Contoh Hubungan Industrial Secara Umum

Diposting pada

Contoh Hubungan Industrial

Setiap fungsi kelompok sosial di masyarakat memiliki hubungan yang disebut dengan hubungan sosial. Proses hubungan atau interaksi yang dilakukan atas dasar pekerjaan biasa dikatakan dengan hubungan industrial. Beberapa contoh yang menjadi penerapan tentang hubungan industrial secara umum akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Hubungan Industrial

Hubungan industrial merupakan pola hubungan dalam bidang pekerjaan yang terbentuk antara pihak-pihak tertentu dalam suatu jenis produksi barang maupun jasa yang terdiri dari pengusaha, pekerja buruh, serta pemerintah, berdasarkan pada nilai-nilai pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Dimana setiap unsur yang memiliki serangkaian bentuk peran dan fungsi dalam hubungan dalam indutrial ini masing-masing yang diatur dalam UUD 1945.

Contoh Hubungan Industrial

Contoh hubunga industrial yang menjadi kajian dalam Ilmu sosial, antara lain:

  1. Perekrutan Karyawan

Setiap pengusaha membutuhkan karyawan untuk membantu kelancaran produksi baik barang maupun jasa. Perekrutan karyawan pada umumnya dilakukan melalui beberapa tahapan.

Setiap pelamar biasanya harus memiliki kriteria tertentu untuk dapat bergabung ke dalam sebuah perusahaan atau badan usaha lainnya. Proses perekrutan karyawan dapat dikatan sebagai hubungan industrial. Kedua belah pihak saling membutuhkan dan saling menguntungkan.

  1. Pembelian Saham

Saham merupaka salah satu dokumen berharga sebagai bukti kepemilikan perusahaan atau badan usaha lainnya. Saham digunakan sebagai investasi jangka pendek mapun jangka panjang. Keuntungan yang diperoleh dari proses transaksi saham disebut dengan capital gain dan deviden.

Ketika seseorang membeli saham, berarti ia telah menjadi bagian dari perusahaan atau dapat dikatan sebagai salah satu dari pemilik perusahaan tersebut. Selain itu, dengan kesepakatan pemebelian saham, berarti seseorang telah menyetujui persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

  1. Pelantikan karyawan

Pelantikan karyawan menjadi salah satu contoh hubungan industrial. Setelah seseorang menjadi karyawan di suatu perusahaan atau berbagai jenis badan usaha lainnya, ia telah menjadi bagian dari proses kemajuan suatu badan usaha.

  1. Pengerjaan Proyek

Suatu pekerjaan tidak dapat diselesaikan sendiri tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah pembangunan proyek perumahan. Banyak pihak yang terlibat untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama ini termasuk dalam hubungan industrial.

  1. Demo Buruh

Demo buruh seringkali terjadi karena kebijakan perusahaan atau badan usaha lain dianggap tidak mensejahterakan kaum buruh. Melaui penyampaian aspirasi di depan umum seperti demo, diharapkan dpaat merubah kebijakan perusahaan ataupun badan usaha agar lebih memperhatikan kesejahteraan buruh.

Kegiatan demo ini dapat dilakukan oleh serikat buruh yang dianggap mampu mempengaruhi perusahaan untuk memenuhi tuntutan para buruh.

  1. Dialog Sosial antar Pengusaha

Dialog sosial antar pengusaha biasanya dilakukan sebagai sarana penyusun perjanjian kerja bersama atau hanya menyusun peraturan perusahaan saja.

Proses diolog ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk membicarakan perkembangan industry yang mempunyai implikasi terhadap suatu hubungan industrial serta dijadikan sarana untuk membicarakan mengenai persoalan ketenagakerjaan lainnya.

  1. Interaksi Antara Marketing dengan Konsumen

Marketing biasanya memiliki beberapa cara untuk menarik para konsumen agar mau menggunakan hasil produksinya. Proses terjadinya interaksi sosial antara marketing dengan konsumennya disebut sebagai salah satu hubungan industrial.  

  1. Interaksi Pedagang dengan Pembeli

Kegiatan jual beli dipasar juga dapat dikatakan sebagai hubungan industrial. Terdapat interaksi yang saling mempengaruhi. Penjual memerlukan barag daganagan yang dijual oleh pedagang, sedangkan pedagang memerlukan keuntungan drai hasil penjualannya kepada pembeli.

Setelah terjadi kesepakatan harga pasar, maka barang yang diinginkan dapat berpindah tangan dari penjual ke pembeli dan pembeli mendapakan keuntungan.

  1. Perjanjian Kerja Bersama

Hubungan industrial dapat terjadi dalam bentuk kerja sama antara dua pihak atau lebih yang saling menguntungkan. Contohnya adalah kerjasama antara perusaan suatu produk makanan dengan perusahaan periklanan.

Perusahaan makanan membutuhkan bantuan untuk mengiklankan produk makanannya dengan bantuan jasa dari perusahaan periklanan.

  1. Pembagian Keuntungan

Pembagian keuntungan dalam suatu perusahaan maupun badan usaha lainnya biasanya ditentukan dari jumlah kepemilikan saham. Sebagai sebuah kekayaan, saham memiliki nominal tertentu yang dicantumkan dalam akta pendirian perusahaan. Pembagian keuntungan ini termasuk dalam hubungan industrial.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan ragam contoh kajian dalam hubungan industrial yang ada di berbagai bidang. Semoga bisa memberikan edukasi serta referensi bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *