Contoh Kebutuhan Sekunder dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Macam Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan manusia tentu saja akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Peningkatan tingkat kebutuhan manusia, tentu saja sebagai penunjang kehidupan sebagai makhluk sosial. Banyak sekali jenis kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Diantaranya adalah kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, serta kebutuhan tersier.

Kebutuhan primer tersebut sebagai kebutuhan pokok, sedangkan kebutuhan sekunder tentu saja sebagai penyeimbangnya. Jika kebutuhan primer sudah terpenuhi, tentunya kita sebagai manusia ingin memenuhi kebutuhan sekundernya.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan sekunder adalah arti kebutuhan dari manusia yang dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan primer atau sering disebut juga sebagai kebutuhan tambahan. Kebutuhan sekunder ini memiliki sifat melengkapi kebutuhan primer dalam pemenuhan kehidupan.

Kebutuhan sekunder dapat mendukung kehidupan manusia sebagai makhluk sosial agar dapat berlangsungnya kehidupan dengan baik. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, tentu saja tidak akan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Namun kehidupan manusia akan terdukung dengan lebih baik lagi apabila ada kebutuhan sekunder.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Berikut ini terdapat beberapa contoh agar dapat memahami lebih lanjut mengenai kebutuhan sekunder. Berikut contoh-contoh kebutuhan sekunder yang sering diusahakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pariwisata

Rekreasi atau pariwisata tentu saja dapat membuat penat, kejenuhan, hingga lelah pun perlahan menghilang. Kita bisa terhindar dari stress dan lelah yang berlebihan jika kita dapat memenuhi kebutuhan diri kita akan rekreasi. Walaupun begitu, tanpa adanya rekreasi sebenarnya kita juga tetap bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, kebutuhan rekreasi sendiri termasuk ke dalam contoh kebutuhan sekunder yang dibutuhkan.

  1. Hiburan

Hiburan tentu saja termasuk salah satu kebutuhan sekunder dalam kehidupan. Kebutuhan akan adanya hiburan ini tentunya tidak mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang.  Akan tetapi melalui adanya hiburan tersebut, kita dapat memperoleh hidup yang layak dan berbahagia lagi.

Jika memenuhi kebutuhan hiburan tersebut, tentu saja hiburan tersebut sebagai suatu alat untuk mendapatkan kenyamanan sebagai makhluk sosial.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder, Olahraga tentu saja dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Jika kurang gerak atau kurang olahraga, tentunya tubuh akan menjadi rusak atau tidak sehat, sehingga olahraga dalam kehidupan itu sangat penting bagi tubuh manusia.

Melalui rutin melakukan olahraga, tubuh akan menjadi lebih sehat. Pada akhirnya dengan adanya tubuh yang sehat tersebut, tentu saja akan memeperlancar aktivitas dan dapat terus menjalankan hidup.

  1. Surat Kabar

Surat kabar merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder dalam kehidupan. Surat kabar tersebut sebagai sarana untuk masyarakat yang dapat menyiarkan produk jurnalistik. Salah satu bentuk produk jurnalistik yang dikenal masyarakat yaitu Koran.

Melalui membaca surat kabar atau Koran tentu saja kita dapat memperoleh sebuah informasi atau berita, sehingga akan menambah wawasan baru yang dapat menunjang di dalam melanjutkan kehidupan.

  1. Jam Tangan

Jam tangan merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder. Jam tangan telah menjadi salah satu assesoris yang penting dalam kegiatan sehari-hari. Jam tangan memiliki beragam manfaat dapat diberikan, terutama untu menunjang penampilan agar lebih stylis dan untuk mengatur waktu agar lebih teratur dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

  1. Smartphone

Smartphone merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder untuk menunjang kehidupan manusia. Smartphone tentu saja memiliki peranan penting dalam kehidupan terutama di dalam komunikasi, sehingga lebih efisien. Smartphone menjadi salah satu contoh kebutuhan sekunder, dikarenakan melalui adanya smartphone untuk kebutuhan komunikasi, kemuidan sebagian besar dari kita tentu saja masih bisa hidup tanpa adanya smartphone.

  1. Televisi

Televisi juga termasuk ke dalam contoh bentuk kebutuhan sekunder. Televisi dilihat dari kebutuhan sekunder adalah sebuah media untuk sarana menghibur diri di saat kita lagi ada masalah atau lagi penat karena acara yang ada di media televisi banyak acara hiburan seperi komedi, musik dan lain sebagainya.

  1. Kulkas

Kulkas sudah merupakan bagian dari kebutuhan rumah tangga. Setiap bahan pangan dan makanan pasti akan basi dalam hitungan jam atau hari, oleh karenanya perlu diawetkan dengan cara memasukkannya ke dalam kulkas agar bisa kembali digunakan saat dibutuhkan.

  1. Kipas Angin

Kipas angin, suatu benda yang paling dibutuhkan ketika cuaca sedang panas. Benda rumah tangga satu ini memang memiliki manfaat tersendiri dariangin yang dikeluarkan oleh putaran baling-balingnya. Adanya kipas angin tentu saja dapat memberikan manfaat yang cukup banyak agar dapat terus melanjutkan kehidupan.

  1. Radio

Radio termasuk ke dalam contoh kebutuhan sekunder. Hampir sama dengan adanya televisi, melalui adanya radio dapat memberikan kenyamanan bagi para pendengarnya. Radio bisa digunakan sebagai pusat informasi selain adanya televisi dan internet, ataupun surat kabar.

Banyak informasi yang dapat digali. Adapun dengan mendengarkan radio bisa menghilangkan penat dan menjadi lebih santai dalam menjalani kehidupan.

  1. Komputer

Komputer juga termasuk sebagai salah satu contoh kebutuhan sekunder. Komputer biasanya digunakan sebagai barang pendukung dalam sekolah, kuliah ataupun pekerjaan.

Melalui adanya komputer, tentu saja dapat mempermudah dalam melaksanakan tugas, ataupun pekerjaan yang tengah dilakukan. Adanya komputer tersebut tentu saja dapat mendukung kebutuhan primer dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

  1. Mesin cuci

Mesin cuci dalah alat yang berfungsi untuk mencuci pakaian atau kain baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun untuk kepentingan bisnis, dalam penggunaannya mesin ini sangat membantu sekali dalam meringankan pekerjaan para ibu rumah tangga karena saat mencuci dengan mesin maka para ibu tersebut dapat melakukan kegiatan lain tanpa terganggui oleh kegiatan mencuci.

  1. Alat Masak

Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja kita membutuhkan peralatan yang mendukung kelangsungan hidup. Salah satu contohnya adalah alat masak. Alat masak merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder yang dapat mendukung kebutuhan primer dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

Alat masak biasanya selain untuk memasak, biasanya juga dijadikan sebagai bahan pajangan oleh kebanyakan ibu-ibu. Sehingga alat masak tersebut termasuk ke dalam salah satu kebutuhan sekunder dalam keberlangsungan kehidupan.

  1. Sepatu

Sepatu merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai barang yang dapat melindungi kaki, sepatu juga bisa dijadikan untuk membuat pemakainya menjadi lebih percaya diri lagi ataupun sebagai penunjang penampilan.

Adanya sepatu tersebut tentu saja sangat mendukung dalam kehidupan dalam arti masyarakat. Karena kemanapun kita akan pergi, kita bisa menggunakan sepatu tersebut.

  1. Kaos Kaki

Kaos kaki merupakan salah satu contoh lain kebutuhan sekunder yang dimiliki masyarakat di dalam kehidupan sehari-hari. Kaos kaki juga bisa dijadikan sebagai aksesoris pakaian untuk melindungi kaki dari lecet atau gesekan, menghangatkan kaki, serta menyerap keringat berlebih pada kaki.

Kaos kaki tersebut tentu saja sangat mendukung dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk bersekolah, kuliah, bermain, ataupun untuk bekerja.

  1. Meja

Meja makan merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bagian yang paling penting pada setiap rumah yaitu meja makan. Meja makan tentu saja sebagai penunjang dalam kehidupan.

Meja tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti menaruh makanan, untuk belajar, untuk tempat mengobrol dan lain sebagainya.

  1. Kursi

Selain meja, kursi juga termasuk ke dalam contoh kebutuhan sekunder yang ada dalam kebutuhan sehari-hari. Kursi juga termasuk ke dalam salah satu perabotan rumah yang sering kali banyak terdapat di ruang tamu. Kursi tentu saja memiliki beragam manfaat sebagai penunjang kebutuhan dalam hidup.

  1. Lemari

Lemari juga termasuk dalam salah satu bentuk kebutuhan sekunder yang dimiliki oleh masyarakat. Lemari tentu saja menjadi salah satu perabotan penting yang terdapat di setiap tempat tinggal. Hampir semua peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh masyarakat, disimpan di dalam lemari.

Hal yang sering kali disimpan dalam lemari seperti pakaian, tas, alat masak, peralatan makan, buku-buku, hingga berbagai macam benda untuk menunjang hobi.

  1. Motor

Motor tersebut sudah menjadi suatu barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Motor juga termasuk ke dalam contoh kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi rahasia umum motor adalah satu moda transportasi yang menjadi pilihan banyak orang.

Bukan hanya suatu pilihan bahkan bisa disebut suatu kebutuhan. Motor dapat mempermudah dalam pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat.

  1. Sepeda

Selain motor, sepeda juga menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang dimiliki oleh masyarakat. Sepeda selama beberapa tahun terakhir telah menjadi salah satu alat transportasi yang begitu populer dan disukai serta digemari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Adanya sepeda tersebut, tentu saja menjadi salah satu penunjang kebutuhan yang ada dalam hidup. Sepeda tersebut sebagai sarana untuk pemenuhan kebutuhan hidup terutama dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Buku Tulis

Buku tulis sebagai pendukung dalam kebutuhan di sekolah, tentu saja buku tulis termasuk dalam kebutuhan sekunder yang dimiliki oleh masyarakat. Buku tulis sudah ada sejak lama dan tentu saja sudah menjadi teman setia oleh setiap orang untuk mencatat berbagai macam hal ataupun kejadian dalam hidup.

Buku tulis tersebut digunakan untuk mencatat berbagai macam kejadian atau peristiwa dan juga naskah-naskah berharga. Para pelajar menggunakan buku tulis untuk mencatat berbagai macam pelajaran, membuat PR serta tugas lainnya.

  1. Pensil

Selain buku tulis, pensil juga termasuk dalam kebutuhan sekunder yang perlu dipenuhi dalam kehdiupan sehari-hari. Terutama dalam kehidupan di sekolah.

Pensil merupakan sebuah benda yang tentu saja sangatlah familiar dalam kehidupan sehari-hari, Pensil merupakan benda yang sederhana namun memberikan dampak yang bermanfaat dalam menunjang kelangsungan hidup.

  1. Penghapus

Setelah ada buku, kemudian pensi, selanjutnya yang termasuk dalam contoh kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari adalah penghapus. Penghapus pensil tentu saja punya banyak sekali manfaat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari ini.

Contohnya manfaat yang dapat diperoleh dari adanya penghapus adalah untuk menghilangkan sisa atau bekas stiker yang menempel, sebagai bantalan untuk anting darurat, kemudian dapat digunakan untuk memoles perak, membersihkan suede serta dapat ,emperbaiki ritsleting yang macet.

  1. Ember

Ember memiliki beragam macam fungsi yang bermanfaat. Ember termasuk dalam perabotan rumah tangga yang kerap digunakan untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Ember tentu saja juga termasuk ke dalam contoh kebutuhan sekunder yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Ember dapat digunakan sebagai penampung air, mengangkut benda-benda yang kecil, hingga banyak hal yang tentunya sebagai barang pendukung.

  1. Gayung

Gayung juga termasuk ke dalam kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya ember, gayung juga termasuk dalam salah satu perabotan rumah tangga. Gayung sebagai penunjang kebutuhan atau sebagai alat mandi yang mana sebagai alat untuk mengambil air.

Selain sebagai alat untuk mengambil air, gayung juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang atau peralatan mandi.

  1. Handuk

Handuk merupakan barang sekunder dalam kehidupan. Handuk termasuk sebagai peralatan mandi. Handuk tersebut merupakan sebuah benda yang biasa digunakan untuk membersihkan bagian badan, mulai dari badan kita yang basah hingga kering agar bisa menjaga kelembaban badan. Adanya handuk tentu saja dapat mempermudah kehidupan kita, terutama sebagai peralatan mandi.

  1. Jaket

Jaket juga termasuk salah satu contoh kebutuhan sekunder dalam kehdiupan sehari-hari. Jaket tentu saja memiliki arti serta memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Jaket tentu saja sebagai pelindung tubuh dari cuaca luar sehingga kondisi tubuh tetap stabil.

  1. Rak piring

Rak piring termasuk dalam perabotan rumah tangga yang penting dalam kehidupan. Rak piring tersebut tentu saja sangat penting guna untuk sebagai tempat untuk menyimpan perabotan rumah tangga seperti piring, sendok, mangkok dan yang lain sebagainya.

Adanya rak tersebut, tentu saja cukup membantu dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peralatan dapur menjadi lebih tertata.

  1. Oven

Oven juga termasuk salah satu bentuk kebutuhan sekunder yang dimiliki oleh masyarakat. Oven tersebut termasuk dalam peralatan dapur elektronik yang memiliki fungsi untuk memanaskan ataupun mengeringkan makanan.

Adapun yang dimaksud mengeringkan makanan adalah penggunaan oven untuk mengeringkan makanan seperti roti, sehingga dengan menggunakan oven roti akan kering secara merata. Adanya oven tersebut tentu saja sangat mendukung kebutuhan primer yang dimiliki oleh masyarakat.

  1. Tempat Tidur

Tempat tidur merupakan contoh terakhir kebutuhan sekunder yang ada di dalam masyarakat dlaam kehidupan sehari-hari. Ranjang atau tempat tidur tersebut termasuk ke dalam suatu mebel atau tempat yang digunakan sebagai tempat tidur atau beristirahat.

Tempat tidur tentu saja sebagai penunjang untuk keberlangsungan dari kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hai. Melalui tidur yang nyenyak, tentu saja kualitas kehidupan akan menjadi semakin baik lagi.

Itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan contoh kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *