Contoh Industri Kecil yang ada di Indonesia

Diposting pada

Contoh Industri Kecil di Indonesia

Pernahkah terpikirkan oleh kita, bahwa industri adalah bagian penting dalam perekonomian suatu negara. Adanya industri ini sendiri dapat memberikan kegiatan ekonomi semakin lancar. Alasannya karena dalam industri tersebut terdapat kegiatan perdagangan yang menjadikan transaksi dalam motif ekonomi berjalan semakin baik.

Disisi lain, industri sendiri ada banyak macamnya salah satu diantaranya yaitu industri kecil dan industri besar. Dimana untuk masing industri tersebut memiliki ciri dan contoh khusus, tetapi yang pasti dalam industri kecil terdapat jumlah karyawan yang relatif sedikit.

Industri Kecil

Industri kecil adalah sebuah bisnis ataupun usaha yang memerlukan sedikit tenaga kerja untuk menyelesaikan pekerjaan dalam dari barang atau jasa yang di oleh.

Oleh karena itulah industri kecil ini juga ada beberapa kekurangan seperti tidak tertata dengan baiknya sistem akuntansi karena merasa usahanya yang kecil dan tidak diatur manajemen keuangan secara terperinci. Selain itu proses pemasaran dalam industri kecil ini juga sangat terbatas yaitu hanya dilakukan secara individu.

Ciri industri khas dalam industri kecil

Yakni;

  1. Jumlah tenaga kerja yang sedikit sekitar 5 sampai engan 19 orang
  2. Memerlukan modal sendiri, meski yang tidak terlalu besar
  3. Tenaga kerja diambil dari lingkungan dekatnya bisa sahabat, teman atau keluarganya sendiri

Contoh Industri Kecil

Berikut dibawah ini yang termasuk contoh industri kecil yang mudah ditemukan. Antara lain;

  1. Kerajinan Tanah Liat

Industri yang mengolah bahan tanah liat untuk dijadikan sebuah produk layak jual. Contohnya seperti produk-produk gerabah kendi, gentong dan lain sebagainya. Hasil kerajinan tanah liat ini juga sering dijual dalam tradisi pasar malam atau sekaten seperti celengan modal hewan, permainan alat-alat masak dari tanah liat dan lain-lain.

  1. Kerajinan Kayu

Industri kayu merupakan sebuah bisnis atau usaha yang menggunakan bahan kayu sebagai bahan utamanya. Salah satu contohnya yaitu seperti usaha bingkai foto dengan bahan dasar kayu, tukang mebel yang membuat perlengkapan rumah tangga seperti meja, kursi dan lain-lain.

  1. Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga merupakan jenis industri yang dicari banyak orang. Karena dalam bisnis ini banyak sekali menjual peralatan maupun perlengkapan rumah tangga yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Industri ini contohnya seperti toko kelontong dan lain sebagainya.

  1. Anyaman

Industri anyaman merupakan industri yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan dan umumnya memiiki nilai jual yang tinggi. sehingga dari berbagai anyaman yang dihasilkan pemilik usaha dapat diperjualbelikan. Contohnya seperti anyaman tikar, anyaman tirai dan lain-lain.

  1. Pembuatan Kue

Industri kue termasuk industri kecil karena usaha ini dapat dilakukan dirumahan atau home made. Selain itu juga tidak diperlukan karyawan yang banyak justru terkadang hanya memerlukan satu atau dua orang saja yang akan membantu menyelesaikan pekerjaan pembuatan kue tersebut.

  1. Mainan

Banyak sekali di zaman sekarang orang-orang yang kreatif dan memiliki ide yang cemerlang. Ide-ide tersebut dikembangkan dan dijadikan sebagai salah satu bentuk wirausaha. Contohnya yaitu seperti usaha mainan yang tidak memerlukan modal banyak seperti layangan, kelereng, dan lain sebagainya.

  1. Tempe

Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, karna tempe merupakan salah satu makanan kesukaan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu untuk mendirikan bisnis ini juga tidak perlu karyawan yang banyak dan hanya menggunakan modal secukupnya terlebih dahulu.

  1. Tahu

Sama halnya dengan industri tempe, pada industri tahu ini umumnya juga tidak diperlukan tenaga kerja yang banyak. Justru pemilik bisa merekrut keluarganya sendiri untuk merintis usaha yang satu ini lantaran hanya diperjual belikan di lingkungan sekitar.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai pada hakekatnya menjadi salah satu menu sarapan di pagi hari yang dicari banyak orang. Untuk memproduksi susu kedelai tidak diperlukan banyak karyawan, sehingga industri ini termasuk industri rumahan atau industri kecil.

  1. Rotan

Bisnis yang menggunakan bahan dasar rotan dalam berbagai pengolahan proses produksi. Adapun rotan ini sendiri bisanya dibuat untuk pemenuhan tempat duduk (kursi), krativitas seperti pembuatan cambuk pada jaranan, serta pembuatan produk-produk lainnya.

  1. Souvenir Pernikahan

Bentuk industri kecil lainnya ialah pembuatan berbagai produk pernikahan yang memanglah pada saat ini cukup banyak diinginkan oleh masyarakat. Contoh produknya sendiri seperti pembuatan totebage, pembuatan kipas, sampai pada pembuatan pouch.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan contoh industri kecil tersebutlah, setidaknya dapat dikatakan bahwa badan usaha ini berada dalam ranah skala ekonomi kecil.

Oleh karena itu tidak heran apabila industri ini cenderung tidak formal dan sangat jarang memiliki perencanaan yang detail dalam usahanya. Bahkan ini pulalah yang menyebabkan struktur organisasi terlihat sangat sederhana dengan pembagian kerja yang terbatas.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *