Contoh Kajian Sejarah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Ruang Lingkup Kajian Sejarah

Berbagai peristiwa yang ada dalam makhluk sosial dan terjadi di masa lalu merupakan kajian sejarah yang dapat kita bahas di dalam masa sekarang ini. Selain itu juga, berbagai peristiwa di masa lalu telah menjadikan sesuatu yang berharga di masa sekarang ini.

Melalui kajian sejarah, tentu saja kita dapat mengerti berbagai hal yang ada di masa lalu. Berbagai pelajaran juga dapat diperoleh agar dapat menjadi lebih baik di masa sekarang dan juga untuk kedepannya.

Sejarah

Sejarah adalah hal yang harus dikenang dan juga dijadikan pelajaran bagi mahluk sosial setelahnya, hal ini karena adanya sejarah tersebut yang menjadikan adanya masa sekarang ini untuk kemudian dapat diambil dari peritiwa berkesan yang terkajadi.

Contoh Kajian Sejarah

Untuk lebih jelas lagi dalam pemahaman kajian sejarah, berikut ini terdapat beberapa contoh mengenai kajian sejarah yang masih kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut :

  1. Pembelajaran di Sekolah

Pembelajaran di sekolah tentu saja membahas berbagai macam hal yang dapat memberikan pengetahuan terhadap para peserta didik. Melalui pembelajaran di sekolah, tentu saja peserta didik akan mempelajari berbagai macam pelajaran, yang salah satunya tentu mempelajari mengenai sejarah.

Pembelajaran sejarah di dalam sekolah tersebut termasuk dalam salah satu contoh bentuk kajian sejarah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran sejarah tentu saja memberikan berbagai macam pengetahuan mengenai kejadian-kejadian di masa lalu yang dirangkum dalam materi pembelajaran. Materi pembelajaran tersebut menggunakan bahasa yang mudah, agar dapat mempermudah pemahaman materi tersebut oleh peserta didik.

  1. Upacara Kemerdekaan

Contoh lain kajian sejarah di dalam keseharian adalah adanya upacara kemerdekaan. Upacara di hari kemerdekaan indonesia yang diperingati pada tanggal 17 agustus menjadi salah satu contoh adanya kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari.

Upacara hari kemerdekaan tersebut dilaksanakan tentu saja guna untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia, hari mersekanya bangsa indonesia dari para penjajah terdahulu. Sehingga setiap tanggal 17 agustus tersebut diselenggarakan upacara bendera.

Selain itu, untuk memperingati semangat juang para pahlawan kemudian diadakannya berbagai macam perlombaan guna untuk mengingat semangat dan perjuangan para pahlawan yang tentu saja untuk lebih memeriahkan hari kemerdekaan tersebut.

  1. Lagu Indonesia Raya

Selain adanya upacara bendera di hari kemerdekaan indonesia tersebut. Tentu saja terdapat contoh lain yang menjadi salah satu kajian sejarah dalam keseharian dalam arti masyarakat yaitu lagu Indonesia raya. Lagu indonesia raya tersebut tentu saja termasuk dalam salah satu contoh kajian sejarah dalam keseharian.

Adanya lagu indonesia raya tersebut tentu saja untuk mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu, lagu tersebut berisi semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini. Hingga sekarang ini, lagu indonesia raya tersebut selalu dinyanyikan dalam upacara bendera serta laga berbagai pertandingan yang dilakukan mengatasnamakan bangsa indonesia.

  1. Bendera Merah Putih

Bendera merah putih telah menjadi bendera nasional negara indonesia. Bendera merah putih tersebut menjadi lambang kemerdekaan negara indonesia. Bendera merah putih tersebut tentu saja menjadi salah satu contoh lain dari adanya kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari.

Bendera merah putih selalu menghiasi langit bumi pertiwi ketika dilaksanakannya upacara bendera di berbagai darah, berbagai instansi dan berbagai sekolah. Bendera merah putih tersebut melambangkan para pejuang bangsa indonesia yaitu terdapat warna merah yang tentu saja melambangkan keberanian sedangkan warna putih yang melambangkan kesucian.

Hal tersebut tentu saja sangat menggambarkan bagaimana para pejuang terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

  1. Acara Wayang Kulit

Berbicara mengenai kajian sejarah yang ada didalam masyarakat, tentu saja tidak akan lepas dari adanya wayang ataupun pewayangan. Pewayangan atau acara wayang menjadi salah satu kajian sejarah ataupun bukti adanya kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam acara wayang tersebut, tentu saja dalam setiap ceritanya mengisahkan perjuangan para pahlawan di masa lalu terutama pada masa kerajaan-kerajaan.

Tak heran orang-orang jaman sekarng ada yang senang sekali dengan adanya acara wayang tersebut, dikarenakan terdapat berbagai macam informasi melalui cerita yang dibawakan oleh dalang dari wayang tersebut. Hal tersebut tentu saja dapat digunakan dalam mendukung keberlanjutan kehdiupan kita sehari-hari.

  1. Hari Kartini

Hari kartini tentu saja menjadi salah satu betuk kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Hari kartini tersebut selalu diperingati pada bulan april yang mana dilakukan upacara sebagai mengingat bahwa asal muasal adanya emansipasi wanita yang dilakukan oleh Raden Ajeng Kartini.

Perjuangannya menjunjung martabat wanita kala itu menjadi momen sejarah yang hingga saat ini masih terasa perjuangannya. Melalui perjuangan yang telah dilakukan oleh Kartini tersebut, kini martabat wanita diharapkan tidak diremehkan lagi dan dinilai setara dengan laki-laki, karena pada dasarnya martabat manusia itu sama di hadapan Tuhan.

  1. Hari Pahlawan

Selain perjuangan kartini yang selalu dikenang, adapun perjuangan para pahlawan juga menjadi salah satu bentuk kajian sejarah yang ada dalam keseharian. Kajian sejarah mengenai para pahlawan tersebut tentu saja ditandai dengan adanya hari pahlawan yang selalu diperingati pada saat bulan oktober.

Setiap tanggal 28 oktober, selalu dilakukan upacara bendera sebagai wujud rasa terimakasih dan mengenang para pahlawan terdahulu yang begitu kerasnya menjunjung kemerdekaan indonesia. Hal tersebut dimaksudkan agar semangat juang yang dimiliki para pahlawan dapat merasuk kedalam jiwa-jiwa muda saat ini. Sehinga dengan begitu, akan selalu ada pahlawan-pahlawan baru yang lahir.

  1. Hari Pramuka

Tak berbeda jauh dengan adanya hari kartini, hari pahlawan dan juga hari kemerdekaan. Contoh kajian sejarah yang lain yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah adanya hari pramuka.

Hari pramuka tersebut tentu saja dilakukan untuk mengenang akan kepramukaan, yang tentu saja tidak lepas dari adanya kajian sejarah didalamnya. Hari pramuka diperingati pada tanggal 14 agustus, yang kemudian dilakukan upacara bendera.

  1. Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh lain dari kajian sejarah yang ada di dalam kehidupan sehari-hari adalah adanya perayaan maulid Nabi Muhammad SAW. Perayaan maulid nabi ini merupakan perayaan yang dilakukan oleh umat islam baik di indonesia ataupun luar negeri sebagai peringatan atau memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut telah dilakukan sejak lama, namun masih dilakukan di masa sekarang.

Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut sebagai peringatan yang mana sebagai ekspresi rasa syukur, gembira serta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW yang dilakukan setiap tanggal 12 rabiul awal di dalam penanggalan hijriyah.

  1. Masuknya Islam Ke Indonesia

Selain perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang menjadi salah satu contoh dari adanya kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari, terdapat contoh lain yang tentunya menjadi perbincangan dalam hal sejarah yaitu mengenai masuknya islam ke negara indonesia.

Sejarah Islam telah masuk ke Indonesia telah cukup lama yang tentunya akibat adanya perdagangan yang dilakukan sejak dulu. Kini masyoritas dari masyarakat indonesia memeluk agama islam tersebut. Masuknya agama islam ke dalam Indonesia tentunya salah satu bentuk adanya kajian sejarah.

  1. Candi

Begitu banyak bukti sejarah yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Bukti sejarah juga tersebar di berbagai daerah.

Bukti sejarah yang cukup fenomenal adalah adanya candi yang terdapat di berbagai daerah. Candi tersebut tentunya menjadi salah satu contoh kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari. Candi tentu saja merupakan bukti fisik dari adanya sejarah di masa lalu.

Sekarang ini candi digunakan sebagai tempat rekreasi dan juga tempat pembelajaran yang cukup mendukung dalam proses pembelajaran. Banyak dari masyarakat yang mengunjungi candi-candi untuk melepas penat dan refreshing, serta banyak juga dari sekolah dan bahkan universitas yang melakukan kunjungan ke candi untuk belajar, karena banyak yang bisa dipelajari dari adanya candi tersebut. Baca jugaSejarah Hindu-Buddha, Teori, Macam Kerajaan, dan Peninggalannya di Indonesia

  1. Relief Candi

Selain candi tersebut, terdapat bukti lain yang bisa menjadi kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari yaitu relief yang berada di candi tersebut. Relief yang ada di candi tentu saja menyimpan berbagai cerita sejarah masa lalu. Melalui relief tersebut tentu saja dapat membantu mengenai kehidupan di masa lalu tersebut. Hal tersebut tetu saja dapat menjadi pembelajaran dan menjadi kajian mengenai hal yang bersejarah tersebut.

  1. Asal usul daerah

Contoh lain dari kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari adalah tentang asal usul suatu daerah. Asal usul suatu daerah tersebut menjadi salah satu perbincangan yang sering kali diantara anggota masyarakat. Asal usul daerah tentu saja merupakan kajian sejarah yang sering ditemukan di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Asal usul daerah tersebut biasanya menceritakan banyak hal yang adadalam sejarah, seperti bagaimana daerah tersebut terbentu dan lain sebagainya. Sehingga, melalui asal usul daerah tersebut kita dapat memperoleh banyak hal sebagai pembelajaran.

  1. Tari-tarian

Dalam suatu daerah tentu saja memiliki berbagai macam kesenian daerah yang unik. Salah satunya adalah tari-tarian. Setiap daerah tentu memiliki tari-tarian yang beragam. Hal tersebut tentu saja karena adanya campur tangan dalam kajian sejarah yang ada didalamnya.

Tari-tarian tentu dekat dengan sejarah. Melalui tarian tersebut tentu saja dapat memberikan pelajaran yang begitu berharga dna bermakna. Mulai dari namanya, asal usulnya, hingga gerakan dan aksessorisnya bisa menjadi pembelajaran dan erat kaitannya dengan kajian sejarah tersebut.

  1. Kesenian daerah

Kesenian daerah juga termasuk dalam salah satu contoh bentuk kajian sejarah dala kehidupan sehari-hari. Kesenian di setiap daerah tentu saja berbeda-beda satu sama lain. Karena hal itu tentu saja terkait dengan adanya sejarah daerah tersebut. Banyak hal tentunya yang dapat dipelajari dari kesenian daerah tersebut.

  1. Bangunan bersejarah

Selain adanya kesenian daerah, tari-tarian tersebut, tentu saja masih ada contoh lain dalam kajian sejarah di kehidupan sehari-hari tersebut. Kajian sejarah tersebut tentu saja terbentuk dari adanya bangunan-bangunan yang bersejarah.

Banyak bangunan yang memiliki sejarah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja benteng, makam, jembatan, hingga bahkan tempat ibadah. Semua hal tersebut tentu saja merupakan bentuk adanya kajian sejarah yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Kita tentu saja sering mendatangi tempat tersebut yang tidak lain untuk berekreasi. Namun, dibalik hal tersebut banyak hal yang seharusnya dapat diambil dari tempat tersebut yaitu nilai sejarah yang bisa diambil dan dipelajari untuk kehidupan kita sehari-hari.

  1. Museum

Museum tentu saja merupakan tempat yang dipenuhi dengan berbagai barang berharga dan juga barang yang bersejarah. Sehingga museum tentu saja termasuk dalam salah satu contoh bentuk kajian sejarah dalam kehdiupan sehari-hari.

Di dalam musium kita dapat mempelajari berbagai macam hal yang tentu saja bermanfaat yant tentunya tidak lepas dari keberadaan nilai sejarah yang ada didalamnya.

  1. Budayawan

Kemudian, kajian sejarah juga erat kaitannya dengan adanya seorang budayawan. Seorang budayawan tersebut tentu saja sebagai salah satu sumber sejarah yang ada dalam suatu daerah.

Budayawan tersebut adalah orang yang hidup bersama sejarah tersebut, sehingga dapat memberikan berbagai informasi yang bisa menjadi pembelajaran dan membuat kita menjadi tahu akan adanya sejarah tersebut. Banyak orang yang menjadi seorang budayawan, tentunya orang tersebut bersahabat dengan hal-hal yang berurusan dengan hal yang bersejarah.

  1. Arkeolog/Penemuan Fosil

Selain budayawan, arkeolog juga termasuk dalam salah satu contoh bentuk kajian sejarah dalam kehidupan sehari-hari. Arkeolog dalam manusia purba tersebut tentu saja merupakan orang yang mempelajari kehidupan sejarah melalui penemuan-penemuan yang telah didapatkannya.

Melalui penemuan tersebut, seorang arkeolog dapat mengetahui sejarahnya. Tentu saja melalui arkeolog tersebut kita bisa memperoleh banyak hal yang tentu saja tentang hal-hal yang erat kaitanya dengan kajian sejarah ataupun masa lalu.

  1. Cerita rakyat

Contoh kajian sejarah yang terakhir adalah cerita rakyat. Cerita rakyat tersebut tentu saja sangat erat dalam kehidupan sehari-hari.

Cerita rakyat tersebut biasanya diceritakan oleh orang-orang terdahulu atau orang tua. Banyak hal yang bisa diperoleh dari adanya cerita rakyat tersebut. Seperti pengalaman, pembelajaran, hingga pengetahuan mengenai sejarah masa lalu.

Demikianlah serangkain artikel yang sudah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh kajian terkait dengan ruang lingkup sejarah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui ulasan ini bisa memberikan wawasan dan referensi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *