Contoh Institusi Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Contoh Institusi Sosial di Masyarakat

Di dalam kehidupan sehari-hari, pastilah kita akan melakukan interaksi dengan orang lain. Baik itu dengan sesama individu secara perseorangan, ataupun dengan kelompok. Berbagai macam interaksi sosial yang kita lakukan, tentu saja tidak lepas dari harfiahnya kita sebagai makhluk sosial yang mana memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi dengan bantuan orang lain.

Dalam hal ini, tentu saja kita memiliki seseorang ataupun kelompok yang bisa dipercaya dalam usaha untuk keberjalanan dan keberlanjutan kehidupan. Contoh kelompok sosial yang biasa dikenal dalam hal ini adalah institusi sosial. Institusi sosial tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalamkehidupan di masyarakat.

Institusi Sosial

Institusi sosial merupakan suatu sistem yang ada dalam arti masyarakat yang terdapat tata kelakukan serta hubungan yang memiliki pusat pada aktivitas untuk memenuhi berbagai macam arti kebutuhan dalam kehidupan masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, tentunya sudah terdapat gambaran mengenai institusi sosial. Namun, untuk lebih memperjelas lagi mengenai institusi sosial yang ada di dalam masyarakat, khususnya pada kehidupan sehari-hari, berikut terdapat beberapa contoh yang dapat disebutkan.

Contoh Institusi Sosial

Adapun bentuk dalam contoh institusi sosial, antara lain;

  1. Pembinaan Kesejahteraan Keluarga/PKK

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau yang sering disebut sebagai PKK dalam lingkungan masyarakat merupakan salah satu contoh bentuk institusi sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari.  Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK tersebut seringkali dihadiri oleh ibu-ibu.

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK tersebut termasuk dalam lembaga non formal sebagai wadah dari program-program untuk masyarakat agar dapat membentuk dan membina keluarga yang sejahtera. Melalui adanya pembinaan kesejahteraan keluarga/PKK tersebut, diharapkan dapat menjadikan keluarga-keluarga yang ada di dalam masyarakat menjadi keluarga yang lebih maju, lebih damai, serta sejahtera lagi.

  1. Posyandu

Pos Pelayanan Terpadu atau yang sering dikenal dengan Posyandu, merupaka salah satu contoh adanya institusi sosial yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.  Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu tersebut sebagai pusat dari kegiatan masyarakat dalam rangka mengupayakan kesehatan masyarakat dan keluarga berencana.

Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu tersebut dikelola serta diselenggarakan oleh masyarakat dan diperuntukkan untuk maasyarakat yang tentunya adanya dukungan teknis dari petugas kesehatan yang ada.

Biasanya kegiatan posyandu tersebut banyak dihadiri oleh ibu-ibu dan juga anak-anak kecil untuk melangsungkan kegiatan yang salah satunya adalah pelayanan kesehatan, penimbangan berat badan serta pengukuran tinggi tubuh.

  1. BUMDES

BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa merupakan salah satu contoh institusi sosial yang ada di dalam masyarakat. BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa tersebut sebagai pusat dari usaha-usaha yang ada di dalam desa tersebut. BUMDES didirikan sesuai dengan adanya kebutuhan yang ada di desa dan adanya potensi yang dimiliki oleh desa untuk dikembangkan sejalan dengan pemerintahan yang ada di desa tersebut.

BUMDES dikatakan sebagai institusi sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja dikarenakan dengan adanya BUMDES tersebut diharapkan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat desa, selain itu juga diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa, sehingga desa tersebut semakin maju dan semakin sejahtera lagi.

  1. Polisi

Polisi tentu saja salah satu contoh lembaga atau institusi sosial yang kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Polisi merupakan lembaga yang menjaga suatu ketertiban, menjaga dan mengatur keamanan, serta menegakkan hukum di seluruh wilayah negara.

Melalui adanya lembaga polisi, tentu saja akan menciptakan kedamaian dalam kehidupan masyarakat.  Polisi tentu saja telah dikenal oleh masyarakat luas, dan bahkan mungkin saja salah satu anggota keluarga juga berasal dari anggota kepolisian.

  1. Kantor Urusan Agama/KUA

Kantor Urusan Agama atau KUA tentu saja merupakan lembaga yang paling dicari oleh orang-orang yang hendak melangsungkan pernikahan. Kantor Urusan Agama atau KUA merupakan contoh institusi sosial yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.

Lembaga tersebut dikenal oleh masyarakat luas sebagai lembaga yang berperan penting dalam momen pernikahan yang tentunya dimulai dari mengurus hal-hal yang ada di lembaga ini. Namun, kantor urusan agama atau KUA tidak hanya mengurusi atau melakukan pelayanan untuk masyarakat, seperti zakat, pembinaan kemasjidan, wakaf, kependudukan dan lain sebagainya.

  1. Majelis Ulama Indonesia

Majelis Ulama Indonesia atau yang biasa disingkat MUI adalah salah satu contoh lembaga sosial atau institusi sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Majelis Ulama Indonesia atau MUI merupakan salah satu lembaga independen yang mana lembaga tersebut yang mewadahi para ulama yang ada di indonesia, zuama, kemudian cendekiawan islam yang ada di indonesia. Majelis Ulama Indonesia atau MUI tersebut adalah lembaga yang melakukan bimbingan, kemudian melakukan binaan, serta mengayomi umat islam yang ada di Indonesia.

  1. Banser

Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama atau yang sering disingkat banser merupakan contoh lain institusi sosial yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Banser tersebut merupakan institusi sosial atau suatu badan otonom dari NU atau Nahdlatul Ulama dari GP ansor.

Lembaga tersebut dalam kehidupan di masyarakat melakukan klaim bahwa mereka siap berada di garis terdepan di dalam pengamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Banser sering terlihat dalam pengamanan di acara-acara yang diselenggarakan oleh NU atau Nahdlatul Ulama.

  1. Gerakan Pramuka Indonesia

Gerakan Pramuka Indonesia merupakan suatu lembaga pendidikan non formal yang ada di dala masyarakat. Gerakan Pramuka Indonesia tersebut termasuk ke dalam contoh institusi sosial yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.

Gerakan Pramuka Indonesia tersebut menyelenggarakan pendidikan kepanduan atau kepramukaan yang ada di Indonesia. Tentu saja lembaga ini mewadahi putra dan putri bangsa yang begitu antusias dalam hal kepramukaan.

  1. Karang Taruna

Karang Taruna merupakan salah satu contoh institusi sosial yang ada di dalam masyarakat tentu saja di dalam kehidupan sehari-hari. Karang Taruna tersebut merupakan wadah yang ada di lingkungan masyarakat desa untuk pengembangan generasi muda agar dapat berkembang atas dasar tanggung jawab dan kesadaran terhadap masyarakat.

Karang Taruna tentu saja penting di dalam masyarakat, karena mewadahi aspirasi dari masyarakat yang disalurkan dalam bentuk kegiatan yang positif dan membangun karakter dari masyarakat yang ada di desa tersebut.

  1. Kelompok Tani

Kelompok Tani tersebut juga termasuk dalam salah satu contoh institusi sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Kelompok tani tersebut merupakan suatu lembaga yang terdiri dari beberapa orang petani ataupun peternak yang memiliki keserasian tujuan, warna, hingga minat sehingga dapat menjadi suatu lembaga yang berperan sebagai komunikator atau mengkomunikasikan pertanian ataupun peternakan diantara para petani.

  1. Lembaga Perlindungan Anak

Lembaga Perlindungan Anak merupakan salah satu lembaga yang ada di masyarakat yang melaksanakan sebagian tugas serta peran dari pemerintah dalam pemenuhan hak-hak anak dalam rangka melindungi atau perlindungan terhadap anak.

Tentu saja lembaga tersebut telah dikenal luas dalam kehidupan masyarakat ataupun di dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya kasus mengenai kekejaman, penganiayaan, dan yang lainnya yang merenggut hak-hak anak tersebut menjadikan lembaga ini terbentuk.

Di indonesia ataupun dalam kehidupan sehari-hari, lembaga tersebut tentu saja sudah sangat memiliki pengaruh yang besar bagi kelangsungan kehidupan dan perlindungan serta kesejahteraan anak.

  1. Sekolah

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Sekolah tentu saja menjadi lembaga pendidikan yang cukup mendukung majuya pendidikan di indonesia. Melalui sekolah tentu saja akan meningkatkan kecerdasan bangsa.

Tingkat pendidikan tentu saja penting untuk kemajuan bangsa. Sekolah menjadi tempat pendidikan kedua setelah adanya keluarga.

  1. Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi atau universitas tentu saja merupakan salah satu lembaga atau institusi sosial yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Perguruan Tinggi ataupun uiversitas ini merupakan institusi sosial yang bergerak dalam dunia pendidikan.

Perguruan Tinggi atau universitas tersebut tentu saja tingkat lanjut dari sekolah seperti SD, SMP, dan bahkan SMA. Perguruan Tinggi atau universitas tersebut memberikan pendidikan tingkat lanjut bagi para pemuda dan pemudi bangsa, agar nantinya dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

  1. Lembaga Keuangan

Lembaga Keuangan dalam lingkungan masyarakat tentu saja menjadi salah satu lembaga yang memiliki peranan penting dalam keberlangsungan kehidupan masyarakat terutama dalam kehidupan sehari-hari. Lembaga ini tentu saja menyediakan jasa keuangan untuk masyarakat yang tentu saja diatur oleh regulasi yang ada dalam kepemerintahan.

Terdapat dua lembaga keuangan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ada perbankan dan juga adanya asuransi. Tentu saja lembaga keuangan sangat penting dalam pengembangan perekonomian yang modern, yang tentunya bertujuan agar dapat memberikan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

  1. Pengadilan Agama

Pengadilan agama merupakan salah satu contoh lembaga atau institusi sosial dalam kehidupan sehari-hari. Pengadilan agama merupakan lembaga independen yang memiliki tugas untuk melakukan pemeriksaan, melakukan pemutusan dan penyelesaian perkara-perkara atau permasalahan di tingkat pertama seperti perkawinan, wakaf, waris, kegiatan ekonomi syariah dan yang lainnya. Salah satu persoalan yang sering dihadapi atau ditangani oleh pengadilan agama adalah kasus perceraian.

  1. Majelis Permusyawaratan Rakyat

Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR tersebut tentu saja merupakan salah satu lembaga legislatif yang ada di suatu negara. Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR tersebut merupakan contoh dari adanya institusi sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Lembaga ini merupakan lembaga tinggi yang ada dalam ketatanegaraan di suatu negara. Anggota dari Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR tersebut berisi berbagai macam partai politik yang ada di suatu negara. Lembaga tersebut memiliki wewenang untuk mengubah dan menetapkan undang-undang dasar negara.

  1. Dewan Perwakilan Rakyat

Dewan Perwakilan Rakyat atau yang biasa disingkat menjadi DPR merupakan salah satu contoh lembaga atau institusi sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat atau dalam keseharian. Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR merupakan salah satu lembaga tinggi di suatu negara, yang mana lembaga tersebut merupakan lembaga yang menjadi perwakilan dari rakyat.

Di dalam anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR tersebut terdiri dari berbagai peserta partai politik atau parpol yang telah terpilih dan dipilih oleh rakyat untuk menjadi anggota DPR.

  1. Mahkamah Agung

Sama seperti Dewan Perwakilan Rakyat, Majelis Permusyawaratan Rakyat tersebut, mahkamah agung tentu saja merupakan salah satu lembaga tinggi yang ada dalam ketatanegaraan yang ada di Indonesia. Lemaga ini memiliki kewenangan sebagai pemegang dari kekuasaan kehakiman dan mahkamah konstitusi yang terbebas dari oengaruh cabang kekuasaan lain.

Mahkamah Agung tentu saja dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Mahkamah Agung di Indonesia ini membawahi beberapa badan peradilan seperti peradilan umum, peradilan agama, serta yang lainnya.

  1. Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat yang sering disingkat dengan Puskesmas merupakan suatu lembaga fungsional yang melakukan penyelenggaraan upaya kesehatan untuk masyarakat. Tentu saja, Puskesmas tersebut sangat dikenal baik oleh masyarakat terutama masyarakat daerah.

Puskesmas tersebut melakukan upaya penyelenggaraan kesehatan yang sifatnya terpadu, merata serta menyeluruh yang bisa diterima oleh masyarakat dan juga dengan biaya yang terjangkau untuk masyarakat. Sehingga dengan adanya puskesmas akan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan masyarakat bisa memiliki tingkat kesehatan yang baik pula.

  1. Rumah Sakit Umum

Contoh terakhir dari adanya institusi sosial yang ada di kehidupan sehari-hari adalah rumah sakit umum. Rumah sakit umum tentu saja merupakan lembaga kesehatan tingkat lanjut dari puskesmas. Rumah sakit umum tersebut merupakan lembaga atau institusi sosial dalam bidang kesehatan atau perawatan yang profesional untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Pelayanan yang disediakan oleh rumah sakit tentu saja sangat baik, diantaranya dokter, perawat, hingga tenaga ahli di bidang kesehatan yang sudah cukup profesional dalam penanganan mengenai kesehatan masyarakat. Melalui adanya lembaga atau rumah sakit umum tersebut, tentu saja ada harapan bahwa akan emningkatkan angka kesehatan yang ada di dalam masyarakat, baik daerah hingga keseluruhan.

Demikianlah serangkain artikel yang sudah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh institusi sosial di masyarakat yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *