Contoh Industri Yang Bisa Ditemukan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Industri

Sektor industri tentu saja memberikan kontribusi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu sektor industri juga terdapat hubungan sosial dengan adanya penyerapan angkatan kerja. Meningkatnya jumlah penduduk di suatu negara, sekaligus akan menambah jumlah tenaga kerja di suatu daerah, sehingga dengan adanya industri akan mendorong terciptanya berbagai aktifitas kegiatan ekonomi dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, lahirlah berbagai macam usaha industri yang menghasilkan berbagai macam kebutuhan hidup yang diperlukan oleh masyarakat dengan satu tujuan yaitu dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pembangunan daerah.

Industri

Istilah indutsri pada dasarnya diambil dari paraparhse Bahasa Inggris yang secara etimologi ialah “Industria” dengan makna buruh atau tenaga kerja. Sehingga definisi industri adalah serangkaian kegiatan produksi yang dilakukan oleh tenaga kerja dalam mengubah barang mentah menjadi barang jadi, atau merubah usaha rumahan menjadi usaha jasa dengan penargetan harga pasar yang jelas.

Contoh Industri

Untuk lebih memahami mengenai industri yang ada dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini terdapat beberapa contoh industri yang ada dalam keseharian, antara lain ;

  1. Argoindustri

Agroindustri merupakan suatu kegiatan yang memanfaatkan hasil pertanian untuk dijadikan sebagai bahan baku, merancang dan menyediakan peralatan, serta jasa untuk berjalannya kegiatan atau industri tersebut. Agroindustri adalah perusahaan di sektor prinsip ekonomi yang meliputi perusahaan, agen dan institusi yang menyediakan segala kebutuhan pertanian dan mengambil komoditas dari pertanian untuk diolah dan didistribusikan kepada konsumen.

Melalui pengembangan agroindustri yang dilakukan secara cepat dan baik, tentu saja dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja, pendapatan petani, volume ekspor hingga peningkatan devisa negara.

  1. Agribisnis Peternakan

Agribisnis peternakan merupakan salah satu contoh industri yang bisa kita temukan. Agribisnis peternakan tersebut dimulai dari proses penyedia sarana dan prasarana produksi, proses produksi bahan baku, penanganan panen, pengolahan hasil, hingga pemasaran produk peternakan ke konsumen.

Pembangunan agribisnis peternakan tentu saja dapat dilakukan melalui penerapan teknologi yang tepat guna, para peternak mampu mengorganisir diri mereka dalam organisasi yang memiliki daya tekan, para peternak rakyat terdidik yang memiliki bekal ilmu dan wawasan memadai.

  1. Industri Petrokimia

Petrokimia merupakan suatu industri yang bergerak pada pengolahan bahan kimia. Industri ini menggunakan bahan baku dari hasil dari proses pengolahan minyak bumi dan gas bumi. Dalam Industri Petrokimia telah terjadi perkembangan, perkembangan tersebut terjadi karena adanya suatu keterkaitan antara produk industri yang tersedia, dengan kebutuhan masyarakat akan bahan konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini telah di dalam lingkungan masyarakat, telah terdapat berbagai macam perusahaan yang bergerak di industri petrokimia yang menghasilkan berbagai macam produk. Produk tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari, contohnya saja plastik, detergen dan bensin.

  1. Industri Perikanan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi perikanan terbesar yang ada di dunia. Melalui potensi yang besar itulah menjadiakan suatu pertimbangan utama untuk melakukan langkah perencanaan industri perikanan yang tepat.

Industri perikanan merupakan suatu industri yang bergerak pada pengolahan bahan hasil laut sebagai bahan baku. Faktor utama yang sangat mendukung dalam pengembangan industri perikanan khususnya pada kegiatan industri penangkapan ikan yaitu dengan tersedianya prasarana pelabuhan perikanan sebagai tempat berlabuhnya kapal perikanan, tempat melakukan kegiatan transaksi hasil perikanan hingga sebagai sarana produksi dan produksi, sehingga fungsi pelabuhan perikanan menjadi sangat luas.

  1. Industri Padat Karya

Salah satu contoh industri yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah industri padat karya. Industri padat karya merupakan salah satu industri yang memiliki tenaga kerja dengan jumlah pekerja yang banyak, paling sedikit 200 orang.

Industri padat karya yang ada dalam kehidupan sehari-hari meliputi industri yang menghasilkan berbagai macam barang untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat.

  1. Industri Pertambangan

Pertambangan merupakan salah satu contoh industri yang adapat ditemukan. Industri pertambangan adalah serangkaian kegiatan yang mana kegiatan tersebut meliputi pencarian barang tambang, penggalian barang tambang, pengolahan barang tambang, pemanfaatan dan penjualan bahan tambang atau bahan galian seperti mineral, batubara, panas bumi, migas.

Pertambangan di Indonesia tersebut merupakan salah satu penyumbang pendapatan pemerintah yang sudah memberikan banyak keuntungan. Pertambangan tersebut mempunyai beberapa karakteristik, seperti tidak dapat diperbarui, adanya risiko yang tinggi, dan pengusahaannya mempunyai dampak lingkungan baik fisik maupun pada proses sosialnya.

  1. Industri Mebel

Industri mebel kayu merupakan industri yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Industri mebel kayu adalah industri yang menggunakan berbagai jenis kayu sebagai bahan baku utama di dalam proses produksinya, serta industri tersebut menerapkan cara kerja yang bersifat tradisional.

Bahan baku yang sering digunakan dalam pembuatan mebel kayu adalah kayu. Berbagai macam hasil industri mebel tersebut meliputi perabot rumah tangga, tempat duduk, tempat tidur, tempat mengerjakan sesuatu dalam bentuk meja.

  1. Industri Manufaktur

Industri manufaktur merupakan industri yang memiliki kegiatan utama mengubah bahan baku, komponen, atau bagian lainya menjadi barang jadi yang mana barang tersebut memenuhi standar spesifikasi. Industri manufaktur memiliki tujuan menghasilkan produk, serta dalam proses pelaksanaanya industri manufaktur ditarget untuk bisa menghasilkan sekian produk dalam periode waktu tertentu.

Oleh karena itu, industri manufaktur harus dibuat secara efektif dan efisien. Salah satu penunjang industri manufaktur adalah pengunaan mesin-mesin yang canggih dan tenaga kerja sebagai operator dan quality controlnya. Berdasarkan hal tersebut, tentu saja akan mempercepat proses produksi dan proses produksi menjadi tertata dan sistematis.

Contoh industri manufaktur yang bisa ditemukan yaitu industri PT Astra Otoparts Tbk, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan lainya.

  1. Industri Otomotif

Industri otomotif adalah segala bentuk kegiatan ekonomi yang meliputi pengolahan bahan baku menjadi produk jadi, pengelolaan proses distribusi produk, penjualan, dan juga pelayanan jasa untuk produk otomotif. Industri otomotif merupakan salah satu industri yang berkembang pesat dalam suatu daerah dan terdiri dari beberapa jenis industri mulai dari industri kecil hingga industri besar.

Industri otomotif merupakan industri yang memiliki keterkaitan dengan kebutuhan masyarakat pada kehidupan sehari-hari.

  1. Industri Film

Industri film merupakan salah satu contoh industri yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Industri film atau perfilman merupakan industri yang menggunakan seni serta pengalaman untuk menampilkan ide, cerita, tampilan, sudut pandang, rasa, keindahan atau suasana dengan cara direkam yang diprogram bersamaan dengan penggerak sensorik.

Industri film juga merupakan saah satu industri kreatif. Industri kreatif tentu saja telah menghasilkan berbagai keuntungan bagi negara. Pemerintah Indonesia juga telah ikut menyelenggaraan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan industri kreatif untuk mendukung motif ekonomi kreatif ini dan mendorong tumbuhnya industri lain yang yang memiliki keterkaitan seperti peningkatan investasi, pengembangan badan usaha kecil, pendapatan devisa negara dan lain sebagainya.

  1. Perbankan

Perbankan juga merupakan salah satu contoh industri yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Industri perbankan merupakan penghimpunan dana dari masyarakat yang dilakukan oleh bank melalui simpanan atau tabungan dan penyaluran dana melalui kredit atau pinjaman kepada masyarakat.

Seiring dengan perkembangan zaman menjadi lebih modern, industri perbankan mengalami perubahan yang cukup pesat dan besar, sehingga mengakibatkan bank lebih kompetitif dalam menyediakan jasa bank lainnya. Jasa tersebut di antaranya meliputi transfer dana antar rekening, pembayaran tagihan, sarana investasi, penukaran mata uang asing dan tentunya masih banyak lagi.

  1. Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional merupakan salah satu contoh industri yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Perdagangan internasional tersebut dilakukan oleh penduduk antar negara yang dilakukan atas dasar kesepakatan bersama.

Penduduk yang dimaksud dalam kegiatan ini bisa antarperorangan atau individu dengan individu, antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di berbagai negara, perdagangan internasional telah menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.

Perdagangan internasional juga turut mendorong terjadinya industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.

  1. Asuransi

Perusahaan asuransi merupakan suatu lembaga yang menyediakan berbagai macam polis asuransi yang dapat melindungi seseorang atau nasabah yang bergabung dari berbagai macam resiko dengan memegang sejumlah polis asuransi.

Dengan adanya perusahaan asuransi kita tentu saja dapat merancang apa yang kita butuhkan saat sekarang dan untuk kebutuhan masa depan yang nantinya akan memeberikan keuntungan bagi diri kita. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi yang dapat kita pilih sesuai dengan yang kita inginkan.

Perusahaan asuransi yang sering kita temui dalam keseharian seperti AXA Mansiri, Manulife, Sinarmas, Alianz, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud atau jasa yang memiliki tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Perusahaan jasa bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan.

Tetapi, perusahaan jasa tentu saja memerlukan produk fisik atau yang berwujud untuk melakukan kegiatan usahanya.

  1. Home Industri

Home industri merupakan usaha yang dilakukan di rumah, ataupun tempat tinggal yang merangkap tempat usaha, baik itu berupa usaha jasa, kantor hingga perdagangan. Pada mulanya pelaku home industry dimiliki oleh kalangan enterpreneur dan profesional, yang sekarang mulai meluas pada kalangan umum.

  1. Industri Tahu

Industri tahu pada umumnya merupakan industri skala rumahan dengan jumlah tenaga kerja yang sedikit kurang lebih 2 sampai 6 orang dan investasi yang diperlukan tidak terlalu besar. Teknologi untuk proses kegiatan pada industri tahu menggunakan teknologi yang sederhana dan mudah dipelajari sehingga industri tahu dapat dijalankan oleh siapa saja.

Industri tahu juga tidak memerlukan lokasi atau tempat produksi yang luas dan dapat dijalankan di area perkampungan ataupun perkotaan.

  1. Industri Batu Bata

Industri batu bata merupakan salah satu industri yang memanfaatkan tanah sebagai bahan baku utama. Industri batu bata adalah suatu proses produksi yang didalamnya terdapat perubahan bentuk dari benda yang berupa tanah liat menjadi bentuk batu bata, sehingga lebih berdaya guna.

Industri rumah tangga batu bata sebagai industri rumah tangga mempunyai ciri-ciri seperti modal kecil, usaha dimiliki pribadi, menggunakan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta jumlah tenaga kerja relatif sedikit. Sifat industri rumah tangga batu bata yaitu tidak berbadan hukum.

  1. Industri Tekstil

Manufaktur tekstil merupakan salah satu jenis industri yang cukup besar. Industri tekstil serta product tekstil merupakan salah satu diantara industri yang ada didalam suatu daerah yang diprioritaskan untuk dikembangkan karena mempunyai peranan yang strategis dalam perekonomian nasional seperti penyumbang devisa negara, menyerap tenaga kerja dalam jumlah cukup besar, serta menjadi industri yang dihandalkan untuk penuhi keperluan sandang nasional.

  1. Industri Pariwisata

Salah satu industri yang kini mulai ramai dan dapat diperhitungkan yaitu Industri Pariwisata. Industri tersebut merupakan industri yang bergerak di bidang pariwisata. Kegiatan industri pariwisata menghasilkan berbagai jasa dan barang yang dibutuhkan oleh mereka yang melakukan perjalanan wisata.

Palayanan yang ada dalam industri tersebut salah satunya adalah pelayanan perjalanan yang meliputi biro perjalanan, paket perjalanan (tour wholesalers), perusahaan incentive travel dan reception service. Transportasi yang dapat digunakan berupa angkutan wisata seperti mobil, bus, pesawat udara, kereta api, kapal pesiar, dan sepeda.

  1. Industri Kuliner

Industri kuliner merupakan industri yang bergerak dalam memproduksi ataupun menghasilkan makanan. Industri makanan menggunakan bahan baku yang makanan yang meliputi kegiatan produksi, pengolahan, pengemasan hingga akhirnya didistribusikan kepada konsumen.

Salah satu industri kuliner yang sering ditemui yaitu restoran. Restoran tersebut merupakan sektor industri kuliner yang diarahkan pada kualitas pelayanan, baik dari jenis makanan maupun teknik pelayanannya.

Disamping itu juga, restoran harus memperhatikan dari segi kandungan gizi, kesehatan makanan dan lingkungan restoran serta penemuan makanan-makanan baru dan tradisional baik resep, bahan maupun penyajiannya yang bisa dikembangkan secara nasional, regional bahkan internasional.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh industri yang ada di masyarakat dalam berbagai jenisnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *