Contoh Industri Sedang Yang Mudah Ditemukan

Diposting pada

Contoh Industri Menengah

Industri adalah serangkaian bentuk aktivitas kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok dalam mendirikan sebuah badan usaha untuk mengolah bahan baku mentah menjadi barang setengah jadi ataupun barang jadi yang dapat diperjualbelikan.

Biasanya pada tahapan untuk pengelolaan bahan baku pada industri ini akan menghasilkan nilai jual barang yang lebih tinggi. Baik dilakukan oleh industri kecil, industri besar, industri fasilitatif, ataupun dijalankan oleh industri sedang atau menengah.

Industri Sedang

Industri sedang pada umumnya dilakukan sebuah usaha atau dijalankan dalam bisnis untuk memenuhi arti kebutuhan masyarakat dengan ciri utamanya yaitu memiliki jumlah tenaga kerja yang cukup banyak hanya sekitar 20 sampai dengan 99 orang.

Industri sedang ini selain memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak, juga memiliki ciri lainnya seperti membutuhkan modal yang cukup besar, seluruh karyawannya harus memiliki keterampilan khusus, dan adanya pemimpin perusahaan untuk mengatur usaha atau bisnis.

Contoh Industri Sedang

Adapun yang termasuk dalam contoh industri sedang yang mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Service Laptop

Usaha yang satu ini termasuk contoh industri sedang karena tidak semua orang bisa memperbaiki urusan digital seperti service laptop. Inilah sebabnya dalam usaha ini diperlukan tenaga kerja yang sudah ahli dalam bidang service alat-alat teknologi seperti laptop dan hal tersebut merupakan bagian dari ciri industri sedang.

  1. Produk Bayi

Seperti yang kita tahu, bahwa produk bayi di masa sekarang ini ada banyak macamnya. Bahkan semakin berkembangnya zaman ada banyak sekali berbagai peralatan bayi yang lebih simpel dan praktis, mulai dari gendongan bayi hingga baju-baju bayi yang modis.

Semakin berkembangnya kebutuhan perlengkapan bayi, maka hal ini juga menuntut perusahaan yang bergerak dalam bidang produk bayi harus mengupgrade kualitas produk tersebut dan harus bisa menciptakan produk dalam jumlah yang semakin banyak. Inilah yang menyebabkan akhirnya dibutuhkan karyawan yang lebih banyak dan menjadi salah satu bagian dari ciri industri sedang yang akhirnya menjadi contoh industri besar.

  1. Produk Dewasa

Memiliki pangsa pasar yang semakin luas, menyebabkan produk dewasa pada saat ini semakin diminati banyak orang. Sehingga atas alasan inilah setidaknya industri ini masuk dalam kategori industri sedang yang telah bergerak menjadi semakin maju.

  1. Jasa Kebersihan

Industri sedang juga bergerak dalam bidang jasa salah satunya yaitu tentang jasa kebersihan. Umumnya bisnis ini juga tidak bisa dilakukan oleh karyawan yang jumlahnya sedikit. Melainkan diperlukan karyawan yang cukup banyak agar dapat melakukan berbagai tugasnya di berbagai tempat sesuai lokasi konsumen.

  1. Ojek Online

Ojek online yang semakin marak di zaman sekarang ini juga menjadi bagian dari industri sedang. Hal ini karena jumlah tenaga kerja dalam bisnis ini cukup banyak dan tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan ini tanpa adanya keahlian untuk mengendarai kendaraan atau mobil.

Bahkan tak khayal perjalanan ojek online yang awalnya menjadi bagian dari contoh industri kecil, menjadi contoh industri fasilitatif, dan bisa menjadi bagian industri besar. Misalnya saja Gojek, Grab, Buroq Indonesia, dan lain sebagainya.

  1. Konveksi

Industri konveksi bisa dikatakan sebagai bisnis yang bergerak dalam bidan fashion. Contohnya yaitu pembuatan seragam, baju-baju kantor, dan lain sebagainya. Tetapi yang pasti dalam industri menjadi bagian dari kegiatan ekonomi yang memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan segalaa kebutuhannya mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, maupun kebutuhan tersier.

  1. Keramik

Industri keramik adalah industri yang membuat produk-produk keramik sebagai pelengkap bangunan rumah. Bahkan dalam produk industri pembuatan kramik ini tidak hanya menawarkan produk atau barang yang sudah jadi saja, melainkan juga ditawarkan sebuah jasa kepada para konsumen yang memerlukan.

Misalnya untuk produknya adalah berjualan keramik yang dihasilkan sedangkan jasanya ialah memberikan pelayanan untuk pemasangan yang benar.

Itulah saja artikel yang bisa diberikan pada semuanya berkaitan dengan contoh industri sedang yang mudah ditemukan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *