ditujukan untuk pengoptimalan sumber daya yang ada di daerah sehingga diharapkan dapat menurunkan tingkat urbanisasi dari desa ke kota. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi sarana peningkatan pendapatan pada pemerintahan daerah.

  1. Pemekaran Wilayah Dan Otonomi Daerah Pasca Reformasi Di Indonesia

Pemekaran wilayah dan otonomi daerah pasca reformasi di Indonesia dilakukan sebagai bentuk upaya mempertahankan daerah tersebut menjadi salah satu bagian dari Indonesia. Tidak hanya itu, pemekaran wilayah juga dapat dijadikan sarana bentuk keragaman Indonesia. 

  1. Transparansi Dalam Rekruitmen PNS Dengan Publik

Kooptasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah yaitu dengan melakukan transparansi dalam rekruitmen PNS dengan publik. Transparansi tersebut dilakukan sejak awal yaitu melalui informasi formasi yang dibuka, pendaftar yang berpartisipasi serta proses hasil ujian yang diinformasikan ke publik.

  1. Kebijakan Sertifikasi Pendidik Pada Guru

Kebijakan sertifikasi pendidik pada guru saat ini dilakukan sebagai bentuk kooptasi dari perubahan persyaratan pendidik sebelumnya. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidik yang ada sehingga menciptakan siswa yang berkualitas.

  1. Interaksi Sosial Pemulihan Penderita Bipolar Dengan Komunitas Bipolar Care Indonesia

Komunitas bipolar care Indonesia merupakan wadah yang mengembalikan fungsi sosial kembali seperti semula dan terapi dalam interaksi sosial untuk penderita bipolar. Kooptasi yang dilakukan berupa pemulihan penderita bipolar yang tidak menggunakan setting-an rumah sakit melainkan setting-an masyarakat untuk penderita bipolar.

  1. Zonasi Dan Tata Ruang Pasar Tradisional Dan Pasar Modern

Kooptasi yang diterapkan dalam zonasi dan tata ruang antara pasar tradisional dengan pasar modern yaitu dengan adanya ketentuan jarak minimal dibangunnya pasar tersebut. Hal ini ditujukan untuk menghidupkan kembali pasar tradisiional yang mulai menurun eksistensinya di dunia perekonomian.

Hal ini mengakibatkan kelesuan pada pertumbuhan kegiatan ekonomi. Selain itu, adanya aturan tata ruang juga memberikan dampak positif untuk pengelolaan limbah pasar yang berwujud cair ataupun padat. Sistem zonasi juga memberikan ruang yang lebih tertata rapi sehingga tidak mengurangi nilai estetika serta dapat dijadikan tempat wisata karena keunggulan dari kelola bangunan pasar tradisional ataupun pasar modern tersebut. 

  1. Zonasi Siswa Sekolah

Wujud dari kooptasi pada bidang Pendidikan yaitu dengan diberlakukannya sistem zonasi siswa sekolah. Sistem zonasi merupakan sistem yang diatur dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Dari sisi kebijakan, tujuan baik dari sistem zonasi yaitu untuk membuat anak bisa bersekolah dekat dengan tempat tinggal tanpa melihat hasil Ujian Nasional sebagai syarat awal mutlak.

Penerapan zonasi sekolah tentu saja juga memiliki tujuan yang mana untuk menghapus konsep sekolah favorit yang ada pada sekolah negeri yang memang disokong oleh negara.

Adapun sistem zonasi yang berlaku yaitu Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah (pemda) wajib menerima calon peserta didik berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah dengan kuota paling sedikit 90% dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh kooptasi di masyarakat dalam kehidupan kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan referensi bagi segenap pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *