Contoh Kemandirian dalam Kehidupan Bermasyarakat

Diposting pada

Contoh Kemandirian

Kemandirian dalam kehidupan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi sejatinya harus dijalankan agar seseorang mampu mengembangan arti potensi diri yang ada pada setiap dirinya. Sikap mandiri ditunjukan dengan berbagai kegiatan yang diinisiasi atas kesadaran untuk mewujudkan kepentingan bersama anggota masyarakat.

Oleh karena itu pada artikel berikut akan membahas mengenai contoh perwujuatan sikap kemandirian dalam masyarakat.

Kemandirian

Kesadaran masyarakat untuk mengembangkan sendiri kemajuan dan perkembangan wilayahnya disebut dengan sikap mandiri. Madiri berarti mampu melakukan sesuatu hal sendiri tanpa bantuan orang/pihak lain. Sikap kemandirian  berkaitan dengan sikap tanggungjawab. Mandiri berarti ia memiliki kesadaran penuh akan apa yang menjadi tanggungjawab maupun kewajibannya.

Kemandirian mesyarakat sering menjadi topik ekonomi yang menarik untuk dibahas. Kemandirian suatu wilayah untuk memenuhi arti kebutuhan hidup anggotanya seringkali menjadi contoh bagi wilayah ataupun kelompok masyarakat lain. Sikap inilah yang harus terus dikembangkan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan kemandirian dalam masyarakat adalah dengan pemeberdayaan. Sikap kemandirian seringkali disangkut pautkan dengan pembangaun dalam masyarakat. Pembangunan dalam konteks ini berupa pembangunan manusia itu sendiri melalui proses pengembangan, agar mampu memenuhi kebutuhan hidup sendiri.

Selain itu, pembangunan juga dimaksudkan sebagai upaya untuk memajukan pengembanagan suatu wilayah yang dilakukan oleh anggota masyarakat tanpa menunggu bantuan ataupun campur tangan pemerintah maupun pihak lain. Dalam hal ini, masyarakat memiliki kesadaran untuk tidak bergantung.

Kemandirian suatu wilayah harus didukung juga oleh potensi yang dimiliki serta sumber daya manusianya yang memiliki rasa sosial tinggi. Kemadirian dalam masyarakat dapat ditunjukan dari berbagai aspek sperti ekonomi, politik, pendidikan, sosial, maupun kebutuhan masyarakat yang lainnya. Kemandirian dalam berpikir, bertindak, serta kemandirian dalam mengendalikan dan mengontrol diri.

Dengan sikap madiri, masyarakat diharapkan memiliki kemampuan sendiri dalam menghadapi berbagai situasi, khususnya situasi ketika suatu kebijakan hanya menguntungkan kepentingan pihak-pihak tertentu. Tidak jarang upaya masyarakat untuk hidup mandiri mengalami banyak hambatan yang mungkin tidak terduga.

Prinsip dasar kemandirian yang ada dalam masyarakata adalah memiliki sikap kesadaran, memiliki semangat untuk berlatih dan belajar, serta pengorganisasian masyarakat yang terstrutur. Prinsip-prinsip tersebut memberikan dorongan dan faktor pendukung kelompok masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Contoh Kemandirian

Berikut ini akan dipaparkan mengenai contoh kemandirian yang ada dalam masyarakat, yaitu:

  1. Kegiatan Siskampling

Siskampling merupakan upaya masyarakat untuk menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan masyarakat. Kegiatan siskampling menjadi wujud kemandirian masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan meminimalisir tindakan-tindakan yang tidak diinginkan seperti pencurian dan pentimpanagan sosial lainnya.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya kemanan bersama mendjadi pendorong untuk menjaga lingkungannya, tidak hanya mengandalakan pihak kepolisian maupun pihak-pihak lain untuk menciptakan keamanan wilayah dan ketertiban wilayah.

  1. Pengadaan Iuran

Kebutuhan masyarakat sangat beragam. Pengadaan iuran baik tingkat rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), tingkat desa, maupun tingkat yang cakupannya lebih luas dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak terduga.

Iuran ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan bersama. Uang hasil iuran biasanya dimanfaatkan untuk membeli dan mencukupi perlengkapan sarana dan prasarana yang dapat digunakan bersama. Pemanfaatan lainnya dari uang hasil iuran adalah untuk mentup kekuranagn-kekurangan dalam pendanaan acara-acara bersama.

Hal ini menunjukan bahwa masyarakat telah memiliki kesadaran untuk memnuhi kebutuhan hidupnya sendiri dengan tidak mengandalkan bantuan secara materil dari pihak lain.

  1. Kegiatan Posyandu

Posyandu merupakan salah satu organsisasi dalam bidang kesehatan yang bergerak unuk melayani kesehatan balita serta ibu hamil. Pelayanan ini diberikan agar ibu hamil maupun bayi yang sedang dalam kandungan memiliki nutrisi yang cukup dan gizi yang seimbang ketika proses kehamilan. Hal ini sebagai upaya untuk menjamin keselamatan ibu hamil serta bayinya. Masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan khususnya anak-anak dan ibu hamil.

  1. Pendirian Lumbung Pangan

Pendirian lumbung pangan adalah salah satu upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat ketika sedang mengalami krisis pangan. Pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat harus terus tersedia demi kelangsungan hidup masyarakat.

Ketersediaan sumber pangan tergantung pada kondisi alam. Kelangkaan sumber pangan kadang terjadi secara tidak terduga.

Hal ini mengakibatkan naiknya harga kebutuhan pangan. Lumbung pangan desa dapat menjadi alternatif untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan secara lebih terjangkau. Selain itu, pendirian lumbung pangan membantu perekonomian masyarakat.

  1. Mampu Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Pertumbuhan penduduk yang relatif cepet tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia mengakibatkan banyak masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan. Untuk menyerap para pengangguran khusunya di desa, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjan baru.

Masyarakat yang mandiri adalah masyarakat yang mampu memajukan wilayahnya dengan berupaya memanfaatkan potensi daerah serta memaksimalkan sumber daya manusia agar tercipta kesejahteraan masyarakat tanpa bergantung pada pemerintah maupun pihak-pihak lain.

  1. Program Pemberdayaan

Program pemberdayaan masyarakat memiliki tujuan untuk memandirikan masyarakat serta meningkatkan kemapuan masyarakat dari kesenjangan, kemiskinan, dan keterbelakangan dalam berbagai aspek. Melalui proses belajar, masyarakat akan memperoleh kemampuan dan ketrampilan baru secara bertahap.

  1. Pendirian Bumdes

Badan usaha milik desa (bumdes) merupakan salah satu organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan potensi desa. Pendirian bumdes memiliki manfaat untuk menciptakan iklim usaha yang baik, meningkatkan kapasitas, memperluas akses pasar, terhindar dari tengkulak, serta tersedianya sarana pasca panen.

Kemandirian masyarakat dalam upaya mendorong kemajuan perekonomian serta melindungi petani dari para tengkulak yang mematok harga tidak sesuai dengan harga pasar dan harga dibawah standar.

  1. Pembentukan Kelompok Tani

Pemebentukan kelompok tani dalam masyarakat menunjukan kemandirian dalam masyarakat khusunya bagi para petani, peternak, pekebun, maupun pekebun.

Fungsi utama kelompok sosial tani adalah sebaagi wadah untuk belajar dan saling berbagi pengetahuan serta ketrampilan sesama anggota, sebagai sarana untuk memperkuat kerja sama baik antara anggot akelompo tani tersebut maupun antar kelompok tani lainnya, serta sebagai unit produksi dengan tujuan untuk menjaga kualitas, kuantitas, serta keberlangsungan produksi.

  1. Kegiatan Pelatihan

Adanya kegiatan pelatihan dalam kelompok masyarakat merupakan wujud kesadaran dan kemandirian masyarakat untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia. pelatihan dimaksudkan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat.

Kegiatan pelatihan dapat dilakukan oleh berbagai kelompok usia. Misalnya saja pelatihan pembuatan kerajinan tangan berupa tas bagi para ibu-ibu rumah tangga. Kegiatan tersebut diharapkan mampu menciptakan lapangan usaha baru serta membentuk masyarakat yang produktif.

  1. Pemetaan Potensi Desa

Pemetaan merupakan pengelompokan potensi berdasarkan pada kriteria tertentu. Kesadaran masyarakat akan perlunya perbedaan pemanfaatan setiap potensi menunjukan adanya keterbukaan dan pola pikir yang berorientasi pada kemajuan dan kepentingan dimasa mendatang.

  1. Adanya Program Tahunan Masyarakat

Program tahunan merupakan program rutin dari masyarakat yang dilaksanakan dengan tujuan tertentu. Adanya program tahunan sebagai wujud kemandirian masyarakat untuk mengatur dan mengurus sendiri kepentingan masyarakatnya.

  1. Diskusi rutin

Kemandirian masyarakat juga dapat ditunjukan dari kegiatan diskusi rutin kelompok masyarakat. Kegiatan tersebut menunjukan adanya pola pikir masyarakat yang terbuka untuk saling belajar dan berbagi pengalaman serta pengetahuan.

  1. Pendirian Sanggar Budaya

Sanggar budaya adalah salah satu organisasi untuk melestarikan budaya. Adanya sanggar budaya juga menjadi wujud kemandirian masyarakat baik dalam bidang ekonomi maupun kebudayaan sendiri. Hal tersebut menunjukan kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya melestarikan kebudayaan. Dalam kegiatan ekonomi, pendirian sanggar menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat.

  1. Kegiatan Kerja Bakti

Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan menjadi wujud tanggungjawab dan kemandirian masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan menjadi cermin sikap masyarakatnya.

  1. Program Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat

Adanya program pengembangan usaha ekonomi masyakat mampu membantu masyarakat dalam upaya pengembangan usaha dan pemasaran dengan sistem permodalan yang mudah dan cepat.

Tujuan dari serangkaian kegiatan ini adalah untuk memberikan bantuan berupa modal usaha khususnya di wilayah pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat sehingga membantu proses kemandirian masyarakat.

Itulah, ulasan lengkap yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh sikap mandiri yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Semoga bisa memberikan wawasan serta meningkatkan literasi pengetahuan bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *