Contoh Penerapan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dalam Keseharian

Diposting pada
Rate this post

Contoh penerapan IPS

Ilmu pengetahuan sosial secara khusus merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari terkait hal yang ada kaitannya dengan kehidupan manusia dan lingkungan sosial tempat tinggal manusia itu sendiri. Selain itu istilah lain untuk menyebut ilmu pengetahuan sosial adalah social science atau dikenal pula dengan social studies.

Akan tetapi yang pasti, ilmu pengetahuan sosial ini mampu menjadikan manusia melakukan interaksi sosial dengan masyarakat sekitar. Karena dalam ilmu sosial tersebut diajarkan cara-cara melakukan komunikasi efektif yang baik, bertoleransi, bermusyawarah dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat membantu kegiatan manusia sebagai makhluk sosial yang secara umum selalu membutuhkan bantuan orang lain.

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Ilmu pengetahuan sosial adalah wawasan yang melakukan proses pengkajian, penganalisisan, dan pembelajarian berbagai hal yang ada kaitannya dengan gejala dan masalah sosial. Untuk mengkaji ilmu pengetahuan sosial ini diperlukan bidang – bidang keilmuan termasuk cabang-cabang ilmu sosial mulai dari ilmu sejarah, ilmu ekonomi, ilmu geografi, sosiologi, dan lain sebagainya.

Berdasarkan hal tersebut maka ilmu pengetahuan sosial dianggap pula sebagai perpaduan antara bidang keilmuan sosial yang terdiri dari banyak cabang ilmu mulai dari perekonomian, sejajarh, hingga budaya. Kemudian ilmu pengetahuan sosial juga mempunyai perbedaan dengan cabang ilmu sosial lainnya, dimana pada proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ini akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan dan jenjang pendidikan peserta didik masing-masing.

Contoh Penerapan IPS

Berikut dibawah ini yang termask contoh penerapan ilmu pengetahuan sosial dalam kehidupan sehari-hari;

  1. Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dalam menjalankan berbagai kegiatan dalam masyarakat. misalkan mulai dari gotong royong, kerja bakti, bertoleransi, cara melakukan interaksi sosial dengan baik, dan membuat jenis lembaga sosial untuk kepentingan umum.
  2. Penerapan ilmu pengetahuan sosial juga dituangkan dalam hal, dasar pengembangan emosional, intelektual, kultural, dan sosial. Sehingga dengan ilmu pengetahuan sosial ini mampu mengajarkan peserta didik maupun manusia pada umumnya untuk memiliki cara berfikir yang lebih berkembang dan mempunyai pola perilaku atau sikap yang lebih bertanggung jawab sebagai masyarakat serta warga negara yang baik.
  3. Ilmu pengetahuan sosial juga diterapkan untuk hal pengembangan kemampuan analisis yang dimiliki setiap orang dalam melihat maupun menilai kondisi sosial masyarakat yang hidup secara dinamis dan mengalami perubahan sesuai dengan zamannya.
  4. Dengan mempelajari ilmu pengetahuan sosial maka setiap orang akan diajarkan ciri interaksi sosial dengan baik dan benar. Oleh karena itu, ilmu sosial ini sangat membantu setiap orang untuk bisa menjalin relasi antar manusia yang ada di dalam masyarakat dengan baik sekaligus dapat melakukan komunikasi dengan baik pula.
  5. Ilmu pengetahuan sosial yang pada umumnya merupakan suatu bidang studi yang berasal dari beberapa cabang ilmu sosial lainnya ini juga mempelajari ilmu sejarah. Dimana dengan ilmu tersebut bisa diterapkan secara langsung dalam kehidupan manusia untuk mempelajari mengenai peristiwa di masa lalu yang mempunyai pengaruh pada kehidupan manusia di masa kini dan masa yang akan datang.
  6. Penerapan ilmu pengetahuan sosial juga berbentuk pembelajaran mengenai hal – hal yang ada kaitannya dengan tindak pidana dan juga kejahatan. Sehingga dengan adanya pengetahuan tersebut membuat setiap orang akan berpikir dua kali ketika hendak melakukan kejahatan. Karena mereka tahu betul konsekuensi dari setiap tindakan kejahatan yang akan dilakukannya.
  7. Ilmu pengetahuan sosial yang di dalamnya mempelajari tentang akuntansi ini juga menerapkan hal – hal yang bermanfaat dalam kehidupan. Misalnya dengan ilmu tersebut setiap orang mengetahui cara untuk mengidentifikasikan, mengukur, mengklasifikasi suatu transaksi ekonomi dengan baik. Sehingga dengan ilmu yang diterimanya tersebut bisa digunakan dalam praktek perdagangan, bisnis ataupun tujuan kegitan ekonomi secara langsung.
  8. Penerapan ilmu pengetahuan sosial dalam kehidupan sehari – hari juga diwujudkan dalam hal mempelajari segala kebudayaan manusia mulai dari zaman purba hingga masa sekarang. Dengan hal itu, maka setiap orang dapat mengetahui sejarah perkembangan hidup dengan baik dan mampu mengambil nilai – nilai positif didalamnya.
  9. Penerapan ilmu pengetahuan sosial juga diwujudkan dalam hal rasa syukur atas segala kehidupan yang diperolehnya. Karena pada ilmu sosial ini mempelajari tentang astronomi yang membahas tentang benda – benda langit serta fenomena -fenomena alam di luar bumi yang membuat manusia untuk selalu bisa bersyukur atas segala kenikmatan yang diperolehnya selama ini.
  10. Contoh penerapan ilmu sosial yang selanjutnya yaitu berupa ilmu demografi, yang mengajarkan setiap orang untuk mengetahui dinamika kependudukan manusia dengan baik dan benar.
  11. Melalui ilmu pengetahuan sosial, maka setiap orang mampu menerapkan interaksi antara organisme dengan lingkungan dan yang lainnya. Karena pada ilmu sosial ini ada sebuah materi yang dipelajari yaitu tentang ekologi.
  12. Penerapan ilmu pengetahuan sosial yang satu ini sudah sering dilakukan, dimana manusia dapat melakukan proses produksi dengan cara-cara yang baik karena telah mengetahui prinsip ekonomi dari ilmu ekonomi yang diperolehnya.
  13. Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial juga diterapkan dalam hal mempelajari berbagai kondisi fisik dimuka bumi, agar lebih mengetahui wujud atau keadaan bumi dengan baik.
  14. Ilmu sosial juga diterapkan pada penambahawan wawasan tentang bumi beserta komposisinya secara lengkap yang dituangkan dalam ilmu geologi.
  15. Masyarakat mengetahui sistem hukum dengan baik, apabila mempelajari ilmu sosial berupa ilmu hukum.
  16. Masyarakat dapat mengetahui segala bentuk permasalahan lingkungan dan cara – cara yang tepat untuk menanganinya.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa penarapan dalam contoh ilmu pengetahuan sosial pada dasarnya merupakan suatu ilmu yang terdiri dari beberapa cabang ilmu yang lainnya. Selain itu dari ilmu-ilmu itulah maka manusia dapat menerapkannya secara langsung di lingkungan sosialnya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *