Contoh Industri Besar Yang ada dalam Lingkungan Sekitar

Diposting pada

Contoh Industri Besar

Industri adalah suatu jenis kegiatan ekonomi yang melakukan proses dalam pengolahan bahan mentah hingga menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dengan berbagai produksi yang telah dilaluinya. Umumnya untuk  pengolahan bahan mentah tersebut akan dihasilkan barang atau produk yang memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga akan memberikan keuntungan bagi para produsen, karena produknya berhasil dijual atau diminati para konsumen.

Kegiatan industri dalam pengelolaan bahan mentah menjadi barang jadi ini tentusaja identik dengan industri besar lantaran memerlukan tenaga kerja yang relatif banyak. Disisi lain, untuk industri besar juga mudah ditemukan dalam keseharian untuk produk da peralatan yang diperjual belikan.

Industri Besar

Industri besar adalah badan usaha yang memiliki jumlah tenaga sangat banyak yaitu bisa mencapai lebih dari 100 orang. Oleh karena itulah industri besar ini biasanya menjadi suatu usaha yang memiliki sistem manajemen sangat baik.

Hal ini karena dalam industri besar para tenaga kerjanya sudah memiliki pembagian kerja yang jelas dan harus memiliki ketrampilan tertentu untuk menunjang keberhasilan setiap pekerjaannya.

Contoh Industri Besar

Beberapa contoh industri besar yang ada di lingkungan sekitar. Antara lain;

  1. Pembuatan Mobil

Bisnis ini umumnya bergerak dalam bidang permesinan atau pembuatan peralatan otomotif. Sehingga tidak sembarang orang dapat membuat produk dengan baik apabila tidak memiliki ketrampilan khusus. Oleh karena itulah karyawan yang bermain dalam industri ini jumlahnya banyak. Adapun contoh industri pembuatan mobil ini misalnya saja adalah Suzuki, Honda, Yamaha, dan lain sebagainya.

  1. Pembuatan Motor

Sama halnya dengan industri yang bergerak untuk memproduksi mobil. Maka dalam bisnis pembuatan motor juga diperlukan keahlian-keahlian khusus. Bahkan dalam bisnis ini juga dibutuhkan modal yang banyak, artinya tidak cukuphanya mengandalkan modal sendiri tetapi diperlukan modal asing.

  1. Perusahaan Tekstil

Mungkin di beberapa daerah perusahaan tekstil menjadi salah satu jenis perusahaan yang mampu menampung jumlah karyawan begitu banyak. Hal ini karena perusahaan tekstil sudah melakukan kegiatan perdagangan secara internasional yaitu mengekspor produk-produknya keluar negeri.

  1. Pembuatan Handphone

Pembuatan handphone tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Oleh karena itu industri ini masuk dalam kategori industri besar. Karena memerlukan ketrampilan khusus dan biaya modal yang banyak. Adapun untuk contohnya seperti Xiomi, Samsun, dan Motorola.

  1. Pembuatan Laptop

Bisnis pembuatan laptop juga termasuk industri besar yang membutuhkan banyak biaya atau modal. Karena untuk membuat satu produk laptop dibutuhkan banyak alat-alat pendukung dengan berbagai harga yang cukup mahal. Adapun untuk contoh merk dalam industri Laptop ini misalnya saja adalah Thosiba.

  1. Pembuatan Komputer

Sama dengan bisnis laptop, maka computer juga merupakan salah satu alat teknologi canggih yang membutuhkan modal banyak untuk proses produksinya. Selain itu bisnis ini juga membutuhkan karyawan yang memiliki keahlian khusus.

  1. Tembakau

Industri tembakau merupakan salah satu jenis industri besar karena perusahaan ini memiliki jumlah tenaga kerja yang banyak dengan berbagai pembagian tugas masing-masing. Sedangkan contoh usaha yang bergerak dalam pengelolaan tembakau misalnya saja Djarum.

  1. Pertambangan

Industri pertambangan juga menjadi bagian dari industri besar karena bisnis ini melibatkan banyak hal, mulai dari tenaga kerja hingga modal yang besar. Contoh perusahaan yang bergerak di pertambangan misalnya saja ialah freeport.

  1. Pembuatan Alat Rumah Tangga

Alat-alat rumah tangga seperti souvenir, perkakas, alat – alat bangunan dan lain sebagainya merupakan salah satu contoh dari industri ini. Dalam industri pembuatan alat rumah tangga ini diperlukan modal yang banyak karena berbagai varian produk yang dihasilkan.

  1. Pembuatan Mesin Pesawat

Tentu saja industri yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Akan tetapi hanya orang-orang yang memiliki pendidikan dan ketrampilan khususlah yang mampu membuat produk pesawat ini. Adapun untuk contoh perusahannya misalnya saja ialah Boeing.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa berbagai contoh industri besar ini membutuhkan berbagai sumber daya pendukung dan bahan-bahan industri, biasanya dapat diperoleh secara langsung maupun tidak langsung.

Produk industri yang berhasil diciptakan nantinya akan menjadi barang-barang yang diperlukan masyarakat secara luas dan semua kegiatan proses produksi dalam industri dinamakan dengan istilah perindustrian. Selain itu dalam industri besar juga dibutuhkan modal yang besar karena industri ini bergerak dalam bidang yang sangat luas. salah satu cirinya yaitu telah menggunakan mesin-mesin modern dan teknologi yang canggih.

Bahkan dalam industri besar beberapa hasil produknya juga telah di ekspor keluar negeri. Inilah yang membuat industri besar harus direncanakan dengan matang sebelum dilakukan pendirian maupun perluasan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *