Contoh Industri Fasilitatif yang ada di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Industri Fasilitatif

Pada hakekatnya industri adalah bagian dari jenis kegiatan ekonomi yang tidak asing lagi bagi banyak orang. Industri salah satunya fasilitatif bahkan seringkali dianggap sebagai bentuk badan usaha yang membantu terpenuhinya segala arti kebutuhannya.

Atas dasar itulah setidaknya dunia industri yang tidak hanya menawarkan produk berupa barang. Akan tetapi ada pula penawaran berupa jasa yang masuk dalam kategori industri fasilitatif.

Industri Fasilitatif

Industri fasilitatif adalah salah satu bagian dari jenis industri kreatif yang senantisa melakukan kegiatan bisnis dengan menjual layanan kepada masyarakat secara luas. Sehingga industri jenis ini telah memiliki beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari dan banyak masyarakat telah menggunakannya.

Bahkan sebagai industri yang bergerak dalam bidang jasa, maka industri fasilitatif memiliki beberapa ciri sebagai berikut;

  1. Mengutamakan kepuasan pelanggan
  2. Memberikan pelayanan dengan semaksimal mungkin
  3. Mencari peluang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan menjadikannya sebagai usaha atau bisnis jasa.

Contoh Industri Fasilitatif

Berikut dibawah ini yang termasuk contoh industri fasilitatif yang mudah ditemukan dalam kehidupan. Antara lain;

  1. Perbankan

Perbankan adalah salah satu jenis industri fasilitatif yang bergerak dalam bidang jasa yaitu senantisa membantu dalam penyelenggaraan pengawasan dan pengaturan dari sektor keuangan yang ada dalam suatu negara. Disisi lain, sistem perbankan ini pada dasarnya memiliki beberapa fungsi utama diantaranya;

  1. Perbankan berfungsi untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan masalah dukungan pengaturan dari bank, sekaligus meneliti tentang perkembangan sistem pengawasan dari bank tersebut
  2. Perbankan melakukan sistem perbankan dengan berbagai kegiatan atau aktivitas yang ada didalamnya
  3. Perbankan melakukan sistem pengawasan dengan berbagai ketentuan dari bank yang ada di Indonesia
  4. Perbankan melakukan pembinaan bank, pemeriksaaan bank, dan pengawasan bank secara menyeluruh
  5. Melakukan penegakan peraturan dan hukum tentang bidang perbankan
  6. Perbankan melakukan berbagai pemeriksaaan ataupun investigasi yang berkaitan dengan berbagai penyimpangan di bidang perekonomian bangsa
  1. Perdagangan Antar Negara

Contoh industri fasilitatif yang berikutnya yaitu perdagangan antar negara. Umumnya perdagangan antar negara ini dilakukan untuk meningkatkan bidang perekonomian dalam suatu negara. Sekaligus juga digunakan untuk membangun hubungan persahabatan atau kerjasama antar negara.

Hubungan perdagangan ini dilakukan untuk saling memenuhi kebutuhan antara negara satu dengan negara yang lain. Selain itu istilah perdagangan antar negara ini juga disebut sebagai perdagangan internasional, karena melibatkan berbagai negara asing.

Perdagangan antar negara termasuk contoh industri fasiltatif karena didalamnya terdapat kegiatan perdagangan yang merupakan kegiatan jual beli. Biasanya sistem perdagangan dilakukan melalui kegiatan dalam arti ekspor dan makna impor.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh melalui kegiatan perdagangan antar negara ini diantaranya terpenuhinya kebutuhan suatu negara atau lebih memudahkan menemukan barang yang sulit dicari dalam negaranya sendiri. Selain itu perdagangan ini juga digunakan untuk mencari keuntungan agar bisa menambah devisa negara.

  1.  Asuransi

Dalam istilah ekonomi, anda pasti sudah pernah mendengar kata asuransi. Bahkan mungkin anda sudah pernah mendapatkan penawaran dari seseorang mengenai asuransi. Pada dasarnya asuransi diartikan sebagai simpanan atau cadangan yang digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan mendatang yang diluar dari keinginan setiap orang, misalkan asuransi kecelakaan.

Walaupun hal tersebu tidak menjadi keinginan setiap manusia, namun asuransi menjadi bagian penting untuk berjaga-jaga dalam kehidupan ini dan memudahkan seseorang, karena memiliki simpanan yang telah disendirikan. Itulah sebabnya sebagain orang terkadang menganggap bahwa asuransi termasuk investasi yang cukup penting.

  1. Perusahaan Jasa.

Banyak sekali jenis-jenis industri di masa sekarang ini. Salah satu contoh industri fasilitatif yang selanjutnya yaitu perusahaan jasa. Umumnya karena kebutuhan masyarakat yang semakin banyak, maka hal ini menyebabkan banyak usaha atau bisnis yang berlomba-lomba untuk bisa mencukupi segala, kebutuhan manusia tersebut.

Sehingga secara tidak langsung hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha yang memiliki ide kreatif, inovatif serta visioner. Peluang-peluang tersebut diambil dan dianalisis dengan baik hingga tercipta suatu usaha yang tidak kalah menarik dari bisnis yang lainnya.

Berbagai jenis usaha tersebut juga tidak hanya bergerak dalam penjualan barang, melainkan juga menjual jasa kepada para konsumen. Itulah yang kemudian menyebabkan muncul banyak perusahaan jasa yang ingin memberikan pelayanan terbaiknya untuk konsumen.

  1. Ekspedisi

Dizaman yang serba canggih dan mengandalkan teknologi saat ini, tentunya membuka peluang yang besar bagi para pebisnis. Banyak sekali orang-orang yang melakukan bisnis online shop dan tentunya bisnis ini tidak akan berjalan lancar tanpa adanya ekspedisi.

Disinilah peran ekspedisi sangat penting dan menjadi bagian dari industri fasilitatif yang memberikan pelayanan berupa jasa angkut.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai contoh yang termasuk dalam industri fasilitatif di dalam kehidupan bermasyarakat.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *